Friday, June 13, 2014

Serba-serbi Lipstik Merah 1: Memilih Warna Merah yang Tepat


Sebelum masuk ke inti postingan, saya mau ngasih tau kalau lagi banyak item baru (tapi preloved, ahak!) di beauty blog ter-gorjes sedunia. Yuk, dilarisi -->  http://www.racunwarnawarni.com/p/blogsale.html

Jujur aja, udah lama banget saya mau nulis tentang ini. Karena memang banyak yang tanya di komen kalau saya ngomong soal warm-tone dan cool-tone red. Saya nggak jawab di komen langsung, karena memang masalah warna begini agak absurd kalau dijelaskan pakai kata-kata singkat aja. Harus pakai gambar dan penjelasan yang berbusa-busa.

Saya nggak juga bikin dari dulu, karena sebenernya saya bingung bagaimana cara menyampaikan masalah warna kepada manusia biasa? Soalnya bahkan dari 10 tahun yang lalu sampai dengan detik ini, saya masih belum bisa meyakinkan suami saya kalau telur bebek itu warnanya hijau, bukan biru. Dasar manusia --".

Oke, sebelum masuk ke warna merah secara khusus, sebaiknya dimengerti dulu tentang warna yang hangat (warm-tone) dan warna yang dingin (cool-tone)

Gambar pinjem di: http://blogs.skokie68.org/abrooks/

Simpelnya sih, yang masuk ke golongan warm-tone adalah warna-warna bumi (earhty colour) yang kesannya hangat. Misalnya: oranye, coklat, dan kuning. Sedangkan Pink, ungu, dan biru masuk ke golongan cool-tone (atau sering juga digolongkan/dinamakan jewelry color). Bisa dilihat juga kalau warna hijau dan merah ada di perbatasan dua tone tersebut.

(Itulah makanya warna telur bebek telah sekian lama menjadi perdebatan sengit penuh kontroversi antara orang klaten ke timur yang menyebutnya hijau, dengan orang Klaten ke barat yang lebih suka menyebutnya biru. Biru dari Klaten, hah?! Mungkin suatu saat kubu biru dan kubu hijau ini harus bertemu untuk mencari kesepakatan dan menetapkan perihal warna resmi dari telur bebek.

...Di Klaten, tentu saja.)

Kulit manusia juga ada yang masuk golongan warm-tone dan ada yang cool-tone. Ini bukan masalah kulit terang dan kulit gelap ya, tapi warna dasar atau undertone. Jadi, ada yang namanya undertone dan ada yang namanya skintone. Undertone itu warna dasar kulit, yang nggak bisa dirubah. Kalau skintone itu adalah gelap-terangnya kulit, bisa diterangkan atau dipergelap. Orang dengan undertone pink, bisa saja ber-skintone gelap atau terang. Demikian juga orang dengan undertone kuning, bisa aja kulitnya gelap ataupu terang.

Makanya saya nggak pernah menjawab pertanyaan seperti ini: "Rum, kulitku sawo matang/sawo busuk/putih manja. Itu berarti undertone-ku kuning/pink?" Karena memang nggak ada hubungannya antara gelap-terangnya kulit dengan warna dasar kulit.

Kalau masih bingung dengan undertone-mu (kok iso?), Yang paling gampang adalah dengan mendekatkan kain/perhiasan berwarna emas dan perak secara bergantian ke kulit. Sebaiknya jangan kulit muka yang habis di facial atau lagi jerawatan atau digigit nyamuk ya, karena biasanya memang kemerahan, tapi itu bukan undertone. Mana yang paling cocok buat kamu? Mana yang paling baik menampilkan rona kulitmu? Kalau kamu lebih cocok dengan warna emas, berarti undertone-mu kuning. Kalau perak, berarti undertone-mu pink.

Kalau saya paling cocok sama emas. Apalagi kalau ada berliannya, wiw! #suamidimohonmembaca! Pada umumnya, orang Asia punya yellow skin's undertone. Tapi ya ada juga kok yang ra umum :D.

Sekarang kita masuk ke warna merah. Merah juga ada yang hangat (warm red / yellow based red), dan yang dingin (cool red / blue based red). Merah yang hangat adalah warna merah yang di dalamnya terdapat campuran warna kuningnya. Sedangkan merah yang dingin adalah merah yang ada campuran warna birunya. Sama seperti undertone, ini nggak ada hubungannya dengan merah tua atau merah muda. Karena baik merah hangat atau dingin, bisa saja tua/kentel atau muda/tipis.

Untuk lebih jelasnya mengenai warna merah, lihat lipstik berikut:
 

Sebenernya kalau dilihat satu-satu aja, tanpa pembanding, nggak akan kelihatan kalau yang satu warm dan yang satu cool. Karena kandungan warna kuning dan birunya memang sedikit banget. Tapi percaya deh, memang beda kalau udah dipakai. Ada yang lebih cocok dengan yang kiri, dan ada yang merasa lebih cocok dengan yang kanan.
 

Kalau di swatch pada warna dasar putih, bisa lebih jelas mana yang warm dan mana yang cool. Lihat deh batang lipcream di atas. Kelihatan kan, bedanya? Sebelah kiri cenderung oranye, dan sebelah kanan cenderung pink.

atas: warm-tone red / yellow based red
bawah: cool-tone red/ blue based red


Saya juga pernah dapet pertanyaan: "bibir saya hitam, cocoknya pakai lipstik merah yang gimana?" Menurut pendapat saya, pemilihan warna lipstik merah itu lebih berdasar ke warna kulit yak, bukan warna bibir. Kalau warna bibir mah pengaruhnya sama pigmentasinya aja. Kalau bibirmu hitam, pilih lipstik yang nutup biar itemnya ketutupan. Tapi soal warna, apa aja oke asal cocok sama kulit.

Secara teori (yang sering saya temui di majalah atau artikel kecantikan), orang dengan yellow undertone akan lebih cocok dengan lipstik merah yang hangat, sedangkan orang dengan pink undertone cocok dengan cool red lipstick. Tapi kalau pendapat saya, semua jenis undertone bisa pakai dua jenis warna merah tersebut. Loh, mana yang bener? Ya tentu saja pendapat saya, kan kamu lagi main ke blog saya ^^.

Yup, semua orang bisa pakai merah dengan tone apapun. Tinggal disesuaikan aja dengan selera, lebih suka yang gelap atau yang terang? Lebih suka campuran warna biru/kuning yang samar-samar, atau campurannya kuat? Saya sendiri menggunakan 2 jenis warna merah tersebut. Dan saya pakai warna apapun tetep kelihatan awsome. Mungkin memang saya bakat awsome. Eh sebentar, menjadi awsome itu bakat bawaan lahir atau sesuatu yang bisa diusahakan sih? :D.

Tapi kalau kamu pemula dalam dunia perlambe-abangan, dan masih gundah menentukan jenis warna merah yang tepat untuk lipstikmu, saran saya kamu bisa mulai mencoba lipstik merah yang sesuai dulu dengan undertone kamu. Misalnya: kamu punya warm undertone. Pilih aja warna-warna merah-tangerine, merah kecoklatan, merah cabe, merah-coral, dan sejenisnya. Kalau sudah pede, baru kamu coba eksplor ke warna-warna merah yang dingin seperti: merah cenderung fuchsia, merah-rose, merah-keunguan, atau burgundy.


Kalau bagi saya, pemilihan jenis warna merah ini lebih cenderung kepada kesan apa yang mau saya tampilkan? Kalau kepingin berkesan ceria dan bersemangat, saya lebih memilih warna warm-red. Warna cool-red saya pilih kalau saya lagi kepingin menampilkan kesan glamour/mewah. 

Saya akhir-akhir ini lagi seneng-senengnya pakai lipstik merah untuk harian. Setiap kali FOTD di instagram, kayaknya saya selalu pakai lipstik merah deh :D. Nah, untuk sehari-hari itu, saya tentunya kepengen kesan yang ceria dan nggak terlalu berat. Untuk itu saya pilih warna warm-red

Lipstik warm-red yang saya pernah coba dan suka:
- Maybelline watershine pure lipstick R21 (review di sini)

- Wet 'n Wild Megalast Lipstick Coraline

Lipstik cool-red yang saya punya dan suka:
- NYX soft matte lip cream Monte Carlo
- Wet'n Wild Megalast Lipstick Stoplight Red

Ada juga jenis warna yang sering disebut orang sebagai pure-red, atau merah tanpa campuran warna apapun. Contoh lipstik dengan warna ini:
- Revlon Superlustrous Lipstick Love That Red
- NYX Sofmatte Lip Cream Amsterdam
- Wet 'n Wild Megalast Lipstick Red Velvet

Kalau menurut saya kok pasti warna merah itu punya kecenderungan ada kuningnya atau ada birunya ya? Revlon Superlustrous Lipstick Love That Red dan NYX Sofmatte Lip Cream Amsterdam menurut saya masuk kategori warm-tone. Sedangkan Wet 'n Wild Megalast Lipctick Red Velvet menurut saya masuk kategori cool-tone. Tapi mungkin nggak sih, warna yang keluar ketika di-swatch pada orang lain yang warna kulitnya beda juga bakalan berbeda? Memang sulit ya mengkategorikan warna. Bikin siwer :D.




Oh, iya. Kalau kamu tertarik dengan hiasan ala ala vintage seperti tempat lilin berbentuk lampu kota yang saya gunakan untuk pemotretan kali ini, kamu bisa loh beli di Miss Lie Collection! Selain jualan make-up dan keperluan berternak kuda, Miss Lie juga jual barang-barang unyu ini! Pilihannya banyak banget, nggak cuma Classic Standing Lantern kaya punya saya ini.

Pernak pernik lucu ini bisa banget kamu pakai buat menghias rumah/kamar, buat tempat lilin (yang rumahnya sering mati lampu angkat tangan!), atau sekedar buat properti foto-foto.



Gunakan kode Racun01 untuk free ongkir. Cara memakai kode bisa dilihat di post ini.




 Jadi, warna merah kaya gimana sih yang jadi favorit kamu?

30 comments:

  1. Undertone saya sih warm koyo'e mbak. Tapi cocok2 aja mau pake yg warm red atau cool red. Kecuali warna2 yg kelewat muda kayak pink2 kemudaan atau nude kelewat nude. Berasa aneh liatnya. Maklum, belum se-awesome mbak Arum yg cocok pake lipstick warna apapun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang menurutku tergantung tingkat kepedean aja sih ses. Hakhak. Akupun ga cocok loh pakai yg terlalu pucet. Harus diimbangi eyemakeup super lebay ^^

      Delete
  2. hahaha aku newbie juga nih dalam dunia perlambe-abangan. Ini post yang ku tunggu-tunggu mbak arum. Udah kepingin banget ngehits pake red lipstick tapi entah mengapa gak ada yg bikin pede, kesannya malah bikin muka kusem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobak ganti shade-nya ses. Kalau biasanya pakai cool pakai yg warm. Siapa tau cuco :D

      Delete
  3. O.O mbak e kok tetep keliatan awsome pake 2 2 nya... How can..??

    ReplyDelete
  4. aku aku warm undertone, dan kuningnya lumayan kenceng.. kalo pake lipen yang cool undertone terutama warna yg muda2 malah jatohnya kusem ke wajah, ga cocok.. makanya lipen2nya maen di yg warm mulu, biar aman~ ihhihi. ga se-awesome mbak arum sih,, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhihihik...sebenernya tinggal pede atau endaknya aja, ses ^^

      Delete
  5. Aku juga dulu bingung soal warna undertone, udah make banyak cara dan ndak ketemu, pake emas akunya gak punya, make cara kertas putih keluar pink, tp aku ngerasa kayak warm gituh, jadi galau selama beberapa saat, sampai akhirnya saat belanja baju, dan iseng iseng coba, memang ada warna tertentu yang bikin warna kulit lebih wah gimana gitu, dan warna ku ternyata warna warm cenderum suram gitu mba, hahak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa....ya ndak suram ah ><. Berarti kamu cocok pakai baju warna2 kuning, hijau, dan coklat yak? Coba baju pink, Bal :D

      Delete
  6. aku jelas warm undertone mbak, udah milih lipen merah sing merah cabe.. tapi tetep wae gak pantes, dihina-hina se-umat. apa yang salah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena belum terbiasa dan warna yg dipilih terlalu terang. Jal, nyobak yang merahnya lebih kalem. Merah kecoklatan atau merah bata misalnya

      Delete
  7. Aku pernah baca cara bedain undertone dengan nge bedain efek kulit setelah "terpanggang" matahari. Kalau kulit menggelar berarti yellow undertone dan kalau malah merah-merah kaya kepiting rebus gtu berarti pink undertone. :D

    Kalau aku pribadi suka semua jenis lipstick merah. Apalagi yg ala-ala MAC Russian Red gitu beeeehhh nampol banget.

    Nyerah kalau pake nude lipstick. Kaya orang sakit T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal efek sunburn/menggelap itu hubungannya lebih sama skintone, deh, bukan undertone. Orang dengan undertone yellow tapi kulitnya sangat terang (fair/pale yellow?) bakalan lebih gampang kebakar matahari kalau dibandingkan dengan orang berundertone pink tapi berkulit gelap. Karena kulit gelap memang punya kandungan melanin yang lebih banyak. :D

      Iya Russian Red cakep. Elegant gitu, blue based red. Kalau pake nude lipstik memang harus diimbangi eyemakeup yg lebai ^^

      Delete
  8. wah.. kalo aku udah soulmate bgt sama lipstik merahhh... Tapi enaknya kalo udah terbiasa pake lipstik merah itu....kalo ganti warna lipstik lain yg lebih muda mesti dibilang 'kamu sakit'? atau yg aneh malah bilang 'lipstikmu menor' padahal warna itu lbh muda dari warna merah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Dit. Nek kamu cocok banget pakek lipen meyah. Dan aku nggak mbayangin kamu pakek lipen nude beige gitu. Hahaha...

      Delete
  9. Mbak Aruum.. this is such a great posting. So comprehensive!
    Sy newbie dalam hal lipen abang, beberapa kali ke make up stand/store pilih pilih warna merah, tp teteep ujung-ujungnya end up dengan warna nude atau pink -_-
    Thank you for the info, Mba.. :)

    Anyway, di foto yg terakhir, Mba Arum pakai lipen apa ya? Kode? Cool colour. Looks suit on you..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, newbie :D :D :D
      Thanx ya ;). Kayaknya nggak papa deh punya satuu aja lipen merah, buat punya-punya, siapa tau suatu saat butuh. Kalaupun nggak pede, bisa tuh di mix sama lipen warna nude-nya, biar agak kalem.

      Di foto terakhir aku pakai Revlon Love That Red. Ini pure red. Sebenernya kalau dilihat langsung agak ada orangenya di aku ^^

      Delete
  10. mbak arum... kenapa gak ada nama & nomor lipstik di masing2 look? supaya ada contoh yg jelas ngono loohh. btw aku warm tone tapi kok paling cocok malah sama lipstik merah keunguan yah? pengen coba merah-fuschia atau merah-oranye tapi masih ragu krn sblm2nya dapet merah cabe yg akhirnya gatot, malah bikin keliatan menor; apalagi bentuk bibirku emang udah sekseh berisi--malah jadi lebay klo terlalu 'nyala'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...soalnya aku ngak pengen ngerekomen lipstik merk tertentu sebenernya, ses. Itu yang aku pakai:

      warm tone: NYX Soft Matte Lip Cream Amsterdam
      cool tone: NYX Soft Matte Lip Cream Monte Carlo
      Terus difoto terakhir aku pakai : Revlon Superlustrous Love That Pink

      Kalau kulitnya kuning, pakai merah yang cool memang kesannya kontras gitu ses, nyala dan kadang dibeberapa orang bikin kesan kulit lebih putih dan glamour. Tapi kalau pakai yang merah yang warm tone, kesannya akan lebih ngeblend ke kulit, jadi lebih lembut dan anget :D. Jadi balik lagi ke masalah selera sih ses.

      Kalau merah cabe itu kan terlalu cetar yak ses. Jadi mungkin kalau nggak biasa bakalan aneh aja keliatannya. Coba pilig warm tone red lipstik yang warnanya nggak terlalu njedet. Hehe..

      Delete
    2. *Revlon Superlustrous Love That Red

      Delete
  11. Mbak, aku kepengen nyoba NYX Soft Matte tp masih galau sama warnanya. pengen pake warna pinkish gitu. tp bingung mana yg cocok, secara beli online ga bisa testing. masih bingung juga sama undertone aku, cuma kalo difoto pake warna warm keliatannya jadi kuning gitu kulit aku, kalo lg pake baju yg cool tone warna kulitnya jadi pucet putih gitu. antara Milan/Ibiza/Antwerp/Addis Ababa cocok mana ya? thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku belum pernah nyoba semua warna yang kamu sebut itu, mbak. Jadi nggak bisa ngerekomen. Maap yak ^^

      Delete
  12. aku udah sering mondar-mandir di blog mba arum tapi baru kali ini komen heheheh
    mba cantinknyaaaa pake lipstik merah, duh aku belum berani pake lipstik se-merah itu.
    itu mba bibirnya pake concealer dulu atau langsung lipstick? thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok berani donk! :D
      Langsung lipstik aja. :)

      Delete
  13. Entah knp ak kalau pake lips yg menyalah2 seperti merah itu keliatan ga pantes ... berasa jd mak mak tiri di sinetron tetangga.. wkwk

    Entah karna kulit ak ga cocom atau emg ak yg ga pd -_- pdhl pengen bgt kaya org2 *baca : sekarang belum kaya orang dong ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya karena nggak pd aja, karena belum biasa dan belum nemu warna merah yang pas :)

      Delete
  14. maaf kalo repost, gatau komen sebelumnya udh msk atau belum, kalau aku mbak cocok pakai baju warna pink atau coklat, kalau biru jadinya kusam, berrarti undertone aku apa ya mbak, terus nyx yang difto itu bikin bibir kering ya, padahal warnanya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya warm tone deh. Tapi coba2 aja dulu ;).
      Iyaa, di aku agak bikin kering nih..

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...