Friday, September 6, 2013

Super Random: Diet

Saya dan Popon MUA.
Harus pake MUA (__")

Akhirnya beberapa hari yang lalu saya ada waktu untuk jeda napas. Dan Bapak saya memperbolehkan saya keluar rumah untuk urusan yang bukan nikahan. Yipiiieee!!

Terus saya main deh sama Popon. Ke mall dong. Secara kita gitu lho, anak mall. ABG-ABG Solo gaul seumuran (?) kami maennya sih biasanya ke Solo Square. Sekalian makan siang. Sekalian shoping. Sekalian photobox juga. Gilak. Gaul banget nggak sih saya? Terakhir saya photobox sebelum ini adalah sekitaran 7 tahun yang lalu. Njiirrr...lama banget yak? Jalan-jalan sama temen seumuran (?) gini memang bikin saya merasa 10 kali lebih gaul. 10 Kalik!!!

Terus apa hasilnya jalan-jalan sama Popon? Hasilnya pikiran saya lebih padang. Lebih fresh gitu. Nggak suntuk lagi dan nggak marah-marah mulu lagi. Terus saya sempet ngecengin Maybelline Watershine Pure Lipstick yang nomer R21. Warnanya merah dengan hint orange, terus dia sheer gitu. Memang nggak nutup bibir saya dengan sempurna, tapi bikin bibir saya berasa seger gitu. Menggemaskan. Cemakot. Tapi ndak tau deh kenapa saya malah nggak jadi beli waktu itu. Padal kapan lagi coba saya bisa nge-mall? T.T

Mbok saya dibeliin to, pliss (__") ..
sumber: www.makeupandchitchat.com

Terus saya mau cerita juga soal muka saya. Gini nih muka saya:


Masih nggak ngeh? Nih deh:

 

 Nah, kelihatan kan? Yang masih nggak yakin, saya perjelas:

kalau masih ada yang tanya makeup juga, itu bareface.
Cuma pakai eyeliner sama pensil alis.
Kalau codetan gitu males dandan bok ^^

Iya, saya codetan. Kalau kata adek saya sih, ini keren. Muka saya jadi sangar gitu. Tinggal bawa pacul. Kalau ada yang tanya kenapa, biasanya sih saya jawab bekas tawuran gitu, jadi jangan tanya ya.. Tapi syukurlah, sekarang sih udah sembuh lukanya. Dan kulit keringnya udah ngelopek. Jadi tinggal ngilangin bekasnya. Udah saya bawa ke dokter kulit juga. Jadi saya bisa bernafas lega deh, seenggaknya bekas tawuran ini nggak akan mengganggu penampilan saya di hari nikahan nanti.

.....

Tapi masih ada satu yang mengganggu deh. Lihat foto yang paling atas. Sebagai seorang calon manten, badan saya terlalu melaarrr *nangis*. Saya ini dipingit dan sibuk bukannya tambah kurus malah tambah melar. Saya memang tipenya kalau stres makan. Jaman-jaman kuliah dulu, setiap musim ujian pasti saya menggendut deh. Paling kelihatan tuh di pipi, perut dan lengan atas. Duh...

Kebaya nikahan saya nyaris nggak muat lho. Lengen bagian atasnya kesempitan banget. Mau nangis rasanya. Mau nggak mau saya harus diet deh. Mas Pacar yang biasanya nyuruh-nyuruh saya makan melulu pun akhirnya minta saya diet. Katanya paling enggak sampai nikahan deh, ntar habis nikahan gendut lagi nggak papa. Padahal saya tipe yang nggak bisa diet. Saya kalau laper itu pusing. Ada yang kaya saya nggak, teman-teman?

Saya mulai ngikut metode diet yang lagi ngetrend saat ini: Obsessive Corbuzier Diet (OCD). Saya denger OCD pertama dari Okke, belum tertarik. Terus saya baca di blognya mbak Nitta (Tehnit), mulai agak tertarik. Terus adek saya, Popon, Momon, Emak saya, dan rasanya semua orang pada bilang ikutan OCD. Sampai-sampai, mas Pacar pas meeting ke Semarang cerita: "Di Jakarta semua karyawan cewek pada OCD. Eh...di Semarang juga". Sejagad raya ikutan OCD. Jadilah saya ikutan OCD.

Seminggu pertama saya pakai yang jendela makan 8 jam. Masih oke lah, meskipun mulai hari ke empat saya udah agak kliyengan. Terus masuk minggu ke dua, saya mulai pakai jendela makan yang 6 jam. Nah, mulai deh gejala-gejalanya. Pusing-pusing, demam, tekanan darah turun, herpes, dan lain-lain pokoknya intinya daya tahan tubuh melemah. Padahal kalau pas waktunya makan, nutrisi makanan saya tetap saya jaga lho, tetap seimbang.

Ya udah deh, saya kayaknya memang nggak cocok sama metode OCD. Saya bukannya mau bilang metode ini jelek lho ya. Banyak yang cocok kok. Tetap segar bugar dan beratnya turun menjadi ideal. Cuma, memang harus disadari kalau kondisi tubuh setiap orang beda-beda. Belum tentu semua orang cocok dengan pola diet yang sama.

Akhirnya ngatur pola makan aja dengan cara:
  • Sarapan pagi diganti jus. Ini berat buat saya yang kalau sarapan biasanya yang semacam nasi goreng dan susu coklat kental.
  • Banyakin makan buah dan sayur. Intinya kalau pengen ngemil sih mending ngemilnya buah.
  • Nggak makan nasi putih dulu. Saya ganti pakai nasi hitam atau kentang rebus atau roti gandum. 
  • Nggak minum manis-manis dulu. Saya cuma minum air putih dan sehari sekali teh hijau tanpa gula.
  • Untuk daging, saya makannya dada ayam tanpa lemak.
  • Makan sore terakhir jam 6, diusahakan tanpa karbohidrat.
  • Olahraga tiap hari (disempet-sempetin deh. Sepedaan atau lari atau berenang atau sekedar banyak gerak)
Oh iya, saya nggak ada masalah lho makan nasi hitam, apalagi nasi merah. Padahal banyak banget orang yang nggak doyan sama nasi merah. Tapi kok menurut saya rasanya enak-enak aja ya? Nggak ada bedanya sama nasi putih. Mungkin besok-besok kalau mas Pacar juga doyan, makan nasi hitam ini saya lanjutin aja selamanya. Kan juga lebih sehat dari nasi putih ^^.

Buah-buahan itu kadang bikin saya begah juga. Ada kalanya saya bosen banget liat buah, dan kepengen coklat atau cake. Apalagi dasarnya sih saya suka yang manis-manis. Tapi ya saya tahaaann banget. Udah deh, ntar oktober puas-puasin makan coklat sama pizza lagi >'<.

Paling saya variasi buahnya, biar nggak terlalu bosen. Jadi saya gilir apel, pisang, melon, pir, pepaya, tomat, dan kawan-kawannya. Untuk tomat saya modifikasi dari resep Lady yang ini.

 

Saya sih males ribet yah. Resepnya lady yang pakai air panas dan es batu segala itu saya modifikasi. Jadi tomat yang ada di kulkas, saya potong-potong, terus saya kasih madu sesendok makan. Gitu aja. Enak kok. Ini resep tomat di kasih madu kalau saya ikutin di #30hariberbagiresep saya bakal dikeplak rame-rame nggak sih? :D

Udah gitu dulu keluh-kesah saya. Kalau ada yang mau berbagi pengalaman diet, atau ada yang kepingin ngasih saran diet buat saya, saya makasih banget lho :').

30 comments:

  1. hai mba arum, aku silent reader blog kamu nih, ehe
    oya, mau berbagi aja sih, mba n kakakku berlebihan berat badan nah mreka diet dengan cara yang kaya mba arum itu (bukan yang OCD).tratur mreka lakuin...dan berat badan turun kok ;) ibuku baw roti gandum merk apa it kalo pergi2 buat ganjel peruut..
    oya malahan ada temen kul aku yg turun 10kg gegara putus sama pacarnya ..dari 65kg -> 55 kg *abaikan cara ini :D

    intinya semangaat menjelang pernikahan ;l

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Semoga aku juga turun deh pakai cara ini. ^^
      Nah, bener itu. Diet paling manjur itu adalah diputusin. Tapi amit amit deh ya. Hahahaa...

      Makasih :*

      Delete
  2. Wah mba sudah mulai mendekat ke hari H nih, ayo mba dietnya makin semangat! ^^, sama nih kalo stress aku jg bawaannya laper ihik, tapi biasanya kalo aku stress BB bisa turun sampe 5 Kg loh :O mangat aja deh mba ^^ banyakin aktivitas dirumah :D jadi diet sama olahraga = turun BB lebih cepet ^^, semoga nanti cepet turun dan kebayanya muat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEMANGAAATTTT *iket kepala*

      Nah tuh dia, aku kalau stes kan makaaannn mulu tuh. Ngemil terus. Bawaannya jadi kepengen coklat2an gitu deh. Jadi ya mana bisa turun :'(.
      Iya nih, baru semangat aktivitas ngepel dan naik turun tangga. Hihihi...

      Thanx, Iqbal :*

      Delete
  3. wohooo kalo aku ikut OCD jenk.. dan cocok,, awalnya emang (diare) dan maag... mungkin karena pola makannya beda kali ya.. aku dah turun 5 kg.. dalam sebulan,, hoshh tp emang kegiatan aku tiap hari cuman brangcus ke kantor.. trus depan komputer ampe sore..

    soalnya pernah nyoba diet2 yg menjaga2 gt.. selelu kebablasan :(( :(( rencana juga mau aku up di blog tapi pengen nunggu sebulan lagi...

    soalnya kok sekrang beratku seminggu ini stuck di turun 5 kg ga turun2 lagi huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih...cepet itu, jenk. 5 kilo seminggu. Itu kan udah banyaaakk. Mau diturunin berapa kilo lagih??

      Iya, memang kalau diet yang menjaga2 gini godaannya buanyak. Tapi cara ini yang paling diterima sama badanku, Jeng. Kalau pakai puasa ala OCD bisa ambruk aku :D

      Semangat, jeng. Yuk sama2 dieetttt ^^

      Delete
  4. Aku juga mau ngikutin OCD gak bisaaa... Jadi ternyata secara gak sadar selama ini udah ngejalanin yang jendela 8 jam karena emang gak suka sarapan.. Terus pengen ikut yang 4 jam gak kuku.. Badan sih gak masalah, tapi mulut yang gatelnya gak ketulungan mau nyemil-nyemil.. Hahahhaahaa


    Semoga sukses dietnya jeung biar manglingi pas nikahan nanti! hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, hebaatt. Tanpa sadar OCD. Hahahaa.. Aku 8 jam pun nggak bisa jeng. Soalnya kebiasaan makan sering walau sedikit-sedikit. Sementara OCD kan malah makan banyak nggak papa, tapi cuma di saat tertentu. Dan jeda waktunya tuh lamaaa.

      Makasih, jeung Vani :*

      Delete
  5. aku juga paling gak bisa diet , dari kecil badanku udah seksi, jadi sampai besar gak bisa diubah
    hahaha
    pernah diet tapi tahan 1mgu aja, hihihi
    sejak punya baby badanku tambah seksi aja nih, tapi gak gembrot.
    hahaha
    tapi kamu tinggi ya jeng ? jadi gak gak masalah kalau agak berisi, badanku ni secuil, jadi takut bangeeeeet kalau sampai overweight, bisa kaya bola deh :D

    di syukurin aja jeng bentuk badannya, toh mas pacar gak ada masalah ... hehehe
    moga lancar besok acaranya ya jeng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya aku nggak masalah sih dengan bentuk badanku. Cuma masalahnya harus diet karena kebayanya kesempitan. Aku nggak tinggi lho, di keluargaku aku tergolong pendeekk.

      Makasih, Jeng :*

      Delete
  6. udah sembuh yak? ayo cemangattt yg mo kaween... :D

    sama dunk, lagi diet juga... tinggal nurunin 5 kilo lagi nehhh.... T_T Aku lagi nyusuin jadi gak bisa diet ketat2... Dietnya cuma ganti nasi putih ke nasi merah, hiks gak ada rasanya tuh... Plus pilates, lumayan juga :D


    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah, jeengg. Hehee.. Tapi sekarang lagi mengusahakan nggak begadang dulu :D

      Yuk yuk semangattt. Pelan-pelan aja nggak usah ketat2. Nasi merah itu rasanya menurutku biasa aja lho, Miz. Kaya nasi putih :p

      Pengen ke gym gitu aku. Tapi nggak sempet + nggak ada yang nganter. Aku udah nggak boleh nyetir, dipingit T.T

      Delete
  7. aku juga lagi mau diet nih mbak arum... bntar lagi mau wisuda, takut kbayanya gk muat. hehe
    smoga sukses dietnya ya mbak n ntar bisa manglingi pas married ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Markidi. Mari kita dieeettt. ^^

      Makasih, ya :*

      Delete
  8. Beneran gak nyadar mbak klo ada codetnya pas liat foto yg pertama, malah mbatin, 'ih gilak, muka mba Arum makin mulus aja' -ngiriceritanya-

    Jadi termotivasi untuk ikutan diet jg, rasanya perut makin mbuncit :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa nggak keliatan? Hahahaa... Sekarang udah nggak mulus lagi jeng. Ada bekas codet + jerawatnyaaa.

      Yuk diet dieettt. Berjuang. Demi kesehatan juga inihh :D

      Delete
  9. Haaa mbak arum walopun codetan masih teteup cantik kok..

    Pola diet yg mbak terapin udah bener kok. Diet mah jangan nyiksa diri... kondisi fisik orang kan beda2..jd ga semua cocok dgn satu jenis pola diet. Hehehe yg penting sehat mbak.. semoga sukses nurunin BB dan tetap sehat ya mbak.. biar pas hari H makin cantik dan berkilau #tsaaah ~♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..iya sepakat. Semampunya badan kita lah. Memang sih yang namanya diet ya harus menahan diri, jadi haruss dipaksain dikit. Tapi tetep harus tau kemampuan badan sendiri :D

      Makasiiihhh :*

      Delete
  10. aku teratur puasa senin-kamis sekarang, plus kemarin ikut puasa ramadhan (gak full sih, seminggu bolong) langsung turun 8kg Rum...aku jadi terharu gituh...


    - Rahma -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa...aku ikut terharuuu. Aku kapan coba bisa turun 8 kilo. Secara nggak bisa puasaaa *nangis*

      Delete
  11. Diet oh diet... aku dah pengen nagis kalo udah membahas diet.,
    Makin di pikirin kok malah makin naik kiloan ku :'(
    Teruskan perjuangan mu ya jeng..
    Demi tampil kinclong di hari pernikahan nanti,, jadi bukti foto seumur hidup..
    Aku doain semoga sukses..
    Fighting.... :) :) :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bukan buat dipikirin, Jeng. Tapi buat dijalanin :)))
      Samaaann. Aku juga nih naik2 mulu. Kesel deh ih :(
      Makasih ya :*

      Delete
  12. Coba aja diet mayo 13 hari doank,,, turun bsa 8-13 kg bahkan ada yg lebih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah meninggalkan komen di sini. Yang komen, tolong pakai nama ya.. YANG ANONIM, ATAS NAMA SOPAN-SANTUN, YUK MEMPERKENALKAN DIRI DULU ^^.

      Delete
  13. iya mbak aku jg g cocok sm ocd nih, malah bikin maghku kambuh puyeng sama peruut ngiluu terus kalo nahan sarapan, akhirny aq balik lg ke pola makan q sebelumny (makan g perna mikir) cm olahragany yg ditambah hasilny lbh cocok di badan q & berat badan jg seimbang (g naik g turun tp nambah berotot) maem nasi merah jg enak mba, ato klo biar hemat dicampur sm beras putih jd beras merahny lebih hemat, klo temen q sminggu mw nikah dy puasa full biar ps di hari h langsing xD met nganten y jeng ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa. Katanya sih hari ke tiga paling udah biasa aja nggak sarapan. Tapi aku tetep nggak bisa lho. Pasti jam 10-11 an gitu rasanya udah berkunang-kunang, pusing banget. Padahal udah lewat seminggu masih aja belum terbiasa nggak sarapan.

      Aku enggak tak campur. Nasi item malah, bukan merah. Menurutku enak-enak aja lho. Padahal banyak yang nggak doyan nasi merah, apalagi item :D

      Makasih Anne :*

      Delete
  14. hahahaha aku sih ikut diet diabetes ala ibuku *dijamin manjur & aman sm dokternyaaaah*.

    caranya:
    -makan nasi 100 gr/makan
    -sayur dibanyakin *sampe kalap 1 mangkok sayur buat daku sendiri*
    -buah juga dibanyakin
    -banyak minum air putih
    -olahraga minimal 30 menit/hari *milih sepedaan di dpn tipi aja sambil nonton gosip & ngerumpi*
    -tidur pada jamnya *jam 9 malem sampe jam 4 pagi trus kriyep2*
    -kalo ngemil liat list-nya, boleh apa gak, takarannya berapa

    awalnya sih beraaaaaat banget, gak biasa kan ya mbak.. tapi lama2 santai aja. lah wong serumah pola makannya jadi sama. walhasil... berat badanku turun perlahan-lahan, dari yang 81 kg sekarang jadi 74 aja *ya masih berat sih*. tapi kerasa lebih ringan aja badanku sekarang, baju2 pada longgar, celana juga melorot mulu sekarang...

    anyway... moga sukses kebayanya ya mbaaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja konsepnya kaya dietku jeng. pokoknya batasi gula dan karbo. Kalau buah dan sayur hajar aja nggakpapa :). Aku ngemilnya buah. Sekarang sih lagi demen anggur sama bengkoang. Tapi jarang ngemil juga sih ^^

      Ihh...itu udah sukses lhoh, turun 7 kilo, wow! Selamat yak! Semoga aku juga bisa.

      Makasih ya :*

      Delete
  15. Mbak aku sekarang tak perhatiin aku cuma bisa turun kalo olahraga mbak .. soalnya malah puasa-lebaran mesti naik 3 kiloan hahaha, jadi sekarang ini makan kenyang terus aja aku yang penting olahraga, kalo diet gitu malah lebih rakus ngemilnya.. kalo makan kenyang biasa malah enggak. Sarapan kenyang makan siang kenyang terus udah gak pengen makan lagi. Aku sehari 2 kali olahraganya 1 jam 1 jam ..gak mikirin turun berapa yang penting gak bloated mukanya dan badan kenceng,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku duluuu pernah bisa turun pas diet begini ses. Tapi iya, memang harus dibarengi olahraga. Soalnya kalau nggak olahraga kurusnya koyor-koyor gitu, nggak asik diliat :D

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...