Wednesday, April 16, 2014

Tutorial Bikin Alis & Review Produk Alis Andalan


Entah sejak kapan yah, dunia peralisan menjadi banyak diminati. Saya ngeh-nya sih karena banyak yang minta tutorial bikin alis ke saya dan banyak beauty blogger yang bikin post tutorial cara bikin alis. Mungkin sejak tante Anastasia BH ngeluarin Dipbrow Pomade ya?

Walau banyak yang minta, tapi selama ini saya cuekin aja. Soalnya menurut saya alis saya ya gitu-gitu doang sih. Udah banyak banget beauty blogger yang bikin tutorial cara bikin alis, yang menurut saya cara dan alat-nya canggih-canggih. Sementara saya alisnya simpel aja, dan caranya ya gitu-gitu doang. Jiper aja mau bikin tutorial. Ntar dikomen: "Ahelah...gitu doang, nenek gue sambil koprol juga bisa, Rum!"

Tapi karena kali ini momennya pas, pas banget saya dapet produk buat ngegambar alis favorit dari Miss Lie Collection, jadi marilah hari ini kita ngomongin alis. Tapi plis ya, sis, nenek-nya jangan disuruh koprol ah, kesian.

Pertama, tentunya kita ngomongin dulu bentuk alis ideal. Berhubung saya bukan MUA yang terbiasa dengan bentuk muka banyak orang, saya kurang paham bentuk-bentuk alis yang bagus buat muka situ-situnya. Yang saya tahu ya bentuk alis yang bagus buat muka saya, yang mana belum pas juga sih sebenernya *bentuk alisnya yang belum pas, bukan mukanya*. Pengen sih sekali-sekali minta dibentukin sama tukang alis gitu, pengen tau aja bentuk paling pas buat muka saya menurut ahlinya gimana.

Cara menggambar alis yang sedang saya suka saat ini adalah:
  • Tidak terlalu lurus ala alis-alis korean, tapi juga tidak terlalu menukik ala alis Krisdayanti
  • Sudut lengkungannya tidak tajam
    Karena bentuk muka saya yang kotak (rahang tegas), bentuk alis yang tidak bersudut akan melembutkan keseluruhan bentuk muka saya yang maskulin
  • Bagian pangkal wajib ditipisin, biar membentuk gradasi
    Saya paling nggak demen alis yang dari ujung ke ujung tebel semua. Se-perfect apapun bentuknya, bakalan kelihatan galak dan kayak alis tempelan. Ini di muka saya lho ya, bukan ngomongin alisnya orang lain. Makanya setelah nggambar alis, saya pasti selalu ngebaur bagian pangkalnya biar tipis dan bergradasi.
  • Rapih, dengan ujung yang runcing
    Kalau alis rapi, muka juga berasa rapi.
  • Berwarna taupe
    Katanya sih warna alis ideal itu ya kayak warna rambut kita. Warna rambut saya item sih, tapi kalau pakai alis item atau abu-abu, entah kenapa muka saya kelihatan kusem. Kalau pakai coklat yang kemerahan juga nggak cocok kayak banci, mungkin karena kontras banget sama rambut saya. Makanya saya pilih warna taupe atau coklat keabu-abuan.

  • Simpel, tidak perlu banyak produk
    Ini sih sayanya aja ya yang males. Kalau liat banyak tutorial, biasanya pada bikin alis pakek produk berbentuk gel/ cream, yang pakai kuas khusus terpisah, yang kuasnya harus dibersihin dulu biar gel-nya nggak menggumpal, yang kemudian di-set lagi dengan powder, yang kemudian di-set lagi dengan brow mascara, yang kemudian pinggir-pinggirnya dikasih concealer, yang kemudian ditinggal bobok suami karena dandannya kelamaan, kemudian kyaaaaa hakdezig...!@#$%^&*!!! Aduh, saya malas sekali, Kakakkk. Cuma mbikin alis aja rempong bener. Saya mah maunya satu produk aja udah kalau untuk harian.

Oh iya, biasanya saya suka ngegambar alis diarsir tipis-tipis aja biar natural. Tapi belakangan saya malah suka alis yang bold. Ini awalnya sih karena tantangan dari Popon MUA, saya ditantang sama dia bikin look pakai lipstik merah dan bold eyebrow ala ibu guru-ibu guru gitu katanya. Eh, saya suka. Keterusan deh.




Nah, itu tantangan dari Popon. Gimana, mau diajarin apa sama bu guru Arum?

~ Look tersebut belum pernah saya taruh di blog sih, cuma saya taruh di Instagram. Jadi ini sekalian pamer aja lah kan sayang udah dandan heboh begitu nggak di pamerin :D. Itulah kali pertama saya pake bold eyebrow. Masih berantakan, nggak rapih. ~

Seperti yang udah saya bilang tadi, mulai banyak orang yang menaruh perhatian lebih kepada bentuk alisnya. Nggak heran juga sih. Saya akui, bentuk alis itu memang krusial banget, pengaruh banget sama keseluruhan mimik muka. Ada kan orang yang keliatan judes, kelihatan kayak banci, atau atau malah kelihatan sedih terus? Itu biasanya terjadi karena kesalahan bentuk alis. Mengenai bentuk alis yang tepat untuk berbagai macam bentuk muka, googling aja ya, banyak kok, saya males nulisnya :D.


Saya sendiri adalah tipe orang yang nggak harus dandan setiap hari. Kalaupun harus keluar rumah tanpa dandan ya nggak masalah sih. Tapi kalau alis, sebisa mungkin harus beres sebelum keluar rumah. Nggak papa deh nggak pakai bedak, BB cream, lipstik, eyeliner, ataupun nggak nyium suami sebelum keluar rumah, yang penting pakai alis. Kaya foto di atas tuh, udah dandan kaya gimana pun ya tetep aja kelihatan pucet karena nggak ada alisnya ^^. Kelihatan nggak seimbang gitu, muka didandanin tapi alisnya nggak ada.


Produk alis andalan saya biasanya berbentuk pensil. Tapi kelemahannya pensil tuh nggak awet. Kalau nggak sengaja ke usep suka ilang. Kalau acaranya cuma satu dua jam sih oke lah, tapi kalau seharian agak bikin was-was kalau nggak touch up alis. Solusinya sih saya set pakai brow mascara. Padahal saya kurang demen pakai banyak produk begitu, maunya satu aja biar praktis.

 

Tapi akhirnya saya sekarang udah nemu produk untuk alis yang pas, yaitu Tony Moly 7 Days Tatoo Eyebrow, yang saya dapet dari Miss Lie Collection. Produk ini langsung jadi andalan saya. Beneran deh, kalau abis saya bakalan repurchase nih!

Produk ini berbentuk kayak spidol gitu. Awalnya saya takut-takut sih mau nyobain, takut terlalu kereng, takut hasilnya nggak natural, belum lagi karena ini klaimnya tahan 7 hari, saya takut salah pas pake pertama dan selama 7 hari saya bawa-bawa alis kridayanti di kanan dan alis Cherrybelle di kiri.


Ternyata yang saya takutkan tidak terjadi, teman-teman! Spidol alisnya Tony Moly ini warnanya coklat natural banget, warnanya taupe atau coklat keabu-abuan dan nggak norak sama sekali. Nggak ketipisan, nggak ketebelan. Pas kayak yang saya mau. Dan nggak perlu takut dong kalau 7 hari bawa alis menceng sebelah. Karena ternyata produknya nggak sehoror itu. Jadi selama nih produk belum kering dan nge-stain, ya masih bisa dikoreksi.


Apalagi bentuknya yang spidol dengan ujung runcing dan lunak mempermudah acara bikin alisnya. Karena runcing, tentu gampang banget kalau mau bentuk alis dengan sudut dan kerapihan yang tepat. Sementara tinta spidolnya juga bikin gampang ngarsir alis. Nggak perlu takut ketebelan atau ketipisan, karena warnanya akan nge-stain gitu. Rrrr...susah ya jelasin pakai kata-kata. Intinya pakai ini gampang banget deh. Pas untuk pemula.

Sekarang kita masuk ke tutorial deh. Cara saya ngebentuk alis pakai Tony Moly 7 Days Eyebrow Tatoo ini.


Mulai dengan alis gundul kita yah. Saya beruntung punya bentuk alis yang sudah rapi dari sononya. Nggak perlu dibentuk lagi, cukup dirapihin pinggir-pinggirnya. Jadi saya sih nggak butuh concealer untuk mempertegas atau merapikan bentuk alis. Karena ya alis saya dari sononya sudah rapi. Cukup disikat aja bebuluannya. Bagian pangkal disikat ke arah atas, sisanya sampai ke ujung disikat menyamping ke arah luar. Untuk sikat, kamu bisa pakek bekas sikat mascara yang udah bersih, atau bisa juga beli sikat alis khusus.


Lalu buatlah outline alis kita. Ini penting sih buat saya, buat menentukan alisnya mau dibentuk kek gimana, dan juga biar lebih rapi arsirannya nanti. Kalau garisnya salah atau menceng, bisa dikoreksi pada tahap ini. Kalau pakai Tony Moly 7 Days Tatoo Eyebrow, tahapan ini gampang kok. Soalnya ujungnya runcing dan bentuknya tuh enak banget buat ngebentuk alis.


Isi bagian dalam garisnya. Tinggal diarsir aja sih, jangan keluar garis. Pada tahap ini sih dijamin jarang salah ya. Soalnya waktu TK kan udah diajarin mewarnai yang nggak nabrak garis. Terus yang terpenting, tipisin bagian pangkalnya. Caranya kalau saya, cukup dibaur aja pakai ujung jari di bagian pangkalnya, ke arah dalam.

Kalau kamu butuh yang awet sampai 2 atau 3 hari, setelah selesai bentuk alis, tunggu sampai kering (atau tunggu sejam dua jam gitu deh). Setelah itu tebelin lagi. Paling bagus sih dibawa tidur, karena setelah 6 jam, warnanya akan nge-stain sempurna, baru timpa lagi.


Selesai! Muka saya jadi kelihatan lebih rapi kalau udah pakai alis.

Nah, gampang kan? Susahnya kalau untuk yang belum pernah bikin alis, mungkin adalah bagian menentukan bentuk alis yang tepat untuk wajah kamu. Mmm...cara paling gampang sih ke Browhaus aja deh ya, minta dicukurin sama ahlinya :D

Atau kalau kamu nggak boleh nyukur alis karena alesan apapun (dilarang agama, nggak boleh sama pacar, nggak boleh sama dukunnya, takut bisa liat tuyul, dll), bisa juga sih kamu bentuk alis sesuai yang kamu mau pakai cara saya tadi, terus bagian rambut yang diluar bingkai yang nggak rapih bisa ditutup pakai concealer.


Balik lagi ke produk Tony Moly 7 Days Tatoo Eyebrow. Karena namanya ada embel-embel "7 Days" dan "Tatoo"-nya, pasti dong pada punya ekspektasi tinggi soal daya tahannya. Di alis saya sih, nggak betah kalau sampai 7 hari. Tapi lumayan lah bisa tahan 3-4 hari.

Tapi ya tetep bikin saya jatuh cinta. Saya kalau weekend suka nginep atau pergi-pergi kemanaa 2 harian. Nah, kalau traveling kan males ya bawa make up banyak-banyak. Sejak punya Tony Moly 7 Days Eyebrow Tatoo, saya nggak perlu bawa-bawa pensil alis lagi kalau pas traveling. Tinggal pakai aja pas mau berangkat, udah deh, tahan sampai pulangnya besok! Memperingkes bawaan kan? Apalagi saya nih hobi ngilangin makeup-makeup kecil begini kalau pas traveling. Entah deh berapa pensil alis dan lipstik saya yang ilang pas traveling.

atas: hari 1  ||  tengah: hari 2  ||  bawah: hari 3

Seperti yang bisa dilihat pada gambar diatas, makin hari warnanya makin memudar. Karena saya lagi suka bold eyebrow, jadi saya cuma betah sampai hari ketiga aja, hari keempat saya tebelin lagi. Tapi kalau kamu suka alis yang natural, kayaknya oke-oke aja sih nggak perlu ditebelin lagi.

penampakan alis pada hari kedua

Walaupun kalau saya pakai nggak sampai 7 hari, tapi buat saya produk ini tetep amazing lah. Saya yang biasanya pakai eyebrow pencil yang mana nggak awet dan selalu ketar-ketir kalau keringetan alisnya buntung, kalau pakai ini bisa lega karena awet. Udah gitu bikin make up-an makin ringkes, karena cukup satu produk ini, nggak perlu brow mascara lagi.

Dan lagi Tony Moly 7 Days Eyebrow Tatoo ini makainya gampang banget, cepet. Nggak bakal ketebelan atau ketipisan kaya kalau pakai eyebrow pencil. Warnanya juga natural dan pas banget dengan yang saya mau. Kalau kamu lagi belajar bikin alis, produk ini pas banget buat kamu karena gampang dipakainya.


Berikut ringkasan review Tony Moly 7 Days Eyebrow Tatoo:
+ Bentuknya langsing kaya pensil, enak dipegang dan dipakai
+ Ujung kuasnya lunak, jadi nggak sakit kalau digoresin ke alis
+ Ujung kuasnya runcing, jadi gampang ngebentuk alis
+ Tintanya lancar keluar dan enak dipakai, nggak ada acara alis ketebelan atau ketipisan
+ AWET! Nggak bingung touch up alis lagi
+ Warna yang 02 Dark Brown, natural dan pas banget sama selera saya
+ Gampang banget dipakai, cocok untuk pemula
+ Praktis, cocok buat yang suka traveling
- Nggak sesuai klaimnya yang tahan 7 hari. Makin hari warnanya makin pudar, dan pada hari keempat menurut saya udah harus di-reaply

Bye-bye deh bikin alis ribet, lama, dan gampang buntung :D


Tony Moly 7 Days Eyebrow Tatoo bisa dibeli di http://www.misslie-collection.com/products/58-tony-moly-7-days-long-last-tattoo-eyebrow-pen.html. Gunakan kode Racun01 untuk free ongkir. Cara memakai kode bisa dilihat di post ini.

Harga: Rp 125 000 / 0,8 ml

42 comments:

  1. aaa rapii bangett! pengen bisa.
    aku kalau bikin alis selalu beda sebelah haha :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun kanan kiri masih suka beda kok. Masih belajar jugaa. Hahaha :D

      Delete
  2. Hahaha, keburu ditinggal suami? Bikin ngakak bacanya haha.
    Aku juga kanan kiri kadang masih suka gak sama. Bahkannnn, setiap hari alisnya beda-beda terus wkwkwkw. Belum konsisten nih tangannya buat alis.
    Beauty guru kayak Michelle Phan aja buat alis masih suka gak sama kiri sama kanan. Alis bukan kembar tapi saudaraan katanya wkwkwk. Jadi lebih pede gegara Beauty guru ngomong begitu wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alismu apik, jeng. Sering liat di blog :D
      Betul, michelle phan aja alisnya jonjing, apalagi aku. Apalah aku ini. Bajahahahaha...

      Delete
  3. rapiiiiih bangeeettt mba, aku kalau bikin alis warna pinsil nya suka gak nyatu sama warna alisnya, soalnya alis asli aku warnanya item tipis banget, kalau pake pinsil alis coklat kepanasan gitu suka belang item coklat jadinya gak nyatu. mau pake warna item jatohnya kaya shincan. huhuhuuuu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau pakai pinsil juga suka tebel ripis sesss. Ini karena produknya mmg bagus dan gampang ajaaa. Cobain deh pakai Tonmol, pasti rapih kok.
      Nyoba warna abu2 aja kalau gitu ses. Maybelline automatik atau sariayu yg automatic itu itemnya condong ke abu2

      Delete
  4. Rum, itu kalo kena sabun pas cuci muka nggak ilang yah? wah keren juga. kalo aku biasanya pake taupe tapi yg dari nyx trus disikat2, sama aku juga lagi suka bold eyebrow. malah kesannya lebih muda ketimbang alis tipis.

    - Rahma -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ilang tapi agak pudar, gosoknya jangan terlalu napsu. Aku juga biasanya pakai pinsil face shop aja terus disikat2 :))

      Delete
  5. Yaolo kece amat itu bisa tahan 2 hariii... ngirit waktu buat dendong di hari ke 2! hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mayan lah walau agak menipis ^^

      Delete
  6. pppffffft jadi pengeeeeen kan :(

    btw ibu gurunyaaa bawa pecut :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliiiiii

      Iya bra bawa pecut. Sama borgol bulu bulu.

      Delete
  7. Cakep! Jadi pengen hiihihihi. Aku tiap bikin alis selalu rapihan yg kiri daripada yg kanan jadi bete! huahahahhaha

    Sweetlikeapeach.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah kebalikanmu. Rapihan yang kanan. Hahahhahaa...

      Delete
  8. mbak,,beneran dehh,,cakep emang pake boldbrow... berati banyak ya yang belom presisi bikin kanan kiri,,tak pikir aq tok,,hihihihihihiiii.. :D

    ReplyDelete
  9. mbak ayuuummm udah tak tweet hasil karya tutorialmu... kayake aku sek nggak pinter bikin, tebel ik... tapi tadi udah tak gosok pake tangan... keceee... maacih bu gulu aluumm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pinter gimanaaaa? Bagus kokkk. Rapih :D

      Delete
  10. Keren... :)
    Kalo gurunya kece kayak gini yang ada aku salah fokus liatin alis sama lipsticknya nih hahhaa :D
    nice posting ses Arum ^^

    ReplyDelete
  11. wowww rapi baguss jadinya kak, tapi kalau sama pensil alis viva gmn bagusan manaaa O.O

    XOXO
    leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak demen Viva, Vi. & saat ini lebih suka spidol daripada pinsil :D

      Delete
  12. Kereeen,racun bgt,kyknya harus batalin beli tomatox,beli ini aja XD
    Tp alisku ini sebenernya udh rapi sih,cuman rambut alisnya tebel bgt,sampe kalo abis cuci muka,kalo alisnya ga diperas(?) Bakalan banyak airnya di rambut alis,macem abis keramas gitulah. Ga yakin bakalan bisa rapih kaya gitu :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tomatox apaan yak? ^^
      Kalau bulunya lebat, bagusnya pakek yang bentuk gel/krim gitu kaya dipbrow pomade. Terus diset pakai powder.

      Delete
  13. salam kenal mbak arum...saya suka sekali dengan blognya mbak arum... bahasa nya bikin ketawa ketiwi.... sukses buat mbak arum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, mbak Indah. Makasih ya :)

      Delete
  14. aku sering baca-baca blognya Mbak Sekar,, Informatif n ngebantu sekalee...
    Iam a new member,, join ya mbak ke blogku
    kittycheerfuul.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Salam kenal mbak Arum..Mbak Arum lucu..gak pernah gak ketawa baca postinganmu :D

    Mind visit my blog ?
    lialiciouzz.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, mb Lia. MAke up nya bagus ih :3

      Delete
    2. Aaah..makasih mbak Arum, dibilang bagus sama yang jauh jauh lebih bagus :)

      Delete
  16. thank you for sharing the tutorial! aku belom pernah cobain eyebrow kit yg taupe. pengen beli jadinya :D selama ini selalu pake warna cokelat soalnya hehe..

    xx,
    felishmichelle.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk iklan, promosi, atau apapun tentang jualanmu mohon hubungi email saya, ya mbak. Jangan spaming. Apalagi di post yg disponsori oleh olshop lain.

      Delete
  18. mba...kamu emang racun..hihi, meracuni saya jadi pingin beli ini juga.....

    ReplyDelete
  19. belinya dmn mbk? :3 pengennnnnn...

    ReplyDelete
  20. mbaaak masih pake ini gak? thankyou hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sesekalii. Tapi kalau buat harian lebih suka pensil. Lebih irit juga :D

      Delete
  21. Mbak cantik amat siih aku suka sama review mbak. Beruntungnyaaa alisnya ud rapih dari sananya, saya susaaaah banget gmbar alis, soalnya alis sblh kanan melebar ke bawah gt jadi ga jelas deh mau mulai bingkai dari mana. Aku juga ngga boleh cukur/cabut alis sama mama, katanya kalo blm mnikah ngga boleh kaya gituuu.. Sediiihh diledekin alis botak truus :( ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaciii :3
      Alis latihan aja digambar sesui bentuk yang dimau. Nanti kelebihan rambut alis di luar garus, ditutup pakai concealer ;)

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...