Friday, December 11, 2015

[Review & Tutorial] Bedak Dingin Ovale Whitening


Pasti temen-temen beauty enthusiast di sini udah pernah denger kan soal Bedak Dingin? Karena memang bedak dingin ini adalah resep kecantikan tradisional, yang udah sejak jaman dulu dipercaya untuk merawat kecantikan kulit perempuan Indonesia. Yang saya tahu sih, daerah Jawa dan Kalimantan punya resep bedak dinginnya masing-masing.

Bedak dingin ini adalah sejenis masker yang terbuat dari tepung beras. Fungsinya untuk mendinginkan dan merawat kulit. Kalau orang jaman dulu kan banyak beraktifitas di bawah sinar matahari tuh. Entah itu mencari ikan di laut, atau bercocok tanam, atau pekerjaan-pekerjaan lainnya. Nah, biasanya untuk mendinginkan wajah dan juga meminimalisir kerusakan akibat sengatan matahari dalam waktu yang lama, mereka pakai bedak dingin setelahnya.

Eh, walaupun dulu produk kosmetika belum banyak dan teknologinya belum maju, tapi kulit orang jaman dulu tuh bagus-bagus loh. Ibu saya contohnya, masih awet muda banget. Itu bukti bahwa memang resep-resep kecantikan tradisional udah terbukti keampuhannya.

Dan bedak dingin ini banyak banget khasiatnya. Tau sendiri kan kalau sinar matahari itu termasuk faktor utama penyebap berbagai permasalahan kulit? Diantaranya kemerahan atau iritasi, kulit kering, kulit menggelap, bercak hitam atau flek, dan penuaan dini. Makanya bedak dingin ini bagus banget karena bisa meminimalisir efek-efek tersebut.

Tapi kan ribet yah, harus numbuk-numbuk beras sendiri. Apalagi kita-kita yang gaul dan sibuk gila ini. Boro-boro numbuk beras, pulang kantor udah lelah rasanya. Atau tugas kuliah udah cukup bikin pusing, masa harus ditambah numbuk-numbuk beras?  Jujur aja ya, saya memang suka perawatan kulit, dan khawatir banget lah sama kondisi kulit saya yang kering ini. Soale kulit kering kan cenderung mudah kena penuaan dini. Tapi sesuka-sukanya saya merawat kulit, kalau disuruh bikin DIY masker yang ada acara tumbuk-menumbuk dan menjemurnya sih, bye! Makasih!


Beruntungnya sekarang saya nggak perlu pusing dengan aksi tumbuk-menumbuk, soale udah ada produk bedak-dingin-jadi yang praktis banget, yaitu Ovale Bedak Dingin. Jadi kita tuh tinggal naruh butiran-butiran Bedak Dingin Ovale di mangkuk, kasih air, aduk-aduk, terus oles deh ke wajah. Praktis dan cepet. Cocok banget buat cewek sibuk tapi pengen cantik kayak saya. Dan kebetulan beberapa minggu yang lalu, saya berkesempatan untuk datang ke acara launching produk Ovale Bedak Dingin ini. Untuk event report, bisa cek di instagram saya loh @sekararumw!

Pasti ada yang tanya lagi, kan bedak dingin tradisional yang instan juga ada yang jual?

Jaman saya di Jogja dulu, saya pernah lihat bedak dingin semacam itu di pasar-pasar tradisional. Tapi di Jakarta saya belum pernah menemui. Terus jarang-jarang banget juga lah saya mood blusukan ke pasar tradisional gitu. Sementara Ovale ini adalah merk yang gampang banget kita temui di berbagai supermarket dan minimarket di berbagai kota.


Belum lagi isu soal kesehatan dan keamanannya. Bedak Dingin Ovale ini diproduksi oleh merk yang memang sudah paten, dan terdaftar di BPOM. Jadi nggak mungkin banget kan Ovale memakai bahan-bahan yang berbahaya di dalam produknya? Terus juga pastinya cara pembuatannya lebih terjamin kebersihannya.

Terus yang saya suka lagi adalah kemasannya yang praktis dengan desain yang modern. Saya suka desain kemasannya yang didominasi warna pink. Dan karena satu tempat ini isinya banyak, bisa dipakai dua sampai tiga kali, kemasannya didesain agar memudahkan penyimpanan. Jadi ini kemasan zip lock, yang bisa ditutup rapat lagi setelah dibuka.

Selain menggunakan bahan-bahan natural dan dengan resep tradisional, Ovale juga menambahkan ekstrak mutiara, yang berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit. Dan Bedak Dingin Ovale ini aromanya enak, nggak menusuk, tajam, ataupun bau jamu seperti yang biasa saya temui pada bedak dingin tradisional.

Jadi kalau ada produk bedak dingin yang praktis, terjamin keamanan dan kebersihannya, gampang banget dicari dimana saja, dan dikemas secara modern, kenapa enggak?


Sekarang saya mau menunjukkan cara pakainya yah:


1. Mulailah dengan wajah yang sudah dibersihkan. Gunakan bando, agar rambut nggak menutupi wajah.


2. Buka kemasan Bedak Dingin Ovale Whitening


3. Letakkan secukupnya dalam suatu wadah. Kalau saya butuh 10 butir Ovale Bedak Dingin untuk satu kali maskeran


4. Tutup kembali kemasan zip lock-nya, dan simpan butiran-butiran Ovale Bedak Dingin yang belum digunakan. Praktis banget, kan? Kita nggak perlu cari-cari wadah lain lagi untuk penyimpanan. Oh iya, selain praktis juga irit, karena satu sachet ini bisa dipakai 3 - 4 kali maskeran.


5. Tuangkan air secukupnya ke dalam wadah berisi butiran Ovale Bedak Dingin tadi. Banyaknya air sesuai selera saja. Kalau adonan yang pas untuk saya sekitar dua setengah sendok teh air.


6. Diamkan sejenak hingga butiran-butirannya melunak, lalu aduk rata sehingga menjadi adonan seperti pasta kental


7. Ambil adonan masker tadi dengan menggunakan kuas masker. Kalau nggak punya kuas masker, bisa pakai tangan aja kok. Tapi pastikan jari-jari tangan kamu bersih yah ;).


8. Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah. Lewati bagian mata dan bibir yah.


9. Diamkan sekitar 15 - 20 menit. Sambil menunggu maskernya mengering, kamu bisa sambil melakukan kegiatan yang kamu suka. Misalnya nail art, nonton TV, atau membaca buku. Oh iya, saat pemakaian ini enak dan rileks banget, karena ada sensasi dingin alami dari masker-nya.


 10. Setelah selesai, bilas wajah dengan air sampai bersih, lalu keringkan dengan handuk lembut.



 Selesai deh! Wajah terasa lebih kencang dan cerah setelah melakukan maskeran dengan Ovale Bedak Dingin ini ;)


Jadi bedak dingin ini sebenarnya adalah resep kecantikan tradisional dari Indonesia, dan Ovale kemudian mengemasnya dengan lebih modern, sehingga praktis dan lebih higienis untuk digunakan oleh perempuan-perempuan sibuk di masa sekarang ini. 

Saya sudah mencoba menggunakan Ovale Masker Bedak Dingin Whitening ini selama dua minggu terakhir. Saya pakai dua hari sekali. Yang saya suka dari Bedak Dingin Ovale ini adalah:
  • Praktis dan mudah digunakan. Tinggal uang air dan oles.
  • Sensasi dingin alami saat menggunakannya
  • Efek wajah lebih cerah, kencang dan halus setelah menggunakannya
  • Kemasannya yang cantik dan juga praktis, dan memudahkan penyimpanan
  • Mudah dibeli di mana saja
Selama dua minggu penggunaan Ovale Bedak Dingin ini, saya nggak mengalami efek negatif satu pun. Selain itu saya suka sensasi dingin alami pada saat saya menggunakan produk ini, juga efek cerah dan kencang setelah penggunaannya. Untuk mencerahkan wajah secara permanen dan juga menghilangkan noda-noda di wajah, saya belum merasakan. Perawatan kulit alami begini memang pastinya butuh waktu ya, agar bisa terasa manfaatnya. Nggak mungkin instan juga kan? Karena semua yang instan-instan juga mudah hilangnya ;).

Kamu tertarik untuk mencoba bedak dingin Ovale?

Harga Ovale Bedak Dingin: Rp 6.200
Tersedia di berbagai hypermarket, supermarket, dan minimarket di kota kamu


Beberapa foto saat Product Launching Ovale Bedak Dingin.

63 comments:

  1. Sama kalo saya yh super bgt sibuk bertubi tubi juga gak mau numbuk, bye! Hahhaa.

    Lho baru tahj gw harga nya..murce sekaleee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya masa cewek gaol cem kita numbuk-numbuk beraz? Bye!

      :))

      Delete
  2. Replies
    1. Iyes. Murah. Irit lagi bisa dipake 3 kali!

      Delete
    2. Pasti bahagia deh kantongku..:-D

      Delete
  3. Wohhooo terjangkau banget. Pengen nyobaaa :D

    ReplyDelete
  4. Enak bgt pake ini adem terus abis dibilas seger gitu ya muka hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah betul. Adem segerrr. Enak banget dipake pas abis panas-panasan ^^

      Delete
  5. Harus banget dicoba ini, murah meriah tapi mba pengen nanya bikin kering ga? Kulit ku kering to the max hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak. Serius deh nggak bikin kering. Aku juga awalnya takut soalnya kulitku kan kering. Ternyata ini nggak bikin kering sama sekali.

      Delete
    2. fix harus nyobain ini bedak dingin

      Delete
  6. Kok baru launching kak?
    Aku udah make duluan diPadang :v..
    Emang enak sih.. Berasa AC di depan mukaa..
    Ademm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, duluan masuk ya disana?
      Hihihi...iya enak banget rasanya pas pakai

      Delete
    2. Kalo dipadang beli di mana uni?? Kebetulan saya juga di padang :) salam kenal sebelumnya. Ratna

      Delete
    3. Kemarin itu belinya di Basko Grand Mall... tapi ga tau sekarang masih ada atau ngga. soalnya pas aku belikemarin tgl satu2nya

      Delete
    4. @yuni: thanx ya udah bantuin jawab ;)

      Delete
  7. wihii... kemarin abis beli ini tapi belum tak coba. kemasannya unyu harganya murah lagi. semoga diaku cocok soale pake masker ovale jerawatan terus hadehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cocok yaaaa!
      Aku pernah coba yang pasta, tapi lupa variannya. Periihh. Tapi yang bedak dingin ini enak sih.

      Delete
  8. Ovale ini mundur selangkah untuk maju ke depan ya kayaknya, secara bedak dingin itu kan so last decade banjet.. tp karena udah makin susah dicari, ovale munculin lg.. langsung merasa harus beliiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. Iya banget. Bedak dingin tuh enak tapi sekarang udah susah di cari. Dan menurutku bedak dinginnya si ovale ini kece loh!

      Delete
  9. Aku tertariiikkkk.. :) apalagi skrg lg puanas banget kalo pas nggak hujan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa. Musim ujan tuh gitu yaaa. Kalau pas nggak ujan panasnya gila :(

      Delete
  10. Aku dulu suka pake bedak saripohatji buat bedak dingin, tapi makin kesini susah banget nemu saripohatji. Pertama liat ovale bedak dingin ini yang kemasan hijau (teh hijau utk jerawat). Udah semangat mau beli, tapi sayang di komposisi ada alkohol. Tapi kok di foto kak arum gak ada ya… Apa aku salah baca, masker ovale yang biasa ya hahahaha

    Soalnya gak cocok sama yang ada alkohol denat/sd alkohol. Huhuhu. Sampe sekarang produk ovale yg cocok cuma oil papernya aja, kak:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa susah banget nemu saripohatji. Terus aku juga agak nggak tahan sama bubuknya yang terbang2 ke hidung pas dipakai, rontokan banget :|.

      Kayaknya sih yang ijo memang ada alkoholnya ya? Yang pink enggak. Mungkin karena yang ijo anti acne, jadi diperuntukan buat kulit berminyak ^^

      Delete
  11. wahhh udah ada bedak dingin versi modern nih, modern kemasannya maksudnya :)
    saya mah pake produk tradisional jawa barat ajalah.. sari pohatji dan sarerang kawung :D

    ~ pipitta dotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isi produknya juga lebih modern kok. Kandungan utama dan khasiatnya sama, cuma ditambah ekstrak mutiara. terus aromanya juga nggak semenusuk bedak dingin tradisional, dan yang paling penting serbuknya nggak terbang2

      Delete
  12. Jadi kepo niiih, murah banget soalnya. Cute banget packagingnya (dan kak arumnya)! :D

    ReplyDelete
  13. Aku masih pake bedak dingin buatan nyokap, bikin sekali awetnya luamaa asal jemurnya bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah aku nggak ada yg bikinin. Jadi cari yang praktis2 aja kayak Ovale ^^

      Delete
  14. hai arum, salam kenal ya aku silent readermu dari dulu tapi baru komen sekarang hehehe. kamu biasanya make masker ini berapa kali seminggu? tertarik buat nyoba juga nih

    http://frombeautytoheart.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Shafira. Sampai saat ini sih aku pakai hampir tiap hari. Soale program mau balikin warna kulit setelah liburan. Setelah liburan kulitku kusam banget soale..

      Delete
  15. Wihii, dari kemarin, aku bacain blognya dari awal awal banget sampe sini. Ternyata produk murah bukan berarti murahan yaaa. Aku juga dulu suka banget beli ini itu sampe rak meja udah gak muat lagi dan beberapa perlengkapan lipstick, blush on atau foundienya kadaluarsa. Kalau mbak arum, ini semua make up yang beli dan dikirimi, dipake semua atau ditumpukin, atau dikasihin ke orang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Windi. Salam kenal yaaa, hehe..
      Kalau sudah kadaluarsa atau udah kelamaan (misal lipstik udah dua tahun) ya aku buang sih mba. Tapi kalau masih baru dan aku bosan, kalau ada temen yang pas maen terus mau ya aku kasihin. Kalau enggak ya aku jual aja di blogsale blog ini :)

      Delete
  16. Aku udah pake juga mbak hehehe #gananya
    Bener bener so good, gak smpt beli bedak dingin kalimantan yg hits itu tuhan memberi jalan dengan mempertemukan aku dengan ovale ini hehehe

    Ampuh banget pulihin kulit yg abis panes-panesan. Jadi lebih cerah dan lembuuttt.

    sweet-exotic.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak dipake abis panas-panasan. Ini aku lagi program balikin warna kulit nih pakai ovale tiap hari. Semoga berhasil :D

      Delete
  17. Halo kak salam kenal ! :) Makasi banyak ya kak sangat membantu review nya ♡ Aku juga udah beli nih gasabar mau coba

    Aku baru di dunia blog :) kalau sempat mampir ya ke blog ku, thankyou !

    aestheticcreature.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Wah semoga suka ya dengan Ovale-nya ;)

      Delete
  18. aku nyoba ini gara-gara baca review mbak arum. etapi PR banget ngencerin butiran bedak dinginnya, keras bgt ya mbake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..banyak keluhan ya soal buletannya keras. Hmm...aku sih nggak masalah karena masih bisa digerus pakai sendok dengan gampang. Hehe..
      Semoga masukan ini dibaca oleh pihak Ovale yak :)

      Delete
  19. aku biasanya pake bedak dingin tuh yg saripohatji, review yg ini juga dong mbak hihi
    tp udah sering liat ovale ini di griya ingin coba juga~

    meganegirljournal.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok. Search deh. Blog ini dilengkapi fitur search lho :)

      Delete
  20. Mbak cantik banget :) baru liat blognya udah demen baca sampe bawah hihi

    ReplyDelete
  21. Kalau usia 15 tahun apa sudah boleh pake ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditanyakan ke mama-nya ya, sudah boleh atau belum :).

      Delete
  22. Halo mba arum, mba biasanya pake ovale ini pas kapan yah? Setelah beraktivitas gt (misalnya sore2 habis kerja) atau malam sebelum tidur? Thx mba^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, aku sesempetnya aja sih. Kadang siang kadang malam. Tapi paling enak memang siang-siang pas habis panas-panasan gitu. Sayangnya jarang dirumah pas siang :(

      Delete
  23. Yeah akhirnya ketemu review oval bedak dingin. Seru banget blognya.
    Aku newbie nih menggunakan masker bedak dingin oval ini. Sensasi dinginnya terasa dan pori-pori wajah jadinya mengecil.
    syik banget karena hebohnya sama bedak dingin, aku malah selama seminggu ini setiap malem selalu gunakan bedak dingin ovale. ^^

    ReplyDelete
  24. Salam kenal mba ... aku br pertama coba pakai oval bedak dingin..tp pas udh d cuci koq kulit wajah jd kemerahan ya..?

    ReplyDelete
  25. Adem banget saat dipake, setelah itu kulit jg jd lembut dan kencang

    ReplyDelete
  26. hay mbk, salam kenal ya
    mau nanya dong mbk ovale bedak dingin ini bisa mencerahkan kulit ato endak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal dibaca reviewnya, nanti nemu jawabannya kok

      Delete
  27. Halo mba Arum Cantik, salam kenal yah. Sudah lama sebenarnya mau komen sejak lihat blognya mba masuk di Hipwee, tapi sekarang baru kesampaian.huhuhu
    saya juga suka sekali sama bedak dingin ini, sensasi dingin dan efek mencerahkannya benar-benar aduhai.
    Oh yah sampai sekrang mba Arum masih tetap pakai juga yah?

    http://diaryjejhe.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba cantik :3.
      Masih pakai kok. Aku kalau maskeran suka ganti2. Jadi ini diselang seling aja sama masker2 lain :D

      Delete
  28. Hallo mbak, salam kenal ya
    Oval bedak dingin ini bisa dipakai buat kulit jerawat ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal.
      Ini ada kok varian yang memang khusus untuk kulit berjerawat. Warnanya hijau :)

      Delete
  29. Kakk klo cwok bisa mke gak?..aku kan abis ospek nih..kulit terbakar jadi hitam...bisa gak pake prodak ininbisa bkin kulit putih lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaaa. Kalau bikin putih sih menurutku enggak ya. Ngga ada produk yang bikin putih ^^

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...