Sunscreen Review: Skinaqua UV Moisture Milk SPF 50 / PA +++ & Melanox Face UV Protection SPF 30 / PA ++

100 comments

Dulu, saya nggak terlalu peduli sama sunblock. Pokoknya asal di moizturiser saya ada UV filter-nya, cukup sudah :D. Tapi setelah baca artikel dan review di sana-sini, ngobrol sama orang itu dan ini, saya jadi ngerti kalau sunblock itu penting banget! Karena sinar matahari itu jahat banget untuk kulit kita.

Ini nih efek buruk sinar matahari
  1. Radiasi sinar UV A dapat menimbulkan kerusakan pada kulit seperti kerutan dan gejala penuaan dini. Selain itu, juga menyebabkan kulit kita menjadi hitam (tanning)
  2. Paparan sinar UV B yang terlalu lama dan terlalu sering dapat menyebabkan kulit terbakar, dan meningkatkan kemungkinan kulit kita terkena kanker kulit.
Percuma banget kan kalau kita rajin melakukan perawatan, mengoleskan krim anti aging, krim pencerah, krim pelembab, dan krim-krim yang lain, tetapi kulit kita tetap tidak terlindung dari paparan sinar Matahari? Krim-krim tersebut tentu saja menjadi tidak berguna.



Nah, agar krim-krim yang kita oleskan dan perawatan yang kita lakukan untuk kulit kita nggak sia-sia, kita harus melindungi kulit kita dari sinar Matahari. Caranya adalah hindari paparan sinar matahari pada jam 10.00 - jam 16.00. Kalau jam sudah mendekati pukul 10.00, masuklah ke bunker kedap cahaya, dan keluar lagi setelah jam 16.00 :D.

Maaf saya bercanda :))). Tapi saya serius bahwa sinar Matahari pada pukul 10.00 - 16.00 memang merupakan sinar yang jahat bagi kulit kita. Pada jam-jam tersebut, memang sebaiknya kita menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Tapi sebagai orang yang hiperaktif, jujur saya nggak bisa menghindari terpapar sinar matahari secara langsung pada jam itu. Jadi saya memilih pengaman lain, yaitu krim pelindung kulit dari sinar matahari, atau SUNBLOCK, dengan SPF minimal 30 / PA ++.

Bila lebih sering berada di dalam ruangan atau dirumah saja, sunblock tetap diperlukan, karena sinar matahari dapat menembus kaca (ruangan tetap terang walau tanpa lampu saat siang hari kan?). Gunakan sunblock dengan minimal SPF 15 bila kita sering beraktifitas di dalam ruangan. Sekarang juga sudah banyak produk moizturiser yang mengandung SPF 15.

SPF atau Sun Protecting Factor akan melindungi kulit kita dari sinar UV B. Angka pada SPF menunjukan daya tahan perlindungannya terhadap kulit. Misalnya SPF 15, berarti akan melindungi kulit kita dari sengatan sinar Matahari selama 15 x 10 menit, yaitu selama 150 menit atau sekitar 2,5 jam. Sedangkan PA atau Protection Grade of UV A, sesuai dengan namanya, melindungi kulit kita dari UV A. Semakin tinggi "+" nya, semakin tinggi juga proteksinya.

Sebenarnya, pada saat ini sudah banyak produk-produk kosmetik seperti: BB cream, Foundation, dan Bedak yang menyertakan kandungan SPF yang lumayan tinggi di dalamnya. Tapi saya termasuk orang yang tidak percaya pada kandungan skincare yang terdapat di dalam make-up produk. Dan memang sampai sekarang, walau saya mempunyai BB cream atau Foundie ber-SPF, belum ada yang "nampol" mencegah kulit saya terkena efek buruk sinar matahari. Makanya saya tetap menggunakan sunblock, walau produk-produk kosmetik saya ber-SPF.



Melanox Face UV Protection SPF 30 / PA ++


Saya termasuk orang yang sering gonta-ganti merk sunblock. Soalnya belum nemu yang pas gitu sih. Rata-rata sunblock yang saya coba membuat kulit saya berminyak dan kusam saat dipakai. Sebagai orang yang banci tampil, saya jelas merasa terganggu sekali dengan efek samping itu :D.

Saya membeli Melanox ini karena:
- reviewnya bagus
- saya beli sepaket dengan serum melanox premiumnya
- harganya lumayan terjangkau
- kandungan SPF dan PA-nya sesuai standar saya :D

Oh..dan nilai plus-nya, di kemasannya tertulis kalau sunblock ini mampu melembabkan, menghambat penuaan dini, dan mencerahkan kulit.

Klaimnya yang menghambat penuaan dini, saya belum bisa bicara apa-apa. Karena muka saya saat ini masih mulus, awet muda dan belum mengalami penuaan dini :D. Dan lagi, produk anti aging itu kan investasi. Baru bisa ketahuan hasilnya nanti di masa depan.

Baca Juga: Lacoco Daily UV Counter SPF 50++ PA

Skinaqua UV Moisture Milk SPF 50 / PA +++


Walau lumayan puas dengan Melanox, dan Melanox saya masih ada, saya membeli sunblock baru lagi. Alasan saya membelinya adalah
- Lagi-lagi karena review yang bagus
- Saya sedang butuh sunblock dengan kandungan SPF dan PA yang sedikit lebay, untuk aktivitas yang akan bersentuhan dengan matahari secara ekstrim (main air di pantai pada siang hari bolong)
- Harganya murah :)

Dan masih ada nilai plusnya juga, sunblock ini "ringan seperti air" sehingga cocok untuk dasar make-up. Dan bisa digunakan untuk face & body sunblock. Terkadang saya mengoleskan sunblock ini di punggung tangan, punggung telapak kaki, dan leher bagian belakang bila saya akan naik motor di siang hari bolong.



Tekstur


Skinaqua : cair seperti serum atau lotion, dan berwarna putih susu.
Melanox : cream, tetapi nggak thick. Warnanya krem seperti warna kulit, tetapi nggak berwarna saat diaplikasikan ke kulit.

Dua-duanya teksturnya sangat ringan dan mudah meresap, dan setelah meresap di kulit, nggak membuat kulit kita tampak berminyak. Tapi saya lebih suka Skinaqua karena lebih ringan dan lebih gampang di blend. Untuk hasil setelah di blend, skinaqua membuat kulit saya tampak lebih lembab, dan melanox hasilnya lebih matte dari skinaqua.

Walau ringan, setelah beberapa lama, muka saya akan terasa berminyak saat memakai ke dua sunblock ini. Mungkin itu karena kandungan SPF-nya yang lumayan tinggi. Tapi mau bagaimana lagi, dari pada saya mengalami penuaan dini dan kanker kulit, lebih baik sedikit tidak nyaman dan menggunakan sunblock.



Packaging


Dua-duanya mempunyai mulut botol yang kecil, sehingga lebih higienis dan lebih memudahkan kita untuk mengkontrol produk yang akan kita keluarkan. Tapi untuk design, saya lebih suka Skinaqua, karena tampak lebih bagus. Kalau melanox, packagingnya hanya didalam tube, seperti salep-salep yang biasa kita beli di apotik, tetapi lebih besar.


Untuk harga, maafkan karena saya lupa tepatnya. Tapi yang jelas masih sangat terjangkau. Masih di kisaran Rp 50 000,-

100 comments

  1. aku jg mau beli skin aqua nih mba..
    haduhh emang kena racun bgt krn tdnya ga biasa pakai sunblock...
    demi kesehatan kulit muka akhirnya ak kena racun pengen beli jg.. ahhahaa
    nice review mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skinaqua teksturnya paling enak diantara semua sunblock yang pernah aku coba loh. trus dia tersedia dalam berbagai angka SPF kok, nggak cuma 50 ;)

      Delete
    2. Mbak, mau tanya sebelum menggunakan sunblock kita menggunakan moisturizer dulu yah, setelah itu sunblock ? Bener ga sih ?hehehhe

      Delete
    3. Iyak betul :D

      Kalau sunscreen nya sudah mengandung moizturiser, atau moisturisernya ada spf-nya, juga boleh satu aja ^^

      Delete
  2. aku cuma pernah nyoba parasol sm pabanox.. harganya cuma berkisar 40ribuan soalnya,, hha,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah coba Parasol, tapi nggak suka karena bikin kulit mukaku gampang kusem + berminyak :D. Skin aqua juga sekitaran 40 kok harganya

      Delete
  3. Replies
    1. Lupa aku, Def. Tapi masih tergolong murah kok.

      Delete
  4. Itu cuma buat muka aja yah?bisa g buat badan juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang skinaqua sih tulisannya face and body sunblock. Aku juga kadang pake buat badan. Sebenernya produk muka bisa-bisa aja buat badan (tapi produk badan nggak bisa buat muka). Tapi apa nggak sayang ya?

      Delete
  5. jd mendingan parasol ato melanox y? so far parasol baik2 aj d ak, melanox blm prnh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, cocok-cocokan sih kalau pilih brand mana. Kebetulan aku nggak suka parasol, jadi aku pilih Melanox. api kalau kamu cocok parasol ya dilanjut aja gag masyalah :D

      Delete
  6. Say, yg skin aqua gk bkin bruntusan dimukamu ? Pgen cb, tp tkut break-out di muka aq.
    Sprti biasa, review mu lengkap bged, jd gmpang ngerti (tp aq yg lemot). Blog yg mnarik bwt dbaca !

    #Lid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Lid.
      Tengkyuh :*
      Di aku sih nggak bikin break out. Malahan dia ringan banget, cepet nyerep, nggak thick & bikin berminyak kaya sunblock2 pada umumnya.

      Delete
  7. Matur tenkyuh infox ya Mbak Arum... Maap comment aq bkin sesak aja. Hehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama :*
      Kok bikin sesak. Aku juga makasih nih, blognya udah dibaca dan di koment ;). Jangan bosen main kesini, yak.

      Delete
  8. Hehe...aq gk akan bosen kok, mbak. Postingannya slalu mnarik. Jd pgen ikutan comment deh :p

    ReplyDelete
  9. Dear Mbak Sekararum,
    biasanya Skinaqua dibeli dimana sih? Kalo dibanding sama Wardah Sunscreen,mending mana?
    Duh btw ini pertanyaan bakal dinotif ke aku gimana caranya sih ehehehe. Makasih Mbak :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli skinaqua di carefour. Tapi belum pernah cobain wardah nih.. Jadi gag bisa bandingin :D

      Delete
  10. akhirnya belin skinaquaa juga gara2 habis baca ini blog..hhe
    sebenernya pgn beli yang moisture milk, kya yg d review di atas..tp di tokonya stoknya pas lg ksg. tinggal yg mildmilk..yauda deh beli yg mild milk. bedanya apa yahh mild milk (tutupnya pink)yg moisture milk? lupa tanya jg sm mbaknya yg jaga td.hhe
    ak liet di fan page facebook skinaqua..kalo yg moisture milk ada kandungan arbutinya, jd bisa mencerahkan wajah juga. kalo yg mild milk..ak blm pernah baca reviewnya.

    gina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gina, aku belum pernah coba yang mildmilk. Mungkin kalau yang ini habis aku mau coba yang mildmilk. Waktu itu aku beli yang moisture milk karena ini yg SPFnya paling tinggi. Lagi butuh SPF tinggi untuk main ke pantai waktu itu.
      Mungkin kaya namanya ya, mild, jadi sesuai untuk kulit sensitif gitu. Hihihi...aku sotoy

      Delete
  11. zilvia yunarti lovaApril 28, 2012 at 8:43 PM

    ehhmm..mau nanya mbak ..apakah dengan memakai sunblok bisa menghilangkan flek wajah yang sdah ada??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunscreen gag ada kandungan yang bisa bikin flek tersamar. Tapi paparan sinar matahari jelas menghambat proses penghilangan flek, bisa menambah flek, memperparah flek, dan sinar matahari ini aku rasa merupakan penyebab utama timbulnya flek. Apalagi kalau pakai skincare pemutih tanpa di barengi sunblock.
      Jadi?? Simpulkan sendiri... :D

      Delete
  12. saya malas pakai apa2 di muka. bedak saja kadang lupa. tapi lama kelamaan kok kulit saya jadi makin kusam ya :(
    kayaknya mo mulai rajin dari dasar (baca: sunblock) dulu nih...
    thanks ya mbak sekar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jadi posting kali ini berhasil bikin orang pakai sunblock? :D
      Selamat mencoba ya :)))

      Delete
  13. mbak, qw make skin aqua yang whitening milk malah jerawatan parah bgt. Sampe stress bgt waktu itu bwt nyembuhin jerawatnya.. Padahal byk yg cocok ya dgn skin aqua :(
    Ato mendingan qw pake yg ga ada whitening2nya kali ya.. Menurud mbak seri skin aqua yg paling cocok buat kulit acne prone yg mana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu mungkin memang nggak cocok. Saranku ganti brand lain aja. Memang skincare dan kosmetik itu kan cocok2an. Bagus di orang yang satu, belum tentu cocok di orang lain. Kan kondisi kulit masing2 orang beda2. :)

      Delete
  14. mbak nie wulan yang kemarin sempat tanya2 tentang tretinoin :)
    kalo mau beli skin aqua di jogja selain di carrefour dimana ya?
    aku males nie kalo ke carrefour cuma beli skin aqua aja :D
    aku pake parasol malah bikin muka cepet kusem :(
    pake treti nya udah mua masuk minggu ke 7.
    ada purging tapi gak parah2 amat :)
    cuma bruntusan di dahi ku masih belum mau hilang dari muka ku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gag tau nih mbak :). Coba di tanyakan di Guardian atau di supermarket2 selain carefour. Siapa tau ada :)

      Delete
  15. mbak arum, klo boleh tau skin typenya apa ya?? aku jg lg cari2 sunblock niy. n kulitku oily, acne prone, sensitif jg
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku oily but dehidrasi, mbak. Skinaqua sih selama ini oke2 aja di kulitku. :)

      Delete
  16. Mbak mau tny, kalo untuk efek whitening lbh bagus mn melanox atau skin aqua? tenkyu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku nggak ada yg punya efek whitening. Inikan sunblock, bukan pemutih.

      Delete
  17. mbak mau tanya nih.. aku cowok aku punya pekerjaan yg super sibuk dilapangan gx peduli siang mau panas kayak apa.. muka saya berminyak dan jerawatan sedikit cocok pake sublock yg mana mba... trus belinya apa disetiap apotik kecantikan ada? dibalas yaa segera thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nggak bisa kasih saran nih, mas. Soale bukan ahli kelit :D. Tapi aku juga berminyak & cocok pakai skinaqua, ada yg SPF 50 juga tuh..

      Delete
  18. Kak sekar lagi ngapain neh? Aku mau nnya donk. Antara Skin aqua dan melanox mana yg bnr2 efektif melindungi kulit dr sinar matahari? Coz aku mau ikutan kontes subaru palm challenge 2012 pasti lnsng berhubungan dgn sinar matahari. Add pin aku ya kak sekar. 274f37f6. Thx my older sister.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi pulang liburan :D
      kayaknya dua-duanya sih efektif ya. minimal nggak bikin kulitku iritasi lah ya. Tapi kalau mau panas2an yang ekstrim gitu, mungkin bagusan skinaqua yang spf 50. SPFnya lebih tinggi :)

      Delete
  19. Dulunya malas pake sunblock juga tapi akhirnya sekarang ritual di pagi hari makin penjang dengan pemakaian serum, moisturizer, sunblock, etc etc. Yg spf 50 gag bikin kulit berminyak? Barusan nih pas mudik nemu sampel melanox ini pas mau cari riviu2 eh ada di blog kmu hehehe...

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...gag papa ritual panjang, sekar. Aku sih menikmati aja. Namanya juga ceweq. nggak ribet nggak asik :D

      Delete
  20. bulan lalu aku jg bli skin aqua mbak, tp yg moisture gel spf 30 yg warna putih for normal oily. wkt itu bli yg ini krn lbh murah dr yg biru dan blm perlu spf besar krn aktifitas seringnya di dlm ruangan.pas dioles pertama enak tp kok tiba2 kerasa mancep gitu d kulit.... tp emang enak sih g bikin muka terlalu minyakan....tp krn agak nakutin jd blm dipakai lg...takut susah bersihinnya jg...
    yg biru ini apa gt jg mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mancep itu apa ya? :)))

      Di aku sih enggak masalah skinaquanya

      Delete
    2. hahaha mancep itu.... gimana ya njelasinnya.... setelah diratain, kayak langsung kering dan nempel gitu mbak....
      oiya mbak, skin aqua itu sebenernya sunblock atau semacam pelembab ber-spf gt?

      Delete
    3. di aku sih skinaqua nggak "mancep" :D. Malah licin gituh pas pertama di aply, jadi gampang diratain.

      Enggak tau deh pastinya. Tapi aku perlakukan sebagai sunblock :))

      Delete
  21. mbak, skin aqua mempan nggak buat badan? sekarang aku pake parasol spf 33 buat wajah sama vaselin spf 30 buat badan. Nggak ada masalah sih, tapi masalah nya di kantong hahaha...
    parasol+vaselin= 45rb+25rb=70rb. sementara skin aqua pernah iseng nanya=53rb yg spf 30 botolnya putih lbh gede dr yg biru udh face&body...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah pakai skin aqua di badan. Soalnya masalahnya sama kaya kamu: dikantong. Hehehe... Sayang kali ya, skin aqua sekecil itu dipake di badan. Jatuhnya malah boros banget ntar.

      Delete
  22. Untuk pemakaian spf setelah krim pelembab atau sesudah?

    ReplyDelete
  23. q jd teracuni ne,,pengen beli Skin Aqua,,hahai..
    kayaknya blog" yg q baca pada nyaranin pake produk yg 1 ini,,kulitq jerawatan n sensitif,,mungkin cocok pk Skin Aqua yg UV mild milk x ya???
    makasih mbak arum :D

    #Angelyna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Angelyna :)
      Iya sih si skinaqua ini ringan banget rasanya. Nggak bikin breakout kalau di aku. Coba2 aja mbak :D
      Aku malah nggak tau nih varian skin aqua tuh apa aja. Maap yak nggak membantu :D

      Delete
  24. aduhhh....jd pucing pilih produk yang cocok buat muka n' cocok di kantong

    ReplyDelete
  25. mb, mau tany nih.kulitku kan sensitif n lg bnyk bekas jerawat..kalo pake skin aqua bisa ga terus mukany ditimpa sama pelembab lg, trus ditimpa bedak tabur lg?gmn mb?gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelembab dulu, baru sunblok, setelah itu, di set pakai bedak tabur. Nggak papa kok, asal semua produk yang dipakai cocok sama kulit :)

      Delete
  26. mbak arumm
    mau tanya dunk...
    nie muka aku sensitif, jerawatan, tyus berminyak??
    enaknya pakai produk yang mananya???
    pakai melanox bagus gak?
    tyus beli produknya dimana?
    harganya berapa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau enaknya pakai produk yang mana dicoba sendiri, dear. Skincare kan cocok2an. Tapi skinaqua lebih cepet meresap daripada melanox.

      Kalau melanox belinya di apotek2 ada kok. Itu di artikel juga udah aku tulis kisaran harganya :)

      Delete
  27. melanox sama skinaqua nya barengan dipakai gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya enggak lah. Pake sunblok mah satu2 aja. Ngapain juga dobel2 -_-

      Delete
  28. Mbakk arum,
    Skinaqua nya tahan dipake brp jam??
    Sunblock ini g nyumbat
    pori2 kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya cuma pakai pas pagi2 kalau mau keluar rumah, nggak touchup lagi sampai sore. Touchupnya pakai compact powder ber-spf aja kalau aku.

      Sunblock setauku biasanya menyumbat pori. Jadi pilih yang spfnya nggak terlalu tinggi (20-30 cukuplah), dan jangan lupa bersihin muka pakai milk cleanser + facial wash.

      Delete
  29. saya mo nanya mbak, untuk pakai sunblock, apakah juga diaplikasikan ke seluruh tubuh (dalam berbusana tertutup) ?
    makasih yaa sharenyaa :)

    ReplyDelete
  30. Saya baca di bbrp blog, cara pemakaian sunblock dan sunscreen berbeda jika mau layer dgn skincare. Pemakaian sunblock terakhir stlh skincare dan sblm bedak/makeup, sedangkan sunscreen hrs diurutan pertama, baru kemudian skincare terakhir bedak/makeup. Selama ini saya "memperlakukan" Skin Aqua sbg sunblock, urutan setiap pagi saya memakai rangkaian Hada Labo (tanpa milk), Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++, baru kemudian bedak. Saya msh bingung, Skin Aqua ini trmasuk sunblock, sunscreen, atau keduanya? Menurut Mbak Arum cara pemakain saya ini sdh benar atau ngga? Makasih sblmnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku malah nggak tau tuh kalau rutan sunblock dan sunscreen beda. Aku sih biasanya pakai sunblock ataupun sunscreen setelah skincare dan sebelum makeup. ^^

      Delete
    2. Itu dia Mbak, selama ini saya jg melakukan hal yg seperti Mbak Arum lakukan. Suatu saat saya "nemu" FD Forum salah satunya saya baca Brand Skin Aqua, di page 17-18 ada penjelasan mengenai hal yg saya tanyakan diatas dari para anggota FD Forum, tetapi "pihak" Skin Aqua-nya sndiri menjelaskan sebaliknya di page 35 (lihat post #513), terus terang saya jd bingung, selama ini urutan yg saya lakukan sudah benar atau salah. Sorry, sdikit curhat :)

      Delete
    3. Hmm..kalau menurutku sama aja kali ya? Kan yang penting kulit "terlapisi" sama sunscreen/block ini, jadi matahari nggak bersentuhan langsung sama kulit. Nggak usah bingung, nyamannya aja dipakainya gimana :D

      Delete
    4. Ok Mbak, skali lagi makasih atas semua tanggapannya :)

      Delete
    5. Sama-sama. Wah, mbak Hana tapi bikin aku galau nih. Jadi cari2 referensi urutan pemakaian sunscreen/sunblock :D

      Delete
  31. Mbak, saya mau tanya nih.. klo buat liburan ke pantai / tempat panas lainnya (seperti bali) bagusnya pake sunblock apa ya? Yg ber-spf tinggi atau bgmn? Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama saya selvya mbak, maaf lupa kasih nama

      Delete
    2. Hehe..halo selvy.
      Iya, untuk kesehatan kulit sih memang harusnya setiap mau bersentuhan langsung dengan sinar matahari, harus pakai sunblock/sunscreen. Kalau ke pantai gitu aku biasanya pakai sunblock spf 30 aja sih, reaply secara berkala :D

      Delete
    3. makasi banyak ya mbak atas sarannya :)

      Delete
  32. mau nanya mba kalo pake melanox bikin putihin nggak?sioalnya belom pernah nyoba
    soalnya pake vitaquin kaga mempan ni muka tetep kusam sama item
    tapi bruntus di jidat hilang si pake vitaquin
    menurut mba pake obat apa yang yang bisa putihin tanpa mercurry

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak donk. Sunblock kan bukan pemutih :D
      Rrrr...saran aku kalau kulit kusam dirawat aja biar gag kusam. Kalau kulit item ya dirawat aja, bukan dikasih pemutih. Malah jelek ntar kalau klit hitam maksa di putihin. Kulit gelap itu nggak jelek kok, nggak salah, dan cakep. Dan kulit putih kalau nggak terawat juga bakalan jelek ^^

      Delete
    2. Kalo buat ke pantai penggunaan skinaqua SPF 50 udah cukup belum ya

      Delete
    3. Kalo untuk ke pantai penggunaak skin aqua SPF 50 udah cukup melindungai gak sih?

      Delete
  33. Dear mb arum
    Baca2 postingan dan comment2 di atas
    Ada yg bkin aku ga mudeng :-p
    Sebenernya OXY tu apaan si mba? Proses apa kok sampe bkin kusem? Apa krn sunblok aja penyebabnya?
    Ngelmu dimana si nu oxy
    Pnasaran krn abis make sb skin aqua 50 kok prasaan muka kusem kalo siang
    Thanks
    -Emi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Emi :)

      Oxi atau oxidise itu kulit kaya menggelap gitu, mbak. Katanyaa sih reaksi itu reaksi dari udara, minyak muka, dan ingredient produk yang kita pakai. Katanya orang dengan kulit berminyak lebih gampang riasannya oxi. Terus katanya lagi, ingredient produk yang suka bikin oxy itu acid (AHA, BHA, dan segala whitening2an), alkohol, terus apa lagi ya? Lupa hahaha...

      Reaksi kulit masing2 orang terhadap suatu produk beda-beda kok, mbak. Tergantung jenis kulit, terus juga produk lain yang dipakai, dan entah faktor apa lagi. Bisa jadi satu produk oxi di kulitku, tapi di kulit mbak Emi nggak oxi.

      Semoga penjelasan alakadarnya dari aku nggak bikin bingung ya, mbak. Hehehe...

      Delete
    2. lhooo...calon manten masuh sempet reply...wkwkwk
      makasih for the inpooh
      huhu...brati kudu trial n error mana yg kombinasi sama kulitku ga bkin oxy hasilnya yaaa....
      hadeeeh....
      coba sb sasetan semua yaaa...
      mana SAnya masuk bnyk lagii

      Delete
    3. Masih, mba. Hehe... sebenernya ga sibuk2 amat sih, cuma klo mau posting alat2nya kurang memadai aja :p

      Iya, mb. Emang harus trial n error sih klo skincare. Kan cocok2an banget tuh :D

      Gutlak ya, mb Emi ^^

      Delete
  34. Aku pake skinaqua yg mildmilk bruntusaaan >< katanya itu proses buat menetralkan ph gitu deh *mbuhlah* tapi tetep ga berani nerusin. Alhasil makeknya di kaki-tangan aja :D
    Makasih reviunya mba arum ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh...mungkin nggak cocok ya, Jeng? Iya, menurutku sih jangan diterusiinn. Daripada kenapa2.
      Masama :)

      Delete
  35. mba arum, kalo di package suatu krim mengandung SPF nya tinggi tetapi gak terdapat tulisan PA dan dibilang dapat melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B itu gimana?

    padahal kan katanya PA untuk melindungi kulit dari sinar UV A. kalau menurut mba, apa tidak apa2 saya menggunakan krim seperti itu? saya memakainya untuk keseharian saya bolak-balik rumah dan kampus. hehe ditunggu sarannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku kurang tau mbak. Coba ditanyakan ke brand terkait yak ^^. Kalau misalnya ragu, ya ganti aja toh yang ada PA nya :D

      Delete
  36. kak aku mau nanya umurku masih 15 tp aku make sunscreen,pelembab,facial wash,toner yg brandnya beda2 itu gapapa kan yah? kalo aku tambah pake serum itu efeknya gimana? makasih kak sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa sih asalkan cocok sama kulitnya, dan ga ada produk yg ingredientnya "tabrakan". Kalau serum, kayaknya kamu belum butuh deh. Nggak usah pakai serum aja :)

      Delete
  37. Mba, mau tanya nih, kalau gak pake skin care, langsung sunblock aja gimana? Setelah facial wash, langsung aplikasiin sunblock skin aqua nya,gak papa? Kira2 bakalan bikin berminyak dan kusam gak ya? Tipe kulitku agak kering,tp berminyak di bagian T..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau sih mb. Kalau kulitnya cocok ya monggo dilakukan. Kalau enggak ya silahkan dirubah ^^

      Delete
  38. mau nanya dong, kalo abis pake sunblock trus dipakein citra hazlin boleh ga sih? atau pake sunblocknya aja?

    ReplyDelete
  39. Mba arum, emange kalo sunblokan jadi minyakan gitu ya? Mukaku emang t-zonenya minyakan sihh tapi daerah yg lain gak rerata, ada yg kering ada yg biasa aja.

    ReplyDelete
  40. Kak kalo mau pake sunblock sama body lotion itu pakenya harus mana dulu, sunblocknya dulu baru body lotion atau sebaliknya?

    *answer ya kak
    Makasihhhh

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.