Thursday, July 11, 2013

Resep: Cumi Balur Pasta Telur Asin

Saya mau bagi-bagi resep simpel tapi enak nih. Yaitu resep Cumi Balur Pasta Telur Asin.Sebenernya ada beberapa versi masak Cumi Telur Asin. Tapi saya paling suka cara masak seperti ini. Selain simpel dan nggak makan waktu lama, menurut saya rasanya juga paling nggak nguwatin. Saya suka banget bau kuning telur asin yang terbakar, trus rasa gurih-asinnya ketika berpadu dengan cumi goreng. Mak nyus deh pokoknya :D



Bahan utama:
  • Cumi-cumi rrrr....kira-kira 400 gr :D
  • 3 butir kuning telur asin (boleh lebih)  
  • Air
  • Margarin untuk menumis

Bumbu rendaman cumi:
  • 2 siung bawang putih
  • jeruk nipis
  • garam


Bumbu halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Garam
  • Gula
  • Boleh ditambah lada. Kalau saya sih nggak suka lada.


Cara memasak:
  • Potong-potong cumi jadi bentuk ring-ring kaya kalau mau bikin Calamari gitu. Tau kan?
  • Rendam cumi dalam bahan rendaman cumi, 30 menitan lah ya. Kalau saya sih bisa lebih, soalnya kadang siap-siap & rendamnya pagi, siangan baru masak.
  • Goreng cumi sampai setengah mateng.
  • Hancurkan kuning telur, tambahkan setengah cangkir keciiiilll air.
  • Panaskan mentega dengan api sedang, tumis semua bumbu halus sampai harum (bumbu halusnya diulek dulu ya. Ya iyalah, menurut ngana cukup dilihat dengan tatapan tajam membara? --")
  • Besarkan apinya. Masukin kuning telur asin, aduk-aduk sampai tercampur rata. Terus aduk sampai kuning telur asinnya mengental dan bentuknya kaya pasta. Inget ya, aduk-aduk terus jangan didiemin. Ntar gosong.
  • Masukin cumi goreng setengah mateng, aduk-aduk terus, jangan didiemin ntar lengket. Tadi 'ntar gosong', sekarang 'ntar lengket' --". Saya sih sukanya kalau masakan ini agak sedikiiit gosong. Baunya bener-bener menggoda kalau agak gosong kuning telur asinnya.

Udah deh, jadi. Kalau teman-teman suka, kuning telurnya ditambahin juga nggak papa. Kalau mau juga, cuminya bisa ditambah atau diganti udang. Kalau saya sih agak males masak udang :D

Sebenernya sih nggak ribet, gampang banget masakan ini. Ini termasuk salah satu masakan yang simpel. Tapi saya aja kayaknya yang nggak bisa nulis dengan simpel.


BTW, walau saya enggak puasa, saya seneng sama suasana bulan puasa. Kalau udah menjelang buka itu, banyak banget tukang jualan jajanan berderet-deret, yang pada bulan-bulan biasa susah banget carinya. Contohnya: kolak, es pisang ijo, bubur delima, bubur sumsum, es carica, tempe mendoan, aakkk masih buanyak. Belum lagi undangan-undangan acara bukber, yang makanannya enak-enak, ketemu sama temen-temen yang biasanya jarang ngumpul.

Terus kalau pas waktunya sahur, ibu tetangga depan rumah saya pasti jualan nasi dan lauk pauknya, buat sahur. Pas saya bangun sekitar jam 6an, biasanya si ibu masih nongkrong di depan rumah. Makanannya juga masih ada lah dikit. Lumayan kan saya bisa sarapan masakan rumahan murah meriah, tanpa harus masak pagi-pagi buta. Si ibu kalau nggak puasa enggak jualan sayangnya ^^.


Makeup by Andhika Lady  (www.jenganten.com)
Hijab by Andhika Lady  (www.jenganten.com)
Photo by Monica  (love-yourbeauty.blogspot.com)

(detil makeup nantinya akan dipost di Jenganten)


Selamat berpuasa, teman-teman. Semoga lancar jaya sampai lebaran nanti ya ;).

53 comments:

  1. wooghh, keciyum baunyaa! @_@" mau nyoba pake udang aah :D itu cantik banget sih ses-nya, seneng ya bisa main dandan2an ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahakk...pake udang juga enyaakk. Lebih enak malah :D
      makasih, seuss. Sinih ke Jogja. Dandanin akuuhh ^^

      Delete
  2. nyam nyam *comot satu hehe.. mbak e cantik lo pake jilbab <3 klo hidangan pembuka yg biasa q makan cao + kolang-kaling + rumput laut + sirup + air es = wenak tenan buat buka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slurrrppp. Es kolang kaling enak bangettt. Ih jadi pengen. Besok beli ah pas ngabuburit :D.

      Makasih, jeng. Aku juga takjub. Jadi kalem banget gitu mukaku ^^

      Delete
  3. Wah chubbynya ilang^^
    Itu karena hijabnya atau shadingnya?? Wkk
    Cantik mbak, pantes jadi muslim pake hijab~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, chubby sama jenongnya ilaaang.
      Kayaknya kombinasi keduanya deh, ya jilbab ya shadingnya.
      Hihihi...makasih dibilang cantik :D

      Delete
    2. Enak banget bisa MUA2an,,
      Foto terakhir itu benar2 mencuri perhatian wkk..
      Iyaya, biar aq non muslim tapi puasa itu emang enak ya,, banyak jajanan enyak2 yg belum tentu didapetin di hari biasa..
      Apalagi pas mau buka, beuh wangi makanan dimana2-.-

      Delete
    3. Iya. Ngajakin temen-temenmu dong, MUA-MUA-an. buat seneng2 ajaaa hahaha...
      Hooh...sepanjang jalan gang masuk rumahku bertebaran makanan enak-enak. Duh...jadi gendut deh :D

      Delete
  4. Braaaaaaaa.. kamu segitunya ma aku.
    Aku udah berjuta-juta kali ke rumahmu tapi ndak pernah dimasakin udang telor asiiiiiiiiiiin.. Jahat kamu, braaaa.. Sakiiiiiiit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun braaaa *puk-puk* *pake kaki*
      Ya kapan2 tak masakke braaa. Tapi cumi wae ya. Kecuali kowe gelem ngewangi nyeseti udang --"

      Delete
    2. Iya ik. Podo. Jutaan kali aku mengunjungimu tak pernah sekalipun kamu masakkan cumi untukkuh... >.<

      Kalau aja blogku gak ditaruh di sini pasti aku udah bilang kamu jahat Braa.... Jahaaaaaaaaatttt... *loh kok malah bilang*

      Delete
    3. Wah wah wah, habis kalian berdua kalau dateng pasti dadakan dan menciptakan teror. Aku mana sempet masak, beraaaaa.
      Yawis besok ya tak masakin cumi ini. Pas jeng lad ga puasa yaaa ^^

      Delete
  5. Canteekkkk... miripppp siti nurhaliza *eh Ah, sayang saya tak suka telor asin dan alergi cumi (DL..! :P)

    Btw, es carica itu pedes ya? #ditimpuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akkk...pas jadi model tutorial hijabnya Lady dibilang Zaskia Adya Meca. Sekarang di bilang Nur Haliza. Besok mau lagi ah, terus di bilang Cinta Laura yaaa XD

      Iya, rica-rica ayam, dikasih es batu --"

      Delete
    2. Sekarang es carica ada yang pedes loo aku pernah beli di mirkam .. aku malah lebih suka yang pedes dari pada yang original xD

      Delete
    3. Woh beneran? Aku bayangin kaya manisan pedes gitu yak? Slurp...ntar mirkam ah.. Sekalian beli minyak goyeng sama telur :D

      Delete
  6. pesen seporsi dong tanteee ^^
    cantik deh mba arum di fotonyaaaaaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siniii main sinii. Masak bareng :)
      Makasiihh

      Delete
  7. Udah lupa rasanya cumi-cumi.. udah lupa rasanya telur asin... :D

    Tapi ga bakalan lupa sama wajahmu pake jilbab gini Rum.. kalem dan sholehah :D

    *catet resepnya ya dear, buat menu lebaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaha...iyaaa. Pada bilang gitu, mukaku kalem banget katanya :D
      Siipp. Enak banget ini, Arun. Anak kecil juga banyak yang suka, soalnya rasanya nggak terlalu berempah dan pastinya nggak pedes

      Delete
  8. Ngiikzz alergi seafood... mbak canteeek kaliii dirimuu...ilang sudah wajah antagonismu #eh wiqiqi d^_^b

    ReplyDelete
  9. mbaknya... pangling ih ><
    resepnya praktis. nanti dicoba deh <3

    ReplyDelete
  10. Aaarrghhh pengen nyoba .. aku termasuk penggila cumi mbak dimasak apapun pasti mantap surantap Cantik lo jeng didandanin ala hijabers gitu hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk dicobain jeng. Buat menu buka nanti .
      Hihihi...iyaaa. Aku udah dua kali didandanin begini sama Lady. Bagusss..

      Delete
  11. cantiiikk XD
    boleh kan colek dikit cuminya *eh mbak arumnya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Winda :D
      Yuk, siniii, kita colek-colekan :))

      Delete
  12. wah, jadi laper liat cuminya XD, nanti dicoba deh kalau udh pulang kampung~
    btw Kak Arum cantik lho pake Hijab hihi jadi kalem gitu tampilannya *lah biasane piye?* Hiihihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iqbal bisa masak? Wow, kamuh kereeen :)
      makasiihh. Lha biasane piye hayoooo ^^

      Delete
  13. Wwwaaaa.... kelihatannya enaakkkk :D *ngiler
    mauuu masakannya mbak arum
    orgnya cantik, pinter masak, calon ibu rumah tangga yg baik nich :)
    btw dandannya berjilbab cakeepp :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, Deasy. Hehe...ayo main sini. Sama Lady & Momon tuh juga udah nagih dimasakin cumi :D
      Aduhh, aku jadi gede lho kepalanya. Susah ntar ngecilinnya XD

      Delete
  14. makasih resepnya :D

    mbak, kok mirip BCL?

    ReplyDelete
  15. Pangling.. pangling... Panglinggg >.<, Ini mah beda jauh ama dirimuh yang jadi Betty Boop itu..

    Tapi ini jadi mirip sapa gitu ya...
    Errrrrr......

    hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betty Boop di jilbabin? :D
      Mmmm siapa yak? Adriana Lima dijilbabin? Atau Penelope Cruz dijilbabin? XD

      Delete
  16. itu cumi nya diganti apa ya yang enak ? gak doyan cumi mbak, geli2 gimana gitu ... hihihihi

    itu jilbabnya cakep ihhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diganti udang. Kalau udang suka kan?
      Jilbabnya lady itu :D

      Delete
    2. wahhhh.. kalau udang jangan tanya, kalau gak ingt kolesterol biar sepanci abis mbk... hahaha

      iya, jeng lady jilbabnya bagus2 , tapi gak pernah ngasih tutorial dy :D
      bilangin mbk, suruh bikin tutorial hijab sekali-kali
      hihihi

      Delete
    3. Ya udah, diganti udang aja. Sama2 maknyus kok :D

      Iya jilbabnya Lady bagusss. Tapi menurut aku, menurut aku lho yaaa & aku nggak pake jilbab jadi CMIIW, cara pakenya simpel banget kok. Simpel, sederhana, tapi anggun gitu. Kayaknya sih tipe yang umum dipake sama embak2 berjilbab dimanapun :D

      Delete
  17. Kalo diperhatiin baik2, bulmatsu nya belum terpasang dengan bener ya, mbak? Bulmatsu yang di mata kanan,,
    Wkk gapapa mbak, aq juga sering tuh^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau pertanyaan soal makeup, nanti akan di post di jenganten.com. Lady yang lebih berhak jawab, kan dia MUA-nya.

      Delete
  18. Lagi puasa malah mampir kesini, aduuh kepikiran cumi telur asiin. Itu goreng cuminya tanpa tepung ya? Goreng aja polos-polos gitu?

    Waah surprise liat foto terakhir, jadi kalem dan anggun, cantik rum.^^

    dinisetiyorini.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suka, boleh digulingin di tepung beras tipis2 aja. Kalau aku suka polosan begini. Kurang suka makanan di goreng tepung soalnya ^^

      Makasih, Dini :*

      Delete
  19. agrhhhhh... laparrr.. menunya simple tapi enak.. nanti cobain ahh kebetulan suami suka telur asin, dan yg jual telur asin ada disamping rumah, kebetulan bgt kan haaaha...

    mbak tambah cantik euy.. mana foto prewed nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...tinggal beli cumi/udang. Bumbunya juga simpel kok, pasti ada di dapur ^^

      Ih makasiihh. Foto prewednya nanti donk, setelah resepsi. Yang lihat pertama harus tamu resepsi duluh :D

      Delete
  20. Halo kak sekar :)
    Salam kenal ya,grace di sini :D
    Suka banget sama resep nya ;) thankyou

    Wanna be friend ?
    Visit my beauty blog (ˆ‎​​​​-ˆ‎​​​​)-σ ♥
    http://www.gracesoputra.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete
  21. cantikan pake hijab mbak.. sumpah beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mah pake nggak pake apa aja tetep cantik ^^

      Delete
  22. Favorit saya nih udang... Cuma belum punya bini, jadi jarang ada yang masakin :P
    Oh ya, bagi yang butuh Tray untuk makanan yang berminyak bisa hubungi kami di sini : http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, gitu dong, mas. Komennya yang nyambung. Jadi nggak saya hapus walau ada iklannya :D.
      Saya doakan semoga 2015 dapet jodoh yang pinter masak udang ya, mas :))

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...