Sunday, June 29, 2014

Resep Mudah: Ayam Telur Asin


Aha, weekend! Waktunya masak-masak lagi #berdiringangkang #alachefjuna

Saya ini termasuk penggemar masakan yang pakai pasta kuning telur asin. Tapi saya nggak doyan makan telur asin kalau nggak diolah/dimasak lagi loh. Kalau makan rawon, telur asinnya biasanya nggak saya makan. Aneh ya? :D. Menurut saya, aroma kuning telur asin yang dimasak lagi, apalagi kalau agak-agak gosong gitu tuh, ehm...menggoda iman banget. Bikin ketagihan dan makan terus-terusan. Apalagi pasta telur asin ini masaknya gampang dan cepet.

Sayangnya sejak di Jakarta, saya jarang nemu telur asin yang kualitasnya bagus. Jadi jarang deh masak beginian.

Pasta telur asin begini paling enak sih dijodohin sama udang atau cumi-cumi. Tapi kalau nggak ada udang dan cumi-cumi, pakai ayam pun juga enak.

Kalau mau pakai ayam, sebenernya lebih enak pakai ayam utuh yang dipotong-potong, bukan ayam filet. Jadi masih ada kulit dan tulangnya. Rasa kulit ayam berpadu sama kuning telur asin itu enak banget. Tapi karena di kulkas saya adanya stok daging dada ayam, ya sudah lah, saya pakai ini saja.

Yuk masak, yuk!


Bahan:
  • 2 bongkah besar dada ayam (tanpa tulang dan kulit)
  • 5 butir kuning telur asin matang, hancurkan dan kasih 2 sdm air hangat agar bentuknya jadi kayak pasta
  • Minyak goreng untuk goreng ayam
  • Margarin untuk menumis

Bumbu untuk goreng ayam:
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir jeruk nipis
  • Tepung Maizena

Bumbu untuk pasta telur asin:
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 buah cabai merah keriting, iris
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt kecap asin
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 2 sdm air hangat
(boleh ditambah merica. Kalau saya sih nggak suka)

Cara memasak:
  • Potong-potong ayam jadi kecil-kecil, kaya di foto atulah.
  • Haluskan 2 siung bawang putih dan garam.
  • Rebus ayam bersama dengan uleg-an bawang putih dan garam sampai empuk (opsional. Nggak direbus juga nggak papa. Tapi kalau saya suka ayam yang empuk, jadi kalau masak ayam selalu saya rebus dulu)
  • Tiriskan ayam, balur pakai air peresan jeruk nipis, diamkan sebentar.
  • Gulingkan ayam di tepung maizena, lalu goreng.
  • Campurkan pasta kuning telur asin, saus tiram, kecap asin, dan gula pasir di dalam sebuah gelas. Aduk-aduk sampai merata.
  • Panaskan margarin, tumis bawang putih dan cabe merah sampai harum.
  • Masukin pasta telur asin dan daun bawang, besarkan api, aduk-aduk hingga merata dan berbulir-bulir. Agak gosong nggak masalah sih, malah enak :D.
  • Masukin ayam goreng, aduk rata sampai pasta telur asin membalut ayamnya.
  • Angkat dan sajikan!

Hidangan ini rasanya enak deh. Aromanya khas kuning telur asin. Rasanya gurih banget dan asin, berpadu sama daging ayam yang empuk. Cocok untuk lauk nasi putih/merah. Tapi kalau saya, sukanya saya gadoin. Hehe..

Selamat menikmati ;).

10 comments:

  1. Laperrrr. Patut dicoba nih, sayang gak ada foto step2nya. Padahal udah nunggu banget jeng T_T
    Maklum jarang pegang penggorengan hahaha. Kalo lihat tulisan doank jadi stress sendiri. Semangat nyoba ahhh. Gosong katanya tetep enak hahahaha.

    Nice info resep nih. Lanjutkan ^0^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya nggak ada yg motoin, jeng Luc. Kan riben juga tangan bau bawang megang kamera, belum takut gosong dll. Hahah..

      Ayok, cobain ;)

      Delete
  2. Nyaaaammmm... Masakan pake telor asin emng enaaaaaaaaakkkk.. Klo aq paling demen dimasak sama kepiting soka.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah masak kepiting2an, sesss. Soalnya bayanginnya ribet. Hahaha...tapi jadi pengen nih. Udah lamaaa banget nggak makan kepiting.

      Delete
  3. sayangnya akika eneg sama masakan yang ada telur asinnya. pernah nyobain resep cumi balur telur asin mu itu ternyata nggak cucok di perutku. padahal rasanya enak. hishh.. perut sama mulut kok ngga sinkron... *banting perut*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah nggak kebeneran telur asinnya dear, terus perutnya sebah. Apa mungkin sama kaya aku ya? Sensi sama kualitas telur asin. Aku kalau telur asinnya masih seger dan bagus (warna kuningnya nggak kecoklatan dan nggak benyek), nggak papa, aman perutnya :D

      Delete
  4. Fix coba menu ini buat buka puasa. Eh kalo aku sih suka merica. Dan suka kemiri. Mungkin tak tambahin dua bumbu itu.. *dimarahin sama pemilik resepnya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nek gitu diganti aja bra. Nggak usah pakai lemon/nipis. Ungkep ayamnya pakai tumbar, miri, bawang putih, garem aja.

      Delete
  5. Aduh mbak racun, racun makanan juga :"D

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...