Wednesday, September 23, 2015

10 Produk Skincare & Haircare Lokal Favorit Saya (+ FOTD/EOTD)


Post kali ini adalah lanjutan dari post "10 Produk Make Up Lokal Favorit Saya" yang lalu. Kan kemaren udah nulis soal make up, nah sekarang versi produk perawatan nya.

Tadinya saya mau nulis tentang produk lokal favorit ini beberapa seri. Kemarin udah make up, kali ini (rencananya) face skincare, terus akan ada lanjutan soal perawatan tubuh dan perawatan rambut. Tapi ternyata kalau cuma produk perawatan muka, jumlahnya cuma dikit. Jadi saya gabungin deh.

Jujur aja, kalau untuk produk perawatan, saya memang jarang pakai produk lokal. Bukan karena produk perawatan lokal itu jelek, tapi karena masih jarang produk lokal yang ngeluarin variasi produk yang sesuai dengan kondisi kulit saya. Kebanyakan produk lokal tuh diformulasikan untuk mereka-mereka yang kulitnya berminyak, berjerawat, atau kepengen putih. Yang mana kurang cocok sama saya yang kulitnya kering dan suka sensi sama produk pemutih. Dan entah kenapa, sunscreen merk lokal selalu fail di saya.

Saya pernah nyobain rangkaian produk anti-aging merk lokal, tapi ternyata juga masih kurang lembap untuk kulit saya. Terus kulit saya memang sebulan sekali pas period pasti jerawatan sebiji dua biji, tapi menurut saya itu wajar, artis-artis juga ngalamin kek gitu kok. Tapi saya nggak cocok deh kalau mau pakai rangkaian anti jerawat untuk sehari-hari, bisa-bisa tambah kering bok.

Tapi bersyukurnya akhir-akhir ini saya banyak menemui produk perawatan lokal yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit saya. Dan malah bukan produk lokal yang biasa ada di supermarket loh, tapi malah merk-merk lokal yang homemade gitu. Saya juga nggak ngerti, kenapa produsen besar malah kurang berani ngeluarin variasi produk. Padahal kalau dilihat, produk untuk kulit kering ataupun produk anti-aging gitu pasti punya pangsa pasar.

Oke deh, ini adalah 10 produk perawatan kulit dan rambut dari brand lokal favoritnya dedek Arum. Adek mulai dari rambut, muka, lalu turun ke badan yah biar puas semua terjamah:


1. Natur Hair Serum


Untuk perawatan rambut, selain sampo, saya juga pakai Hair Serum. Saya nggak pernah suka pakai kondisioner, soale ribet dan susah bilasnya. Jadi saya selalu nyetok hair serum. Nah, Natur Hair Serum ini adalah produk terbaru dari Natur. Saya beruntung banget bisa nyobain karena dikasih sama Dilla. Hai Dila, makasih banyak yah :3.

Awalnya saya nggak terlalu berharap tinggi sama hair serum ini. Yah saya pikir sekedar dipake buat sebelum catokan lah buat ngelindungin rambut. Ternyata saya suka bangets. Serum ini rasanya tuh beneran bikin rambut saya kerasa lembut gitu, dan bikin acara nata rambut lebih cepet. Kan biasanya rambut saya keringin dulu pakai hair dryer sebelum dicatok. Kalau pakai hair serum ini sebelum di hair dryer tuh nanti rambut lebih nurut dan setelah di-hair dryer, rambut jatuhnya jadi lebih rapih. Jadi acara nyatok juga lebih gampang. Atau kalaupun nggak dicatok lagi ya udah lumayan kok nggak singa-singa amat. Selain itu saya lumayan suka karena baunya ternyata seger kayak melon. Soale awale saya pikir bakalan bau jamu.

Hair Serum yang saya suka selain ini adalah TBS Grapeseed Oil Hair Serum. Sempet ganti ke L'oreal Exraordinary, Makarizo, tapi tetep aja nggak ada yang sebagus TBS di rambut saya. Sampai saya ketemu sama Natur ini. Saya nggak tau sih harganya berapa, tapi harusnya lebih murah dong dari TBS :D.


2. Skinclub Java Cinamon Facial & Lip Scrub


Jarang-jarang saya bisa suka sama scrub yang modelnya harus diencerin dulu, tapi saya suka banget sama face & lip scrub dari @skinclub_id ini. Rasanya kulit kerasa bersih tapi nyaman, nggak keras dan nggak kasar. Terus praktis karena sekalian buat scrub muka, leher, dan juga bibir. Aromanya juga enaaakkk banget. Sebenernya ada tiga varian selain Java Cinamon, yaitu Japanese Green Tea dan Vanila Bean. Rasanya sama aja sih, yang bikin beda adalah khasiat tambahan dan aromanya, dan semuanya enak. Cuma aroma favorit saya adalah Java Cinamon ini.


3. Gulaco Moiste Grin:ti Lip B:am

Bibir saya itu super kering, jadi wajib pakai lip balm, dan lip balm-nya nggak bisa sembarangan karena banyak lip balm yang nggak mempan buat bibir saya. Selama ini saya pakai Burt Bees lip balm, sampai kemudian saya ngicipin @Gulaco Moiste Lip B:am ini dan jatuh cinta. Ngapain beli yang mahal-mahal dan harus pre-order kalau ada produk lokal yang bisa bekerja sama baiknya? 

Oh iya, saya baru nyoba yang varian Grin:ti. Suka banget sama aromanya yang seger. Beda dari kebanyakan lip balm yang aromanya antara mint atau aroma manis-manis. Grin:ti ini nggak eneq deh pokoknya.


4. Sariayu Intensive Acne Care

Saya jarang jerawatan, tapi bukan berarti nggak pernah. Kalau pas jerawatan, saya tutulin jerawatnya pakai Sariayu ini. Udah dari dulu sih pakai ini. Obat jerawat ini membantu ngeringin jerawat saya. Memang sih bikin kulit kering, tapi nggak masalah karena nggak dipakai tiap hari dan nggak semuka-muka juga. Oh iya, saya pernah cobain obat jerawat lain yang model salep gitu, tapi bukannya jerawatnya sembuh malah makin meradang. Terus pernah juga sok-sokan beli dan pakai obat jerawat dari suatu klinik kecantikan yang harganya empat kali lipat Sariayu ini, tapi tekstur, aroma, rasa, dan khasiatnya sama aja kek Sariayu. Ya udah deh sekarang saya pakai Sariayu ini aja. 


5. Nature Leaves Hello's Night Serum
(review di sini)

Night Cream atau Night Serum adalah sesuatu yang penting buat saya. Saya biasanya rela bayar mahal deh untuk benda yang satu ini. Soale saya kan kalau bobok pakai AC, dan kulit saya tuh kering ring ring. Jadi saya harus pakai pelembap yang bener-bener mumpuni sebelum tidur. Terus juga kalau pagi kan suka buru-buru jadi nggak sempet pakai krim ini itu. Sekedar pakai sunscreen terus dandan udah kalau pagi. Jadi kalau malem gini adalah saatnya menutrisi dan melembapkan kulit.

Saya suka Night Serum dari @natureleaves ini. Bikin kulit halus dan lembap. Cuma memang ini bentuknya oil gitu, karena terbuat dari campuran beberapa essential oil. Kalau pakai essential oil gini memang hasil dan resikonya dua kali lipat dibanding pakai yang udah berbentuk krim (pabrikan). Kalau cocok ya hasilnya bakalan bagus dan lumayan cepet peningkatannya, tapi kalau nggak cocok ya kerusakannya lebih cepet juga dan lebih keliatan :D. Beruntung saya cocok sama Hello's.


6. Viva Milk Cleanser Grean Tea


Untuk pembersih jujur aja saya sayang banget mau beli yang mahal-mahal. Penasaran sih kepengen nyobain cleansing oil atau micellar water gitu, tapi kok sayang ya lihat harganya? Karena menurut saya Viva yang marebuan ini pun udah bisa melakukan pekerjaan pembersihan dengan sangat baik di kulit saya.

Nggak semua varian Viva Milk Cleanser cocok sih di saya. Saya pernah coba yang lemon dan cucumber, itu perih dan pedes di kulit. Tapi yang varian original, green tea, spirullina, dan bengkoang, saya cocok. Favorit saya yang Green Tea karena baunya paling enak.

Tapi saya nggak suka sama toner-nya Viva, karena menurut saya nggak ngefek apa-apa dan malah bikin kulit saya kering. Untuk toner, saya juga milih yang mahalan sih. Karena toner itu tergolong produk untuk menutrisi yah, bukan untuk membersihkan.

Kayaknya masih banyak yang salah kaprah antara toner dengan pembersih berbentuk cair. Beda yak, gaes. Toner itu dipakai setelah kulit bersih dan sudah dicuci, sebelum memakai pelembap atau serum. Gunanya untuk mempersiapkan kulit dengan baik, sebelum menerima tahapan skincare selanjutnya.


7. Pixy Cleansing Express

Nah, kalau Pixy Cleansing Express ini bukan toner. Ini adalah pembersih berbentuk cair. Nggak kayak toner yang dipakai setelah cuci muka, pembersih begini dipakai sebelum cuci muka. Karena fungsinya adalah untuk mengangkat make up, skincare, dan debu dari kulit wajah. Bukan untuk menutrisi kulit.

Selain pakai milk cleanser, saya suka juga pakai Pixy Cleansing Express untuk membersihkan muka. Pixy ini saya pakai untuk tambahan pembersih kalau lagi make up-an berat gitu. Jadi habis dibersihin pakai milk cleanser, saya pakai Pixy ini lagi untuk memastikan kalau make up-nya udah terangkat sempurna. Terus kalau lagi males banget oles-oles milk cleanser, Pixy ini jadi andalan deh. Tinggal tuang ke kapas lalu usap-usap udah. Baru setelah pakai Pixy ini, cuci muka lagi pakai sabun muka.

Dari semua pembersih cair dengan harga terjangkau yang saya temui di pasaran, sejauh ini saya paling cocok sama Pixy. Daya bersihnya lumayan dan nggak perih di kulit.


8. Senswell White Cotton Eau de Cologne


Ini adalah body mist andalan saya sejak jaman kuliah. Dulu sih agak susah carinya karena nggak semua mall ada konternya. Tapi sekarang mah di Guardian juga ada, sering promo pula! Aromanya enaaakk banget, mirip BBW Cotton Blossom (yang udah DC). Aromanya floraly tapi unik deh, nggak kaya aroma floral parfum-parfum biasanya. Dan aromanya lumayan awet di badan saya.


9. Bali Ratih Strawberry Body Mist

Dan satu lagi body mist kesukaan saya, yaitu Bali Ratih yang Strawberry. Wanginya manis tapi seger dan soft, nggak eneq, pokoknya enaaak banget. Tadinya sih saya nggak begitu nge-favoritin Bali Ratih ini, bukan karena nggak suka, tapi karena bingung beli di mana. Tapi sejak tau @dewiratihspa, saya nggak bingung lagi deh kalau mau order kemana. Hehe..


10. Pixy Stick Deodorant

Deodorant favorit saya dan suami. Efektif mencegah bau keti, harganya murah, dan yang paling penting nggak bikin lengen baju kekuningan! Suka banget deh sama Pixy ini. Sayangnya saya belum pernah ketemu varian lain selain yang Woody, padahal pengen nyoba yang warna pink atau biru gitu.

_____


Oke deh. Itu tadi adalah produk perawatan lokal favorit saya. Kalian punya produk perawatan favorit dari brand lokal nggak? Kalau punya kasih tau saya dong di komen. Soale saya kan juga mau tau produk-produk lokal apalagi yang bagus, Maklum emak-emak, maunya ngirit melulu.

Terakhir saya kasih EOTD yah. Untuk detil produk yang dipakai, ada di instagram saya @sekararumw. Kebanyakan produk yang saya pakai sih lokal-lokal ajun kok. Dan itu ceritanya saya lagi belajar numpuk dua bulu mata, jadi maklumi saja ya kalau masih berantakan dan kebelah gitu. Karena risih berantakan banget, akhirnya pas foto semuka bulu matanya saya ganti deh pakai yang single tapi tebel. Mudah-mudahan makin lama saya makin jago. Amin.

32 comments:

  1. Menurut eke ses, Pixy bukan produk Indonesia, krn aslinya dr Jepang bukannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas soal make up juga ada yang komen begini ses. Tapi nggak tau kenapa di otakku tuh kalau pixy = lokal. Hyahahahaa... Gapapa ya ses. Semerk ini aja mohon dimaklumi yhaa :D

      Delete
  2. Aku baru cobain Acne Gel-nya Mustika Puteri mbak dan itu berhasil menggeser keampuhan Acne Gel-nya Clean & Clear lho! :D Harganya murah meriah cuma 15rb di Hypermart, jauh lebih murah dari C&C. Secara aku jarang jerawatan, kalo beli mahal tapi habisnya lama suka sayang :/ #perhitungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah cobain yang cnc. Tapi pernah nyoba obat jerawat bentuk gel dan jadinya jerawatku makin parah T.T. Jadi aku selama ini Sariayu teruuss. Tapi boleh tuh dicoba yang mustika ratu

      Delete
  3. Mbak arum ternyata pake deodeoran pixy yg itu ya..kayaknya udh eksis dr jaman bahela, dulu pernah coba tp ga suka sm wanginya.

    ditanoona.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru aja nih pakainya. Gara2 suami. Tadinya suami pakai rexona tapi bikin bagian ketiak kemeja kuning2. Dia ganti ini, bagus, aku ikutan ganti deh

      Delete
  4. Loh loh perasaan kalo aku lagi belanja varian si pixy deodorant lengkap lho ses. Aku juga pake tapi yang biru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini susah ses cari yang biru sama pink :(

      Delete
  5. Aku baru tau kalo toner sama pembersih berbentuk cair itu beda, bhikhikhikk.. Btw tonernya mba arum apa yaa?


    Aku pake deodorant pixy warna biru, baunya lumayan enak kok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes beda. Aku pakai Avenne kalo nggak Hada Labo

      Delete
  6. Penasaran sama natur hair serum nya mbak. Secara rambut aku sekarang lagi parah banget kondisinya karena hampir tiap hari dicatok. Sekarang sih lagi pake makarizo hair recovery sama makarizo hair energy. Tapi karena direview sama mbak arum si natur ini lebih oke, kok jadi pengen coba juga ya


    http://rifiaubiet.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh. Serius ini sih baguusss banget di rambutku. Siapa tau cocok juga, mb

      Delete
  7. Kulitku juga kerontang banget gara2 sok nyobain krim koreaan yang mengandung whitening (harganya pun selangit). Trus diselamatkan sama Viva skin food, bisa dipake dari muka sampe kaki. Marebu hore xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah cobain Viva Skin Food buat muka sih, tapi pernah buat tumit pas paraaaahhh banget pecah perih pedes. Ces pleng banget cobaaakkkk!!!!

      Delete
  8. Natur hair serum produk baru ya, Mbak.. Ngga pernah nemu.. Jd penasaran pingin nyoba.. :)

    ReplyDelete
  9. Mbk,produk yg bisa bikin rambut lebih rapi apa yak? Sarannya donk.. Yg murah ya :v :v :v

    ReplyDelete
  10. aku pernah pake sariayu intensive care, dan sukses kak! abis ampe 5 botol lebih, soalnya boros huehehehe.

    oh ya grgr waktu itu baca postingan mb yg nyinggung Pixy, lupa yg mana, aku terus beli deh sama lagi yang Woody. terus baru 3 kali pemakaian, ketiku lgsg item bgt mb. jadi lgsg balik lagi ke rexona:""") kayanya terlalu keras kl buat aku ya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah ga ngerti lagi itu sariayu habis berapa botol. hahahaha...
      wah bikin ketek item ya? #langsungliatinkelek

      Delete
  11. Halo mba arum,,
    seneng deh tiap minggu pasti ada aja postingan mba arum yg buat aku seneng bacanya. hehehe
    Oia, aku mau tanya mba arum kalo but hilangin bekas jerawat pakai apa??
    Soalnya kulitku lg banyak bekas jerawat dan kulit mukaku juga kering
    Jadi bingung pakai apa u/ hilanginnya.
    Mohon bantuannya Suhu Mba Arum.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kok nggak suka banget ya dibilang suhu atau apalah :D :D

      bekas jerawat ga pernah tak apa apain tuh mb. tak biarin aja ^^

      Delete
    2. makasih mba arum. Haha, iya abisnya tiap baca review dari mba arum kebetulan produk2nya cocok sama aku. Jadi ta panggil mba arum Suhu. hehe

      Delete
  12. Mba arum pernah nyobain masker ovale? yang pasta varian lemon, itu ngefek banget klo di aku pas lagi jerawatan langsung kering..klo lotion ada yang direkomendasikan ga mba buat kulit kering banget soalnya aktivitas ruangan ber-AC tiap hari -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udaahhh. Di aku perih banget mb. Kalau masker jerawat lokal aku prefer sariayu ajah :D.
      Lotion buat badan yak? Aku pakai Jergens. Manteb itu mba. Mahal sih tapi aweeett abisnya lama dan nggak perlu reaply soale awet lembap sampai pagi-malem.

      Delete
  13. Hallo mba suka deh baca blognya. Aku mau tanya nih mba masih pake secret key STE sama olay 7in1 nya ga? Aku mau coba pake tapi aku masih 19tahun kira2 cocok ga ya mba?
    Makasih sebelumnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah enggak. Mmm...aku nggak tau kalau cocok atau enggaknya di kamu ^^

      Delete
    2. Oh gitu, jadinya mba pelembabnya sekarang pake apa?
      Lagi nyari pelembab yg bagus yg ga ada parabene nya nih mba hhe

      Delete
    3. Aku pakai Himalaya & Hada Labo :)

      Delete
  14. halo mba sekar^^ aku mau nanya dong utk pemakaian milk cleanser, jd kan saya ngampus dan biasa pulang jam 5 sore. nah, lebih baik saya pakai milk cleanser pas sore2 pulang ngampus buat bersihin segala macem yg ditemplokin di muka pagi2, atau sebelum tidur aja yah? kan banyak yg blg lebih baik habis pakai milk cleanser langsung cuci muka aja, kalo mc nya saya pakai pas sore dan jadinya saya cuci muka 3x sehari (pagi, sore utk ngehapus mc, malam), too much enggak sih mbak saya cuci mukanya? maaf loh mba kalo belibet, makasih pencerahannyaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga cuci muka 3x sehari kok. Kadang lebih kalau habis bikin FOTD atau tutorial. Yang enting habis cuci muka langsung oles pelembap aja :D

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...