Thursday, July 3, 2014

Resep Mudah: Tongkol Lombok Ijo

Belum weekend nih. Sebenernya belum waktunya share resep. Tapi karena ses Sekar minta resep ini, maka saya posting.

(Gaes, saya terharu banget, gaes. Dimintain resep, gaeeesssss :')

Saya tuh suka banget ikan-ikanan dan juga suka bumbu terasi. Apalagi kalau ikan asin yang dimasak pakai bumbu terasi pedes. Beuh...maknyus deh! Bikin kalap makan. Kalau lagi nggak nafsu makan, biasanya saya masak beginian, jadi nafsu deh.

Tapi saya punya kendala, suami saya nggak begitu suka sama ikan-ikanan, apalagi ikan asin. Ya doyan sih, tetep makan, tapi nggak habis banyak. Dan kalau dibuat sarapan gitu, dia sama sekali nggak mau. Makanya saya berusaha mengolah, mix 'n match bebumbuan, gimana caranya biar suami saya suka. Sejauh ini, bumbu lombok ijo ala saya ini yang paling masuk selera.

Kalau orang masak tongkol lombok ijo, biasanya pakai serai dan daun jeruk, terus nggak pakai kecap. Tapi karena suami saya suka rasa manis dari kecap, akhirnya bumbunya saya modif. Saya nggak pakai serai dan nggak pakai daun jeruk, tapi pakai lengkuas dan daun salam, terus ditambah kecap dan gula jawa. Rasanya lebih sedep dan manis kalau menurut saya. Tapi buat yang nggak suka manis, lengkuasnya diganti aja pakai serai, dan nggak usah pakai kecap. Ngomong-ngomong nggak suka makanan manis, saya jadi inget Anne. Hihihi...

Pokoknya fleksibel aja deh. Kalau lagi nggak ada cabe ijo, pakai cabe merah juga nggak papa, enak juga kok. Cuma kalau saya memang lebih suka cabe ijo. Rasa dan aroma cabe ijo tuh khas, lebih seger dari pada cabe merah. Soal pedes, menurut saya baik cabe ijo ataupun merah sama-sama nggak pedes sih. Kalau mau pedes ya ditambahin cabe rawit atau sendal jepit :D.



Bumbu ini nggak cuma enak buat tongkol. Buat masak ikan cuwei keranjangan, ayam, atau bahkan telur dadar juga enak. Cuma menurut saya bumbu ini memang paling pas sama rasa ikan yang agak-agak asin gitu deh. Berhubung saya nggak begitu suka ikan cuwei keranjangan (karena amis banget dan banyak durinya), makanya fillet tongkol paling pas buat saya.


Saya pakai ikan tongkol fillet yang kaya gini nih. Biasanya dijual di tukang sayur atau di warung kecil yang jual sayur gitu. Kalau di Carefour, Hypermart, Giant dan sebangsanya mah nggak ada. Ikan yang kaya begini enak ngolahnya, karena udah nggak ada kepala dan durinya, terus rasanya agak sedikit asin, tapi nggak seasin ikan cuwei keranjangan. Pas lah!

Baiklah, berikut resepnya:


Bahan:
  • 3 bungkus fillet ikan tongkol
  • 4 buah cabai hijau gendut (iris menyerong tipis-tipis)
  • Air panas
  • Minyak goreng

Bumbu:
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 10 buah cabe hijau keriting
  • 5 buah cabai rawit hijau (opsional)
  • Terasi (kira-kira gedenya sepapan terasi merk ABC itu. Tapi kalau saya pakai terasi pasar yang lebih kuat sedepnya :D)
  • Lengkuas (keprek)
  • 2 lembar daun salam
  • 2-3 sdm kecap manis
  • garam
  • gula jawa (sisir halus)

Cara Memasak:
  • Panaskan minyak yang banyak, lalu goreng tongkol dengan api kecil sampai agak kecoklatan. Apinya jangan besar-besar, agar tongkolnya nggak keras. Sisihkan.
  • Masukan bawang putih, bawang merah, cabe ijo keriting, cabe rawit, dan terasi bakar kedalam blender bumbu (atau pake cobek juga boleh kalau nggak punya blender), tambahkan 1-2 sendok makan minyak bekas goreng tongkol tadi, lalu blender kasar.
  • Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus, lengkuas, dan daun salam sampai harum.
  • Tambahkan sedikiittt air panas, cabe ijo gendut, gula jawa, dan garam. Aduk-aduk terus sampai cabai halusnya layu dan baunya tambah enak.
  • Masukin tongkol goreng, aduk-aduk
  • Tambahkan kecap manis, aduk-aduk sampai tongkol terbalur rata dengan bumbunya, dan airnya menyusut.
  • Angkat dan sajikan!

Catatan:
  1. Kalau nggak suka manis/kecap; bumbu lengkuas, daun salam, dan kecapnya nggak usah dipakai. Ganti dengan serai dan daun jeruk. 
  2. Buat saya, fillet tongkol ini nggak amis. Tapi bagi yang masih keamisan, boleh aja tongkolnya dilumuri air peresan jeruk nipis dulu sebelum digoreng.
  3. Ini makanan enak, tapi saya akui bukan makanan sehat :p. Terlalu berminyak-minyak. Mungkin ada yang jijik pakai minyak bekas goreng tongkol untuk dicampur ke bumbu halus. Pakai minyak baru boleh kok. Dan boleh juga diganti pakai minyak yang lebih sehat, misalnya Rice Brand Oil.
  4. Seperti biasa, takaran bumbu di atas nggak saklek. Boleh diubah-ubah sesuai selera aja.

Tongkol lombok ijo ini bener-bener deh, obat buat nafsu makan saya. Yang mana berarti sebenernya pantangan buat diet saya. Kalau masak ini tuh bawaannya pengen makaaaannn terus. Rasa asin dan gurih ikannya, dipadu sama rasa khas terasi dan cabe ijo, terus ditambah manis kecap, enaaaakkkk banget banget banget! Apalagi kalau dimakan sama nasi putih panas-panas #habistigapiring.

Selamat mencoba ;)

16 comments:

  1. Aduh ses sekar bikin ngiler malem2 *______*
    kayaknya enakk banget ses hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin yuk, ses Silvi. Iya enak nih, apalagi kalau doyan terasi dan doyan pedes ^^

      Delete
  2. Yaa ampuun, ngelian fotonya aja udah sedep. Seru yaa ternyata tongkol di cabe ijoin, pengen buat aah utk sahur..btw knapa laos & salam identik dgn makanan manis? baru taau, selama ini sih cemplung2 aja,klo rasanya cocok syukur, klo gak cocok yaudah telen aja..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, ses Diniii. Cobain deh tongkolnya.
      Sebenernya nggak identik sih. Itu hasil coba-coba aja ses. Jadi kan resep aslinya pakai serai dan daun jeruk, yang rasanya asem asem seger gitu. Nah, serai ma daun jeruk itu kurang pas aja kalau digabung sama kecap (untuk masakan ini). Terus nyoba serai dan daun jeruk diilangin, diganti tomat, ditambah kecap, tetep kurang pas. Pokoknya coba coba coba, akhirnya nemu ini deh yang paling pas sama lidah aku. Hahaaha...

      Iya mah, aku juga eksprimen gini sering gagal juga. Nggak enak ya udah telen, lain kali bumbunya diganti gitu aja :D

      Delete
  3. ini makanan favoritku mba arum, jg sering masak ini sendiri di rumah, heehhe.walau temen2ku pada bilang itu makanan kucing tp tetep favorit buatku, daripada kebanyakan junkfood ^^

    -silence readermu nih sejak berbulanbulanmbulanbulanbulanagooooooooooo, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucingku mah nggak doyan ikan asin. Yang doyan malah akunya. Jadi mana yang kucing ya? :)))
      Salam kenal ;)

      Delete
  4. Kmr aku jg bkin mbak, tp pake ikan tongkol segar..
    Pagi2 kepasar dpt tongkol segar akhirE dimasak lombok ijo. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakek Tongkol segar pasti enak yak. Mauuuu...

      Delete
  5. ah, mba arum .... bikin tambah ngiler aja, dari kemaren2 nyidam tongkol, tapi
    nyari tongkol daging di tempatku susah, adanya tongkol pindang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake tongkol pindang juga sepertinya enak kok, seus. Pakai ikan cuwei juga enyakk.

      Delete
  6. Akkk udah dicatet tapi belum sempat bikin...
    Udah lama gag posting masakan sampai aku lupa resep makanan yang aku bikin kemarin-kemarin hi hi hi
    ;
    http://www.crochetandlipstick.com

    ReplyDelete
  7. Waaah mbak Arum aku biasanya tongkol begini aku masak sambal balado hehehe baru tau nih resep begini kayaknya asik juga yaa tongkol dimasak cabe ijo sama terasi :) yummmm

    Meylisa at http://pandapavillon.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enyaakk. Di balado juga enak. Tongkol diapa apain enak :D

      Delete
  8. It looks yummy ^^

    Mind to visit my newest post?
    http://missdjoen.blogspot.com/2014/07/wonderland-does-exist-alice-tea-room.html

    Love,
    missdjoen.blogspot.com

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...