Review Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil, Luxurious Cleanser Dari Brand Lokal

8 comments

Review Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil

Cleansing oil adalah salah satu jenis produk skincare yang bener-bener mengubah skincare game dan hidup saya!

Bukan masalah bahan aktifnya yang ngadi-ngadi dan ngefek banget, tapi karena bentuk dan cara pakainya. Cleansing oil ini mengubah cara saya membersihkan wajah. Yang awalnya saya pakai micellar water dengan cara digosok-gosok dengan kapas, sekarang beralih ke cleansing oil yang minimal banget gesekan ke kulit, namun tetap sama efektifnya dalam membersihkan kulit dari makeup dan debu kehidupan.

Hasilnya? Sejak beralih ke cleansing oil dan nggak menyentuh micellar water lagi, kulit saya jadi lebih sehat. Skin barrier lebih kuat, nggak sensitized, dan nggak gampang jerawatan. Gila ya, langkah simpel ganti jenis cleanser doang, tapi bener-bener kayak bikin kulit saya terlahir kembali waktu itu!

That's why sejak saat itu saya jadi hobi banget sama cleansing oil. Saya udah cobain banyak banget cleansing oil. Tapi memang Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil ini one of the best cleansing oil yang pernah saya coba. Pengalaman pakainya menyenangkan banget dan ngingetin saya sama salah satu high end cleansing oil harga 600 ribuan. 


Cleansing Oil untuk Double Cleansing dari Indoganic

Apa itu Cleansing Oil?

Namun walaupun udah populer banget dan dimana-mana ada, setiap saya posting soal cleansing oil, masih ada aja lho yang bilang (( ngeri )) dengan metode membersihkan muka dengan minyak. Apa nggak makin minyakan mukanya? Apa nggak lengket? Apa bersih? Apa nggak bikin jerawatan?

Hmm...kayaknya sih pada belum pahal kalau cleansing oil ini bukan sekedar oil biasa.

Cleansing oil ini adalah suatu produk yang isinya minyak dan emulsifier. Jadi bukan hanya minyak thok seperti face oil, apalagi seperti Bimoli. Minyak ini berfungsi untuk melarutkan kotoran dan makeup waterproof secara efektif, tanpa bikin kulit jadi kering. Sedangkan surfaktan/ emulsifier, berfungsi untuk mengemulsi atau memisahkan minyak dengan kulit, sehingga bisa dibilas dengan air. 

Tanpa minyak, makeup waterproof dan beberapa kotoran nggak akan bisa melting. Tapi tanpa emulsifier, minyak yang sudah dioles ke wajah nggak akan bisa dibersihkan dengan efektif dan malah menyumbat pori. 

Jadi nggak usah (( ngeri )) lagi ya. Cleansing oil adalah salah satu penemuan terbaik dalam dunia skincare. Cleanser jenis ini sangat efektif membersihkan kulit dari kotoran dan meminimalisir abrasi ke kulit. Jadi kulit lebih sehat karena skin barrier tetap terjaga selama kita melakukan cleansing.

Tapi harus diakui kalau nggak semua cleansing oil bagus. Yang saya rasakan kalau pakai cleansing oil murah tuh biasanya antara dia pakai SLS/ SLES untuk surfaktan (yang bikin kulit saya kering dan sensitized), atau kalau enggak proses emulsi-nya kurang bagus jadi masih menyisakan residu, atau teksturnya nggak pas buat saya. Jadi ya seperti semua produk skincare pada umumnya, harus pinter milih yang cocok dengan kulit kita.


Ingredient Indoganic Camellia Cleansing Oil

Ingredients Indoganic camellia Deep Cleansing Oil

Ingredient:

Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Polyglyceryl-2 Sesquioleate, Ricinus Communis Seed Oil, Polyglyceryl-2 Caprate, Caprylic/​Capric Triglyceride, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Camellia Oleifera Seed Oil, Squalane, Tocopherol, Citrus Nobilis Oil, Cedrus Atlantica Bark Oil, Calophyllum Inophyllum Seed Oil, Citrus Aurantium Bergamia Fruit Oil, Salvia Sclarea Oil, Lavandula Hybrida Oil, Vetiveria Zizanoides Root Oil.

Buat yang suka oil-oil-an pasti langsung seneng banget sama cleansing oil ini. Banyak banget minyak yang bagus-bagus! Yang pertama saya notice tentu Camellia Oil. Camellia Oil ini sering disebut the Olive oil of Asia. Minyak yang satu ini kandungan antioksidan-nya tinggi dan sangat moisturizing.

Selain Camellia, juga ada Avocado oil dan Tamanu oil, yang juga merupakan antioksidan dan antimicrobial. Tamanu oil efektif banget untuk melawan jerawat. Percaya deh, saya udah buktiin sendiri khasiat single Tamanu oil untuk obat totol jerawat.

Lalu dalam cleansing oil ini ditambahkan juga kandungan Vitamin E, Castor oil, Squalane, dan Lavender oil. Gimana, bener-bener full of goodie kan? Terus seperti biasa, Indoganic selalu menyajikan produk-produk yang clean beauty, non-toxic, dan untuk membuat kulitku tambah bahagya, cleansing oil ini nggak pakai SLS dan SLES. 

Namun perlu diperhatikan, cleansing oil ini mengandung essential oil di dalamnya. Kalau kulitmu sensitif terhadap essential oil, sebaiknya berhati-hati dan test patch dulu sebelum pemakaian.


Formula, Tekstur, dan Aroma Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil

Formula, Tekstur, dan Aroma Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil

Selain bahan-bahannya mewah, tekstur dan aromanya juga mewah! Teksturnya boleh dibilang perfect menurut saya! Nggak terlalu tebal yang bikin kulit berat dan lengket nggak nyaman, tapi juga nggak terlalu tipis yang bikin minyaknya jadi susah dipijet-pijetin ke wajah. Ini pas banget! Nyaman untuk pijet-pijet ke kulit, tapi juga nggak terasa seperti menyiramkan minyak lengket ke seluruh wajah. Lalu pas dipijit-pijit juga nggak ada tekstur gritty atau berpasir gitu, rasanya cuma minyak yang bikin jari saja meluncur mulus di kulit wajah saya.

Daya bersihnya sangat bagus. Complexion, eyeliner, lem bulu mata, matte lip cream super bandel, sampai waterproof mascara bisa hilang dalam sekali pemakaian saja. Biasanya sih kalau lagi full makeup, saya tetep pakai cleansing oil ini dua kali, untuk make sure aja semua bagian wajah udah kena dan udah terbilas bersih. Walau sebenernya sekali pakai dengan pemakaian yang benar dan merata udah bersih kok!

Deep Cleansing Oil Camellia Indoganic

Proses emulsify-nya sangat mudah! Begitu kena percikan air dan dipijat  ringan, konsistensi oil-nya langsung berubah jadi seperti susu dan lepas dari kulit. Dibilasnya juga gampang banget, langsung bersih tanpa menyisakan residu di kulit. Tapi juga nggak bikin sensasi kulit kering dan kesat.

Kelebihan selanjutnya adalah dia nggak perih pas kena area mata! Memang ada rasa nggak nyaman, namanya saja oil masuk ke mata. Tapi nggak ada rasa perih dan pedas berlebih. Tapi tetap saja, untuk area mata saya lebih suka pakai eye makeup remover khusus, karena faktor kenyamanan.

Aromanya khas aroma minyak, dengan sensasi aroma Bergamot tipis-tipis. Produk ini memang nggak pakai sinthetic fragrance, tapi dia ada kandungan Bergamot oil-nya. Nggak heran kalau aromanya enak.

Perpaduan antara teksturnya yang perfect dan aromanya yang mewah, bikin sensasi pas pakai oil ini tuh nagih banget! Kalau dari sisi tekstur dan formula produk, saya memang sama sekali nggak ada kritik. Ini cleansing oil yang ternyaman dengan harga yang terjangkau, yang pernah saya coba.


Packaging Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil

review camellia deep cleansing oil indoganic

Sebenernya nggak ada masalah sama sekali dengan packaging-nya. Berfungsi dengan baik dan pump-nya nggak macet-macetan. Ukurannya juga pas kalau misal pengen dibawa traveling. Saya sendiri nggak terlalu butuh cleansing oil yang bisa dibawa traveling, karena kalau untuk traveling saya lebih suka cleansing balm yang minim resiko tumpah.

Secara estetika, kemasannya agak kurang sesuai dengan selera saya. Untuk packaging pump, saya lebih suka yang bisa diambil ketika botol diletakkan. Jadi tinggal pencet-pencet gitu. Tapi kalau Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil ini nggak bisa, tetep harus diangkat botolnya, dijungkirin dikit, baru dipencet. 

Ribet ya saya tu? Gitu doang dimasalahin wkwkwkw. Ya ngga papa. Sebagai artis papan atas saya memang harus ribet biar brand-brand kosmetik juga terus improve kualitasnya :D.


Review Satu Bulan Lebih Pemakaian Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil

review satu bulan pemakaian indoganic deep cleansing oil

Selama satu bulan terakhir ini, praktis saya cuma pakai Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil sebagai first cleanser. Saya sengaja skip semua first cleanser yang kadang saya selang-seling sama cleansing oil, seperti cleansing balm. Dan saya bahkan nggak pakai eye makeup remover dulu, karena pengen tes satu bulan cuma mengandalkan produk ini aja.

Saya pakai cuma di sore/ malam hari dan setelah pakai makeup ya. Untuk pagi hari, saya nggak perlu first cleanser. Sebagai first cleanser, tentunya setelah pemakaian Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil ini saya pakai second cleanser atau sabun muka lagi, agar proses cleansing lebih sempurna. Double cleansing is a must, ya kan Bun?

Yang saya rasakan:

  1. Tekstur dan aromanya memang perfect. Experiece pakai cleansing oil ini beneran seperti ketika saya pakai high end cleansing oil.
  2. Daya bersihnya sangat bagus! Semua makeup waterproof terangkat sempurna dalam sekali pemakaian. Dengan catatan pas pemijatan dan emilsify, lakukan dengan merata ke seluruh wajah. Selama merata ke semua bagian wajah, dijamin kotoran dan makeup bersih tanpa sisa.
  3. Nggak terasa perih di mata. Jadi saya bisa andalkan ini thok untuk membersihkan seluruh wajah tanpa terkecuali, nggak perlu eye & lip makeup remover khusus.
  4. Setelah dibilas nggak meninggalkan residu dan rasa lengket/ licin, namun juga nggak ada rasa kulit kering dan ketarik sama sekali. Cuma rasa bersih dan nyaman.
  5. Satu bulan pemakaian, kulit saya sama sekali nggak mengalami reaksi negatif, seperti iritasi atau breakout.
  6. Pemakaian satu bulan juga nggak memicu jerawat saya, baik karena ingredient produknya maupun karena gesekan.
  7. Yang saya rasakan juga selama pemakaian, area hidung dan dagu saya bersih dari komedo.

Kesimpulan

Review Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil, Luxurious Cleanser Dari Brand Lokal

Sebenernya saya sudah jatuh cinta dengan produk ini sejak pemakaian pertama. Tekstur dan aromanya tuh bener-bener menyenangkan, dan saya nggak nyangka aja produk lokal bisa bikin cleansing oil sebagus ini. Tapi baru bener-bener bisa bagiin deep review setelah satu bulan, karena memang reaksi ketidakcocokan biasanya baru akan muncul setelah penggunaan lama. Dan saya sweneng, karena satu bulan ini saya lalui dengan mulus! Nggak iritasi, nggak breakout, nggak menimbulkan komedo juga.

Ingredient-nya seperti yang bisa dibaca sendiri, juga oke banget. Padet dengan minyak-minyak yang memang kaya manfaat untuk kulit, dan nggak mengandung bahan-bahan yang bisa mengiritasi kulit seperti alkohol, fragrance, dan SLS/ SLES. Hanya saja memang masih menggunakan essential oil, yang mungkin perlu diwaspadai kalau kulitmu over-sensitif (di kulit eczema saya sih super aman).

Selain masalah packaging, yang mana ini soal selera aja ya, saya sih nggak merasa ada kritik yang saya sampaikan untuk produk ini. Kayaknya memang produk ini udah melalui proses riset yang panjang ya sampai bingung saya mau cari celanya wkwkwkwk.


Harga Indoganic Camellia Deep Cleansing Oil Rp.149.000/ 100 ml.
Di saya, satu botolnya bisa dipakai sekitar 1,5 bulan. Sekali pemakaian sekitar 5-7 pump.

Instagram @indoganic_official
www.indoganic.com

8 comments

  1. Sebagai orang yang kulit mukanya super berminyak, kuakui dulu emang takut sama cleansing oil. Namun tak kenal maka tak sayang, setelah dicoba, ya ternyata enggak semenyeramkan itu. Bener banget, dia emang fungsinya emulsifying, jadi bedalah sama minyak biasa. Udah lama banget kayaknya gak pake pembersih yang diswipe pakai kapas gitu. Dulu mah jaman masih mudaan, kayaknya cuek aja ngosek2 muka pakai kapas sampe puas. Skrg kayaknya gak tega, takut lecet huhu.

    ReplyDelete
  2. Mba Arum,
    Aku penisirin gimana sih cara yg benar bersihkan muka pakai cleansing oil ini? Kayaknya aku ketinggalan pas mba Arum lagi praktekin. Apa harus pakai air hangat dan washlap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai washlap njuk apa faedahnya beralih dari micellar water? Kan sama-sama digosok. Ya enggak dong. Langsung pakai air saja (nggak usah anget juga nggak papa), tapi diemulsify dulu.

      Delete
    2. Beneran semudah itu ya? Hmm menarique untuk dicoba. Maac pencerahannya ����

      Delete
  3. Wkwkw kasih emoticon hati yg keluar tanda tanya XDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk iya suka gituuwww kalau komennya pakai HP

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.