Tuesday, April 21, 2015

[Review] Marina BB cream dan Compact Powder Smooth & Glow UV


Yang sedang cari-cari make up bagus dengan harga terjangkau mana suaranyaaaa?

Kali ini saya mau cerita-cerita soal great but affordable local beauty product. Kalau ngelihat sejarah blog saya, memang saya ini lebih cenderung suka mengulas merk-merk kosmetik lokal. Apalagi yang harganya terjangkau. Dan yang kali ini akan saya bahas adalah dari brand Marina.

Saya adalah pengguna Marina Hand Body Lotion Natural 24h Moisturising. Favorit saya adalah varian Protect & Care atau yang warna pink, karena mengandung sunscreen. Saya kenal dengan body lotion ini sejak jaman saya kuliah. Body lotion ini termasuk salah satu body product andalan saya. Nah, Marina juga punya produk make up loh!. Yang kali ini saya ulas adalah BB cream dan compact powder-nya.



Marina BB Cream
Smooth & Glow UV


FYI ajah, sebelum saya dikirimin paket BB cream dan Compact Powder dari Marina, sebenernya saya sudah pakai duluan BB cream-nya. Dan BB cream yang saya punya bahkan sudah hampir habis! 


Saya memang suka banget sama BB cream, tapi nggak sembarang BB cream. Saya suka yang hasilnya ala-ala BB cream korea, yaitu: halus, memberikan efek blur ke kulit sehingga pori-pori dan kerut tersamarkan, melembapkan, dan glowy atau memberikan efek berkilau. Karena ada kan yah BB cream yang lebih condong ke BB cream ala western, yang hasilnya cenderung kurang halus tapi sangat ringan seperti tinted moisturiser.

Nah, Marina BB cream ini punya kriteria yang saya suka, yaitu: halus, memberikan efek blur ke kulit, lembap, dan glowy. Makanya saya suka dan pakai sampai habis :D.


Ternyata memang bener sih, Marina BB cream ini memang diproduksi dengan menggunakan teknologi dan formula BB cream Korea. Ada delapan manfaat yang terkandung dari BB cream ini, yaitu:
  • SPF 20 PA++ yang melindungi kulit dari UV A dan UV B
  • Mengandung lemon yang mencerahkan kulit
  • Mengandung Mulberry yang menutrisi kulit dan membuat kulit halus dan lembap
  • Dengan hasil yang tampak natural
  • Tidak tampak berminyak
  • Tahan lama
  • Mampu menyamarkan noda
  • Menggunakan bahan alami


First impression saat lihat produk ini, saya suka sama kemasannya. Nuansa warnanya pink dengan gambar cewek cantik, terkesan young and girly. Singkatnya sih, produk ini photogenic. Hehe.. Botolnya lumayan mungil sehingga mudah dibawa-bawa. Tutupnya juga rapat dengan sistem ulir, sehingga nggak bikin deg-degan deh takut kebuka pas dibawa di pouch.


Marina BB cream ini cuma punya satu shade, yaitu Natural. Menurut saya ini beneran mirip shade BB cream Korea yah, jadi agak kurang kuning untuk kulit saya, tapi masih masuk sih. Teksturnya sedikit kental sehingga menghasilkan coverage yang cukup bagus untuk menutup noda.

Cara aplikasi paling baik menurut saya adalah dengan spons lembap, saya pakai beauty blender. Pastikan aja BB cream ini diulas tipis dan merata. Jangan langsung tebel yah. Tipis dulu, kalau dirasa kurang baru tambahkan selapis tipis lagi.

bare face - with Marina BB Cream

Coverage-nya cukup baik. Dia bisa ngeratain warna kulit saya yang nggak rata, menyamarkan kemerahan dan juga noda-noda ringan. Pori-pori di bagian sekitar hidung juga tersamar, sehingga kulit kelihatan halus. Tapi untuk penggunaan di bawah mata, saya menganjurkan pakai concealer aja. Karena warna BB cream ini kurang kuning kalau untuk menutup lingkaran gelap di kantung mata. Lingkaran hitam di bawah mata memang cenderung berwarna ungu/kebiruan, jadi harus disamarkan dengan concealer yang berwarna kuning/oranye.

(tips mengenai corector bisa lihat post saya yang ini)

detail
Untuk finish-nya, saya suka karena halus dan glowy. Nggak kelihatan berminyak, tapi juga nggak terlalu matte dan flat. Kalau suka yang hasilnya matte total, bisa di-set dengan Marina Compact Powder Smoth & Glow UV setelahnya.

Pemakaian BB cream saja tanpa compat powder, setelah 8 jam.
Di kulit saya yang cenderung kering, BB cream ini awet. Saya pakai pagi sampai sore tanpa touch up, make up saya masih stay, hanya sedikit cakey di tempat-tempat yang wajar seperti area hidung atas tempat sandaran kacamata. Kulit muka saya juga nggak menggelap, hanya sedikit keluar minyak di area hidung dan sekitarnya. Bagi saya sih nggak masalah, malah wajah kelihatan berkilau sehat dengan sedikit minyaknya. Untuk kamu yang berkulit berminyak, saya rasa harus di-set pakai compact powder-nya yah, setelah pakai BB cream ini.

Selain shade-nya yang kurang kuning, menurut saya BB cream ini worth to try. Hasilnya halus, glowy, tahan lama, melembapkan dan harganya pun nggak mahal. Untuk klaim mencerahkan saya belum merasakan, karena selain memakai BB cream ini sebagai make up, saya juga memakai skincare/krim perawatan lain.


Marina Compact Powder 
Smoth & Glow UV


Selain BB Cream, Marina melengkapi produknya dengan compact powder. Kabarnya compact powder Marina ini formula baru loh! Tapi saya nggak bisa membandingkan dengan yang lama, karena saya belum pernah coba formula lamanya.

Selain untuk set BB cream, saya juga memakai bedak ini single use untuk sehari-hari. Saya memang bukan tipe yang pakai riasan komplit untuk harian. Menurut saya untuk sehari-hari, pakai bedak yang ringan aja cukuplah. Apalagi buat yang masih remaja ya, plis kulitnya jangan disiksa sama make up berat tiap hari :D.

Makanya bedak yang kualitasnya bagus penting buat saya. Saya sukanya tuh yang hasilnya natural, nggak terlalu terlihat "dempul" atau powdery, formulanya ringan, tapi nempel di kulit. Tadinya saya nggak tertarik loh buat nyobain bedak Marina. Tapi setelah ngerasain dan cukup puas sama BB cream-nya, saya jadi kepingin nyicip bedaknya juga.


Sama kayak BB Cream-nya yah, bedak ini juga punya 8 benefit: perlindungan dari UV A dan UV B, mencerahkan, menghaluskan, tampak natural, bebas kilap, tahan lama, menyamarkan noda, dan menggunakan bahan-bahan alami.


Untuk kemasan sama kayak BB cream-nya, saya sih suka. Warnanya pink dan girly, bentuknya juga cantik, nggak malu-maluin kalau dipakai touch up. Hehe.. Kemasannya sleek, jadi nggak menuh-menuhin dompet make up kalau mau dibawa-bawa. Terus sudah tersedia kaca yang cukup lebar dan spons, jadi praktis ya.


Masalah spons, biasanya orang memang suka mengaplikasikan bedak dengan menggunakan kuas. Saya juga kok. Tapi bedak yang ngasih spons bawaan tetap menjadi poin plus buat saya. Karena praktis kan kalau untuk touch up? Saya paling malas bawa-bawa banyak barang kalau berpergian. Jadi pemakaian dengan kuas saya lakukan di rumah saja. Kalau touch up, saya pakai spons bawaan.

Spons-nya sendiri adalah jenis spons handuk (bukan spons berpori yang biasa digunakan untuk pemakaian foundation/TWC), permukaannya lembut, dan mampu mengangkat serta meratakan bedak dengan baik.


Marina Smooth & Glow Compact Powder ini tersedia dalam tiga shade, yaitu: Ivory, Peach, dan Natural. Saya dapat yang Ivory dan Peach. Ivory adalah warna yang lebih terang dengan undertone kuning, sedangkan peach warnanya lebih ke arah beige dan lebih gelap dari shade Ivory

Untuk masalah shade, silahkan dipilih yang sesuai dengan kulit kamu. Saya sendiri memilih warna Ivory untuk kulit saya.


Waktu dicolek dengan jari, teksturnya terasa lembut dan agak buttery, jadi nggak keras gitu. Tekstur seperti ini kalau diulas ke wajah hasilnya akan halus dan lebih "nempel".

Baik dipakai sendiri ataupun dengan BB cream menurut saya sama bagusnya. Kalau dipakai setelah BB cream, bikin riasan lebih awet dan hasilnya matte dengan coverage yang bagus. Ehm...saya sendiri kurang suka dengan hasil yang matte, masalah selera aja sih. Jadi biasanya kalau pakai BB cream-nya, dari rumah saya nggak pakai bedaknya lagi. Baru nanti di pertengahan hari, pas muka udah agak lepek karena minyak, compact powder ini jadi penyelamat saya, saya pakai untuk touch up. 

Tapi kalau dipakai sendiri tanpa BB cream juga bagus, ringan, halus dan tetap menempel di muka. Saya sering pakai bedak ini single use aja untuk sehari-hari.

Kekurangan bedak ini bagi saya adalah aromanya. Buat saya aromanya nggak enak, susah didiskripsikan. Akan lebih baik kalau sekalian tanpa aroma aja kali ya. Tapi untungnya aromanya nggak tahan lama, sesaat setelah diaplikasikan nggak kerasa bau lagi.

Bare Face || With Marina BB Cream || Finishing touch with Marina Compact Powder

Detail

Untuk masalah coverage, tentunya nggak semaksimal two way cake atau bedak dengan kandungan foundation yah. Karena ini memang Compact Powder. Bagi saya fungsinya berbeda sih dengan TWC. Compact Powder ini karena lebih ringan, jadi sangat cocok digunakan setelah BB cream. Hasilnya terkesan natural dan nggak tebal. 

Lalu compact powder ini juga sangat cocok digunakan untuk touch up. Inilah alasan saya suka sama Marina Compact Powder, karena menurut saya sangat ideal untuk touch up:
  • formulanya yang ringan bikin bedaknya nggak menggumpal/cakey ketika bercampur dengan minyak muka.
  • hasilnya halus dan bikin wajah kelihatan fresh, nggak lepek karena berminyak, tapi juga nggak kelihatan dandan berlebihan.
  • bentuknya yang padat dan kemasannya yang sleek serta praktis (udah ada spons dan kaca), jadi gampang dibawa-bawa.
  • Mengandung SPF 20 PA++. Tentunya pada tahu kan kalau sunscreen itu wajib di touch up secara berkala? Tapi kan repot banget kalau harus touch up sunscreen yang bentuknya krim. Jadi saya pakai compact powder ini tuh sekalian untuk touch up sunscreen.
  • harganya murah dan tersedia dimana-mana. Nggak takut misal pecah karena kegencet pas dibawa-bawa. Tinggal beli lagi kan? Hehe.. Tapi sejauh ini sih kemasannya cukup kuat, nggak rusak walau saya bawa setiap hari kemana-mana.


Overall, BB cream dan compact powder dari Marina ini kualitasnya bagus dan harganya sangat terjangkau. Cocok untuk kamu-kamu yang sedang mencari kosmetik untuk harian dengan harga terjangkau, tanpa mengesampingkan kualitasnya tentu saja. 
  • Marina BB Cream Smooth & Glow UV saya rekomendasikan untuk kamu yang sedang mencari BB cream dengan hasil yang halus, coverage medium sampai full, mampu menyamarkan pori, dan hasilnya glowy ala-ala BB cream Korea, dengan harga yang sangat terjangkau. Namun seperti BB cream Korea juga, saya kurang merekomendasikan BB cream ini untuk kamu yang kulitnya mempunyai strong yellow undertone.
  • Marina Compact Powder Smooth & Glow UV nya juga saya rekomendasikan, baik untuk set BB cream ataupun untuk single use. Harganya yang terjangkau dan formulanya yang ringan membuat bedak ini cocok juga dipakai oleh remaja. 


Harga:
Marina BB cream Smooth & Glow UV : Rp 24 000,-
Marina Compact Powder Smooth & Glow UV : Rp 16 200,-

Tertarik untuk mencoba? Kamu bisa dapetin produk ini di Carefour, Giant, Lotte, Hypermart, Alfamart, atau supermarket serta toko kosmetik lain di kota kamu.


Facebok: sahabat.marina
Twitter: @sahabatmarina

38 comments:

  1. Wah, Marina ngeluarin produk make-up .. Bisa dicoba ini ^^

    www.misskarlina.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Dan surprisenya ini bagus loh!

      Delete
  2. wohoo. aku baru tau mba kalo marina ada bb creamnya #kudet. icip icip ah

    cameliaintan.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Eh bagus hlo jdi glowy gitu di muka *o*

    my-makeupdiary.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Pas ditimpuk sama powder hasilnya bagus bangett.. Eh ini nimbulin white cast nggak ya pas kena flash?Soalnya biasanya produk ber spf menimbulkan white cast.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, maap kurang tau. Belum coba pakai flash. Tapi filing aku sih whitecast ya ^^

      Delete
  5. Hi mba Arum, cuakepp yaah Marinanya, lengkap pulahh infonya...
    Pengen coba juga dehhh..
    Sekrg domisili di mn,mba? #oot banget hahaha...

    sheilasengkey.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sheila, cobain yuk ;)
      Kamu lamaaa nggak nongol. Hehe.. Aku di Jakarta sekarang

      Delete
  6. Ses. sumpah ini racun banget!
    kemarin abis baca ini, pulangnya langsung ke Superindo dan beli compact powder yang ivory.. bagus yak! aku coba2 compact powder merek lokal belum ada yang seenak ini, warnanya juga masuk.. Sayangnya gak nemu bb cream-nya. TT TT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sesss. Aku awalnya nggak nyangka juga sampe suka. Compact lokal yg aku coba kan pigeon sama venus, nah dua itu nggak nempel sama cakey. Makanya pas nemu Marina ini kok enaaakkk. Hahaha...
      BB creamnya juga bagus. Lumayan banget buat harga segitu

      Delete
  7. Mbak, aq juga pake ini bb cream. Kesan pertama suka deh. Tapi kok kmaren pas dipake seharian, siangnya seolah menggelap gitu mukaku. Aq set pake caring microfine yg natural. Apa aq salah bedak ya? klo ga diset bedak rasanya kurang gituh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa karena kondisi muka (terlalu berminyak), bisa karena ga cocok sama BB creamnya atau bedaknya, bisa juga karena pelembapnya ngga cocok sama BB creamnya. Banyak sebab sih. Harus trial n error sendiri karena beda beda ^^

      Delete
  8. Harganya nyaman di kantong eikeh nih mak..mau nyoba ah

    ReplyDelete
  9. Pas dipukpuk sama compact powdernya emang keliatan lebih cerah ya, tapi lumayan ngeblend :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku suka sama compactnya. Jarang2 ada compact under 20k yang bagus :D

      Delete
  10. bagus ya sis bb creamnya walopun harganya murah, btw udah coba DDC wardah belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus lah buat harga segini. Gampang didapet pula. Belum nemu DDC wardah disini ^^

      Delete
  11. hay mbaa, aku silent reader hehe baru berani comment nih πŸ˜‚
    aku jg pakai ini, awalnya iseng2 aja mau beli eh ternyata hasilnya bagus loh mba. kalau untuk kulit oily kayak aku, aku set lg pakai loose powder (Marck's) tp beres makan siang lgsg touch up pakai bedak lagi hehe 😁
    makasih mba review nya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...
      Iya aku juga awalnya ga nyangka kok bakalan bagus. Ternyata benerrr bagus. Hhahahak...

      Delete
  12. Aku penggemar compactnya marina. Entah udah berapa banyak yg aku abisin, sampe beneran abis wkwkwk jarang nemu bedak yg kuning gitu warnanya. Paling pas sama kuningnya. Cuma aku pake yg comoact satunya lagi yg ga ada embel2 spf, terus tanpa kerdus. Di warung paling pol harganya 10rebu doank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, compact yang mana tuh yang ga sampe sepuluh ribu?? Jadi pengen nyobain.. Iya Marina ini nempel + kuningnya pas.

      Delete
  13. Btw, aku kok ga bisa ngetik panjang kali lebar ya? Masa cuma muat segitu doank?
    Bedaknya emang "agak" wangi. Hahaha kaya wangi kembang apalah? Tp enak di muka, alus, terus mayan awet lah, dgn muka tipe kering..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih ga bisa panjaaanggg? Perasaan bisaaa ^^. Coba yak aku cek ntar.

      Delete
    2. Bb creamnya racun banget itu ses, ha ha... bikin pengen hunting dah
      kl compact powdernya, kayaknya saya nda bisa pakai, sebab ada mineral oilnya

      Delete
  14. Hai mba, keren bgt racun warna warninya mewarnai aku sampe kaya pelangi.. Oya warnanya cuma natural aja kan ya? Tapi kok warna natural aku beda ya sama mba? Punyaku lebih gelap gitu kalau dibawah siapnar lampu.. Duh help ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak tauuuu. Mungkin memang kulitmu putih kali ya mb, jadi natural ini berasa gelap. Di aku keputihan soalnya ^^

      Delete
  15. Halo mbak racuunn... saya ceritanya kepingin beli bbc everydaynya wardah, tp nemuin review mbak yg ini jd keracunan jugakkk >< mba sendiri lbh suka yg mana? Marina atau wardah? soalnya kulit saya jg kering + gak begitu suka sm finishing matte kaya mba hehehe. seneng nemu byuti blogger yg satu selera gini *halah:D*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya tergantung selera sih yaa. Aku suka dua-duanya, tapi kalau buat harian lebih suka Wardah. Soalnya Wardah lebih ringan/sheer gitu dan warnanya lebih masuk di aku. Kalau Marina itu nutup banget dan warnanya sedikit keputihan ^^.

      Delete
    2. aku ceritanya udah beli wardahnya mba, semoga masuk nih warnanya >< trs mau nanya juga, kalo misalnya mau pake bb cream, sebelumnya perlu pake sunscreen ga yah? maaf nih pertanyaannya newbie bgt... *pdhl emg newbie--"*

      Delete
    3. Semoga cocok yah :3
      Kalau aku nih, kalau BB cream-nya udah ber-SPF biasanya nggak pakai sunscren lagi sih soalnya malas. Hehe.. Jadi pelembap aja, trus langsung BB cream. Tapi sebaiknya sih tetap pakai yah, biar kulit lebih terlindungi ;)

      Delete
  16. Sorry mbak out of topic :D mau nanya dong kalo menurut mbak arum eyeliner yang waterproof tapi matte (black) itu merk apa ya?thanks hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waterprof maksudnya awet dan susah dibersihin? Liquid eyeliner Ranee.
      Kalau matte aku kurang tau. Nggak pernah peduli soalnya juga nggak keliatan amat :D

      Delete
  17. Mbak, saya jadi tertarik beli compact ppwdernya, packagingnya cantik ya...
    selama mb pake compact powder marina ini dia oxy tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pekejingnya pinky. Cute.
      Nggak oxi kok :)

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...