Thursday, April 10, 2014

Pamer Palet


Ini ceritanya saya kepengen nulis sesuatu di blog ini, tapi lagi malas dandan bikin FOTD atau EOTD, malas bikin artikel serius, malas nge-review produk kosmetik, dan apalagi bikin tutorial. Jadi ceritanya kamera saya baru dan saya belum nemu formula selfie yang tepat. Jadi kamera baru saya memang belum saya pakai-pakai ^^.

Hmm...saya malas menjelaskannya, kayaknya yang mudeng cuma sesama beauty blogger aja. Pokoknya saya menghimbau kalian yang doyan selfie, untuk menjaga kamera kesayangan kalian baik-baik. Perlakukan kamera seperti celana dalam berenda kamu yang paling mahal. Dipakai dengan tepat, dibersihkan dengan cara yang tepat, disimpan di tempat kering dan tertutup, jangan diperlakukan dengan kasar, jangan ditaruh disembarang tempat, jauhkan dari intipan mata-mata nakal, dan tentu saja, jangan dipinjamkan. Serta marahlah kalau ada orang lain yang menyentuhnya tanpa ijin.

Saya mau ngomongin sesuatu diluar make up juga lagi nggak keidean. Jadinya saya pamer-pamer sedikit koleksi saya aja deh. Ini cuman pamer loh ya. Nggak ada review mendetail, swatch, EOTD/FOTD, apalagi tutorial. Palingan cuma quick review dan banding-bandingin ayam doang. Semoga aja bisa jadi gambaran bagi yang kepengen beli-beli palet.

Yang mau saya pamerin ini adalah barang yang selalu berhasil bikin para pecinta make up menggelinjang, yaitu palet. Palet memang selalu dilirik sama para pecinta make up sih. Soalnya ya mana tahaaaannn liat make up berjajar-jajar dalam satu wadah. Apalagi kalau warna-warni. Aduh #gigitdompet.

Jaman awal-awal belajar dandan dulu, saya juga ngidam banget palet. Pokoknya pikir saya waktu itu kalau belum punya palet tuh belum bisa ngaku-ngaku pecinta make up dah. Terus setelah beli, pikir saya juga sekali aja beli palet eyeshadow dengan warna lengkap, habis itu nggak usah beli-beli lagi karena semua warna saya udah punya. Ternyata, nggak bisa sodara-sodara! Karena beli palet itu rasanya kayak makan indomi goreng dikasih cabe rawit, alias nagih!

Padahal kalau dipikir-pikir, palet itu boros juga sebenernya. Karena:
  1. Harga palet memang pasti lebih murah kalau dibandingkan dengan beli satuan. Oleh karena itu, kita jadi mikir beli terus dan terus
  2. Kualitas produk palet, kebanyakan lebih jelek dari produk satuannya. Misalnya aja nih, single eyeshadow Revlon dan NYX itu kualitasnya bagus. Tapi begitu dibikin quad atau palet, biasanya kualitasnya menurun. Mungkin mengikuti harganya yang makin murah juga kali ya?
  3. Kalau kita bukan make up artist atau orang yang bekerja dengan menggunakan alat make up, sebenernya nggak semua warna/jenis make up yang ada dalam palet itu kita gunakan loh! Contohnya palet eyeshadow 88 warna. Paling yang kepake juga warna itu-itu aja kan?


Yah, walau saya menyadari kalau rugi banget bahwa seorang saya yang bukan make up artis ini beli palet, tapi yang namanya ketagihan gimana sih? Jadinya saya beli melulu. Kalau saya nggak kenal #looxmarket, mungkin palet saya jumlahnya udah puluhan yah. Untunglah ada #looxmarket, jadi make up-make up saya yang masih bagus tapi saya malas makainya, bisa diadopsi sama mama-mama baru yang lebih sayang sama dia.

Sekarang palet saya tinggal sedikit sih. Dan saya sudah mulai bisa nge-rem kebiasaan beli palet ini. Kalau beli eyeshadow,blush on atau lipstik, saya selalu berpikir dulu, udah punya belum warna ini? Kalau udah punya saya mendingan nggak beli. Warna-warna yang dobel pada koleksi lama saya juga udah saya jualin.

Berikut palet yang saya punya. Ini nggak termasuk eyeshadow trio/quad, blush on duo, dan contouring kit yak. Kalau itu dimasukin mah sama aja jadinya banyak T.T:


1. Victoria's Secret Supermodel On-The-Go Makeup Kit
harga sekitar Rp.480.000,-


Pasti udah banyak yang tahu brand VS ini, tapi belum banyak yang nyobain line make up-nya. Ya kan? Saya pun kalau nggak dapet hadiah dari temen saya juga nggak bakal nyicip line make up VS ini. Kebanyakan orang memang lebih suka parfum dan body product-nya. Kalau saya suka ngecengin kancutnya. Jadi memang line make up-nya jarang dilirik.

 

Palet ini terdiri dari 4 portable make up kit dan 1 empty palet yang bisa dicopot-copot buat bawa-bawa entuh make up kit. Masing-masing make up kit terdiri dari 1 blusher, 4 eyeshadow, 1 gel liner dan 1 lipgloss. Kelihatan praktis banget ya? Tinggal angkut satu kit buat tacap-tacap.

Tapi sayangnya kurang bagus secara kualitas. Untuk kelas VS, line make up-nya terus terang sangat mengecewakan. Blusher-nya bagus sih, dan lipgloss-nya menurut saya baguuss banget. Tapi untuk eyeshadow dan gel liner kualitasnya jelek, masih jauuuhhh kalau dibanding merk drugstore semacam sleek, atau bahkan merk lokal semacam Sariayu.

Gel liner-nya udah saya cuwek-cuwek pakai brush kusus tetep aja warnanya nggak keluar. Kalau eyeshadow-nya juga warnanya malu-malu dan susah dibaur. Udah gitu daya tahannya sangat jelek. Baru 15 menit udah nge-crease dan warnanya pudar.  Untungnya sih lipgloss-nya kepake banget. Lumayan buat stok lipgloss, nggak perlu beli-beli lipgloss dulu.


Yang saya suka, dibagian belakang dos kemasannya terdapat tutorial 4 look yang bisa kita bikin pakai make up kit ini. Saya berencana pengen bikin 4 make up look dengan inspirasi dari warna dan tutorial palet ini, tapi pakai eyeshadow lain :D. Ntar ya, tak belajar selfie dulu.


2. Sleek Blush By 3 Pumpkin
harga sekitar Rp 190.000,-


Saya nggak akan ngomong banyak soal palet ini karena pernah saya review di sini. Saat ini saya lagi galau pengen njual palet ini atau enggak. Soalnya walau kelihatan bagus dan praktis banget, tapi sebenernya saya jarang pakai. Karena saya kurang demen warnanya dan juga palet ini over pigmented, repot aja kalau buat pemakaian harian.



3. PAC Perfect Finish Creamy Foundation Palette
harga sekitar Rp 250 000,-


Saya beli palet ini karena ceritanya saat itu saya lagi cari creamy foundation. Saya bukan penggemar creamy foundation sih, saya lebih suka pakai liquid foundation atau BB Cream aja untuk make up lengkap. Tapi waktu itu ya lagi kepengen aja. Awalnya saya ngincer Ultima II Wonderwear, tapi terus liat palet ini, udahnya lebih murah, isinya tiga pula! Jadi deh saya minta ses Lady beliin saya yang ini. (Ses Lady itu kayak om Senang saya ya? Lain kali saya minta dibeliin mobil ah).


Palet ini terdiri dari tiga warna foundation, yang fungsinya selain sebagai foundation dan concealer juga untuk contouring. Ada warna gelap untuk shading, dan warna terang untuk hilite. Warnanya pas-pas aja sih kalau buat saya. Sayangnya teksturnya itu terlalu kering dan nggak ngebaur di kulit saya. Kalau pakai ini kulit saya makin kelihatan kering. Apalagi yang warna putih buat hilite itu tuh, jelek banget teksturnya. Udah gitu kalau dipakainya lama, foundation-nya oxi dan kulit saya bakal kelihatan gelep banget T.T.

Akhirnya palet ini saya pakai cuma buat shading aja. Lumayan lah buat belajar-belajar shading dalam. Tapi buat kalian yang punya jenis kulit berminyak, mungkin bakalan cocok sama foundation kering begini.


4. Sleek Ultra Matts V2 Palette
harga sekitar Rp 200 000


Katanya palet eyeshadow Sleek adalah item make up terfavorit dari Sleek. Tapi sejujurnya saya bukan penggemar palet eyeshadow Sleek. Sepanjang sejarah saya nyobain palet eyeshadow Sleek (Au Naturel, Oh So Special, Ultra Matts V1, dan Original), cuma Ultra Matts V2 ini yang kualitasnya hampir semua warna bagus dan keluar.

Seperti pada umumnya eyeshadow drugstor brand yang harganya masuk golongan menengah, kualitas masing-masing palet-nya beda-beda. Dan warna natural, terutama yang muda dan matte, biasanya nggak keluar.

Buat temen-temen yang udah mahir pakai eyeshadow, tentunya nggak masalah pakai palet Sleek ini. Tapi bagi kalian yang baru belajar, saya sarankan jangan deh. Walau kualitasnya tergolong lumayan dan harganya juga lumayan, tapi menurut saya masih agak susah kalau mau belajar ngebaur eyeshadow pakai palet ini.


5. MUA Eyeshadow Palette: Poptastic & Glamour Night
harga sekitar Rp 150 000,-


Review MUA Poptastic Eyeshadow Palette ada di sini. Kalau dibandingkan Sleek, saya masih lebih suka palet eyeshadow dari MUA. Lebih buttery dan lebih gampang dibaur, walau kemasannya nggak sebagus Sleek. Harganya juga beti-beti lah sama Sleek. Tapi sayangnya susah banget nemu OL Shop yang jual produk MUA.

Palet MUA yang pernah saya cuba selain Poptastic dan Glamour Night adalah Undressed. Menurut saya warnanya keluar semua, teksturnya lembut, dan mudah dibaur. Walau saya sempet agak frustasi karena beberapa warna pada palet Undressed warnanya susah keluar di kelopak mata saya, tapi menurut saya kualitas Undressed masih jauuuhhh lebih bagus kalau dibandingkan dengan Sleek Au Naturel.

Poptastic pernah jadi satu-satunya palet warna-warni andalan saya sebelum saya punya palet-palet eyeshadow lainnya. Menurut saya palet ini oke lah, nggak terlalu mahal juga. Kalau ada duit dan nemu seller yang tepat, saya mau beli-beli koleksi eyeshadow MUA lagi.


6. The Balm Nude Tude Eyeshadow Palette
harga sekitar Rp 400 000


Kalau teman-teman cari eyeshadow palet warna netral dengan kualitas yang bagus dan harganya nggak semahal Urban Decay Naked Palette, The Balm Nude Tude ini bisa jadi pilihan. Bonusnya lagi, desain kemasannya seksi banget! Bahkan beberapa blogger ada yang lebih suka The Balm uni daripada UD Naked.

Palet eyeshadow ini terdiri dari warna-warna netral, dengan tekstur matte dan shimmer. Semua warnanya keluar, teksturnya buttery, nggak menyerbuk, dan mudah dibaur. Semua palet eyeshadow warna netral saya selain ini sudah saya jual. Pakai ini aja cukup deh kalau untuk eyeshadow netral :D.


7. Sariayu 25 tahun Eyeshadow Palette
Harga sekitar Rp 200 000 - Rp 250 000



Ini palet eyeshadow kesayangan saya saat ini. Warnanya super pigmented dan juga gampang dibaur. Kekurangannya cuma satu, nyerbuk! Tapi bisa diakalin sih, pakai eye make up dulu sebelum pakai riasan kompleksion kumplit. Biar kalau bubuk eyeshadow-nya jatuh, bisa dibersihin.


Kalau soal kualitas, Eyeshadow lokal memang juara menurut saya. Makanya saya heran kalau ada yang suka banget sama palet coastal scent gitu. Belum pernah nyobain eyeshadow lokal ya? :D. Palet ini terdiri dari 25 warna eyeshadow warna-warni, tapi ada warna coklat, abu-abu, hitam, krem, pokoknya ada warna netralnya juga. Jadi bisa dipakai untuk bikin look ala-ala karnaval, tapi bisa juga dipakai di dunia nyata.

Oh iya, ada 2 warna (abu-abu dan coklat tua) yang bukan powder eyeshadow, tapi krim. Teksturnya tetep lembut kok, dan dua eyeshadow krim tersebut bisa dipakai untuk base.


Buat temen-temen yang lagi belajar eye make up dan baru pertama ini pengen mbeli palet, saya sangat merekomendasikan palet ini. Harganya standar, kualitasnya bagus, warnanya lengkap, dan gampang belinya soalnya konternya ada dimana-mana. 

Saya sarankan juga untuk beli baru, jangan preloved. Karena kalau beli ini ntar dapet semacam brosur yang ada tutorial padu padan warna dalam palet ini. Lumayan kan buat inspirasi kalau lagi mati gaya pake eyeshadow?


Palet saya yang tersisa cuma itu aja. Saya pernah punya palet eyeshadow Wet n Wild dan Coastal Scent Original 88 warna juga, tapi udah saya jual karena saya nggak suka. Yang WnW sebenernya buttery dan lembut, tapi sayangnya kalau dibaur, warnanya suka geser-geser dan cepet ilang. Jadi susah makainya. Kalau yang CS, haduh, itu kesalahan fatal bener. Saya beneran nggak suka yang CS. Udah warnanya banyak yang nggak keluar, susah dibaur, menyerbuk, gampang hilang pula --".

Kebanyakan palet saya adalah eyeshadow palet. Jadi kalau mau di rating, yang saya urutin ya palet eyeshadow-nya aja ya. Ini urutan dari yang paling saya suka sampai yang paling saya nggak suka:
  1. Sariayu 25 Tahun Eyeshadow Palette
  2. The Balm Nude Tude Eyeshadow Palette
  3. MUA Eyeshadow Palette
  4. Sleek Eyeshadow Palette
  5. Wet n Wild Eyeshadow Palette
  6. Victoria's Secret Supermodel On The Go Makeup Kit
  7. Coastal Scent Original 88 Eyeshadow Palette
Semoga tulisan suka-suka ini bisa membantu kamu-kamu yang lagi belajar make up dan kepengen beli palet. Selamat menggelinjang.

35 comments:

  1. Setujuuu..palette.eye shadow nya sari ayu tuh warnanya 'keluar'..duluuuu pernah punya palette yg itu tp akhirnya dijual sm temen mua..hiks sekarang nyesel....
    Oya,kl sleek pumpkin dirasa over pigmented,cobain yg lace deh...warna2nya bagus,orange/coral nya ga se gonjreng pumpkin
    Ada tuh yg jual MUA di www.mooishe.com,lumayan lengkap kok.....terakhir aku order sleek jg dari situ.

    http://intanheni.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun duluuu punya sariayu, terus kujual, terus sekarang beli lagi :)))
      Aku ga tertarik lace jeng. Aku tertarik sama pumpkin soalnya warnanya beda2. Kalau lace kan mirip2. Mending beli satuan mah daripada beli palet yg warnanya mirip.
      Oke noted, mooishe. Thanx yak ;)

      Delete
  2. aiiihh, kl ga suka sama sleek blush by 3 nya, boleh lempar sini jeng hehehee aku ga bakal nolak kok. btw aku juga ga suka ama CS powdery nya parah nian ckckckkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaaaa masih galau nih sessss. Mau tak preloved ga yaaa.
      Hooh tapi banyak yg demen sama cs. Heran deh.

      Delete
  3. hahahaha baru tau kalo ngejaga kamera itu harus sama kaya ngejaga celana dalem berenda. bikin ngakak aja mba arum...
    jadi pengen nyoba deh The Balm Nude Tude Eyeshadow Palette nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, pokoknya jadikan sangat aman dan sangat pribadi :)))
      Cobain sess. Bagus itu nude tude nya. Udah gitu pekejingnya keceh.

      Delete
  4. absen ah, baru punya
    sariayu 25th pallete eyeshadow
    elianto bellisa diary eyeshadow palette *eh masuk palette gak sih, lah isinya cuma 3*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eww...punya esedo Elianto ya sesss. Bagus ndak sih? Aku mayan penasaran nih sama line makeupnya. Yang udah aku cobain cuman produk2 buat tangan: hand cream, kuteks, sama penghapus kuteksnya yang aroma aple.

      Delete
  5. Oke sip, jadi mendingan beli sariayu 25 warna or the balm yaa dari pada sleek..Tapi tetep penasaran pengen cobain sleek >_< punya 1 palette sleek gpp kali yaak hihihi..

    Padahal aku naksir blusher sleek yg pumpkin loh,tapi manut lah ama jeng arum. Lirik2 blusher lain ajah.. Yg kece apa nih jeng? yg wearable buat daily

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku vote sariayunyaaa. Hahaha.. Kalaupun mau punya Sleek, mending milih yang banyak warna tua-nya. Soalnya pengalamanku, yang warna-warna muda (apalagi muda dan matte) nggak keluar blas.

      Itu blusher cakep kok sesss. Cuma dasarnya aku nggak suka blusher yang tebel2 yah. Kalau kamu mah kayaknya udah jago blendingnya, nggak kaya akuu. Kalau blush aku masih megang Revlon yang naturaly glamorous itu. Warnanya cakep2 juga dan wearable buat daily :D

      Delete
    2. Aku malah mupeng sleek palette yang matte jenx, karena memang jarang punya eyeshadow matte, n kalo pake yg shimmer koq pori2 malah keliatan gede. Klo MUA poptastic itu matte apa shimmer?

      Halah jago blending opone, masih belajar ini, sering berantakan #malu. Waaah langsung penasaran ama revlon jadinya, pengen yg peach deh..:D

      Delete
    3. Eyeshadow shimmer bikin pori2 gede? Pori2 kelopak mata? :0. Kalau yang di tips-tips mengenai shimmer dan pori-pori itu maksudnya blushon, hiliter, atau bedak yang ditaruh di muka, seus. Kalau di mata mah ya nggak pengaruh atuh sama pori2 :D

      MUA Poptastic shimmer. Shimmernya lembut dan nggak norak. Cakep sih menurut aku.

      Cobain ses, Revlonnya. Yang Tawny Peach warnanya bagusss. Aku udah repurchase entah berapa kali ^^

      Delete
  6. Mba Arum.. setuju bgt, emang Sariayu juara.. saya malah punya e/s pallet sariayu aja, e/s merk lain yg saya punya bentuknya trio atau satuan, agak bingung juga mau beli e/s pallet yg ky gmn lagi, maunya naked tapi kemahalan bok.. hahaa..
    saya keracunan sama The Balm Nude Tude Eyeshadow Palette nya, jd penasaran mau coba.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya palet sariayu itu udah lengkap buat bikin cem macem look, kin. Ga perlu yg lain. Tp klo masih pengen, aku rekomen the balm nude tude buat natural look, sama mua poptastic buat warna2 pastel. Klo sariayu kan warnanya nggak pastel gitu. Hihihi...

      Delete
  7. Aaaaakk aku jadi pengen beli palet, tapi sayangnya mataku kan hooded jadi kalo pake esedo melek ilang tenggelem T.T ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa sesss, beli satu buat punya2. Sariayu tuh bagus sess..

      Delete
  8. sariayu sekarang berapa ya?? aduh pengen tapi belum sempat beli mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di toko kosmetik gitu kayaknya masih dapet sih 200an.

      Delete
  9. FIX!!!
    Beli yg pallete-nya Sari Ayu saja, selain mudah didapat, warnanya juga macem2. Cocok buat nerima orderan berbagai acara ^_^

    ReplyDelete
  10. bingung nih mau beli sleek atau MUA, saran dooong :( terus kalo sleek yg bagus yg mana ya? eyeshadownya...

    yang bisa buat daily sama buat pesta2 gt nih, saran yaaa :)

    ReplyDelete
  11. Wah banyak bener palettenya XDDD

    Yang aku punya cuman si sariayu 25 warna, naked 3 sama electricnya urban decay, udah XDDD~

    http://farrelandmerry.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya kamu dikit tapi lebih kereeennn :D

      Delete
  12. mbak arum itu pallete foundiny pac kalo jarang dpake di preloved aja mbak,. ak mauuu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih mbaak Arum..lagi belajar makeup bingung mau beli pallete eyeshadow apa..jadilah ga galau lagi..Sariayu 25 Warna...

      Delete
    2. Yaiy! Sariayu bagus banget loh!

      Delete
  13. kak arum mohon pencerahan, aku baru belajar dandan mending sari ayu edisi 25 tahun atau morphe 35c yaa? 😅 hehe makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk pemula, menurutku Sariayu lebih gampang dipakai. Lebih mudah diblend ;)

      Delete
  14. Kakkk, review Maybelline White Superfresh Liquid Powder dongg :))

    ReplyDelete
  15. Kakkk, review Maybelline White Superfresh Liquid Powder dongg :))

    ReplyDelete
  16. Coba morphe kak, pigmented dan banyak pilihan
    warnanya, harganya juga gak gitu mahal kok wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ketik morphe dulu di kolom search blog ini, kak

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...