Fall/ Autumn Make Up Look

30 comments
Warna Warni Autumn Make Up Look

Saya agak ragu nih, saat ini trend-nya masih fall make up nggak sih? Atau udah masuk winter? Tapi sutra lah ya, kita kan di Indonesia. Nggak ada fall, nggak ada Winter. Adanya musim mangga, durian, sama rambutan. Dan nggak masalah mau pakai fall make up look di musim mangga ataupun durian. Sama aja. Tetep nggak dikasih diskon sama abang tukang buahnya.

Dan trend make up berdasarkan musim gini sedikit boring menurut saya. Karena beauty guru-beauty guru yang saya follow di youtube tuh cenderung ngasih tutorial make up yang gitu-gitu terus. Yah produk yang dipake beda-beda lah. Tapi look dan pilihan warnanya sama atau beti-beti. Dan look tersebut akan terus sama, gitu-gitu terus, sampai musimnya ganti. Saya agak bosen aja sih, walau yah mereka tetap menginspirasi. Tetep aja saya kepincut sama fall make up trend tersebut.

Menurut saya, kalau menerjemahkan hal absurd seperti musim ke dalam make up, tentunya nggak bisa saklek ya. Nggak ada rumusnya harus begini dan begini. Semua tergantung interprestasi masing-masing aja. Kayak misalnya fall make up nih. Saya sempet meminta Jenganten Dhika untuk mentenerjemahkan fall make up. Dan hasilnya: "Make up yang fall. Make up-nya jatuh-jatuh." Hmm...masuk akal sih. Tapi sayang eyeshadow saya kalau dibanting-banting --".

Jadi saya berusaha menterjemahkan sendiri yah. Saya menutup mata sejenak dan membayangkan suasana suatu hutan pada saat Fall/ Autumn, dimana saya secara fisik nggak pernah melihat dan merasakan:

sumber: wallpapertag.com

Musim gugur adalah perpindahan dari musim panas (summer) ke musim dingin (winter). Jadi pertama saya membayangkan suasana summer yang hijau dan berlimpah sinar matahari, lalu masuk ke autumn yang mulai meredup. Dedaunan masih ada yang hijau, tapi kebanyakan sudah mulai memerah dan menguning, lalu berguguran di tanah. Hewan-hewan berkerja lebih keras menimbun sebanyak mungkin persediaan makanan di sarang mereka, seakan-akan diberi peringatan oleh Direwolf-direwolf Stark: "Winter is comming!"

Oke, kita buka mata sekarang, dan masuk ke make up. Bias warna yang paling mencolok pada fall season menurut saya adalah warna-warna earthy dengan tone hangat yang nggak terlalu mencolok dan agak gelap, seperti warna-warna daun yang berguguran itu. Oranye gelap, merah kecoklatan, kuning kecoklatan, deep burgundy dan coklat adalah warna yang akan banyak mendominasi. Riasan mata dengan gaya smokey eyes menurut saya cocok untuk season ini, karena menggambarkan suasana yang agak gelap.

Untuk lipstik, saya membayangkan warna yang juga earthy dan sedikit gelap. Untuk complexion, penggunaan bronzer menurut saya masih oke lah asal nggak berlebihan. Kan ceritanya kulitnya masih tan sehat sisa-sisa summer gitu deh.

Terus jangan lupa gabungkan dengan trend yang sedang hip saat ini. Untuk bibir tentu saja Kylie Jenner masih megang. Ciptakan efek bibir dower tapi kece ala Kylie Jenner memakai matte lipstick, dengan outline/lipliner yang lebih gelap. Jadi makin ke dalam, warna bibir semakin muda. Ini kebalikan dari tehnik bibir ombre ala korea. Tehnik ini bikin bibir kelihatan ndomble menggemaskan. Jangan malu-malu juga untuk menyapukan bronzer dan shimmer, karena glowing look adalah kekinian.

Boleh juga digabungkan dengan selera pribadi. Kayak saya, saya tuh nggak suka pakai blush-on kalau eye make up-nya udah lebay. Nggak tau kenapa kok berasa berlebihan aja. Biar nggak pucet, saya memilih menggunakan bronzer. Lalu saya nggak suka memakai eyeshadow di garis bawah mata. Saya cenderung suka bawah mata yang kelihatan clean. Padahal menurut teori, harusnya sih kalau tehnik smokey eyes, eyeshadow di bawah mata itu perlu untuk penyeimbang. Tapi saya nggak suka sih.

Saya bikin tiga look untuk fall season ini. Saat ini saya memang cuma bisa pamer look-nya aja. Tapi peeerrrrcayalah, saya lagi belajar bikin pictorial. Kalau misal ada salah satu dari look di bawah ini yang sekiranya kakak-kakak pengen tutorialnya, silahkan komen aja. Nanti saya akan berusaha memenuhi permintaan kakak-kakak pembaca yang budiman.


1. Gold Autumn Make Up

FOTD Gold Autumn Make Up
EOTD Gold Autumn Make Up
Zoom Make Up Mata

Look yang ini memakai riasan mata yang cenderung natural. Saya menggabungkan warna golden dengan coklat, dan bulu mata yang tipis tapi lentik. Biar imbang, karena matanya biasa aja, lipstiknya saya pilih warna merah gelap yang agak mencolok.

Warna gold dan merah ini tuh menurut saya agak dekat ke summer. Jadi cocok kalau dipakai pas anyaran masuk musim gugur gitu kali yaaa. Jadi kayak masih belum move on dari musim panas gitu loh. Yaelah, sama musim aja baper...

Eyes
MAC Paint Pot (base)
Just Miss Pencil Eyebrow: Dark Brown
Sariayu 25th Eyeshadow Palette
Sleek Eyeshadow Palette: Dark Matte V2
Inez Liquid Eyeliner
Cosmos Pencil Eyeliner (waterline)
Pixy Volumizing Waterprof Mascara
Eyelink Premium Fashion Eyelashes

Lips
NYX SMLC Monte Carlo
Just Miss Lip Pencil J-45 (outline)


2. Dark Autumn Make Up

FOTD Dark Autumn Make Up
Racun Warna Warni FOTD
EOTD Dark Autumn Make Up

(soriii look yang kedua ini ancur amat yak? Bulu matanya nggak rapi, lemnya beleberan. Tapi dibuang sayang ^^)

Yang kedua ini eye make up-nya mulai gelap dan "autumn" banget, mulai pakai dark smokey eyes tapi dengan efek smokey yang hangat. Kece ya warnanya? Sayangnya bulu matanya berantakan :(. Saya baru tahu kalau berantakan pas udah selesai foto-foto dan mindahin gambar ke laptop. Make up-nya udh dihapus. Piye? :(.

Sebenernya akan semakin "autumn" kalau saya pakai lipstik gelap kayak coklat kemerahan gelap atau deep burgundy. Tapi saya kayak lagi nggak pengen "ngerusak" look ini. Saya pengen ini jadi look yang wearable dipakai gaul oleh rakyat jelata cem kita-kita. Jadi saya pakai warna coklat yang nggak terlalu gelap untuk lipstiknya.

Eyes
MAC Paint Pot (base)
Just Miss Pencil Eyebrow: Dark Brown
The Balm Nude Tude Eyeshadow Palette
Sleek Eyeshadow Palette: Dark Matte V2
Inez Liquid Eyeliner
Cosmos Pencil Eyeliner (waterline)
De'eyeko Cherrybell Love is You Lashes
Lupa pakai mascara :D

Lips
Fanbo Fantastic No. 7


3. Green Autumn Make Up

FOTD Racun Warna Warni
FOTD Green Autumn Make Up
Zoom Eye Make Up Look
EOTD Green Autumn Make Up

Nah, sekarang memasuki bulan-bulan terakhir musim gugur. Mulai bosen dan eneg sama warna-warna autumn yang gelap-gelap. Mulai kangen warna-warna yang agak dingin dan ngejreng. Tapi nggak berani lah ya pakai yang neon atau cool banget, karena kan nggak lagi trend. Ntar bisa-bisa dikucilkan dari geng seleb gaul kekinian. Maka saya pilih warna hijau, tapi masih dengan nuansa smokey, gelap, dan hangat. Lagian menurut saya, hijau gelap masih masuk untuk fall season. Untuk lebih memberikan kesan "autumn", saya ngasih efek smokey dengan tone warna yang hangat.

Untuk lipstik saya pilih yang matte, dengan warna yang agak nanggung, dibilang nude enggak, bold juga enggak. Ini saya pakai Purbasari Matte Lipstik no 81 yang kekinian banget ituh.

Eyes
MAC Paint Pot (base)
Fanbo Pencil Eyebrow: Black & Brown
Sariayu 25th Eyeshadow Palette
Sleek Eyeshadow Palette: Dark Matte V2
Inez Liquid Eyeliner
Cosmos Pencil Eyeliner (waterline)
Pixy Volumizing Waterprof Mascara
De'eyeko Cherrybell Love is You Lashes

Lips
Purbasari Matte Lipstik No.81
Just Miss Lip Pencil J-45 (outline)



FOTD Fall Autumn Make Up Look

Thanx ya, gaes, udah baca dan liat-liat muka saya sebanyak ituh. Pasti ntar malem mimpi indah deh, mimpiin saya. Karena saya juga masih belajar dandan nih, jadi saya terbuka kalau ada yang ngasih kritik dan saran. Jadiii, kalau mau ngritik saya tuh nggak perlu repot-repot bikin akun palsu. Pakai akun asli aja, pakai identitas asli. Saya nggak nggigit kok. Apalagi kalau masukannya berguna, saya malah akan sangat menghargai ;).

Dan bagi yang pengen tutorial gitu, boleh request di bawah. Saya akan berusaha banget belajar bikinnya. Thanx ya, gaes. Love you. Sini cium dulu cium dulu :3.

30 comments

  1. Yang ijo aku suka! Entah kenapa... Padahal aku nggak suka warna ijo >.<!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger yaa. Eh aku malah suka banget warna ijo. Kulitku kelihatan lebih coklat gitu kalau kena warna ijo, nggak pucet :D

      Delete
  2. Bagus semua mbak eye makeupnya, apalagi yg look kedua :D buat tutorialnya boleh dong mbak arum

    Salam kenal

    ReplyDelete
  3. bagus semua mbak hihihi
    mau dong tutorial untuk yang gaya pertama :D

    salam kenal

    ReplyDelete
  4. Sukak semua make up look nyaaaa....!!! Tutorialnya ditunggu... :)

    ReplyDelete
  5. Suka bgt ama warna matanya , ditunggu tutorialnya kak ��:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna mataku item aja kok :)).
      Iyaaa, tunggu yak :3

      Delete
  6. Iya ya mba, pas aku cari tutorial autumn makeup di youtube, rata-rata warna nya ya begitu-begitu aja, cenderung gelap & smokey.
    Tapi yang FOTD warna ijo ini aku sukaaaaaa~
    Masih kerasa autumnya tapi gak monoton. Cerah tapi gak lebay kaya warna neon.
    Definitely gonna try this one. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh agak bosen sama youtube makanya nih ^^.
      Makasiihh. Iya yang ijo segerr. Lumayan buat pencerah diantara warna2 autumn yg lain :D

      Delete
  7. suka look yang ke-2, autumn bgt menurutku (sok tau bgt, kaya pernah ngerasain autumn aja hehehe), dan look nya natural cocok buat abege-abege yang gak berani pake warna eye shadow terang macem diriku (berasa masih abege :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...iya yang kedua paling kerasa autumn-y-nya. Tapih yang ini menurutku justru kurang cocok kalau dipakai sama yang gak berani "kelihatan" pakai esedo. Smokey gelap gitu soalnya. Kelihatan banget :D

      Delete
  8. suka banget sama make up yang pertama dan kedua keren banget berasa musim gugur >_< kalo yang ketiga kurang nampol hehehehe kalo ada pictutorial nya mau dong mba lumayan buat belajar make up hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiihh.
      Iya nih sedang diusahakan tutorialnya. Susah fotonya soalnya :3

      Delete
  9. Yang keduaaaaaa... I'm in loveeeeee 💝
    Blendingnya mbak, kece 💝💝💝

    Usarofah.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw..makasih yaa. Iya aku pun kegeeran merasa esedonya cakep bener. Tapi bulu matanya merusak suasana :)).

      Delete
  10. Green Autumn ketjeh sekali mbaaa... hehe
    salam kenal Mba Arum ^^
    Kenapa blognya Mba Arum tuh asik yah...

    Blacksugar by Adhelia Fa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiihh. Salam kenal yaa. Ah bisa aja kamuh :p

      Delete
  11. Mba arum yg difoto look kedua keliatann cantik bgt ^^
    Nggak keliatan beleberan , dh terpesonaa sama eisedow nya ..

    Bikin tutorial yg kedua sama ketiga mba
    Belum perna pake ijo gt soalnya ,bingung gimana pantesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiihh. :3 :3
      oke dicatat dulu yah. aku belajar bikin pictorial dulu

      Delete
  12. Yang ijoooooooo mbak eee.... Tsaaakeeeppppp!!!!! Tutorial duoooonkkk

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.