Monday, January 23, 2017

3 Cara Mengatasi Foundation Yang Terlalu Terang

IMG_0172

Memilih warna foundation yang tepat memang gampang-gampang susah. Sebenarnya gampang kalau kita sudah berpengalaman dan terbiasa dengan merek yang akan kita beli. Tapi juga susah kalau kita masih "meraba-raba" skintone kita atau baru pertama kali mau mencoba merk tersebut. Apalagi kalau beli foundation-nya online, yang mana kita nggak bisa coba-coba dulu testernya.

Cara paling gampang untuk mencegah kita membeli foundation yang terlalu terang adalah dengan membeli foundation dalam share in jar terlebih dahulu. Kita bisa membeli satu atau beberapa shade foundation share in jar, untuk mencari warna yang tepat dengan kulit kita, sebelum membeli kemasan full size-nya.

Tapi kalau sudah terlanjur beli, jangan buru-buru dibuang juga foundation-nya. Saya juga punya beberapa BB Cream merek Korea yang shade-nya terlalu terang kalau dibandingkan kulit saya. Tapi mau dibuang pun saya sayang, soalnya saya suka baget sama teksturnya yang ringan dan hasilnya yang glowy. Akhirnya saya menggunakan cara-cara berikut untuk mengakalinya:


1. Set dengan bedak yang lebih gelap
Kalau tingkat keterangannya nggak terlalu jauh dengan warna asli kulit kita, cara ini bisa dipakai. Gunakan foundation seperti biasa, dan kemudian set dengan bedak yang shade-nya satu atau dua tingkat di bawah warna kulit kita, untuk menetralisir. Pilih bedak yang warnanya sesuai dengan undertone kulit kita, agar hasilnya nggak ashy. Misalnya untuk kulit saya yang yellow undertone, saya memilih bedak dengan undertone kuning, dengan shade satu tingkat di bawah warna kulit saya.


2. Gunakan bronzer!
Nggak semua orang menyimpan bedak dengan warna satu atau dua tingkat lebih gelap dari warna kulit, tapi hampir semua orang pasti punya bronzer. Aplikasikan bronzer seperti biasa, dan titik beratkan pada sisi-sisi wajah sepanjang rahang. Gunanya agar perbatasan warna kulit muka dengan badan, nggak terlalu terlihat mencolok.

Tapi sama seperti trik menggunakan bedak yang lebih gelap, cara ini juga cuma berhasil kalau tingkat keterangan foundation kita nggak terlalu jauh dengan warna asli kulit kita. Kalau warna foundation-nya jauh lebih terang sih, walau sudah dikasih brozer, tetap akan terlihat aneh.


IMG_0174

3. Mix dengan foundation atau concealer yang lebih gelap
Kalau warna foundation yang kita punya jauh terlalu terang, satu-satunya cara untuk mengakalinya adalah mengubah shade foundation tersebut. Caranya adalah mencampurkannya dengan foundation/ concealer yang shade-nya lebih gelap.

Saya nggak punya foundation yang shade-nya lebih gelap. Tapi saya selalu menyimpan L.A. Girl HD Pro Conceal Toast untuk shading. Selain untuk shading dalam, concealer warna gelap juga bisa digunakan untuk mengubah warna foundation yang terlalu terang.

Tuang foundation di mixing palette, dan tambahkan sedikit demi sedikit concealer warna gelap sambil diaduk-aduk dengan spatula. Sebaiknya sih, kita mencampur sedikit demi sedikit concealer-nya, agar hasilnya nggak terlalu gelap. Kalau kurang gelap, tambahkan lagi sedikit conceaeler, sampai menemukan warna yang benar-benar pas untuk kulit kita.


Semoga dengan cara-cara di atas, nggak ada lagi foundation yang nggak terpakai karena shade-nya terlalu terang, ya.

16 comments:

  1. aku sering pake trik #1 buat bb cream! trik #2 baru setaun belakangan ini karena ahirnya punya foundie yang pas sama leher tapi mukaku belang jadi tetep keputihan T^T kalo dipakein bronzer kan jadi manis2 sunkissed manja gimana gtu wkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak betol. Kupun suka trik bronzer. Jadi manis manja gimanaaa gitu :p

      Delete
  2. Dulu paling sedih kalo bawa pulang fondie yang shade-nya keterangan di kulit, tapi sekarang bronzer hadir dan merubah segalanyaaaa wkkwkwk ~~~ kalo trik yang pertama aku selalu pake buat nge-set BB cream yang udah beli shade tergelap pun masi keterangan di muka *nasib sawo kematengan* hiks

    my-makeupdiary.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah akupun suka susah nih sama BB cream. Putih2 banget sahde-nya. Padahal suka banget finishnya ^^

      Delete
  3. Kalo masih tolerable terangnya, biasanya aku apply bronzer aja. Kalo pektay banget gak ketulungan, baru dimix ama bb cream yang lebih gelap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, paling gampang memang pakai bronjer ajah :D

      Delete
  4. Wah samaaa.. *toss* Lebih sering pake nomer 1 sih, biasanya pake bedak mamaku karena shade beliau 2-3 tingkat di bawahku. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Tapi kalo gak, pake nomer 3, ditiban sama foundie atau concealer yg lebih gelap. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwahahaha enaknya bisa minta bedak mama. Mamaku jauh. Hiks..

      Delete
  5. Aku pernahnya beli BB cream yang terlalu putih, jarang beli foundation soalnya. Terus BB cream nya aku pake buat highlight gitu. Aku pake BBcream yang (lebih) sesuai sama kulit, terus aku ulas dikit di jidat dikit, tulang hidung, sama di bawah alis buat mempertegas alis, terus aku tap-tap pake jari, kadang pake spons. Habis itu pake bedak biasanya. Hasilnya subtle sih, tapi tetep kelihatan dan bikin muka nggak terlalu flat :D

    Cuma ini BBcream, lebih ringan. Nek foundation dijadikan kayak gitu bakal terlalu berat di muka kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ide bagus, seus. Iya, kayaknya oke banget ya buat hilite.

      Delete
  6. Mengakalai foundie pakai bronzer sama bedak gelap, ngakalin bedak gelap pakai highlight sama foundie terang... dibolak-balik tetep masuk rumusnya ya mbak... emang ngga ada rumus patennya ^^


    christinauntari.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes. Jadi memang nggak perlu dibuang ya segala yang keterangan dan kegelapan :D

      Delete
    2. Makasih tipsnya..kebetulan aku punya cushion dr laneige tp salah warna.

      Delete
  7. Kak, kalau tips untuk mengatasi hati yang perih karena ditinggal gebetan gimana caranya? :(

    Aku nek wis keputihan bgt2 mending tak jual apa hibahkan ae. Soale mau dimix pa piye jatohe malah abu2 ๐Ÿ’ฉ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya jangan iyig aja, dek.
      Udah sini hibahkan ke aku. Khu krisis makeup :(

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...