Thursday, June 28, 2012

Beauty on budget



Post kali ini terinspirasi dari challenge "beauty on budget" yang di lontarkan oleh Sarah Azhezha di IBB facebook group. Tapi saya sepertinya nggak memenuhi syarat untuk ikutan tantangan itu deh, soalnya produk-produk yang akan saya post-kan, nggak saya beli saat ini, tapi sudah saya punya jauh sebelum challenge ini dilontarkan. Saya pikir akan mubazir sekali kalau saya membeli lagi produk yang sama untuk ikutan challenge ini. Jadi ya sudah, post kali ini hanya dimaksudkan untuk memberi inspirasi bagi siapapun yang kepingin mendapatkan produk makeup berkualitas dengan budget yang sangat rendah.

Dan judul dari post ini, terinspirasi dari blognya Mada, White Lotus: Beauty on Budget :).

post semacam ini sudah pernah di buat oleh Rani Pinkyrose disini. Jadi si Rani ini beauty blogger pelopor "beauty on budget" donk ya. Hehehe...

Awalnya, Sarah Azhezha menawarkan "under 50k for all your face". Tapi di protes banyak blogger, dengan alasan nanti produknya jelek dan nggak worth. Belum tau aja mereka :)))). Bahkan ada yg mengusulkan untuk bikin 150 atau 200k. Jadi sampai sekarang masih belum ada kepastian, tantangannya mau dibikin seberapa besar.

Tapi seperti yang saya bilang tadi, kayaknya post ini nggak pantes deh kalau dibilang jawaban dari tantangan Sarah Azhezha, soalnya saya nggak membeli produk-produk ini sesaat sebelum posting, dan saya nggak memberi batasan harus habis berapa. Jadi lebih tepatnya, post ini hanya untuk memberi inspirasi bagi yang mencari makeup berkualitas dengan budget rendah.

  1. Foundation: Inez Satin Liquid Foundation
    Harga: Rp 30 000

    Tips: Untuk foundation, kalau boleh bilang sih mendingan cari yang bagus, karena foundation adalah dasar makeup kita. Kalau ada budgetnya, akan bagus kalau kita mencari foundation yang benar-benar sesuai untuk kulit kita. Kalau dasar makeup kita sudah bagus, warna-warni yang akan kita torehkan selanjutnya pun bakalan kelihatan lebih cantik. Jadi untuk produk dekoratif seperti eyeshadow dan blush on, malah nggak perlu yang mahal-mahal.

    Tapi saya juga punya foundation andalan dengan harga terjangkau, Yaitu Inez Satin Foundie. Harganya murah, tapi hasilnya bisa di samakan deh dengan foundie yang harganya 5 kali lipatnya. Finishnya glowy dan halus banget. Coveragenya medium bisa di build jadi full. Tapi sayangnya staying powernya jelek banget. Tapi nggak masalah juga sih asal kita selalu sedia kertas minyak di tas, tinggal di blot, cakep lagi deh.

    Saya sedang nggak punya foundation ini. Saya nggak repurchase bukan karena saya nggak suka, tapi karena tergoda oleh foundation lain. Dan saya nggak mau menyimpan terlalu banyak foundation di makeup case.

    Tips
    : Jangan pernah menyimpan alias "nyetok" foundation (kecuali kamu MUA)  karena tekstur foundation yang lembab, membuatnya gampang di tumbuhi bakteri.
  2. Loose Powder: Marck's
    Harga: Rp 9000


    Marck's Loose Powder ini andalan saya banget deh untuk anti shine atau oil control powder. Coveragenya emang nggak ada, tapi menurut saya, cover itu tugasnya foundation dan concealer. Loose Powder tugasnya cuma untuk menge-set Foundie biar lebih awet dan nggak geser. Karena Marck's udah oke banget oil controlnya, makanya saya nggak pernah tergoda sama segala anti shine powder yang harganya mahal. Cukup pakai marck's

    Tips: Kenakan Loose Powder tipis-tipis (aply dengan kuas), setelah menggunakan foundation. Nggak perlu tebel-tebel karena tujuannya cuma untuk "mengunci" foundie agar nggak bergeser. Tebel-tebel pun percuma karena yang akan bertahan lama cuma lapisan pertama yang menempel langsung pada foundie.
  3. Two Way Cake: Pixy UV Whitening TWC
    Harga: Rp 16 000


    untuk TWC bagus dengan harga terjangkau, saya memilih pixy. Saya paling suka dengan TWC pixy dibandingkan dengan TWC lain yang sekelasnya (Inez, Sariayu, caring, mirabella, fanbo), karena hasilnya yang tampak menyatu dengan kulit wajah dan nggak cakey. Wanginya juga sangat enak. Kekurangannya cuma satu, yaitu staying powernya kurang. Saya biasanya menggunakan seri yang ultimate, karena lebih awet dan coveragenya lebih bagus.

    Saya memang sengaja membeli reffil saja, karena saya nggak suka case bedak yang panjang dan memakan banyak tempat.

    Tips: Saya dapat tips ini dari Puput. Setelah memakai Foundie dan l/p tipis-tipis, pakai TWC tipis-tipis. Gunanya agar dasar riasan menjadi lebih awet.
  4. Blush-on: Viva Blush-on Duo
    Harga: Rp 12 600



    Untuk blush murah, saya suka Viva blush on duo. Saya punya yang nomor 4 orange-coklat, dan kebetulan saya suka sekali warnanya. Blush viva ini sekarang menjadi salah satu blush favorit saya, berjajar dengan blush-blush yang harganya bahkan 30 kali lipat diatasnya.

    Tips: Beberapa orang mengeluh kalau blush viva ini warnanya nggak keluar. Tapi entah kenapa, punya saya warnanya keluar. Tips dari Viya: coba kerik lapisan atas dari pan blush. Setelah di kerik, lapisan bawahnya yang teksturnya lebih creamy akan muncul dan siap digunakan, warnanya akan lebih pigmented daripada sebelum blush di kerik.

    Saya juga punya blush Red-A warna pink hasil jarahan dari ses Tintaz. Kalau beli, harganya Rp 14 000. Tapi saya lebih suka Viva kalau dari segi packagingnya.
  5. Eyeshadow: Red-A Eyeshadow
    Harga: Rp 15 000


    Saya juga pernah mencoba Eyeshadow Viva, tapi saya lebih suka eyeshadow Red-A. Eyeshadow Red-A ini murah tapi teksturnya bagus. Pigmented dan mudah dibaurkan.

    Tips: Kalau mau membeli satu eyeshadow saja, beli warna gradasi coklat. Karena selain netral dan bisa dipadu-padankan dengan outfit apapun, eyeshadow warna coklat tua matte juga bisa digunakan untuk mengisi alis dan juga untuk shading.

    Mirabella Eyeshadow Kit
    Harga: Rp 40 000



    Tapi kalau kepingin membeli beberapa warna sekaligus dengan harga terjangkau, saya merekomendasikan palette Mirabella Eyeshadow Kit, yang harganya Rp 40 000, untuk 16 warna. Cukup terjangkau, kan? Jenganten Lady memakai eyeshadow ini untuk pertunjukan Tari Bali-nya. Katanya eyeshadow ini cukup bagus untuk makeup panggung. Pigmented dan awet.

    Tips: Gunakan foundation tipis-tipis di kelopak mata sebelum memakai eyeshadow. Gunanya agar eyeshadow warnanya lebih keluar dan lebih tahan lama.
  6. Lipstick: Fanbo Lipstick & Pixy Silky Fit lipstick
    Harga: Fanbo Rp 12 000 & pixy Rp 16 000



    Saya paling nggak bisa sembarangan dalam memilih lipstick, karena bibir saya sangat kering. Tapi syukurlah, saya menemukan lipstick super murah yang nggak membuat bibir saya kering. Favorit saya adalah Fanbo lipstick No 13. Warnanya nude pink, pigmented dan nggak bikin bibir kering. Favorit saya yang kedua adalah Pixy Silky Fit lipstick warna Brown Sugar. Sayangnya untuk Pixy, pigmentasi masing-masing warna lipsticknya nggak konsisten. Kebetulan warna brown sugar yang saya suka pigmented. Tapi saya beberapa kali memilih warna lain dan ternyata nggak pigmented.
  7. Eyeliner: My Darling
    Harga: Rp 15 000



    Tadinya saya takut memakai eyeliner ini, soalnya nggak meyakinkan. Di jualnya aja di toko pernak-pernik dan kosmetik "mainan" semacam strawberry. Tapi beberapa blogger meyakinkan saya kalau ini aman, buatan indonesia, dan ada nomor BPOM-nya.


    Saya suka banget eyeliner ini karena hasilnya hitam dan matte, tahan lama, tapi membersihkannya gampang. Selain itu kuasnya juga kecil dan tipis, jadi memudahkan kita untuk membuat garis yang tipis dan rapih. Cocok deh untuk pemula kaya saya :).

    Saya nggak berani merekomendasikan eyeliner pencil, karenaeyeliner pencil yang harganya dibawah 50rb, biasanya sih smudge. Saya pernah mereview tentang viva dan lyra eyeliner pencil. Di lid saya viva dan lyra oke-oke saja, nggak smudge. Tapi ternyata banyak yang protes. Banyak yang bermata panda setelah mengenakan eyeliner pencil viva dan Lyra.
  8. Eyebrow Pencil: Skiva, Fanbo, Viva
    Harga: Rp 10 000, Rp 11 000, Rp 19 000



    Diantara ketiganya, saya paling suka eyeliner pencil skiva karena selain murah, juga ada sikat di tutupnya yang bisa digunakan untuk merapikan alis. Tapi sayangnya eyebrow Skiva ini susah banget dicari dimana-mana sekarang. Makanya saya beralih ke Fanbo. Fanbo ini teksturnya nggak seempuk Viva, tapi saya suka. Menurut saya sih pensil alis nggak perlu yang empuk atau terlalu kereng, karena hasilnya malah akan terlalu tebal dan membuat keseluruhan muka kita terkesan galak. Dan lagi yang saya suka dari Fanbo, warnanya coklat tua dan tampak natural di muka saya, nggak seperti Viva yang coklatnya terlalu muda dan kemerah-merahan.


    Tapi bagi yang menyukai pensil alis yang empuk dan tebal, Viva bisa menjadi pilihan. Karena harganya juga masih sangat-sangat terjangkau.

    Tips: Sebenarnya, pensil alis ini opsional saja kok. Mengisi alis dengan eyeshadow warna coklat matte juga bisa, nggak perlu pakai pensil alis. Malahan hasilnya akan lebih natural.
  9. Mascara: Pixy
    Harga: Rp 30 000



    Yang ini juga opsional. Saya jarang banget pakai maskara untuk sehari-hari. Cukup eyeliner saja sudah membuat mata saya tampak lebih tajam. Eyeliner dari brand lokal yang paling saya suka adalah Pixy, karena warnanya nyata dan bisa menahan curl bulu mata saya. Selain itu juga nggak smudge dan mudah di bersihkan,



Sekarang saatnya berhitung. Ini penampakan saya mengenakan perlengkapan lenongan cheap but great diatas. Dan saya memakainya bukan sekedar untuk keperluan pemotretan lho. Dandanan ini langsung bablas saya bawa ke kantor, tanpa mengganti apapun.





Pixy TWC -- Rp 16 000
Red-A blush-on Pink -- Rp 14 000
Fanbo eyebrow pencil brown -- Rp 11 000
My Darling eyeliner -- Rp 15 000
Fanbo lipstick No. 13 - Rp 12 000
TOTAL : Rp 68 000


(ket: Pada FOTD diatas saya memakai eyeshadow warna putih dari Mirabella Eyeshadow Kit untuk highlight. Tapi itu sepertinya nggak perlu dilakukan untuk natural look setiap hari. Saya mengenakannya agar wajah saya terlihat lebih berdimensi saat di foto)

59 comments:

  1. sukaaa:)jadi pengen lipstik Fanbonya.. warnanya cantik! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lipstick fanbo warnanya lumayan cakep2 lho pilihanya :)

      Delete
  2. aku pakai eyeliner darling ,dari pertama bisa pake eyeliner SMA sampe sekarang gak ganti ganti,emang bagus tuh sist,murah murah juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...aku malah baru cobain sekarang. Tadinya takut, soalnya nggak yakin aman :D

      Delete
  3. Lengkap sekali kakakk...
    banyak tips2nya pula
    tengkiuu yaakkkss...
    Banyak yang nge-review lipstik fanbo, jadi pengen ikutan cobain neehh
    sama si red A atau mirabella yang kecil itu bagus mana yaks? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tipsnya kan banyak yang dari kamu jugak, ses ^^.
      Bagusan Fanbo kemana-mana, ses. Beneran, cobain deh. Si mirabela bikin kering je di aku. Kalau Red-A belum coba.

      Delete
  4. waaaaaaaaah, lenongan diatas itu semuanya pilihan yg tepat kakaaaaaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, kakakkk. pizzanya enak, kakakkkk

      Delete
  5. Wawawaaa, aku suka banget sama postingan ini Jenganten!...

    Sip sip.. dan makasih udah nyantumin link aku di blogmu yang kece ini..

    Salam make-up-nista.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hikhikhik...makasih jenganten.
      Tapi kayaknya blongnya njenengan sering ke posting deh disini. Begitu juga blog saya sering keposting di blog jenganten.

      Delete
  6. aku dulu juga pake eyeliner My Darling ini mbak. emang bagus, suka sama hasil akhirnya yg gak shiny alias matte. tapi panjang kuasnya itu lho yg gak nahan. susah aplikasinya je aku kalo kuasnya kepanjangan tu. :(
    kayaknya bedak Marck's tu udah andalan sejak jaman baheula dulu yah? haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, rada kepanjangan. Tapi tifiiisss jeung. Ada rekomendasi yang tifis & pendek ndak??
      Marck's donk, dari jaman nenek ane masih bayi :D

      Delete
  7. pondi inez skrg harganya 45rb (blm diskon), jenganten >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, naik ya, senorita? Nggak asik sekali kalau naik-naik begitu. Pekejing gimana, pekejing? Di rubah seiring naiknya harga nggak?

      Delete
    2. pekejingnya sih sama aja, alfonso.

      Delete
    3. Wah...sangat tidak asik sekali, Fernando Hose (__")

      Delete
  8. aku jadi pengen eyeliner-nya. tadinya aku coba beli yang pensil buat permulaan tapi mengecewakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pensil emang gampang smudge, tapi kalau cair susye makenya. Paling enak sih pake gel, jeng :D

      Delete
  9. aku suka viva blus on duo yang #1. orange nya merona banjeet... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohh...jadi pengen yang nomer satuu >'<

      Delete
  10. liat mascara pixy jadi inget aku salah beli maskara pixy, kukira yang biasa cuma pas dinota knpa 40an ribu kukira naik, ternyata ku priksa smpe rumah yg double gitu 1 base coat 1 top coat .. dan ternyata hold curlnya ciamik tink tink pinkkk seharian bulmatku eke eksis ngejinkrak g turun2 LOL :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuh...yang dobel itu ciamik ya, mak? Jadi kepengen nih...

      Delete
  11. sempet berkali2 gagal masukin komen.. >_<
    Berguna sekali kakaaaks buat aku,,
    Btw thx u namaku disebut2.. *blushing* jd merinding terharu gimana gtu. Hho.

    @Puput tp yaak menurut pendapat ak pribadi red-a better than lipstik viva dech. (viva biasa bln yg queen) Lebih lembab dan warnanya so teenage. Berasa ingt lipstik etude yg lips talk ituh. Whuhahha,, warnanya cakep2.. Kalo si mirabella warnanya pigmented sgt dan di bibir aku stay lumayan lamcee... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihik...ini akhirnya masup kan, Vi? Tau nih blogspot, sering "makan" commentku. Kayaknya yang punya blogspot naksir aku deh, trus suka cemburu kalau ada yang comment2 mesra >'<

      Aku udah cobain Red-A. Tetep keriing *bibir gurun sahara*

      Delete
  12. aku muncuuuul, hehe :p
    thanks kakak udah mencamtumkan link blogkuu..

    btw ya, aku liat di youtube ada lho yg pake makeup dia sendiri yg udah ada, tapi perhitungan harganya pake yg sekarang gt..
    http://www.youtube.com/watch?v=khtfh2hB2Zg
    kayaknya gt juga gpp deh kakaks.. '_'?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...akhirnya artisnya muncul.
      Sarah domisili Jogja kah?
      Bolehkah aku meminta alamat email? :D

      Delete
    2. sarahazhezha gmail com
      udah aku email tadi..

      Delete
    3. Maap balesnya lama.
      Oke thanx yak, Sarah :)

      Delete
  13. baca post ini aku jadi pengen pakai lagi twc nya pixy..seiring merangkak naiknya harga inez... waaak, di bilang `pelopor`... malah menurutku kamu yang pelopornya rum... diem2 gini aku fans blog kamu loh...sejak ada racun warna warni kamu, jadi banyak blogger2 yang posting makeup2 murah meriah... kalo dulu kan susah sangat tuh d cari review macem viva,pixy....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh...kamu juga lho, Ran, produk yang kamu review menurutku seimbang dan gag berlebihan. Ada yang memang harus mahal, dan memang ada produk2 yang harganya terjangkau tapi kualitasnya bagus :).

      Memang kita harus post beginian ya, Ran. Biar pada tahu kalau cantik nggak harus mahal sebenernya :D

      Delete
  14. thanks kak recomended'y. Jd pengen mempercantik diri lagi tapi males :D (LOL =,=)
    oya. . buat lipstick aku pake pixy silky fit lipstick no.401. Warna'y aku suka bgt dan tahan lama, dan juga membuat bibir aku ga kering.
    (aku ini punya bibir yg super duper kering bgt, hiks hiks. . )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa...ayok jangan males. Jadi cantik itu enak lhoo ^^

      Pixi 401. Oke catet. Besok liat ah dikonter :)))

      Delete
  15. Mba, kalo di Jogja beli eyeliner my darling dimandose ? Mumpung eye liner revlon saya abis jd mau beli sekalian hehe.. Thanks a lot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di mana-mana ada kok. Coba ke mutiara. Atau ke gardena, mirota, ramai mall, progo & toko2 yang punya counter kosmetik.

      Delete
  16. kapan itu aku nyobain pensil maticnya viva.. hasilnya smudge.. jd pgn nyobain my darling deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pensil, aku belum pernah deh nemuin yang enggak smudge. Memang harus cair kalau pengen awet.

      Delete
  17. sis aku mau minta pendapatnya dong,
    wajahku berminyak dan banyak bekas jerawat yg mau aku tutupin,
    lebih baik aku beli foundation (inez / mustika ratu), twc (pixy / inez / cc everlast), atau correcting cream inez ya??
    aku mau yg daya coveragenya full dan aman dipakai untuk makeup sehari-hari
    tolong sarannya ya sis, aku tunggu :)
    thx alot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau yang coverage full sih, paling manteb yang bentunknya cream, kaya inez corecting cream atau cream foundie makeover. Tapi kalau masalah aman aku nggak bisa kasih komen. Kalau aman ya semua aman, soalnya semua merk paten dan udah ada nomor BPOM. Tapi kan kembali lagi ke kulit kamu. Dan aku bukan dokter kulit, jadi yah, nggak bisa kasih saran :)

      Delete
  18. ada kesamaan ma make-up yg aq pake. Aq jg pake liquid eyeliner my darling, fanbo lipstik, pixy lipstik, ma red-a eyeshadow & red-a blush on. kualitasnya ga kalah ma make-up yg lebih mahal.

    ReplyDelete
  19. aku kalo pake marks celemongan bgt , terutama di pinggir idung , aduh pokoknya kalo abis pake bedak jelek bgt dah mukanya
    ada tips buat cara apply express ga celemongan gaa,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakainya tipis2 aja, aply pake kuas.
      Lagian percuma juga aply marcks tebel2, soalnya di layer setebel apapun, tetep nggak ada coveragenya. Fungsinya cuma untuk control minyak & ngeset foundie aja.

      Delete
  20. aduh susah nyari toko kosmetik di Pamulang ya, kebanyakan yang ga bermerek, mahal tapi ga terjamin, boleh rekomen ga? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nggak tau daerah situ. coba aja buka web kosmetik yang dicari. kan biasanya ada lokasi counternya. atau malah kadang web resminya jual online juga.

      Delete
  21. keren dehhh blognya arumm...aq lg nyari2 make up yg komplit tp yg low budget...dpt inspirasi dr sini...:)

    ReplyDelete
  22. Hi... Mbak, aku juga pakai Marck's dari smp sampai kuliah (sekarang) emang bagus bangettt!!! Aku coba pke MNY SHINe free face powder compact kan supaya gmpng buat dibawa2 (soalnya marck's repot di masukin tas) tapi malah bnykin komedo dan break outs -,- untungnya aku jrg2 skrg pke nya... Dan balik lg k Marck's (FYI my skin is oily smtimes extremely oily) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, kalau buat kulit sensi + oily + gampang jerawatan marcks emang paling bener deh :))

      Delete
  23. cocok bgt ini,,,, thx infonya kak :D

    ReplyDelete
  24. haii salam kenal yah ..
    baru tau ad cosmetik yg low budget tp oke ..
    tq sekar udah kasih info yg oke punya
    ^_^

    ReplyDelete
  25. Jadi penasaran sama pensil alis fanbo nya, aku selama ini pake viva queen aja :D

    ReplyDelete
  26. Kena racunya mba arum ni, kemren pake viva pensil alis.. riweh suka gampang patah jd boros diraut mulu... cobain fanbo cocok jg ternyata.. jadinya jg lebih awet ga gampang patah...sukaaaakkk :)
    mw tanya dong menurut mba bagusan pake BB cream ato foundie ya.. udah cobain BB cream kan setau aku BB khasiatnya bisa ngerawat muka dengan segala kelebihannya trus praktis juga. Tapi coverage nya ga gitu puas. Mau beralih ke foundie tapi males ribet trus kan muka juga butuh perawatan. gimana dong???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan sih. Foundie coveragenya lebih bagus. BB cream lebih ringan.
      Dua-duanya sama2 makeup. Jadi tetep butuh perawatan sebelumnya.

      Delete
  27. Aku dl pake eyeliner my darling bagus emang mba matte finish lah cuma krn terlalu kepanjangan aplikatornya n kuasnya kecil bingits jd belinya pixy
    Klo pensil alis viva harga ter update skr naik bgt mba skr 26rb boo aku beli di counter viva nya...

    Bagus" lah mba reviewnya nanti aku coba ah blush on viva nya kayanya oke warnanya bwt sehari" hehe...

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...