Review & FOTD: Wardah Matte Lipstick

54 comments
Hasil Pemakaian Di Bibir


Artikel ini pernah diterbitkan juga di: Looxperiments.

Yang ngaku lipstick junkie, mana suaranyaaa??

Saya juga lipstick junkie. Dan eyeshadow junkie. Dan blush-on junkie. Dan eyeliner junkie. Kyaaa...semuanya deh! Lipstik saya buanyak banget, tapi lipstik andalan saya saat ini adalah lipstik dari Wardah, yang varian Matte Lipstick. Hampir setiap hari saya pakai Wardah Matte Lipstick ini.

Lipstik Sehari-hari

Saking sukanya saya sama lipstik ini, saya sampai punya lima warna. Dan rasanya masih kepingin nambah-nambah terusss. Apalagi harganya juga termasuk murah, cuma Rp 28 000 aja, dan kalau di toko kosmetik biasanya masih diskon lagi :D.

Kemasan Simpel

Walau namanya matte lipstick, tapi dia sama sekali nggak matte. Masih ada kilapnya, dan ada sensasi lembapnya di bibir kalau dipakai. Tapi nggak over glossy. Nggak tau kenapa deh ini dinamain Matte Lipstick. Saya sih nggak terlalu suka matte lipstick yang beneran, soalnya bikin bibir saya kering dan rasanya nggedibel gitu di bibir.

Product Ingredients

Sejauh ini, Wardah Matte Lipstick adalah lipstik yang paling bersahabat dengan bibir saya, dan kantong saya juga. Lipstik ini enak banget dipakainya, lembut gitu di bibir. Gampang dioles, dan warnanya langsung nyatu dan bisa menutupi warna asli bibir dalam sekali oles. Terus dia nggak bikin bibir kerasa kering.

Kalau daya tahannya saya nggak yakin sih. Soalnya saya dikit-dikit makan. Jadi pakai apapun di bibir juga nggak bakalan tahan lama, harus rajin-rajin oles ulang. Nah, karena saya suka oles ulang ini juga, saya suka Wardah Matte Lipstick. Karena pas dioles ulang, dia teksturnya masih enak aja. Nggak kerasa kering dan berat kayak lipstik-lipstik lainnya.

Duluuuu banget saya pernah cobain Wardah Matte Lipstick, tapi nggak suka. Seret gitu di bibir, dan bikin kering. Tapi kayaknya sekarang lipstik ini udah reformulasi. Sekarang teksturnya jadi jauuuh lebih baik.

Selain varian Matte, Wardah juga punya lipstik yang seri Exclusive, yang katanya kandungan pelembapnya lebih banyak daripada Matte Lipstick. Tapi saya malah nggak cocok sama Wardah Exclusive Lipstick. Varian Exclusive bikin bibir saya kering dan pecah-pecah. Sementara yang Matte ini enggak.

Yang saya suka lagi dari Lipstik Wardah, menurut saya untuk merk lokal, produk lipstik yang warnanya paling banyak dan paling berani bervariasi adalah dari Wardah. Makanya cocok banget buat yang suka coba-coba berbagai warna lipstik, atau yang mukanya tipe lipstickgenic kayak saya :D.

Warna-warna Lipstik Wardah
Swatch Berbagai Macam Warna

Kiri ke kanan: 15. Bronze Nude, 17. Gorgeous Pink, 18. Rossy Pink, 19. Essential Nude, dan 20. Nudish Peach

Warna-warna yang saya punya kebetulan nyaris berurutan, yah. Tapi beneran deh, itu nggak sengaja. Saya belinya satu-satu kok, nggak langsung semuanya saya borong. Tiap lewat konter Wardah pasti mampir sebentar, terus nggak sengaja (?) ngambil satu lipstik yang saya suka, yang saya belum punya *ini penyakit, harus dihentikan*.

Kalau lipstik-lipstik dari merk lokal lain yang pernah saya coba (misalnya: Pixy dan Sariayu), beda warna bisa beda kualitasnya, meskipun variannya sama. Ada warna-warna yang tekstur dan pigmentasinya bagus. Yang bagus ini biasanya tipe-tipe warna yang gelap. Tapi ada juga yang jelek. Tapi kebetulan nih, dari lima warna Wardah Matte Lipstick yang saya punya, kualitasnya sama, bagus semua. Asik!

Saya bahas satu-satu warnanya:


15. Bronze Nude

Lipstik Warna Nude
 
Ini lipstik andalan saya banget! Hampir setiap hari saya pakai. Saya udah repurchase berkali-kali. Warnanya sebenernya pasaran sih. Di merk-merk lain juga pasti ada warna kayak begini. Tapi saya udah kadung suka banget. Jadi nggak papa deh warna bibir saya sama kayak sejuta umat.

FOTD Memakai Lipstik Wardah
Pemakaian Di Bibir

Yang sering ketemu sama saya pasti udah sering banget lihat saya pakai lipstik ini. Untuk sehari-hari saya memang kurang suka dandan yang berat-berat. Cukup pakai bedak tabur, eyeliner, brow mascara, sedikit blush, dan natural lipstik pakai ini.


17. Gorgeous Pink

Shade Gorgeous Pink

Warna yang ini lucu deh. Nama shade-nya Gorgeous Pink, tapi warnanya nggak ada pink-pink-nya sama sekali. Lucu kan? Udah namanya Matte Lipstick tapi ternyata teksturnya nggak matte, terus nama shade-nya Gorgeous Pink tapi nyatanya warnanya malah oranye dan sama sekali nggak pink :|.

FOTD Memakai Gorgeous Pink
Pemakaian Di Bibir

Warnanya cerah banget, bikin muka jadi seger seketika. Karena warna oranye-nya kenceng dan terang, kayaknya warna ini kurang cocok untuk yang kulitnya pink undertone.


18. Rosy Pink

 Shade Rosy Pink

Nah, kalau yang ini nama shade sama warnanya cocok :D. Pas pertama lihat lipstik ini di konter, saya langsung suka. Ini juga tipe warna yang terang dan cerah.

FOTD Memakai Shade Rosy Pink
Pemakaian Di Bibir Shade 18

Warnanya bright warm pink. Menurut saya, warnanya yang warm pink bikin lipstik ini bisa masuk ke kulit yang yellow maupun pink undertone.

Bright Lipstick kayak Rosy Pink dan Gorgeous pink ini dipaduin sama eye makeup yang simpel dan natural aja udah cukup, nggak perlu eye makeup yang ribet dan berat. Tapi nggak cocok dipakai kalau muka kita lagi kucel dan berminyak. Jadi pastikan muka kita selalu rapi, nggak berminyak, dan foundation yang kita pakai nggak geser pada saat memakai lipstik ini.

Rempong ya? Ya siapa bilang dandan itu nggak rempong?


19. Essential Nude

 Shade Essential Nude

Favorit saya selain Bronze N! Ini tipe warna natural juga. Kalau Bronze N warnanya lebih ke natural peach, Essential N ini warnanya natural pink. Sama-sama natural untuk harian.

FOTD Essential Nude

Pemakaian Di Bibir

Sekilas warnanya mirip Rosy Pink, yak? Tapi nggak kok. Berasanya juga beda banget pas dipakai. Kalau Rosy Pink itu tipe warna yang bright, Essential N ini lebih kalem dan natural, lebih cocok kalau mau dipakai harian.

Pas pakai Essential N ini perasaan saya sama saperti kalau saya pakai Fanbo Gloria Lipstick No. 13. Mungkin karena warnanya setipe sih, walau Essential N ini pink-nya lebih kenceng daripada Fanbo No. 13.


20. Nudish Peach

Warnanya Super Pale

Yang terakhir ini warnanya super pale. Pucet banget. Saya sih nggak suka pakai ini sendirian. Biasanya saya pakai untuk campuran warna lipstik lain. Bisa juga dipakai untuk menetralkan warna lipstik yang terlalu tua, terlalu terang, atau terlalu cool.

Lipstik ini di-mix sama lipstik warna ungu hasilnya jadi barbie pink, cantik banget.

FOTD Memakai Warna Pucat

Tapi kalaupun mau dipakai sendiri juga bisa sih. Padukan dengan bold eye makeup untuk menyeimbang warna bibir yang udah super pucet.


Perbandingan Semua Shade

Atas - bawah: 15. Bronze N, 17. Gorgeous Pink, 18. Rossy Pink, 19. Essential N, dan 20. N Peach


Saya sudah membandingkan lipstik Wardah yang seri Matte, Exclusive dan seri Long Lasting juga. Jadi temen-temen bisa milih, lipstik Wardah mana yang paling cocok buat teman-teman :).

Semua Lipstik Wardah

Long Lasting - Matte - Exclusive

Jika kalian suka, kalian bisa membeli produk lipstik wardah disini. Salam bibir :3

54 comments

  1. daku masih cinta sama longlasting hihi... ini baru matte beneran...

    kalo yg seri matte demen sama bronze nude, velvety brown, n peach... Velvety brown kayaknya gak ada brown2 nya.. lebih ke pinky.. eh ada deh ya kayaknya hint coklatnya.. hmm gak ngerti deh...haha... tapii.. essential nude bagus juga walnanyahhh... racun ya blog ini... huhuhuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah nggak suka yang matte beneran, Mizha. Bibirkuh kan kering banget :(. Tapi emang sih warna yang kamu rekomen itu cuakep pol T.T

      Aku jadi mengincar velvety & peach. Duhh.. Iya essential cakep, Mizha. Wajib punya. Wajiiibbb :D

      Delete
  2. seri 13 juga baguss lho (• ˆ⌣ˆ •)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa... Catet, catetttt....

      Delete
    2. cocoa look jengses. apik tp ga ada coklat2nya, nama ama warna sedikit ga sinkron weheheheh, lebih menjurus ke warna merah coklat / merah ati. *cmiiw*

      rosy pink ama essensyel nyud lutu ih :D tar beli ah.

      kmrn beli si 13 cocoa look kudu ngerogoh kantong 23rb sih. mayan lah :D

      Delete
    3. Cocoa look ya namanya. Hahaha...oke oke
      Haduhh...ini niatnya ngeracunin malah keracunan akunya :

      Delete
  3. wahh kita sama mba, nyobaan yang exclusive malah bikin bibir kering kerontang kaya di gurun -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeee. Aneh yak? Padahal klaimnya pelembabnya lebih buanyak -"-

      Delete
  4. Mbak Arum, tadi sore baru aja beli lipstick wardah. Aku udah ada yang bronze nude. Trus aku beli yang peach. Ternyata terlalu cerah buat aku.. Hiks.. Tau gitu beli yang essential nude ya.. Udah pegang warna itu tadi..
    Long lasting nya bagus ga, mbak? Ditunggu review nya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bronze Nude-nya terlalu cerah yah? Padahal itu diaku agak gelep lho, masih cakepan si Revlon Almost Nude :0
      Hihihi...kapan2 beli lagi jeng, yang essential cakep.

      Long lasting-nya jelek :(. Bikin kering bibir banget + pigmentasinya juga jelek :( :(

      Delete
  5. selain nudish peach warna lainnya bagus bagus, racuuuuunnn >,<
    pengen beli ah, biar lebaran pake lipstick bayuuu *plaakk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukkk beliiii...
      Eh Peachy Nude dibeli ajaaa. Mayan buat di mix lipen lain. Jadiin concealer bibir gitu lhoh :D

      Delete
  6. Mb arum..
    Slm kenal..
    Sy bru bljr dandan..
    Mhn bntuan'a..coz buta bgt ttg dandan..

    ReplyDelete
  7. Halo mbak, lipstiknya ngestain merah ga mbak? Dulu pernah punya yang nuddish peach, warnanya cantik banget awal pemakaian, tapi lama kelamaan kering banget, menggumpal, dan ninggalin stain merah parraaahh... Akhirnya aku buang deh.
    Kalau bener yang sekarang udah direformulasi dan ga ngestain lagi, aku mau beli lagi, soalnya warnyanya sukaa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku lagi pakai si nuddish peach, aku coba hapus, nggak ngestain tuh, mbak :D. Tapi duluu seingetku si matte lipstik ini memang ada warna yang ngestain merah, ada yg enggak.

      Delete
  8. Ihh warnany yg gorgeous pink cakeeep banget~
    Kelihatan fresh dimuka XD
    Thankyou kak uda d follow blog ak ^__^ Makasiiiih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, warnanya segerrr.
      Hooh kik. Aku tu sering lho blogwalking. Cuma kelupaan atau malah nggak kepikiran gitu mau follow2 --"

      Delete
  9. aq pernah pakai yg seri exclusive lipstick, jeng, lumayan, sekali oles uda pigmented, warnanya keluar banget, suka..
    lipstick2 lokal emang juara dech pigmennya :D
    mungkin bakal icip2 yg ini juga *racun detected, alert >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akuh kurang demen yang exclusive, jeng. Keriinggg. Okean yang inik ciyus :D

      Delete
    2. gitu ya, wah jadi makin pngn coobbaaaa :D

      Delete
    3. Asiikk.. Tar diripyu jugak yak. Siapa tau nemu warna ajib yang lain :D

      Delete
  10. Suka banget sama Gorgeous Pink! Segeer , walaupun sama sekali gak ada pink-pinknya
    *masukkin wishlist*

    Salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gotgeous pink warnanya sueger banget. Ada lagi yg lebih seger, shade orange.

      Salam kenal, Vina :)

      Delete
    2. yang orange yang nomer berapa mbak? dari kemaren nyari lipi orange bingung..akhirnya dapet mirabella chic yang nomer 6 :)

      Delete
    3. Aku lupa mbak, nomornya. Nggak apal. Hehe.. Tanya aja sama BA-nya. Minta shade: "orange" atau "peach". Dua itu orenjes warnanya. Mirabela bagus ya?

      Delete
    4. bagus warnanya cuman agak kering gitu..musti pake lipbalm dulu..ladypon udah pernah ngereview yang nomer 6 itu.. waktu itu karena pingin banget warna orange dan pas lebaran..jadi nemunya cuma itu heheh

      Delete
    5. Itu tebakanku kaya viva gitu, ngeringin. Bibirku sensi jeung. Gampang banget kering :'(

      Delete
  11. mosok di aku bronze nudenya jadi pucet banget! nggak adil ini! curang! curang! aaaaarrrrgggghhhh! D:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kekuatan iman, harapan, dan kasih sayang, bra *kepalkan tangan dan angkat ke atas*

      Delete
  12. nuddish peach nya keren keliatannya buat dicampur-campur sama lipstick lain. esential nude juga keliatan cakep banget >.< kira-kira kalo kulitnya aga gelap jadi keliatan pucet banget ga ya ses esential nude nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Essential nude-nya nggak pucet kok. Nude pink tapi menurutku wearable banget, bahkan di kulit gelap :)

      Delete
  13. wardah matte lipstick ini ada yang warna nya baby pink gitu ga mbak? :)

    ReplyDelete
  14. mbak aku baru beli wardah matte lipstick 15 bronze nude dan SUKA bgttt!!! ngga nyesel. warnanya cantik & calm. hampir sama kyk revlon 117 almost nude cuma lebih kaleman bronze nude :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh itu si Almost Nude beneran DC ya, mbak? Duh..sayang banget aku penggemar lho T.T

      Delete
  15. Hai Mbak Arum, akhirnya aku bikin blog juga nih gegara tiap mau beli kosmetik wajib deh yang namanya baca review dari blog ini. Bolehnya yaa aku kepo-kepoin blognyaaa... Mohon bimbingannya *salim*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Nyolaras.
      Mana nih link blog barunya? :))

      Delete
  16. Waah,tergoda sm si gorgeous pink,pingn punya matte lipstk wardah yg warna oren...setelah beli eehh ternyata di aku sesuai dengan namanya,jadinya ya pink2 gitu,bukan oren...aah sedih,kok bisa sih mbak arum warna jd oren2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh, masa jadinya pink :0. Di aku orenjes banget lhoo.
      Atau cobain Wardah Matte Lisptick yang warna Peach aja mbak. Itu kayaknya nggak bakalan pink deh jatohnya :)

      Delete
    2. Iya,suer wer wer deh.. gara2 kena racun mbak arum nih ak gak pake basa-basi waktu dikonternya eeh sampe rumah kok pink-pink lebay gitu,ak kan dah pake long lasting yg pink sorbet..aaaahhhh ngiri -_-

      Delete
    3. Sok cobain yang Peach, mbak. Kayaknya cocok :)

      Delete
  17. Mbaag bibir q kan warnanya hitam gitu akibat rokok
    Jadi bingung kira2 warna yang cocok buat bibir q yang mana yaa
    Bibirnya juga rada kering jadi kalo pake lipstik cepat menggumpal
    Maksih mbag

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai warna yang pigmented, yang bisa nutup bibir. Jangan pilih warna yang sheer atau warna muda. Kalau bibir kering, pakai lipbalm sebelumnya.

      BTW, "mbak" itu pakai "k" bukan "G" ^^

      Delete
  18. mba, kmrn ak beli yg matte no 14 atau 15 gitu lupa, sebelumnya beli lipstik wardah yg exclusive krn kepengin nyobain yg matte akhir nya beli yg matte, ternyata.....gak cocok di bibir ak :( pas dioles kesannya kering, jd harus pake lipbalm dulu, ribeeet mba kl harus pake lipbalm dulu hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh aku beli harganya 32rb....

      Delete
    2. Kalau aku malah nggak cocok sama yg exclusive, bibir jadi kering riiingg banget :'). 32? Mahal aja, mbak. Aku nggak nyampe 30 lhoh belinya ^^

      Delete
  19. mbak, di foto yg pake bronze nude,mbak pake make up apa aja ya? plus merk2-nya sekalian kalo bisa mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak makeup lengkap kok itu. Pake Skinfood Buckwheat Loose Powder, Blusher Revlon yg Tawny Peach, Elf Brow Mascara yg Dark Brown, sama Ranee Liquid Eyeliner :)

      Delete
  20. mau beli yang nudish peach ah. saya nggak terlalu suka kepoin lipstik sebenarnya cuma kebetulan lewat salah satu tulisan teteh jadi nyasar (?) kesini. makasih teteh review nya. udah lama cari warna lipstik super pucet buat cosplay biar nggak usah tap-tap foundie di bibir buat efek pucat. mukyaaaaa >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nudish peach cakep banget kalau dijadiin semacem concealer bibir gituh ^^

      Delete
  21. Mbak,lam kenal. Kulitq kan sawo matang, bagusan mana yah cocoa look sm bronze nude di aq kira2? Kmrn uda beli velvet brown, tapi lbh ke pinky yaa, pdhl ngarep agak coklit gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh..kalau itu harus dicoba sendiri ^^. KE counter aja, kan pasti ada testernya.

      Delete
  22. kalau merah wardah matte ada ga ya seri warna nya merah tapi ga tua..makasih ya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.