Monday, August 14, 2017

[Review] Fanbo Precious White - Skincare, BB Cream, dan Bedak Two Way Cake


Kalau ngikutin blog dan instagram saya, pasti tahu banget kalau ada satu produk makeup, yang selalu saya pakai. Produk yang saya pakai dari awal saya belajar makeup, dan bahkan sampai sekarang masih saya pakai. Produk tersebut adalah Pensil Alis Fanbo. Bahkan dulu pas awal-awal saya pakai, sebenarnya pensil alis Fanbo nggak begitu populer lho, karena orang-orang biasanya pakai pensil alis merk sebelah yang batangnya warna oranye itu :D. Tapi menurut saya sih, bagusan pensil alis Fanbo, jadi saya selalu merekomendasikan pensil alis Fanbo ke semua orang. Saya udah coba banyaakkk produk alis dari berbagai merek, bahkan yang mahal banget juga, tapi tetep nggak ada yang ngalahin performa si Fanbo di alis saya.


Selain pensil alisnya, saya juga suka dengan bedak Fanbo, Fanbo Blush On dan Fanbo Fantastic Lipstick yang teksturnya creamy. Tiga itu menurut saya adalah makeup lokal dengan harga yang sangat terjangkau, tapi kualitasnya bagus. 

Minggu lalu saya diundang ke acara blogger gathering dalam rangka launching produk Fanbo Precious White. Seneng banget dong! Soalnya saya kan die hard fans pensil alis Fanbo. Pas dateng ke beauty event tersebut, saya sengaja pakai beberapa makeup dari Fanbo lho! Biar lebih menjiwai gitu :D.


Yang menyenangkan dari beauty event seperti ini, selain bisa ketemu dan foto-foto cantik bareng temen-temen beauty influencer yang lain, juga karena saya selalu mendapatkan ilmu atau sesuatu yang baru mengenai beauty atau blog related. Termasuk di acara Fanbo ini, saya mendapat banyak pengetahuan mengenai perawatan kulit dari dr. Belina Nadia dan mbak Dame Manalu, Brand Manager #FanboCosmetics. Lalu dilanjutkan dengan presentasi mengenai lini Fanbo Precious White dari Brand Representative Fanbo, mbak Nomi Anggraeni.

Saya baru tahu lho, kalau Fanbo itu sudah ada sejak tahun 1903 di Hongkong, dan kemudian masuk ke Indonesia pada tahun 1968. Saya kira selama ini, Fanbo adalah brand yang didirikan di Indonesia. Tapi walau berawal dari Hongkong, Fanbo merupakan salah satu pelopor masuknya industri kecantikan ke Indonesia.

Kata "Fanbo" sendiri mempunyai arti "bedak yang berharga". Dan spesialisasi produk Fanbo memang di bedaknya yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Saya setuju sih, karena saya juga pakai bedak Fanbo sampai sekarang. Menurut saya, asal ngambil bedak Fanbo seri yang mana aja, pasti kualitasnya bagus kok. Tapi kalau ditanya favorit, saya tadinya selalu suka dengan bedak padat Fanbo Gloria yang kemasannya vintage. Selain kemasannya lucu, kualitasnya juga jempol!


Lini #FanboPreciousWhite dibuat untuk menjawab kebutuhan wanita muda Indonesia akan rangkaian produk perawatan kulit yang memberikan proses dan hasil #EffortlessBeauty. Simpel, nggak ribet, dan sesuai untuk kulit wanita Indonesia dan iklim daerah topis yang cenderung panas. Dengan langkah simpel saja, kita akan mendapatkan kulit yang cerah natural dan flawless.

Fanbo Precious White terdiri dari 3 produk skincare dan 2 produk makeup, yaitu milk cleanser, face toner, facial wash, moisturiser, BB cream, dan bedak two way cake. Kesemuanya dibuat dengan formula yang ringan, cocok digunakan untuk sehari-hari. Buat yang nggak suka kemasan basic produk Fanbo yang terkesan jadul, pasti bakalan suka sama lini Precious White ini yang terlihat modern dan girly dengan nuansa putih-pink-floral.

Lini Fanbo Precious White ini juga punya aroma floral yang sangat lembut dan enak. Aroma floral-nya bener-bener menenangkan, bukan aroma floral jadul seperti produk makeup vintage. Saya pun merasa rileks banget pas ritual skincare routine dengan produk-produk Fanbo ini, karena aromanya memang menenangkan.


Saya akan bahas produk skincare-nya dulu. Kebetulan, Fanbo sudah pernah mengirimkan rangkaian skincare ini kepada saya sebulan sebelum acara. Jadi saya bisa melakukan review menyeluruh, bukan sekedar first impresion. Fanbo Precious White ini memiliki kandungan ekstrak Sakura, pro vitamin B3, dan chamomile oil yang mencerahkan, meredakan iritasi (calming) dan merawat kulit.

Sesuai tagline-nya, effortless beauty, Fanbo juga menghadirkan skincare yang simple namun benar-benar tepat sasaran. Saya sendiri sih bukan penggemar 10 step skincare ala Korea. Ya siapa gitu deh yang sempet pakai 10 layer? Apalagi di iklim Indonesia yang lembap dan panas seperti ini. Dan memang basic skincare yang harus banget kita pakai adalah double clensing, pelembap, dan sunscreen. Udah itu aja.

Double cleansing itu harus banget dilakukan, biar wajah bersih paripurna. Permasalahan kulit yang sering dialami oleh perempuan Indonesia tuh biasanya jerawat, pori-pori besar, dan kulit kusam. Permasalahan tersebut sebenarnya bisa sangat diminimalisir kalau kita mau membersihkan wajah dengan benar, dengan double cleansing.


Fanbo Precious White Milk Cleanser
Harga: Rp 18.500


First cleanser andalan saya adalah milk cleanser. Entah kenapa, saya kalau pakai cleansing oil, micellar water, atau yang lain-lain, malah timbul jerawat. Sepertinya kulit saya memang tipe setia, cuma mau menerima milk cleanser. Seperti hati saya, yang cuma menerima mas Nicsap :(.

Fanbo Precious Milk Cleanser sendiri cukup menjawab kebutuhan saya akan milk cleanser yang bagus dengan harga yang terjangkau. Teksturnya pas, sedikit mengalir ketika dituang, namun gampang di-spread ke kulit wajah.

Cara memakainya adalah dengan mengoleskan ke seluruh wajah, pijat dengan gerakan memutar perlahan hingga makeup luruh bersama milk cleanser-nya, lalu seka dengan menggunakan washlap/ handuk lembap. Orang pada umumnya mengangkat milk cleanser dengan kapas, namun saya mendapati kalau menggunakan washlap lembap lebih efektif dalam membersihkan kulit. Percayalah pada dik Arum, cara ini efektif deh!

Saya memakai milk cleanser, baik ketika sedang makeup-an berat, maupun ketika saya cuma pakai sunscreen dan bedak doang. Kalau sedang pakai makeup berat, perlu diulang 2 hingga 3 kali pemakaian. Tapi nggak usah khawatir, karena mau diulang berapa kalipun menurut saya nggak perih kok. Formulanya milk cleanser ini cukup lembut.

Tapi saya sarankan, kalau kamu memakai matte liquid lipstick dan eye makeup yang waterproof, mendingan dibersihkan dengan makeup remover khusus untuk bibir dan mata terlebih dahulu. Karena milk cleanser merupakan pembersih ringan yang nggak dibuat untuk menghapus waterproof makeup.


Fanbo Precious White Facial Foam
Rp 24.000


Setelah selesai dengan first cleanser, lalu dilanjutkan dengan second cleaser. Gunanya untuk lebih menyempurnakan pembersihan dan mengangkat minyak-minyak sisa milk cleanser yang masih tertinggal, agar tidak menyumbat pori. Produk yang saya gunakan adalah Fanbo Precious White Facial Foam.

Surprisingly, saya suka banget (tolong dicatet: BANGET!) sama produk ini. Saya jarang suka dengan sabun muka kelas drugstore, karena biasanya entah bikin kulit saya kering ketarik atau malah terlalu licin dan nggak ada busanya. Tapi sabun muka Fanbo ini nyaman banget dipakai. Dia ada busanya, tapi bukan tipikal busa deterjen yang munthuk banget ya. Busanya tipe yang lembut dan padat. Cuma perlu satu ruas jari cream sabun mukanya, untuk menghasilkan busa lembut untuk membersihkan seluruh wajah dan leher.


Dan yang terpenting adalah: sabun muka Fanbo ini membuat kulit wajah saya terasa bersih dan segar, namun nggak kerasa kering dan ketarik. Plus saya juga nggak jerawatan memakai sabun muka ini. FYI, saya gampang banget berjerawat kalau salah pilih sabun muka.


Fanbo Precious White Face Toner
Rp 18.500

Jujur saja, saya kurang begitu suka dengan toner-nya. Bukan karena jelek ya. Saya sendiri tetap memakai selama satu bulan terakhir, untuk mencoba performanya, dan kulit saya nggak bereaksi negatif sama sekali. Namun karena jenis kulit saya kering, saya prefer memakai toner yang lebih hydrating dan "kental".

Tapi menurut saya Fanbo Precious White Face Toner ini sangat cocok sekali digunakan untuk kulit remaja atau early 20-an, yang biasanya memiliki problem kulit berminyak, berjerawat, dan pori-pori besar. Karena toner ini mampu meringkas sisa-sisa kotoran penyombat pori, dan membuat pembersihan kulit semakin sempurna, sehingga kulit lebih siap menerima tahapan skincare dan makeup selanjutnya.


Fanbo Precious White Moisturiser
Rp 22.700


Perawatan penting yang sering dilupakan oleh perempuan Indonesia adalah memakai pelembap wajah. Karena hawa di sini sudah panas dan kondisi kulit juga berminyak, biasanya sih pelembap ini adalah produk yang sering di-skip pemakaiannya. Padahal, apapun jenis kulitmu, moisturiser adalah keharusan! Kulit oily pun bisa saja sebenarnya dehidrasi. Dan kulit yang kurang kelembapannya, akan mudah mengalami penuaan dini. Nggak mau kan mengalami penuaan dini? Jadi pastikan selalu mengoleskan moisturiser, setelah mencuci muka!

Kalau khawatir muka jadi lengket dan berminyak karena pelembap, berarti kamu harus memilih pelembap yang formulanya ringan seperti Fanbo Precious White Moisturiser ini. Menurut saya, pelembap Fanbo ini adalah pelembap yang bagus dan nyaman digunakan. Langsung meresap, nggak terasa lengket dan nggak meninggalkan residu apapun. Hasilnya juga masih meninggalkan rasa lembap di kulit.

Walau jenis kulit saya kering, namun untuk pelembap, saya selalu memilih tekstur yang ringan seperti ini. Karena selain nyaman di kulit, pelembap ini juga nggak menimbulkan masalah ketika saya layer dengan serum/ facial oil, sunscreen, dan makeup. Kulit saya masih terasa enak dan bisa bernafas. Nggak panas dan pengap.

Fanbo Precious White Moisturiser ini juga akan cocok sekali untuk remaja, atau untuk yang punya jenis kulit berminyak, karena ringan dan nggak membuat wajah semakin berminyak. Harganya juga sangat terjangkau, dan moisturiser ini bisa dipakai untuk pagi maupun malam hari sebelum tidur sebagai night cream. Jadi praktis, nggak perlu dua pelembap terpisah untuk pagi dan malam hari,


Fanbo Precious White BB Cream
Harga: Rp 34.650


Setelah skincare routine, untuk aktifitas di pagi dan siang hari, tentu kita perlu menyempurnakan dengan makeup. Fanbo Precious White juga menyediakan base makeup berupa BB Cream yang ringan dan natural untuk sehari-hari. Fanbo BB Cream ini memiliki 4 skin benefit yaitu: lightening, color balancing, sebum control, dan long lasting wear.

BB Cream ini juga sudah mengandung SPF 15/ PA ++, yang menurut saya cukup untuk perlindungan di dalam ruangan. Tapi bila ingin beraktifitas di luar ruangan, sebaiknya sih tetap memakai sunscreen terpisah yang punya perlindingan lebih besar.


Fanbo BB Cream ini mempunyai tektur yang ringan, feel-nya seolah-olah ada kandungan airnya. Mudah sekali diratakan ke wajah, nggak makan waktu lama. Untuk pilihan warna, saya memakai shade nomor 02. Beige. Warnanya coklat medium dengan tone yang hangat atau kekuningan. Sedikiittt masih kurang kuning untuk kulit saya, namun masih bisa masuk dan setelah beberapa saat menyesuaikan dengan warna kulit saya. Saya senang sih dengan pilihan warnanya, karena produk BB Cream yang saya temui biasanya punya warna yang condong ke pink.

Pertama kali mencoba, saya mengaplikasikan dengan menggunakan beauty blender. Namun menurut saya hasilnya kurang maksimal. Mungkin karena teksturnya yang cair, produk jadi banyak terserap ke beauty blender. Cara paling baik untuk mengaplikasikan adalah dengan menggunakan jari tangan. Atau kalau nggak suka menggunakan jari, bisa menggunakan buffing brush, namun pastikan bulu kuasnya lembut dan rapat agar hasilnya nggak streaky.


Coverage yang dihasilkan sheer, namun bisa di-build up sampai mencapai medium coverage. Bisa terlihat, warna kulit saya tampak lebih rata, lebih halus, kantong mata tersamarkan, namun untuk noda-noda jerawat yang lebih hitam, masih harus dibantu dengan concealer.

Finish-nya pas buat saya, nggak terlalu matte dan nggak over dewy juga. BB Cream ini cocok digunakan untuk yang punya kulit berminyak, namun untuk yang berkulit kering seperti saya juga masih masuk dan nggak cracking. Kalau kamu lebih suka tampilan matte, bisa tambahkan Fanbo Two Way Cake ke seluruh wajah.

Karena hasilnya memang flawless natural dan terasa ringan, jadi BB Cream ini cocok sekali digunakan untuk sehari-hari, misalnya untuk kuliah, kerja, atau sekedar hangout. Tapi dari lubuk hati saya yang terdalam, saya sih nggak menyarankan untuk yang masih usia sekolah ya. Menurut saya anak sekolah mah belum waktunya mainan makeup, cukup belajar dan sekolah yang bener aja dengan basic skincare dan bedak tabur saja.


Fanbo Precious White Two Way Cake
Harga: Rp 52.950


Fanbo Precious White Two Way Cake ini adalah yang termahal dari set yang lain, walau masih terjangkau sih, namun memang worth it kok! Seperti yang sudah saya bilang di atas, produk bedak dari Fanbo adalah yang terbaik. Kamu bisa cap-cip-cup ambil bedak Fanbo varian apa saja, dan hasilnya nggak akan mengecewakan.

Fanbo Precious White Two Way Cake ini pun nggak mengecewakan. Butirannya halus dan hasilnya membuat wajah tampak flawless. Fanbo Precious White Two Way Cake ini teksturnya cenderung ringan, lebih ringan daripada Bedak Padat Fanbo Gloria yang pernah saya review dulu. Namun karena ringan, justru jadi perfect match untuk dipakai bersama BB Cream-nya. Enteng, nggak powdery/ dempul, dan nggak cakey. Aromanya juga enak, nggak kayak bedak jadul :D.


Aplikasi terbaik menurut saya adalah dengan powder brush, dengan tehnik di tap-tap ringan sampai merata ke seluruh wajah. Dengan cara tersebut, saya merasa bedak ini mampu bluring pori-pori wajah saya, terutama di sekitaran hidung. Jadi wajah terlihat flawless dan licin. Tapi kalau mau pakai spons-nya, terutama untuk keperluan touch up, juga enak kok. Spons-nya nyaman, empuk, lembut, dan mampu pick-up produk dengan baik.

Saya memakai shade 02. Natural Beige untuk Fanbo Two Way Cake ini. Di pan terlihat lebih gelap, namun ketika disapukan ke wajah saya, warnanya pas. Fanbo TWC ini selain cocok untuk setting BB Cream, juga bagus kok kalau dipakai sendiri tanpa BB Cream. Kalau untuk sehari-hari, saya sendiri lebih suka pakai bedak ini saja, tanpa menggunakan BB Cream. Tapi ini selera ya, karena banyak juga yang suka memakai BB Cream sehari-hari.



Ini finish look saya menggunakan BB Cream dan TWC dari Fanbo Precious White. Saya tidak menambahkan concealer, blush on, dan bronzer lagi pada wajah saya, agar hasil Fanbo Precious White-nya lebih terlihat. Namun saya sedikit menambahkan contour dan highlight pada hidung biar muka saya lebih representatif :D.

Kalau pakai Fanbo BB Cream dan kemudian di-set dengan Fanbo TWC tipis-tipis, hasilnya flawless natural seperti seperti second skin, dan tahan dipakai seharian tanpa bergeser, hanya sedikiittt faded di pertengahan hari, tinggal di-touch up lagi. Untuk kulit berminyak, jujur saya kurang tahu sih. Tapi kalau melihat tekstur produknya yang ringan dan nggak terasa berminyak, saya rasa produk ini akan sangat nyaman digunakan pada kulit yang berminyak.

Bila kesusahan mencari offline store atau konter Fanbo Cosmetics di sekitarmu, kamu bisa membeli produk-produk Fanbo di online official store dengan nama "Fanbo Cosmetics" di SHOPEE dan TOKOPEDIA



Instagram: @fanbocosmetics
Facebook: FanboCosmeticsID
Twitter: @fanbofantastic

18 comments:

  1. Cantik mbak.. di Purworejo belum ada lini Precious white-nya, saya tunggu aja deh.. Btw BB cream-nya enteng d muka kan ya.Terus kulitnya kok samaan,kadang saya ikutan teman atau suami pakai sabun muka emalah breakout pruntusan plus kulit kasar dan komedo serta pruntusan keluar semua, jadi balik lagi ke cleansing lotion/milk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kalau yg kamu alami bukan sabunnya yang salah. Coba dibaca ulang deh artikelku di atas. Pembersihan itu harus dilakukan dengan double cleansing. Jadi memang nggak cukup kalau cuma sabun muka saja. Harus milk clenaser + sabun muka. Bukan karena sabun muka nggak cocok, lalu balik lagi ke milk cleanser. Tapi double cleansing.

      Delete
  2. Mbak, boleh tau itu lip colornya merk dan warna apa?

    ReplyDelete
  3. Aku termasuk yg keracunan pensil alisnya fanbo :D

    Kemasannya fanbo sekarang cuanet ya, sangat apreciate sama brand lokal yg mau upgrade n mengikuti selera pasar gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kemasannya bagus. Bunga-bunga sakura. Ku seneng juga liatnya uhuhu...

      Delete
  4. Ahhh aku mau beli pinsil alis fanbo ahh,.. selama ini pakenya justmiss dan nyx hehe. Aku juga suka nih mbak sama milk cleansernya. Ya walaupun di aku cepet banget keserep kulitnya hehe. Tapi bisa lah disiasati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinsil alis Fanbo da beessss.

      Kalau aku malah suka banget teksturnya. Kalau milk cleanser Viva itu di aku berasa kekentelen.

      Delete
  5. Bunnn, entah kenapa dari dulu tiap liat inez dan fanbo ku teringat dirimu~ menuju bun Arum menjadi #brandambassadorFanbo2017

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaa. Amin. Ku nantik kemana-mana taap pakek bedak Fanbo

      Delete
  6. kemaren aku udah nyoba semua juga kan ses, yang paling aku suka juga milk cleanser sama moisturizernyaa aw aw aw, tapi setelah pemakaian yang lumayan lama aku kurang cocok ternyata sama facial washny uhuuhuhu

    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ku suka facial washnya. Napa ndak cocoknya ses?

      Delete
  7. mba arum cuantiiii <3 aku suka kemasannya! bb creamnya menarik buat sehari2. finishnya bagus itu *-* tapi tertarik sama facial washnya juga. kayanya enak buat morning cleanser juga.

    yeeesss pensil alis fanbo panutanqu! huzzah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaciii...
      Kemasannya kece sakura-sakura gitu. Iyaa facial washnya enaque

      Delete
  8. Baru liat stand nya fanbo tadi sore dan aaak kaget dengan keunyuan fanbo jaman now
    Soal bedak mah fanbo emg juara mba..aku jg masih fanbo sampe skrg :-)
    Tapi teteup..liat reviewnya mba arum dulu sebelum beli apa apa hihihiii
    Matatiih reviewnya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kemasannya kemajuan bangeeettttt!!! Cobain seuss, bagus produknya. Dan tekstur & aromanya juga udah modern kok, ngga jadoel.

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...