Wednesday, August 23, 2017

[Review] Maybelline Fit Me


Akhir-akhir ini saya lagi banyak nyoba-nyobain complexion produk, terutama foundation. Ya masih di kelas drugstore-drugstore aja sih cem Maybelline. Saya beli foundie terus, soale sejak piknik ke GiliT kemarin, kulit badan saya jadi menggelap dua sampai tiga tingkat. Sekarang sih udah nggak segelap kemarin ya, tapi ya masih gelap. Dan plis jangan nawarin saya pemutih, bcoz saya happy dengan keadaan kulit saya ini. Tanned skin itu sexy.

Cuma masalahnya, foundation yang saya punya jadi nggak ada yang nyambung sama warna kulit saya. Keputihan semua. Saya sih ngakalinnya dengan beli satu foundation yang memang gelap (LA Girl HD Pro Coverage Illuminating Foundation shade Warm Nude). Tapi pengen kan ya punya satu foundation yang warnanya cocok di kulit tanpa harus nyampur-nyampur.


Tapi masalah kulit saya ternyata rumit. Bukan hanya sekedar kurang gelap atau terang, tapi ternyata juga banyak foundation yang jatuhnya kurang kuning di kulit saya. Jadi saya terus-terusan beli foundation, dan warnanya nggak ada yang cocok di saya :(. Daripada mubazir, akhirnya saya memutuskan untuk me-review foundation yang formulanya lumayan saya suka aja.

Maybelline Fit Me ini adalah produk complexion yang formulanya saya suka. Baik foundation, concealer, maupun powder dari Maybelline Fit Me, formulanya bagus banget. Cuma sayangnya, saya nggak bisa nemuin warna yang pas untuk kulit saya. 


Maybelline Fit Me Dewy and Smooth Foundation
shade 220 Natural Beige


Dulu saya pernah coba Maybelline Fit Me Foundation yang Matte and Poreless, dan saya nggak suka babarblas! Formulanya itu kayak nggak mau nempel di kulit saya dan nggampang banget cakey. Tapi ya mungkin itu salah saya sih, wong kulit kering kok pakai yang Matte and Poreless. Tapi beberapa teman saya yang kulitnya berminyak juga bilang kalau Maybelline Fit Me Matte and Poreless nggak bisa nempel di kulit mereka. Yang Dewy and Smooth, walau hasilnya glowing, malah lebih cocok di muka mereka. Entah ya tapi yaaaa.. Jangan konsul ke saya yaaa, saya juga embuh bukan MUA bukan dokter kulit cuma orang kece di jagat internet doang.


Tekstur foundation ini lumayan cair, ngalir gitu lho. Tapi coverage-nya mayan kok, sheer to medium. Buat saya sih medium coverage itu udah kece ya buat kondangan. Coz saya tipikal yang suka foundation sheer coverage aja. Nggak ada terlalu banyak noda di wajah saya, paling cuma discoloration, jadi memang no need dempul setebel dosamu.


Tapi ada satu hal yang mengganggu saya banget. Foundation ini mulut botolnya nganga. Tanpa aplikator, tanpa pump. Saya sering nggak sengaja numpahin banyak foundie ke tangan saya. Sayang kan kebuang percuma :(. Plis lah Maybelline, perbaiki kemasannya. Revlon Colorstay Foundation dulu juga tempatnya kayak begini, banyak yang nggak suka, dan akhirnya versi terbaru mereka dikasih pump.


Bareface - With Maybelline Fit Me Foundation Dewy and Smooth 220

Saya memilih shade nomor 220. Karena di konter yang saya datengin pas beli foundation ini, si Dewy and Smooth memang cuma tersedia 125, 220, dan 230. Terus dari swatch di internet (dan pengalaman nge-swatch sendiri di konter) 220 memang yang paling kuning. Mbak-mbak BA juga bilang sih kalau warna kulit medium kayak saya cocoknya 220. Ya udah saya bawa pulang 220.

Ternyata shade ini terlalu ashy dan terlalu gelap di kulit saya :(.

Pertama di-aply sih bagus banget ya. Bisa dilihat di foto. Warna kulit muka saya jadi merata, kelihatan glowing dan sehat, terus warnanya agak-agak sama kayak leher walau nggak 100% match. Tapi setelah nge-set, foundation ini rasanya jadi ashy banget di muka saya. Bukan cuma kegelapan, tapi juga keabu-abuan. Menurut saya ini bukan oxidise sih, coz yang namanya oxi itu biasanya kulit saya tambah meng-orange. Lha ini malah tambah abu-abu. 

Tapi kalau secara formula, saya harus akui foundation ini bagus banget untuk kelas drugstore. Hasilnya dewy, tapi nempel dan tahan lama dari pagi sampai sore di kulit saya. Sayangnya rasanya nggak ada warna yang cocok di saya. Jadi saya kayaknya nggak akan beli lagi foundation ini.

Saya tetep merekomendasikan foundation ini sih tapi, soale formulanya baguusss banget terutama kalau kamu suka finish yang glowy sehat gitu. Kalau kamu warna kulitnya nggak seriwil saya, foundation ini layak di coba. Harganya saya lupa sih, tapi under 150k ajah kok.


Maybelline Fit Me Concealer
shade 10 Light dan 25 Medium


Kenapa saya punya dua? Bcoz yang nomer 25 cocok kalau saya lagi makeup lengkap. Sedangkan yang nomor 10 saya pakai kalau saya nggak pakai foundation. Soale kulit muka saya memang lebih terang dari kulit badan saya seperti kebanyakan pepol jaman now :(. Bedanya saya nggak sengaja begitu, kalau rangorang itu kayaknya sengaja pakai segala whitening di muka tapi badan lupa diputihin juga. Susah banget tauk, face tanning. Kulit badan udah gelap, kulit muka masih gitu-gitu doang kzl. Dan untuk rangorang jaman sekarang, plis, berhenti mutihin muka kalau leher dan pantat klean item. Warna kulit yang bagus itu bukan yang kontras muka lebih putih lima tingkat dari badan. 


10 Light - 25 Medium

Formula concealer ini ringan, coverage-nya juga nggak yang nendang banget. Jadi kurang mampu nutupin jerawat ya. Ini cuma kece buat undereye area sama hilite-hilite dalam ala-ala gitu. Tapi sejauh ini sih saya menilai, ini adalah drugstore undereye concealer terbaek yang pernah saya coba. 

Kekurangannya sama kayak foundation, dia makin lama di kulit jadi makin ashy gitu. Jadi kayak di bawah mata saya tetiba ada warna yang berbeda. Kayak racoon. Terus dia juga lama-lama agak cakey kalau di kulit saya. Tapi nggak begitu masalah sih, saya belum pernah nemu concealer yang nggak cakey di undereye saya. Kayaknya kulit saya emang badas lipetannya :(.


Kemasannya juga sleek dan simpel. Wand aplikatornya enak dipakai. Kalau untuk kemasan, saya nggada komplen sama sekali. Palingan cuma produknya suka ngotorin patahan antara body dan tutupnya. Tapi menurut saya itu karena saya crobo aja, bukan salah pabriknya mendesain kemasan.


with undereye concealer - bare undereye

Untuk coverage, karena teksturnya yang light, coverage-nya tentunya juga nggak terlalu nendang. Tapi buat saya sih cukupan ya untuk nutupin bengep di area bawah mata saya. Di foto memang kelihatan ketutup sempurna, tapi irl nggak 100% ketutup, masih keliatan keabu-abuan gitu. Mungkin harus pakai corector dulu idk sih belom pernah nyoba.

Yah, saya sih belum nemu drugstore concealer yang lebih bagus dari ini. Jadi saya repurchase ini mulu. Harganya sekitaran 90-110k, tapi entah kenapa sering kosong di konter. Jadi saya belinya online deh :(.


Maybelline Fit Me Set and Smooth Powder
Shade 220 Natural Beige


Saya lumayan heran pas lihat di pan, warna bedaknya kelihatan terang. Kayak nggak match aja sama foundation 220-nya. Tapi ya sudahlah, saya nggak mau protes, saya beli aja. Ternyata memang bedak ini translucent. Sayangnya nih, entah kenapa, kalau di muka saya, bedak ini walaupun nggak ngasih coverage tapi bikin keseluruhan complexion saya jadi cooltone. Jadi mau di-mix dengan foundie apapun, jatuhnya muka saya nge-pink


Kalau di foto mungkin hasilnya nggak terlalu kelihatan. Tapi irl, punggung tangan dan leher saya jauuhh lebih kuning dari muka saya. 

Hal tersebut nggak jadi masalah kalau dipakai single use, malah kelihatan seger mukanya. Tapi kalau dipakai bareng foundation, saya ngerasa bedak ini ngerusak warna foundation saya. Padahal kalau secara tekstur, bedak ini ajib deh! Nggak nambah coverage foundation, nggak kerasa tebel, tapi bikin foundation jadi kelihatan lebih nge-set dan nggak lengket. Ada sedikiiittt partikel shimmer yang lembuuuttt banget di bedak ini, hampir nggak ke-notice, tapi bikin kulit kelihatan glowy sehat. Nggak matte kering kerontang gitu.


Kemasan bedak ini unik. Jadi saya suka. Memang orang cenderung suka saya yang unik-unik ya. Tapi saran saya jangan terlalu memaksakan diri menjadi unik. Rangorang disekitar saya tuh kadang kayak mencoba terlalu keras biar kelihatan anti-mainstream gitu lho yang malah berakhir menjadi mainstream karena berusaha anti-mainstream sudah menjadi hal yang mainstream sekarang. Tau kan? Kayak maksain diri suka sama lagu-lagu indie, tapi nggak mau nyoba dengerin lagu nge-trend buat pembanding, dan lalu bilang kalau yang nggak suka lagi indie itu selera musiknya jelek. Yaolo mainstream lu ah!

Oke, kemasan bedak ini seperti lagu indie dan saya suka. Saya mainstream. Tapi tenang aja, kalau kamu nggak suka lagu indie, saya nggak akan ngatain selera musik kamu jelek kok. 

Spons-nya tipis, tapi lumayan lah bisa kepake, nggak setipis busa sumpelan beha. Masih niat lah ngasih spons-nya. Terus ada kaca di kemasannya, sayangnya kacanya ditaruh di bagian bawah di tempat sponge. Jadi ribet kalau mau tachap. Bua bagian bawah ambil sponge - tutup bagian bawah colek produk pake sponge - tutup bagian atas buat ngaca - dan gitu terus karena nggak mungkin kan pakai bedak itu cuma sekali coel?

Ya intinya sih saya suka sama formula bedaknya. Suka banget malah! Sayangnya saya nggak cocok sama shade-nya. Bedak ini masih saya pakai buat sehari-hari aja, single use. Tapi kalau dipasangin sama foundie, nggak lah. Harganya sekitar 150k.


 

Ini penampakan keseluruhan menggunakan produk Maybelline Fit Me. Kalau difoto sih menurut saya bagus banget. Kulit saya kelihatan sehat dan shade-nya juga nggak bermasalah. Tapi irl saya keganggu banget karena muka saya kelihatan ashy.

Tapi karena formula dan finishnya bagus, plus di foto juga nggak kelihatan bermasalah, saya bakalan tetep pakai ini untuk keperluan foto-foto aja. Dan saya tetep ngerekomendasiin produk ini, siapa tau kalau di kamu warnanya cocok. Karena kulit manusia kan personal ya. Beda-beda.

12 comments:

  1. Makasih jenk udah posting ini,,, aku pakek fit me udh lamaan..ampir abis malah krn isi botolnya ketotor terus (ya begitu deh, paham kan 😅) Alhamdulillah bukan perasaan aja kalo mukaku lama2 jadi agak ngabu gitu,, lega bener. Udh diakalin pake sponge, brush, sili2 pun podho ae. *Mikir* aku merasa tercerahkan 😘 (ada sekutu gitu maksutnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya memang foundie ini kurang kuning ya..

      Delete
  2. Dandan nya agak beda ya mba?? Kok berasa pangling aku lihat foto di post yg ini

    ReplyDelete
  3. Aku punya maybelline fit me yg matte no 228 dan yg dewy no 220. Yg 228 terlalu orange, yg 220 kurang kuning. Tapi kalo dicampur tetep aja gak pas warnanya di kulitku, makin lama jadi makin keliatan kucel makeupnya (atau aku yg belum nemu perbandingan yg pas kali ya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya emang tricky sih perbandingannya.

      Delete
  4. aku mau coba maybelline fit me tapi keburu beli LA girl foundie kaya punya mba arum wkw tapi concealernya bagus emang. satu2nya yg gak crease di undereye akoohh /o/ tertarik sama powdernya tapi ga jadi ah kalo pink gitu :(

    btw aku malah mukanya gampang banget belang mbak. ini aja akhirnya bisa setengah shade lebih gelap dari badan setelah bertahun2 padahal dulu bisa dua shade huhu T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. LA Girl aku ngga tahan transfernyaaa. Nyeplak kemana mana. Tapi oke banget sih glowing & shadenya. Kalau powder, kayaknya warna yang lebih gelap dari ini lebih nguning sih..

      Mukaku juga belang, tapi lebih putihhh huhuhu... Kzl

      Delete
  5. Mbak sekar mau nanya deh, ini beneran oxyde ga sih foundienya? Soalnya beberapa review kok ada yang bilang ini bakal oxide gitu ya? Jadi maju mundur buat beli. Terus, pernah nyoba foundie catrice ga mbak? Kalau udah, review dong. Agak tertarik liat dia di guardian sih mejeng-mejeng, semacam manggil biar dibeli hahahaha

    salam kenal ya mba, jangan lupa liat aku di www.nissaflorence.com (hihi ujungnya promosi juga, sori mbaa sekaaar)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak. nggak beneran. Aku bohong kok -_-.
      Udah pernah Catrice, tapi karena nggak suka kukasih temen ^^.

      Nanti aku mampir yaaaa blognya ;)

      Delete
  6. Jadi so far foundie yg favorit apa mba? Lg nyari referensi buat isi makeup hantaran hehehe

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...