Review: Maybelline Watershine Pure Lipstick R21

36 comments
Review Lipstik Maybelline

Saya tau kok, sekarang yang lagi nge-hip itu si Bold Matt Lipstick. Tapi saya nggak demen sih sama si Bold Matt. Pas nge-swatch di counter, Bold Matt ini tekturnya matte, tapi tipis, jadi kaya nggak bisa nge-cover bibir dengan sempurna. Kalau saya bilang sih mirip-mirip tekstur Mirabella Colorfix Lipstick. Tapi tega amat ya Maybelline saya bandingin sama Mirabella?

Saya sih suka-suka aja sama lipstik matte, tapi untuk lipstik matte, saya lebih suka yang memang coverage-nya bagus dan bisa nutup bibir saya dengan sempurna. Kalau lipstik matte yang warnanya malu-malu saya kurang suka.

Saya malah akhirnya ngelirik si Watershine. Saya pernah cerita di post ini kalau saya ngiler berat sama si Watershine Lipstick R21. Duluuu, jaman si Watershine ini nge-hip, saya masih dalam statitusasi konspirasi kemakmuran. Labil ekonomi gitu lho. Watershine ini memang ngetop pas jaman-jaman saya masih kuliah. Belum punya gaji sendiri. Jadi saya cukup ngiler aja waktu itu.

Sekarang pas saya udah mendapat harmonisisasi, eh...trend-nya bergeser jadi lipstik matte. Lipstik yang becek-becek semacam Maybelline Watershine ini tersingkir. Apalagi menurut berbagai macam sumber, tipe bibir seksi seperti bibir Angelina Jolie dan bibir saya begini kurang cakep kalau dikasih lipstik glossy. Bakal kelihatan makin seksi katanya. 'Si berbagai-sumber' insekyur amat ya? Takut seksinya tersaingi.

Tapi kalau saya sendiri sih nggak masalah pakai lipgloss sekalipun. Saya memang nggak mau membatasi penggunaan make-up di muka saya sendiri. Lain kalau misalnya saya ini MUA. Itu berarti saya harus memperhatikan teori komposisi make-up yang tepat untuk berbagai bentuk wajah. Tapi berhubung ini muka saya sendiri, jadi ya saya mau membebaskan diri untuk berkreasi. Kan seperti yang udah sering saya bilang: "Nggak ada aturan dan nggak ada yang salah dalam tehnik merias muka, apalagi muka sendiri."


Kemasannya Kaya Apa?

Detail Kemasan

Kaya lipstik biasa aja sih, tapi tabungnya warnanya perak mengkilat dan bisa buat ngaca. Polos nggak ada gambar apa-apa. Kode shade-nya ditulis di bagian bawah tabung, lengkap dengan stiker yang warnanya mirip sama warna lipstiknya. Biasa aja sih menurut saya.

Bentuk Lipstik Baru

Tapi walaupun biasa, saya suka banget lho sama lipstik yang bentuknya kaya begini. Tau kenapa? Saya tergila-gila dengan bentuk (shape) ujung lipstik baru yang miring begini. Duhh...gemesin tau nggak sih?! Bentuk lipstik yang begini ini juga nih, yang bikin saya nggak tahan beli-beli lipstik mulu. Apalagi kalau stock di rumah tinggal lipstik lama, yang ujungnya udah kepake sehingga bentuknya mendatar, boring bok.


Warnanya Apa?

Maybelline Watershine Pure Lipstick R21

Saya memilih shade R21, yang mana warnanya merah cabe. Tapi beberapa waktu yang lalu, Puput protes via twitter. Katanya penggambaran warna merah cabe itu nggak valid. Soalnya kan cabe sendiri ada berbagai macam varian. Katakanlah cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, cabe lokal, cabe import, cabe keriting, dan entah apa lagi, yang mana masing-masing jenisnya punya warna khasnya sendiri-sendiri.

Jadi, R21 ini warnanya merah segar dengan hint oranye. Ada yang bisa bantu saya nggak, ini warna merah untuk cabe jenis apa?


Bisa Nutupin Item-item di Bibir Nggak?

Mengoleskan Produk Di Tangan
atas: satu kali swatch
bawah: tiga kali swatch

Nggak bisa. Lipstik ini coverage-nya sheer aja. Cuma bikin bibir ada warna semu-semu merah-merah seger mengkilatnya gitu, tapi nggak bisa nutup bibir dengan sempurna seperti layaknya lipstik. Kalau saya bilang sih ini lebih kaya lipgloss dibanding kaya lipstik.

Ini tips juga buat temen-temen yang pengen pakai lipstik warna bright tapi sebenernya masih kontroversi hati, belum begitu pede gitu. Temen-temen bisa pilih bright lipstick yang coverage-nya sheer dan teksturnya glossy. Hasilnya bakalan tetep kelihatan natural, nggak menor banget.


Jadi, Hasilnya Glossy, Gitu?

 Pemakaian Di Bibir

Iya banget! Lipstik ini memang klaimnya punya kadar air yang cukup tinggi. Hasilnya di bibir tampak glossy. Tau kan, glossy? Itu lho, efek habis makan pizza. Bukan gorengan. Kalau efek habis makan gorengan ntar dibilang jelek dan murahan lagi. Kalau pizza kan rada mahalan :|.


Kalau Kadar Airnya Banyak, Berarti Melembapkan donk?

Sebelum dan Sesudah Memakai Lipstik
atas: polosan
bawah: pakai Maybelline Watershine R21

Nggak juga sih. Pas pertama kali dioles memang berasa lembap. Berasa licin, langsung meluncur lancar di bibir, dan nggak berasa seret kalaupun bibir lagi kering. Kalau beauty blogger-beauty blogger bilang sih: Glides onto my lips smoothly gitu loh!

Tapi itu cuma awalnya. Lama kelamaan, glossy-nya ilang dan berasa bibir saya kekeringan. Tapi nggak masalah sih, nggak parah-parah amat kok ngeringinnya. Kalaupun mau di-touch-up lagi juga hasilnya akan bagus lagi, nggak kelihatan kering. 

Kalau saran saya sih sebelum pakai lipstik ini, tetep pakai lipbalm dulu sebelumnya. Tapi ya saya sendiri suka lupa (atau males) pakai lipbalm dulu. Soalnya tanpa lipbalm-pun lipstik ini tetep bagus dan nggak berasa kering pas awal pemakaian. Baru setelah beberapa lama terasa deh keringnya.


Daya Tahannya Oke Nggak?

Kalau untuk efek glossy-nya, daya tahannya jelek banget. Ibaratnya kena angin aja ilang. Tapi kalau warnanya nge-stain lumayan awet di bibir saya. Tapi ini saya cuma cobain yang R21 yang mana warnanya merah lho ya. Kan lipstik warna merah yang bright begini memang warnanya cenderung lebih awet kalau dibandingkan dengan lipstik warna nude atau warna-warna muda. Kenapa ya? Ah itulah misteri alam. Sudah jangan dikuak.


Apa Aja Sih Bahan Yang Terkandung Dalam Lipstik Ini?

Product Ingredients

Nih, kelihatan nggak? Kalau enggak ya udah lah ya, saya males nulisnya. Paling juga nggak dibaca kan?


Kesimpulan
fOTD Memakai Lipstik Maybelline
Maybelline Clear Smooth BB Silk Cake Powder: 03 Natural
Elf Treat & Tame Eyebrow Mascara: Dark brown
Maybelline Hypersharp Fine Liner
Kryolan Eyeliner Pencil
Maybelline Watershine Pure Lipstick R21

Saya sih lagi sukaaa banget sama lipstik ini. Lipstik yang sheer dengan warna segar begini bikin penampilan saya kelihatan seger juga, tanpa perlu banyak make-up. Untuk hasilnya, menurut saya agak-agak mirip dengan Revlon Lip Butter. Cuma Maybelline Watershine ini lebih sheer dan batang lipstiknya lebih keras sih, enggak benyek-benyek, jadi lebih kerasa efek lipgloss-nya.
  • Nggak ngeringin pas awal dipakai
  • Agak bikin bibir kering lama-lama
  • Sheer coverage
  • Glossy finish
  • Glossy-nya kurang awet
  • Warnanya nge-stain lumayan lama (hanya diuji coba pada R21)
  • Pilihan warnanya banyak

Harganya Berapa?

Rp 52 000,- per batangnya. Saya bilang sih mahal, secara saya habis kalap sama Wardah Matte Lipstick yang murahnya gilak.

36 comments

  1. Aq juga suka banget sm water shine :), lg mikir2 utk ngereview apa udah ketinggalan jaman banget ga ya, tyt Arum dl an nge review, ikutan ahh hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ketinggalan kok Mindyyy :D. Yuk di review juga ^^

      Delete
  2. yah, kok mirip wardah hydrogloss yang aku pake? Warnanya mirip pula merah keorenan.. hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya aku pertamanya ngelirik hydrogloss loh, Miz. Tapi dua konter wardah yang aku singgahi nggak punya warna yang begini. Yang merah begini. Adanya pink sama pure orange gituh.

      Delete
  3. Aku juga punya nih yang warna pink! Tapi kok di aku jadinya malah gonjreng gitu yah, warnanya tuh tokcer banget. Tapi agak kurang suka sih aku kalo sama lipstik yang glossy gitu, bibir serasa tumpe-tumpe, jadi abis pake malah di blot pake tissu biar glossnya ilang. *kalo gitu buat apa beli yang watershine* muahahahaaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kamu bisa gonjreng. Bibir aslimu pale ya, Van? Iriii...nggak item kaya aku T.T. Aku malah syuka yang glossy2, mengundang dikecub beginih :))

      Delete
  4. Aku juga punya Maybelline watershine pure tapi yg shade #22. Warnanya sheer pink muda. Kurang nampol untuk ukuran lipstik jadi biasanya aku pakein stlh pake liptint kayak lipgloss gitu jd bisa glossy2 dan finishing hehehee... tapi lucu juga yah yg shade #21 nya ♥_♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sempet colek tuh #22 sama #23. Cakep jugaaa pengeenn. Iya memang ini sheer2 aja, nggak nampol warnanya :D

      Delete
  5. Aihh warnanya bagusss yaak ..
    Jd pengeenn makasii kak racunnn :3

    ReplyDelete
  6. eeeh.. aku juga punya nih lipstick.. tapi Red Appel.. Emang enak kok Lipstick ini

    ReplyDelete
  7. Jaman pada ngetrend watershine ini aku malah enggak tau itu apa ses #LOL
    Secara baru ketularan bencong gara2 temenan sama qamoehhhh......

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apelukateee?? Jaman akuh masih main gundu kamu udah mbencong, braaaaa

      Delete
  8. aku malah lagi ngidam yang bold matte... ahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya pengen juga yang bold matte. Setelah ngeswatch jadi nggak pengen. Nggak cakep cyn. Mending softmatte lip cream NYX aja sekalian, harganya nggak beda jauh kalau PO :D

      Delete
    2. wah wah.. aku jadi galauuu
      hihihihi
      gitu y? aku malah belum sempet ngeswatch juga sih ....
      makasih deh infonya mbak arum :)

      Delete
    3. Swatch aja dulu di konternya. Barangkali demen ^^

      Delete
  9. bagus hasilnyaaa... keliatan natural tp bikin wajah jd segerrr...
    =)

    ReplyDelete
  10. hah sekarang udah 50an aja harganya. efek labil ekonomi kali ya, bhahahaha. Aku punya yang B24, dulu tapi harganya masih blm sampe 40an. Oia,, yang B24 suka aku pake buat nimpa wardah matte 15 loh mbak, warnanya jadi baby pink unyu2 gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyee, semua mua naik sekarang. Masa ya harga Inez juga naik #curhat.
      Hiks..lipstik2ku termasuk wardah matte udah pada di Jakartaaaa. Nggak bisa eksprimen dah T.T. B 24 warnanya pink cetar yak?

      Delete
    2. Kaaan,, baru niat beli malah udah naik pula, kudu puasa dulu ini.hihi
      yah sayang sekali. Itu lipstik ajaib kalo dicampur ama yang lain, berasa punya lipen baru.
      Nggak cetar kok, dibibirku malah susah keluar warnanya kalo dipake sendirian.

      Delete
    3. Hmm..boleh tuh idenya. Ini besok si R21 juga mau ta campur2 ah. Bhihihik...thanx ya ses

      Delete
  11. hai,
    thanks buat infonya,kalau aku suka sama lipstick NYX,yupz yang softmatte tahan lama di bibir dan warnanya juga ngk ngejreng,cocok buat diake harian.
    salam kenal ....

    www.beautyandtheblog.co
    www.merrygunawaty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..NYX softmatte emang andalan semua orang kayaknya :))

      BTW, mbak Merry, kamu udah komen salam kenal di blog ini 9 kali lho *meringis*

      Delete
    2. oya? ;)
      menambah pertemanan kan,siapa tau kita bisa ketemu di sebuah event tidak terduga :))

      Delete
    3. Iyaaaaa...
      Semoga bisa ketemu yak suatu saat ;)

      Delete
  12. wiii suka deh ngliat watershine yg dipake mba, jd kliatan seegeer gitu, aq tertarikny yg warna pink tp berhubung aq d byk bgt py lipstick + lip tint warna pink kutunda dulu wong ngabisin yg masih ada aja ngos"ngan >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye seger banget warnanya. Aku juga sempet galau sih, mau yang agak pink atau ini. Hihihi... Ayok beliii. Kamu kan ratu lipen cetar!! :D

      Delete
  13. mbak bibirmu bisa cucok badaiii...... ajarin poto bibir sekseeh kayak gitu dunk :D
    *salah pokus*
    >akhirnya bisa keluar juga komennya hihihihihi *tepuk tangan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajarin photo? Seksi mah masalah bibirnya, bukan fotonya :D

      Delete
  14. Hai mbak... Salam kenal. Gw biasa silent reader nih. Masih bener2 baru colak-colek yang namana make up. Itu juga punya tante. Pas gw niatin mau belanja tu alat ngelenong, ngublek lah blog mbak. Nah pas baca beuy haulnya, gw baca tuh kalo mbak pake Elf Treat & Tame Eyebrow Mascara: Dark brown. Yah namanya gw kebanyakan gaya, gamau pake pensil alis biasa, bela2in tuh mbak gw ikutan PO. Daaaan apa yang terjadiiii?? Alis gw jadi alis sinchan tiap pake tu elf. Nggak kaya punya mbak yang kece abis ituh di atas. hhahaha... Kapan2 share donk mbak how to use-nya itu alat. biar ga keterusan gw pake buat dandanin ponakan gw jadi Shincan. hahahha... Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Larasdex :)
      Aku agak2 ragu nih mau ngereview elf, soalnya aku nitip temen & nggak tau belinya dimana, nggak pengen recomen tempat belinya juga. Padahal kalau review produk yang beli OL gitu pertanyaan terbanyak pasti: Beli dimana. :D
      Mungkin alisnya mbak Laras udah tebel ya? Coba cari warna yang lebih muda deh. Atau mungkin juga alisnya mbak Laras nggak cocok pakai warna coklat. Kalau itu, coba cari warna abu2 (kaya Sariayu Automatic brow pencil yang warna item itu warnanya abu2).

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.