Friday, November 14, 2014

Foodporn: Abon Roa


Kuliner khas Manado, Abon Roa ini udah jadi wistlist saya sejak tahun kapan tauk dan baru bisa terpenuhi akhir-akhir ini. Lama amat yah? Karena saya cari-cari yang jual ikan roa di tempat-tempat yang terjangkau nggak nemu-nemu. Sementara untuk ke Manado saya belum ada waktu. Mmm...dan budget.

Yang udah kenal saya sejak lama, sejak umur saya belasan, pasti tau banget kalau salah satu cita-cita saya adalah menjelajah ke semua tempat di Indonesia. Sampai sekarang saya sudah menikah pun obsesi itu nggak berkurang sama sekali. Tapi ya nyicil sih, nggak bisa lah saya sewaktu-waktu pergi ke beberapa tempat sekaligus. Mmm...lagi-lagi nih masalah waktu dan budget. Jadiiii, bukan nggak mungkin kalau suatu saat saya beneran ke Manado dan borong abon Roa asli dari sana :D.

Tapi keinginan saya buat makan Roa udah terpenuhi, karena saya dikirimin si Roa sama ses Sekar. Makasih, seuussss! Kapan kita jalan bareng ke Manado, nih? emang sih, udah banyak online shop yang jualan sambel Roa. Tapi saya pengennya ikan Roa kering giling (atau abon Roa)-nya, yang belum diolah jadi camilan ataupun sesambalan. Soalnya saya kepengen ngolah sendiri si Roa ini jadi sambal dan aneka masakan yang lain, biar bisa disesuaikan sama selera saya. Ya misalnya disesuaikan tingkat kepedesannya lah. Saya juga udah sering dipamerin sama ses Sekar berbagai kreasi masakan dia yang pakai Roa. Jadi rasanya bener-bener ngebet banget pengen dapet Roa kering ini.

Singkat kata, setelah abon Roa di tangan, saya jadiin campuran berbagai masakan. Dicampur ke nasi goreng, dicampur ke tumis taoge, dibikin ca kangkung Roa, dan masih banyak lagi. Tapi tetep paling mantep sih memang dibikin sambel Roa. Makannya, dicocol pakai gorengan, terutama pakai pisang goreng yang manis, legit dan anget. Tambah secangkir kopi. Beuh, nikmat dunia!


Cara bikin sambel Roa ini cukup mudah yah. Kamu bisa cari resepnya dimana-mana. Resep saya ini adalah sambel Roa sesuai selera saya. Resep aslinya ada di blog Sekar post ini, tapi saya modifikasi. Kenapa? Saya kurang suka rasa tomat dicampur Roa, dan saya juga nggak segila ses Sekar yang pake cabe rawit merah lima kilo. Bisa dower bibir saya.

Bahan buat bikinnya cuma:
- 4 btr bawang merah
- 1 siung bawang putih
- Cabe merah campur cabe rawit. Saya lupa banyaknya seberapa yah. Pokoknya saya beli dipasar cabe campur ini Rp 3000.
- Garem
- Gula pasir sedikiittt
- 2 sdm abon Roa
- minyak goreng buat menumis

Cara membuat:
- tumbuk kasar bawang merah dan bawang putih. Tumbuk juga cabe ditempat terpisah. Numbuknya nggak usah terlalu halus. Saya sih pakai blender, tapi nggak halus. Pokoknya diblender seperempat niat aja dan sebentaaarrr banget.
- Panaskan minyak, lalu tumis bebawangan sampai harum
- Masukin cabe-cabean, tumis terus sampai cabe layu dan harum. 
- Setelah itu, tambahin sedikit air. Aduk-aduk terus sampai air menyusut.
- Masukin abon Roa, aduk-aduk sampai tercampur rata dan berubah warna
- bumbui dengan garam dan gula pasir. Cicipi. Kalau kurang pas ya bumbuin lagi.
- Jadi deh!

Sambel ini bisa disimpen di kulkas, di dalam wadah tertutup. Bisa tahan kira-kira seminggu deh ya. Kalau mau makan kamu tinggal tumis aja lagi biar anget.

Kalau soal rasa, abon Roa ini punya rasa dan bau yang khas kaya ikan asap. Gurih dan "sangit". Suami saya kebetulan nggak doyan sama segala jenis ikan ataupun daging asap, jadi ya si Roa ini saya makan sendirian. Tapi emang sih, rasa ikan asap yang khas bikin beberapa orang nggak sukak. Ya kayak pete atau pare lah. Menurut saya pete dan pare itu sedap banget, tapi ada kan beberapa orang yang jijik bahkan sebelum ngerasain :D.

Saya sendiri suka sama cita rasa kuliner khas Manado ini. Rasa gurih ikan Roa-nya dan pedes sambelnya. bagi saya memang paling pas kalau dipadu sama manis legitnya pisang goreng. Tapi dimakan sama nasi putih anget dan lauk lainnya juga nggak kalah nikmat kok.

Duh, jadi laper deh eike :p.

12 comments:

  1. waduuhh ngliat postannya mbak e lsg ngecess ... dicampur sm nasi anget pasti enak bgt tuh.. aq jg suka pete mba, biasanya kak bikin nasi goreng atau tumis sm tahu tempe kecap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dimakan pake nasi anget + lauk juga enak. Hihihi....hidup pete! Aku doyan banget tuh. Buat campuran tumis kangkung atau tumis daun pepaya juga enak loh. Disambel juga enyak :D

      Delete
  2. Saya juga suka mba makanan manado.. hahaha
    Baca postnya mba sekar ttg sambel roa sore2 kelaperan di kost tuh rasanya.. =_=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masakan manado tuh rata2 pedes2 gitu yah. Kurang cocok dilidahku. Tapi sambel roa-nya aku sukak! Mangstab!

      Delete
  3. Justru pedesnya itu yang bikin nagih mba, ^^ hehehe.....
    Btw sering2 ya mba post ttg mknan2 gini, lumayan, perangsang nafsu makan nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha...oke. Lagi suka ngepost ttg makanan nih ;)

      Delete
  4. Wuaaah mupeeng..jadi penasaran sama rasa sambel roa ini, sering denger, tapi blom pernah nyobain. Uniknya koq dimakan pake pisang goreng ya? nyambungkah rasanya?
    Aku juga pecinta pete, tiap pulang ke rumah mbah di ambarawa pasti bawa oleh pete sekerdus nom nom nom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu juga suka mengernyitkan dahi kalau liat Sekar cerita makan pisan goreng pakek sambel. Tapi sekarang aku sendiri malah merasa nggak lengkap kalau makan pisang nggoreng dan gorengan lain tanpa cocolan sambel. Huahahaa... Nyambung-nyambung aja kok. Apalagi kalau sambelnya Roa.
      Nom nom, aku juga doyan peteeeee.

      Delete
  5. Huaaaa lagi diet liat post ginian jadi makin makin laper hiks hiks


    rimmaizzaty.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Suami gw orang minahasa mba, jadi ya kalo mau sambel roa ato cakalang, tinggal telpon mamah mertua minta dkirimin hahahaha *kibasrambut* ini asli enyaaak banget mba, terus aku udah belajar masak2 manado juga demi memuaskan kangennya suami ke masakan kampung halamannya, jadi udah bisa bikin cakalang dabu2 n kuah terang, terus mi cakalang gt deh hahahaha seneng kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamuh combong cekaleeee :D :D :D
      Hiks mau dong diajarin bikin bikin masakan manadooo.

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...