Thursday, November 8, 2012

Cuci-cuci Brush

Saya jarang post blog ya akhir-akhir ini? Maklum ya, ini mas Pacar yang ganteng sedang sakit :'(. Enggak parah sih, cuma kecapekan aja. Cumakan saya harus menampilkan citra sebagai pacar yang perhatian dan penyayang. Jadinya ya saya nunggin di rumah sakit. Lumayan kalau pas mas Pacar nggak mau makan, jatahnya saya yang makan. Bhihihik... Nanti kalau mas Pacar sudah sembuh, saya balik lagi ke aktifitas normal.

Mumpung mas Pacar lagi bobok siang, saya pengen berbagi mengenai bagaimana saya membersihkan brush. Untuk contoh, saya mencuci: Flat top, duo fibre, dan foundation brush kali ini. Ketiganya biasa saya pakai untuk mengaplikasikan foundation atawa bebeh krim. Tapi, cara mencuci brush ini, bisa juga digunakan untuk mencuci brush-brush makeup jenis yang lain.

~ Tapi khusus makeup brush lho ya. Kalau brush untuk semir sepatu enggak perlu lah dibersihkan dengan cara demikian ~

Mencuci brush itu penting banget, sepenting mencuci muka. Pernah kan ngalamin muka kita breakout jerawatan atau bruntusan? Jangan buru-buru nyalahin hormon atau skincare yang dipakai. Alat-alat makeup yang kotor bisa jadi merupakan salah satu penyebab masalah kulit kita. Oleh sebab itu kita perlu menyimpan makeup dan tools makeup yang kita pakai dengan baik dan juga harus rajin membersihkannya.

Khususnya untuk brush atau sponge yang kita gunakan untuk aply foundation atau BB cream, harus sering-sering dibersihkan. Karena tekstur foundie yang becwek-becwek itu, bikin brush dan sponge kita lembab dan rawan jadi sarang kuman. Ih..yeuk..

Nah, kita siapkan dulu peralatan bersih-bersihnya. Saya memakai:





  1. EVOO atau Minyak Zaitun Extra Virgin
    Boleh juga diganti dengan minyak lain, misalnya: Pure Olive Oil, minyak zaitun jenis lain, ataupun Baby oil.
  2. Biore Makeup Remover 2 in 1 Cleansing Wash
    Boleh juga diganti dengan facial wash lain atau dengan shampo bayi. Tapi untuk urusan bersih-bersih brush, saya paling suka biore ini.
Sebenernya, bisa aja sih kita beli cairan pembersih brush yang sudah jadi. Tapi saya malas, karena harus beli online. Lagi pula, saya lebih suka memanfaatkan apa yang ada ketimbang harus beli baru. Kebetulan saya selalu sedia EVOO di dapur, dan selalu sedia Sabun Muka dikamar mandi. Ya sudah, memanfaatkan yang ada saja.

Langkah-langkahnya:

Campurkan EVOO dengan Biore Cleansing Wash di suatu wadah. Seperti ini jadinya:

 

Campuran EVOO dengan cleansing wash ini bisa juga diganti dengan Makeup Remover. Tapi sayang nggak sih? Makeup Remover kan mahal, Maaakkk.

Celupkan kuas-kuas kotor ke dalam larutan EVOO yang sudah kita buat:


Kenapa saya memakai campuran EVOO? Karena sama seperti muka kita. Setelah dandan dan ditemplokin alat makeup seharian, nggak mungkin kan kita cuma cuci muka dengan sabun muka? Pasti harus rempong pakai cleanser ini dan remover itu baru pakai sabun anu. Begitu juga dengan brush. Apalagi kalau jenis makeup yang kita pakai ada embel-embelnya waterproof. Nah, sama seperti muka, nggak mungkin kan brush kita bisa bersih hanya dengan air dan sabun? Ya, nggak?

Buka-buka sela-sela kuasnya dengan jari. Biar larutannya rata ke seluruh bagian kuas. Diamkan sebentar, kira-kira lima menit. Sambil nunggu bisa baca-baca blog Racun Warna-Warni. Hikhik...

Setelah itu, bilas kuas dengan air mengalir. Taruh aja di bawah keran. Hasilnya bersih lho. Nih lihat, perbandingan brush sebelum dicuci pakai larutan EVOO dengan sesudah dicuci. Kelihatan kan warnanya beda:

 

Setelah itu, belum selesai. Masih harus cuci brush kita dengan air sabun. Saya memakai Biore Cleansing Wash sedikitt, yang saya larutkan dengan air.

 

Gunanya sama seperti kenapa kita masih harus cuci muka setelah memakai Cleansing Milk dan Remover, yaitu untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang masih menempel.

Aduk-aduk kuas di dalam wadah berisi Biore Cleansing Wash yang dilarutkan tersebut


Lihat tuh, air sabunnya nggak berubah jadi keruh, kan? Padahal kalau nggak pakai EVOO, harus empat kali celup dan aduk ke air sabun sampai air sabunnya bisa nggak keruh lagi. Lumayan ngirit sabunnya juga, kan?

Setelah itu bilas dibawah keran lagi, untuk membersihkan sabun yang menempel di brush.

Setelah selesai brushnya dikeringkan. Caranya, lap-lap ringan searah tumbuhnya bulu (tumbuh?) dengan menggunakan handuk lembut.

 

Ngelapnya ringan aja ya. Yang lembut dan penuh perasaan. Kalau kasar-kasar, nanti bulunya frizy dan rontok. Sayang, kan?

Nah, selesai. Jemur deh. Saat menjemur, naruhnya jangan berdempetan ya. Nanti bentuk bulunya bisa berubah atau seringnya sih gepeng sebelah.

 

Kalau brush sudah bersih dan wangi, acara dandan jadi makin aman dan asik, kan? Nggak was-was muka jerawatan karena kuman-kuman yang di brush hijrah ke muka.

Jadi, jangan malas bersih-bersih brush ya...



UPDATE:

Kata ses Ephong, kalau njemur brush, bulunya jangan ke atas, karena airnya akan mengalir ke pangkal bulu dan kemudian merusak lem-lemnya. Jadi... marilah kita membalik jemuran brush!

Dan berhubung banyak yang tanya, saya akan menambah info mengenai tools diatas:
  • Flat Top: Massami Shouko 319 Flat Top Brush
  • Duo Fibre: Sigma F 50
  • Foundation brush: No Brand
  • Gelas: Dapet di kawinan orang

25 comments:

  1. mbak aruuum itu brush yang flat top nya merk apa??
    mirip sama sigma F80 euy.. hehe #salahfokus
    ripiu doong

    ReplyDelete
    Replies
    1. masami shouko flat top abis nitip di aku kapan hari tuh hehehe

      Delete
    2. Yang flat top itu massami, nitip sama Sekar. Nggak mirip ah sama sigma :D. Lebih kecil, berat, bentuknya juga beda nggak memekar gitu kaya sigma.

      Delete
  2. Ah, pertanyaannya sama ama dilla! ripiu dong ripiuuu.. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akk...bingung aku review brush, Van. Ntar deh kalau udah ada ide gimana caranya ngereview brush :D

      Delete
  3. kalo aku pake shampo bayi ngebersihinnya...hihihi..tapi yg ini boleh juga dicoba.. besok minta EVOO sama biore nya ya dear..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakek sampo bayi juga bisa, dear. Di campur EVOO.

      Sini siniii dear, ke rumah mas Pacar. Cuci2 brush disiniiii....

      Delete
  4. ses, pernah baca (kayanya di FD), kalo naroh brush habis dicuci gaboleh hadep ke atas.. nanti sisa2 airnya malah "turun" ke bawah ngerusak lemnya.. :s
    entah bener pa ga, tp kayanya logis juga.. makanya aku narohnya hadep ke bawah aja (kepala brushnya di bawah, biasanya aku senderin di dinding dialasin handuk, biar sisa2 airnya (kalo masih ada) netes n keserep sama handuknya.. hth :D.. #sokpinter

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, iya juga ya nyah,, Baiklah, aku padamu, nyah.. Nanti tipsmu aku taruk di postingan kalau sinyalnya udah bener.

      Delete
  5. make up remover pixy murah sis, cuma 9000 ato 10000 klo ga salah..lebih murah dr baby oil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga ada itu. Tapi masih sayang juga sih dipake untuk bersihin brush. Walau cuma 9000 tapi kalau dipakai bersihin brush kan paling 3 kali langsung habis.

      Delete
  6. kok aku ndak pernah kepikiran cuci brush ya?
    dipake smpe butek trus ganti deh beli yang baru..
    trnyata selama ini aku menapaki jalan yg sesat (-_-")
    untung mbak arum posting ginian, jadi dapat pencerahan deh untuk melangkah di jalan yg benar *ini komen ttg beauty apa religi sih sbnrnya?* hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaakkk...jangan2 kalau beli brus sigma gitu juga kalau udah butek dibuang trus beli baru? *bangkrut mendadak*
      Hyahahaha...kuas boleh dan harus di cuci kok. Ciyus deh. ^^

      Delete
  7. paling bersih setelah dicuci itu kyknya yang gelas kawinan orang deh..samaa nih mbak,gelas saya dr kawinan orang smua,curhat.hahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngahahaha..iya yang gelas kawinan bersih banget deh :D.
      Hooh, berhubung belum kawin, masih belum ngerti pentingnya beli gelas dan perabot makan lainnya. Maksud akuh, kalau ada yang gratisan dari kawinan orang, kenapah kita musti beliii??? *sesat*

      Delete
  8. makeup brush ku jadi minyakan... >.<
    bersih sih, wangi juga, pake shampo bayi soalnya. tapi kayanya shampo nya kurang banyak ya. Brush foundie saya jadi berminyakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...iya, mungkin campurannya perbandingan jumlah sampo dengan oil-nya perlu diperbanyak. Terus kalau masih berminyak, coba rendam brush dengan air yang dicampur sabun pencuci piring anti minyak deh ^^

      Delete
  9. kakak cantik, aku slama ini nyuci nya kan pake minyak zaitun, trus gak aku pakein cleansing, tapi pake sampo tetep banyak minyaknya sampe aku harus berkali2 bilas,, yang ada bulunya rusak smua... gimana donk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyaknya jangan banyak2, dear. Dikiiit aja :)

      Delete
  10. Abis di cuci kenapa baunya jadi aneh ya...=.=!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bau apa?
      Coba dicuci lagi pakai sabun. Mungkin cucinya kurang tuntas. & olive oilnya jangan banyak2 :)

      Delete
  11. ses, biore'nya beli dimana tuh?
    selama ini berkeliaran di toko-toko kok nggak pernah nemu yak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sekarang juga udah jarang nemu,ses. Dulu sih belinya di carefour ^^

      Delete
  12. Ya ampun, kemaren habis deep clean pakai minyak zaitun. Dulu cuma punya brush kecil jadi gak kepikiran ada masalah. Tapi terakhir itu brush bedak sama contour jadi minyakan dan gak hilang-hilang. Sempet panik sih, tapi setelah aku pikir lagi, minyak bisa diserap face paper, bedak, atau diurai pakai sabun piring. Kemaren aku cuci ulang pakai face wash, bersihin pake face paper, terus aku templokin bedak. Sekarang kayanya udah kembali seperti semula (untungnya).

    Tapi berarti sebenernya bisa ya pakai minyak zaitun, tapi harus dicampur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...iya dicampur.
      Tapi aku sekarang udah nggak pakai cara ini. Aku sekarang pakai sampo atau sabun doang karena malas :D

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...