Friday, April 14, 2017

[Review] NATUR Gingseng Extract, Solusi Untuk Rambut Rontok


Ada yang inget nggak kalau saya pernah cerita, bahwa saya memang sangat mengindari kandungan silicone untuk kulit kepala?

Jadi dulu saya punya masalah gatal-gatal di kulit kepala. Ya semacam ketombe tapi nggak sembuh-sembuh. Saya udah pakai sampo dan hair tonic khusus untuk anti ketombe, tetep aja gatel-gatelnya nggak sembuh. Kondisi itu menyebabkan saya harus keramas setiap hari. Lewat sehari aja, beuh...guatel bet!

Lalu saya menemukan beberapa artikel yang bilang bahwa penumpukan silicon pada kulit kepala bisa menyebapkan ketombe dan gatal-gatal. Saya coba tes deh, pakai sampo yang silicon-free. Dan ternyata, memang cocok! Gatel-gatel saya bener-bener hilang sejak saya pakai sampo yang silicon-free.

Natur adalah salah satu sampo yang silicon-free, yang harganya terjangkau dan mudah didapatkan di Indonesia. Makanya Natur ini adalah salah satu sampo yang bisa saya pakai. Cuma jujur saja sih, saya biasanya pakai Natur yang varian Aloe Vera atau Olive Oil aja. Saya belum pernah pakai Natur yang Gingseng Extract. Alasannya nanti saya ceritakan di bawah ya. Baca terus lebih lanjut!


Minggu lalu saya datang ke acara Hair Beauty Dating di Female Daily. Nah, sebelum acara dimulai, saya mendapat kesempatan untuk melakukan hair and scalp check. Rambut saya dicek dengan menggunakan alat, untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dan seperti yang sudah saya tebak, rambut saya tipenya kering. Tapi ada satu fakta yang bikin saya agak was-was, yaitu rambut saya tipis.

Jadi kulit kepala kita punya folikel-folikel tempat bertumbuhnya rambut. Normalnya, satu folikel tersebut berisi 3 batang rambut. Tapi folikel di kulit kepala hanya berisi satu batang rambut saja. Yang mana berarti kalau ada rambut saya yang tercabut, ya pitak deh dibagian tersebut, nggak ada penggantinya. Uhuhuhu...dik Arum takut pitak :(.


Pada acara tersebut, saya dijelaskan berbagai faktor penyebab rambut rontok. Ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain usia, pola makan, pola hidup yang nggak sehat, stress, dan penyakit tertentu yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon. Ibu hamil dan menyusui juga mengalami perubahan hormon yang seringkali menyebabkan rambut rontok. Beauty blogger Ririe pun bercerita selama masa hamil dan menyusui, rambutnya mengalami kerontokan.

Kalau faktor eksternal antara lain debu, cuaca, polusi, sinar matahari, pewarna, pelurusan, dan penggunaan alat-alat styling rambut yang kualitasnya jelek atau terlalu sering. Selain itu produk-produk perawatan rambut sehari-hari yang ada di pasaran kebanyakan mengandung berbagai bahan kimia seperti detergen, silicon, pewarna, dan pewangi, yang bisa menyebabkan kerusakan rambut. Beauty Blogger Kania bercerita bahwa dia sering sekali gonta-ganti warna rambut.

Saya sendiri mengakui kalau kerontokan rambut saya lebih dipicu oleh pola makan dan penggunaan styling rambut yang berlebihan. Oleh karena itu, perawatannya pun harus maksimal dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut berkualitas, yang tidak mengandung detergen dan silicon. Menurut Ririe dan Kania, produk-produk Natur terbukti mampu mengurangi kerontokan rambut.


Selain perawatan, pemilihan alat styling rambut juga harus yang berkualitas. Pada acara ini, saya diperkenalkan dengan Beauphoria. Beauphoria ini punya beberapa alat styling rambut dengan kualitas yang baik. Pemakaiannya cepat, praktis, dan nggak merusak rambut. Saya sendiri belum pernah mencoba produk-produk Beauphoria, tapi boleh lah kapan-kapan saya akan cobain. Apalagi saya kan memang sering banget pakai alat-alat styling rambut.


Sejak acara tersebut, saya mencoba
rangkaian Natur perawatan rambut yang mengandung Gingseng Extract untuk rambut rontok. Kayak yang saya bilang di atas, saya udah kenal dan pakai Natur dari sejak lama. Saya suka dengan kandungan-kandungannya yang alami dan meminimalkan penggunaan bahan kimia yang justru bisa merusak rambut. Cuma saya memang bisanya pakai yang varian Aloe Vera atau Olive Oil. Baru kali ini saya mencoba Gingseng Extract-nya.

Varian ini mengandung ekstrak Gingseng, yang membantu menguatkan akar rambut, sehingga rambut sehat, kuat, nggak rontok, dan #KuatDariAkar.


NATUR Natural Extract Shampoo
Gingseng Extract


Seperti yang saya bilang di atas, Natur adalah salah satu silicon-free shampoo yang cocok untuk kulit kepala saya. Pasti akan ada yang tanya, silicon kan diperlukan juga untuk pelembut rambut? Iya, betul. Tapi silicon tidak boleh digunakan untuk kulit kepala, karena residunya malah akan menyumbat pori dan menyebabkan berbagai masalah rambut. Sampo itu tugasnya ya membersihkan. Untuk masalah melembutkan rambut, kita serahkan pada conditioner. Itulah juga mengapa kebanyakan conditioner hanya boleh dipakai pada batang rambut, dan nggak boleh mengenai kulit kepala. Tapi jangan khawatir, Natur Natural Extract Shampoo ini mengandung olive oil sebagai pelembut rambut alami kok. Kalau ada alternatif pelembap alami rambut selain silicon, kenapa enggak?

Kelebihan lainnya adalah Natur tidak mengandung detergen atau SLS. Sebagai bahan pembusa, Natur menggunakan bahan dasar kelapa sawit. SLS ini adalah biangnya penyebab rambut kering, rapuh, dan kulit kepala iritasi. Kalau kamu suka mewarnai rambut, SLS juga bikin warna rambut cepat pudar. Oh iya, Natur juga tidak memakai pewarna buatan.

Kesan saya memakai sampo ini, busanya nggak terlalu banyak, yang mana berarti bagus karena nggak mengeringkan rambut. Tapi bukan berarti nggak berbusa sama sekali ya, tetap berbusa dan nyaman kok. Setelah dibilas, rambut terasa kesat dan kulit kepala rasanya bersih banget! Rasa kesat ini mungkin bakalan terasa nggak nyaman buat yang udah kebiasaan sama sampo-sampo lain yang mengandung silicon. Tapi percaya deh, ini beneran malah yang sehat untuk rambut. Selain itu, habis sampoan kan pakai conditioner, nah kesatnya akan langsung ilang kok. Terus ya saya sih karena udah lama pakai Natur, lama-lama ya memang terbiasa pakai sampo seperti ini.

Dan soal aromanya, ini yang bikin saya surprise! Enak banget, gaes! Lebih enak dari aroma sampo lain yang pakai parfum buatan. Saya jujur aja nggak pernah pakai varian yang Gingseng ini, karena saya pikir bakalan bau jamu banget. Ternyata wanginya itu bener-bener enak, soft, dan natural. Nggak bikin pusing pokoknya.

Terus kalau pakai sampo Natur, rambut saya jadi nggak gampang lepek. Jadi saya nggak perlu keramas setiap hari. Keramas setiap hari itu nggak bagus lho, bikin rambut kering dan rapuh.


NATUR Conditioner
Gingseng & Olive Oil



Setelah rambut bersih dan kesat karena sampo, mari kita lembutkan kembali dengan conditioner. Eits, tapi gunakan pada batang rambut saja ya! Nggak perlu kena kulit kepala. Natur Conditioner Gingseng & Olive Oil ini selain melembutkan dan melembapkan, juga dapat memperkuat setiap helai batang rambut.

Natur Conditioner adalah salah satu produk conditioner rambut favorit saya. Soalnya conditioner yang satu ini tuh bener-bener melembutkan rambut, tapi nggak bikin rambut lepek. Teksturnya ringan dan nggak bikin rambut lengket. Pas diaplikasikan akan ada sedikit buih-buih halus, dan gampang banget dibilas sampai bersih. Jadi nggak usah khawatir ninggalin residu dan bikin rambut lepek. Untuk performa melembutkan rambutnya jangan khawatir, rambut beneran jadi lembap, lembut, dan lebih mudah diatur setelah pakai conditioner ini.


NATUR Natural Extract Hair Tonic
Gingseng Extract



Hair tonic ini dipakai setelah keramas, pas rambut masih basah. Dioles aja ke kulit kepala, kemudian lakukan pijatan-pijatan ringan agar meresap dan peredaran darah lancar. Natur Hair Tonic ini aromanya juga enak banget. Agak ada aroma jamunya sedikiittt banget, tapi aromanya enak dan menenangkan. Dan menurut saya sih, dari semua rangkaian perawatan rambut, hair tonic adalah yang paling bikin wanginya tahan lama. Jadi kalau kibas-kibas rambut gitu tetep kerasa banget wanginya.

Terus kemasan Natur Hair Tonic ini juga beda dari kemasan hair tonic kebanyakan. Mulut botolnya itu meruncing, bikin gampang banget mengaplikasikan hair tonic ke area sibakan rambut, tanpa takut cairannya meleber kemana-mana. Selain itu kemasannya yang gepeng dan bertutup rapat juga bikin Natur Hair Tonic jadi andalan saya untuk saya bawa-bawa kalau berpergian.

Oh iya, pas dipakai, hair tonic ini rasanya nyess dan adem banget di kulit kepala. Enak deh. Apalagi kalau pas lagi problem kulit kepala gatel-gatel. Duh, enak banget dikasih Natur Hair Tonic. Rasanya adem dan gatel-gatel langsung hilang seharian.


NATUR Hair Serum
Protecting Treatment



Kalau produk yang satu ini adalah favorit saya sejak tahun 2015. Saya inget banget, pertama kali saya nyobain Natur Hair Serum ini karena dikasih sama temen saya, Dilla. Habis itu, saya jadi ketagihan deh pakai hair serum ini terus.

Baca juga: 10 Produk Skincare dan Haircare Lokal Favorit 2015

Hair serum memang penting banget dan nggak bisa lepas dari saya. Maklum yah, saya kan hobi banget styling rambut. Sering banget rambut saya kena hair dryer atau alat catok. Kalau nggak dilindungi dengan hair serum terlebih dahulu, wah bisa-bisa rambut saya patah-patah semua karena keseringan  di catok.

Natur Hair Serum ini jadi favorit saya karena wanginya enak, nggak bikin rambut lepek, dan nggak lengket di tangan. Jadi setelah mengaplikasikan hair serum ini, nggak perlu cuci tangan lagi, karena memang nggak kerasa lengket atau licin. Selain itu hair serum ini memang bikin rambut lembut dan lebih mudah pas dicatok. Bikin acara styling jadi lebih mudah.


NATUR Hair Mask
Gingseng Extract & Olive Oil



Jujur nih, saya jarang banget melakukan hair mask. Kalaupun hair mask, saya biasanya pakai bahan alami aja yang ada di kulkas. Jadi, ini first time saya nyobain hair mask dari Natur.

Pas nyoba, saya diemin selama sepuluh menitan, lalu dibilas dan dibiarin kering alami. Hair mask ini lebih susah dibilas daripada conditioner-nya. Jadi kalau saya sih, pas bilas, saya kasih sampo dikit di kulit kepala untuk memastikan nggak ada residu yang tertinggal. Setelah maskeran, rambut saya rasanya lembut banget dan kepala rasanya enteng seharian. 



Natur menurut saya adalah pilihan yang paling bagus saat ini buat saya. Karena bahan-bahannya alami dan tidak mengandung bahan kimia yang memang sedang saya hindari pada produk perawatan rambut. Selain itu, harganya juga terjangkau. Karena selain Natur, pilihan sampo silicon-free dan SLS-free yang lainnya harganya mahal-mahal banget. Dan Natur ini, walau harganya terjangkau, tapi kualitasnya bagus. Saya mau coba rutinin pakai NATUR gingseng extract ini, karena saya pengen rambut saya nggak rontok-rontok lagi pas disisir. 

Oh iya, produk-produk Natur ini lumayan mudah ditemukan. Saya biasanya beli di Carefour atau Superindo saat belanja bulanan. Tapi sayangnya, kok saya belum pernah nemu di pasaran sampo Natur dengan kemasan besar ya? Padahal sebenarnya tersedia juga sampo Natur ukuran 220 ml dan 700 ml. Kan enak tuh nggak usah bolak-balik beli dan nggak nyampah banget. Apalagi kan saya pakainya bareng suami, jadi agak boros. Kalau ada yang lihat sampo Natur ukuran besar, kasih tahu di komen atau boleh colek saya di instagram @sekararumw ya. Soalnya saya memang lagi nyari-nyari banget.

Untuk yang ingin tahu lebih banyak mengenai produk-produk perawatan rambut dari Natur, bisa mampir ke sosial medianya:

Instagram: @backtonatur
Twitter: @backtunatur
Facebook: backtonatur 

9 comments:

  1. Ada yang 700ml? Waah, belum pernah nemu. Tapi biasanya yang kecil sama yang sedang ada sih, aku biasanya beli yang sedang yang 220ml (kayaknya). Punya yang kecil juga di tas berenang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya adaaa. Pernah liat juga di youtube Ririe, dia habis beli Natur yang segede gentong. Aku kalau berenang suka bawa botol-botol mini beli di guardian gitu ses. Lebih ringkes dan jadinya nggak perlu beli produk2 dua ukuran.

      Delete
    2. Eh setelah aku cek ternyata yang baisanya aku beli itu cuman 140 ml -__- berarti yang kecil lebih dikit lagi dari itu ya.
      Aku biasanya juga kayak gitu mbak, sabun cair buat renang juga di tempat kecil, tapi pake bekas botol-botol kecil dari hotel :)) *lega*
      Cuman sejak pake Natur, kan ada tulisannya kalau jangan sampe air masuk botol, bisa merusak formula. Aku jadi was-was kalau isi ulang botol kecil berkali-kali hehe

      Delete
  2. Dulu sekali pernah pakai, wanginya masih bau jamu. Sekarang pengen coba ah. Karena silicon free dan no sls

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kayaknya baunya udah berubah ses. Masih kerasa alami alami gitu tapi nggak bau jamu. Ena pokoknya

      Delete
  3. Perlu dicoba nih. Awalnya rambut rontok, bukan nya ngurang malah nambah ketombean, mudah2an cocok

    ReplyDelete
  4. Mba Arum, nemu akhirnya kemasan super besarnya (700 ml) di salah satu guardian ;D

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...