Saturday, December 15, 2012

DIY Toner untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Ada yang kulitnya berminyak dan berjerawat disini?

Saya enggak doonk *nyombong*. Kulit saya sekarang sih alhamdulilah yah, enggak riwil. Tapi pernah duluuu ada masanya ketika saya masih galau dan mencari jati diri, muka saya berminyak dan banyak jerawat kecil-kecil atau beruntusan. Saya sih cuek banget dulu. Soalnya toh walau berminyak dan berjerawat, pacar saya tetep banyak saat itu saya merasa hidup saya masih bisa berjalan. Nggak kaya sekarang-sekarang ini nih. Ada kerut atau noda dikiiitttt aja rasanya dunia kaya mau kiamat. Hidup jaman dulu memang lebih simpel, ya?

~ Karena kulit saya yang riwil dulu itulah, sampai sekarang kebawa aja, saya malas dengan kandungan skincare yang aneh-aneh. Bagi saya kulit sehat tanpa masalah cukuplah sudah. Nggak perlu lebih putih lebih cerah lebih merona dan sebagainya. Lagian item atau putih saya tetep cantik kok. ~

Jaman kulit saya masih berminyak dan berjerawat dulu, saya paling malas pakai toner. Karena toner yg ada dipasaran efeknya cuma dua dikulit saya. Kalau nggak bikin berminyak dan greasy, ya bikin iritasi karena kandungan alkohol yang tinggi. Sudah coba toner ini dan itu, eehh...nggak disangka, malah saya cocoknya sama DIY toner murah meriah.

Bagi yang kulitnya berminyak dan berjerawat, bisa coba resep ini

Bahan-bahan:



  1. ACV (Apple Cider Vinegar) atau Cuka Apel
    Asam Asetat yang terkandung di dalam ACV membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati dengan lembut, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan menetralkan sebum.
    Terseah mau pakai merk apa. Saya memakai Tehesta. ACV bisa di beli di apotek maupun di supermarket.
  2. Teh Hijau
    Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang ada di dalam teh hijau, bisa digunakan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.
    Boleh memakai Daun Teh, boleh juga memakai teh celup. Boleh merk apa saja. Intinya, manfaatkan saja apa yang ada di dapur rumahmu :). Disini saya memakai Daun Teh Hijau cap Kepala Djenggot.
  3. Vitamin-E Kapsul
    Ini opsional saja. Boleh pakai boleh enggak. Fungsinya adalah sebagai pengawet alami. Jadi kalau kamu nggak punya lemari es, akan lebih baik kalau memakai Vitamin-E kapsul. Kalau saya biasanya nggak pakai, karena saya menyimpan toner ini di lemari es. Saya memakai merk yang paling gampang ditemui di pasaran, Natur-E.
  4. Botol kosong
    Kalau bisa yang tutupnya rapat dan higienis yak. Dan akan lebih baik kalau memakai botol ukuran kecil saja. Karena ini DIY dari bahan alami, jadi sebenarnya akan lebih baik kalau lebih segar. botol yang kecil membuat kita nggak bisa bikin banyak-banyak, sehingga nggak menyimpan terlalu lama.

LANGKAH I

 

Seduh daun teh dengan air panas. Diamkan hingga mendingin


LANGKAH II

 

Saring air seduhan daun teh, dan buang ampas daun-daunnya


LANGKAH III


Masukan air seduhan teh kedalam botol kosong.


LANGKAH IV


Masukan ACV ke dalam botol. Perbandingan antara Air Teh dan ACV bisa bervariasi. Semakin sensitif kulitmu, sebaiknya kadar ACV-nya dikurangi. Intinya sih ACV-nya sedikit aja cukup kok. Saya memakai agak banyak karena toner ini saya gunakan di punggung, bukan di muka.


LANGKAH V

 

Ini opsional. Kalau nggak punya lemari es, bisa menggunakan kapsul Vitamin-E sebagai bahan pengawet. Caranya gunting kapsul menjadi dua bagian, dan tuang isi kapsul kedalam botol.


LANGKAH VI

 

Tutup rapat botol, dan toner siap digunakan :)


Cara memakainya: Tuang beberapa tetes Toner ke kapas, dan tepuk-tepukkan ke muka perlahan. Gunakan setelah wajah dibersihkan dan sebelum memakai skincare.

Jujur saja, ini resep jaman dulu, jaman saya masih galau. Dulu, toner ini mampu membantu mengontrol produksi minyak di kulit saya dan juga mencegah timbulnya jerawat. Tapi sekarang saya sudah nggak pakai lagi dimuka, karena muka saya sudah nggak berminyak dan jarang berjerawat. Tapiiiii....saya masih memakainya DI PUNGGUNG.

Punggung saya jauh deh dari kata mulus. Banyak banget jerawat dan bekas jerawat kecil-kecil. Makanya saya bikin Toner tadi di botol spray. Karena toner itu saya gunakan untuk menyemprot punggung. Biasanya saya pakai sehabis mandi pagi dan malam hari. Saya baru memakai selama sebulan di punggung. Jerawat lumayan terkontrol sih, sudah nggak numbuh-numbuh terus ^^.

Bagi yang tertarik mencoba, harap diingat: Resep ini hanya untuk kulit berminyak, berjerawat, dan tidak sensitif. Daaannn...kondisi dan kekerenan kulit orang beda-beda. Bisa jadi kulit kamu nggak sekeren kulit saya. Jadi bisa jadi walau kulit kamu berminyak, berjerawat, dan nggak sensi, tapi nggak cocok sama toner ini :).

30 comments:

  1. mbak itu disemprot dipunggung baunya gak apek di badan? Aku jg pake tahesta, gak tahan sama bau kecut apeknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bau sih, tapi aku pura2 nggak kebauan aja ^^

      Delete
  2. Waahhh ilmu baru vit E bisa buat pengawet ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga dapet dari Sekar. &kemudian googling2 :)

      Delete
    2. vit E = tocopherol, antioksidannya buat pengawet.

      Delete
  3. Replies
    1. Kalau aku sih seminggu sekali aku ganti

      Delete
  4. aku nyari-nyari cuka apel dikotaku gak ada -___-

    ReplyDelete
  5. Salam kenal.. :)
    Mbak, cuka apel tu harganya kisaran brp ya?
    Thx b4..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :)

      Tergantung merk, mbak. kalau yang aku pakai merknya Tehesta. Harganya Rp 24 ribu

      Delete
  6. Hai arum, salam kenal.
    Saya sering baca blog kamu tp baru komen skr.
    Gara2 sering buka blog tentang beauty saya jd keranjingan makeup.
    Gaya bahasanya lucu walaupun agak narsis gilak, hehe..
    Sorry yah gda namanya soalna saya g pnya blog.
    Keep posting yahhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Anonim
      Thanx yak, sudah mampir2 kesini :)

      Delete
  7. Weeew ada beauty blogger dari yogya, yang tempet nongkrongnya sekitar jalan solo (toko mutiara-gale-gardena) Salam kenal yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. weww
      hai hai ^^
      pasti org jogja juga ya?

      Delete
  8. hai sista, nama aku Anggun.mau nanya. sista arum, kalo memakai toner ini sebelum pakai vitacid malam hario, trus sebelum pakai parasol 33 pagi hari boleh gak? bikin iritasi gak sista??? makasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya jangan deh kalau sama Vitacid ^^

      Delete
    2. iya sist arum, aku coba shari kmren, jerawatku malah jadi banyak. soalnya aku pakai pas sblum pake vitacid. hehehe.... trus kalau sabun sariayu busa pembersih jerawatnya gak apa" kan sista kalau dipakai sama vitacidnya? soalnya aku kalau pakai sabun bayi,kulitku kering banget sist.
      trus kalau pelembabnya pakai apa y yg cocok buat kulit berjerawat? soalnya aku gak ngerti banget masalah ginian. sorry nanya banyak" sista hehehe...

      Delete
    3. Wah jadi jerawatan ya? Yang kutakutin malah kalau iritasi, karena dua2nya sama2 keras. Kalau sariayu di aku sih nggak papa. Tapi kulit orang beda2 ya. Kalau kulit mbak Anggun lebih sensitif, mungkin ya bakalan nggak cocok.
      Pelembap untuk kulit berjerawat, cari yang ringan aja. Yang water base. Terus cari yang teksturnya gel atau lotion, jangan cream :)

      Delete
  9. Dear, kamu dari kulit berminyak jadi ga berminyak itu hanya karena rajin pakai toner ini aja?
    atau pakai yang lainnya?
    kasi tau dong...hihi
    suka stress deh sama mukaku yang berminyak ini*jedot-jedotin muka ke tembok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, jangan pengen kulit kering dong. Sumpah nggak enak dan tersiksa banget punya kulit kering itu :'(

      Kayaknya sih bukan toner ini, tapi ya karena faktor usia, gaya hidup yang berubah, dan salah perawatan mungkin ya?

      Delete
  10. hai sista...
    salam kenal y...
    q sering ngikutin blogny sista, tpi ru kment skrng,hehe ^^
    sist mw tny nich, dlu wkt sista pke toner ini d muka, d barengin ma obt jerawat jg g? & klo seumpma pke toner ini d barengin ma obat jerawat (misal obat jerwt dr acnes, cz skrank q lg mke obt jerwt dr acnes) aman g y?
    muka q lg bermslh nie, jerwt bermunculan gara2 berhnti dr obt dokter :( #mlah curhat
    maaf y sista bnyk tnya, & mksh sbelumny ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Saujana. Namanya romantis amat :D
      Aku ga pakai obat jerawat/obat dokter sih. Masalah aman atau enggak aku juga ga tau. Kayaknya ya tergantung kondisi dan kekuatan kulit masing2 orang deh :D

      Delete
  11. Unik, kreatif+ narsis banget kakak satu ini..tengkyu ya tips nya..

    ReplyDelete
  12. Kak mau nanya nih, kalo seumpama cuci mukanya pake oatmeal trus malemnya pake toner ini gimana ya?
    Wajahku berminyak dan berjerawat nih :'(
    Makasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah pakai oatmeal, Kak :D

      Delete
  13. kak di cuka apel tahetsa itukan ada gula sama raginya
    itu gapapa di letakkn di muka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau bikin cuka ya memang harus ads perantara gula nya kaka. Gula dan ragi itu nanti yang akan menghasilkan cuma. Dari proses namanya fermentasi.
      Kalau gk ada gula,ragi gk bekerja dan tidak fermentasi fan gak jadi cuka kaka.
      #biologi101

      Delete
    2. @nenglomita thanx sudah bantu jawab :3

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...