[Skincare Routine] Rutinitas Perawatan Wajah

126 comments

Ternyata banyak juga yang menanyakan skincare routine saya. Mau jadi semulus saya? #eh. Bukan itu deh kayaknya :D. Rata-rata mereka bertanya skincare routine saya karena tertarik dengan post saya mengenai tretinoin. Banyak yang belum familiar dengan tretinoin dan bertanya skincare apa sajakah yang cocok digunakan untuk mendampingi tretinoin. Lalu saat blogger Jogja gath, Yosinta juga menanyai saya mengenai perawatan yang saya lakukan.

Waktu saya survey (blog walking, tanya langsung ke orangnya, di curhatin), seriiing sekali lho saya mendengan (membaca) banyak yang melewatkan memakai step ini atau step itu. Terustama sih sunblock. Padahal menurut saya sunblock itu bagian terpentingnya. Rata-rata mereka bilang kalau mereka males ribet, dan nggak suka produk bertumpuk-tumpuk dimuka dan terasa berat. Padahal skincare nggak berat lho, kalau makeup bertumpuk-tumpuk baru berat. Dan banyak yang takjub atas rutinitas-merawat-muka yang saya lakukan setiap hari. Iya takjub. Mungkin takjub, perawatannya ribet tapi hasilnya cuma begini-begini saja -_____- . Yah, menurut saya skincare ini investasi. Baru kelihatan hasilnya setelah beberapa tahun kemudian :D.



Jadi kalau ditanya, "kenapa sih ribet amat step krim-krimnya?" (dan beneran lho, banyak aja yang bertanya seperti ini). Jawabannya adalah: "Karena saya memang orang paling suka ribet dan paling enggak praktis sedunia". :D


RUTINITAS DI PAGI HARI

  1. Saya mengawali pagi saya dengan minum kopi dan membersihkan muka dengan Viva Milk Cleanser - Greentea. Di gambar itu varian Lemon sih. Saya saat ini pakai varian Lemon karena saat saya belanja bulanan, varian Greentea sedang kosong di tokonya. Saya nggak selalu memakai Milk Cleanser sih, kalau malemnya saya nggak memakai krim malam *bhihihik*, paginya saya nggak merasa perlu memakai Milk Cleanser.
  2. Lalu saya mandi. Saat mandi, saya mencuci muka dengan Sariayu Facial Foam Anti Acne. Saya suka sabun muka ini karena lembut, nggak perih saat dipakai, dan busanya sedikit.
  3. Selesai mandi, saya memakai Viva Face Tonik - Greentea. Tapi nggak selalu juga sih. Step ini terkadang saya lewati.
  4. Setelah itu, saya mengawali rutinitas di depan meja rias dengan memakai Sebamed Lipbalm SPF 30. Kenapa lipbalm saya pakai di awal? Agar pada saat saya memakai lipstick di akhir acara dandan, lipbalmnya sudah meresap di bibir saya, dan bibir saya lembab tapi nggak greasy :D.
  5. Lanjut memakai Probio-C Serum. Serum ini ringan banget seperti air, langsung menyerap. Dan nggak ada efek melembabkannya. Saya lebih suka serum Melanox Premium, karena lebih melembabkan dan membuat kulit muka lebih cerah.
  6. Solusi eye cream ini nggak hanya saya pakai di sekitar mata, tetapi juga di garis senyum, kerutan dahi, dan di daerah-daerah yang sangat kering (dry patch). Teksturnya thick seperti balsem, tetapi adem, cepat menyerap, dan baunya segar. Daya lembabnya juga sangat bagus.
  7. Pelembab yang saya sukai saat ini: Sariayu Putih Langsat Moizturiser. Sebelumnya saya memakai Gizi Super Cream, tapi ternyata saya bukan fans Gizi seperti kebanyakan orang lain. Saya suka Sariayu karena melembabkan, hasilnya nggak matte seperti Gizi, baunya nggak terlalu menyengat seperti Gizi, dan nggak perih saat digunakan. Kulit saya terasa perih dan panas saat memakai Gizi. Mungkin karena Gizi terlalu keras untuk kulit saya.
  8. Setelah memakai pelembab, saya menunggu pelembab menyerap dulu (kurang lebih 3 menit). Biasanya sambil menunggu saya memilih-milih baju yang akan saya gunakan *penting* :D. Setelah pelembab menyerap sempurna paripurna, saya memakai Melanox Premium Face UV Protection SPF 30 / PA ++. Setelah sunblock, masih ada acara menunggu-produk-menyerap dulu :D, pada bagian ini saya menunggu sambil mengeblow rambut. Baru setelah itu, saya memulai ritual me-makeup wajah saya.


 RUTINITAS DI MALAM HARI

 
  1. Saya selalu memakai Wardah Pure Olive Oil untuk membersihkan makeup mata dan bibir saya, karena kalau pakai eye & lip makeup remover biasa, kulit di sekitar mata saya sering iritasi.Selain untuk membersihkan makeup, Wardah Pure Olive oil ini juga saya pakai sebagai lipbalm atau pelembab bibir sebelum tidur.
  2. Setelah membersihkan mata dan bibir, giliran seluruh wajah saya bersihkan dengan Viva Milk Cleanser - Greentea. Pembersihan dengan Milk Cleanser ini terkadang saya lakukan berulang-ulang bila saya memakai makeup berat (foundie), agar saya yakin benar bahwa wajah saya sudah bersih. Bagaimana kalau saya tidak sedang memakai makeup? Tetap harus dibersihkan dengan milk cleanser, karena pada siang hari saya wajib memakai sunblok, dan membersihkan sunblock tidak cukup kalau hanya dengan memakai Facial Wash.
  3. Lalu seperti pada step pagi, setelah milk cleanser, saya melanjutkan dengan Sariayu Facial Foam Anti Acne
  4. Saya menunggu sekitar 15 menit, untuk memastikan bahwa kulit saya sudah kering. Setelah kering benar baru saya mengaplikasikan Nu Face 0,05% tipis-tipis dan merata ke seluruh wajah saya. Hindari area sekitar mata, sekitar bibir, dan leher. Pada step malam, saya tidak memakai toner, karena saya khawatir kandungan yang ada di dalam toner akan mengiritasi kulit saya bila bercampur dengan tretinoin.
  5. 30 menit setelah saya memakai Nu Face, saya mengoleskan Solusi Eye Cream di sekitar mata, sekitar bibir, leher, dan dry patch area. Lalu, bobok-bobok cantik :).
Pada rutinitas malam, sekali seminggu saya tidur tanpa mengenakan krim apapun di muka saya. Jadi setelah mencuci muka, saya nggak melanjutkan dengan apapun. Saya nggak tau hal ini baik atau buruk. Tapi saya berpikir kulit saya perlu sesekali menikmati kesendiriannya di malam hari :D.


RUTINITAS MINGGUAN
 

Seminggu sekali atau dua kali, tergantung kadar keribetan saya saat itu :D, saya melakukan perawatan soft peeling dan masker wajah. Berikut step-stepnya:
  1. Saya membersihkan wajah, dan melakukan pijatan ringan dengan gerakan melingkar dari bawah keatas, dengan menggunakan Viva Milk Cleanser - Greentea. Seharusnya saya menggunakan Massage Cream, tetapi saya nggak suka dengan tekstur Massage Cream yang rata-rata thick. Setelah selesai, angkat sisa milk cleanser dengan kapas.
  2. Setelah itu, saya scrub muka saya dengan Viva Peeling Cream. Saya gosok sedikit lebih lama di bagian hidung, agar komedonya rontok. Setelah itu, wajah saya bilas dengan air. Saya sedang suka sekali dengan Viva peeling cream. Saya suka teksturnya yang tidak sekental Peeling Mundisari Mustika Ratu tetapi juga tidak seencer Facial Scrub yang dicampur pada sabun muka (tau khan?). Pas aja teksturnya. Sayangnya baunya nggak enak, wanginya menyengat sekali.
  3. Sejauh ini, Masker Bengkoang Mustika Ratu adalah favorit saya. Saya campur dengan air, lalu saya aplikasikan ke wajah yang telah di scrub, dengan menggunakan kuas masker. Lalu tunggu sekitar 20 menit, agar masker kering dan kulit kita terasa mengencang.
  4. Dua puluh menit kemudian, saya cuci muka saya dengan Sariayu Facial Wash Anti Acne sampai bekas-bekas masker hilang tak bersisa. 
  5. Lalu untuk lebih menyegarkan muka, tuangkan Viva Face Toner - Greentea ke kapas, dan tepuk-tepukan di muka secara merata. Baru setelah itu lanjut dengan moizturiser atau krim malam atau tidak memakai apapun, tergantung keadaan.


RUTINITAS BULANAN

Sebulan sekali, setelah jadwal menstruasi saya selesai, saya terbiasa membersihkan muka dan punggung saya dengan cara Facial. Hal itu karena biasanya pada saat PMS dan pada saat menstruasi, kulit saya akan lebih berminyak dan mudah berjerawat. Jadi setelah siklus itu selesay, saya merasa perlu melakukan Deep Cleansing untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori.

Untuk Facial, saya sudah terbiasa di Larissa. Sakit banget sih waktu di facial, tapi bersih XD.


RUTINITAS DALAM SITUASI KHUSUS


Kondisi muka saya nggak selalu seperti biasa. Ada saat-saat dimana muka saya sangat kusam, atau sangat kering, atau sangat berminyak. Saya menyiapkan peralatan perang bila kondisi saya sedang luar biasa. Berikut perlengkapannya:
  1. Bila kulit saya sangat kusam, saya akan rajin maskeran, dan juga mengganti Facial Wash saya yang biasa dengan Clean & Clear Clear Fairness Cleanser Facial Wash. Busa pembersih muka ini mengandung Devariat Vitamin C dan Scrub lembut di dalamnya sehingga bisa membantu mencerahkan kulit saya. Tapi saya nggak berani menggunakan setiap hari, karena kulit saya sensitif dan nggak boleh di scrub setiap hari.
  2. Terkadang saya melakukan aktivitas di bawah sinar matahari yang cukup ekstrim. Pada saat itu, saya mengganti sunblock saya yang biasa dengan Skinaqua UV Moisture Milk SPF 50 / PA +++. Kandungan SPF dan PA nya yang lumayan tinggi akan lebih melindungi kulit saya dari sinar matahari.
  3. Saat kulit saya sangat berminyak, biasanya pada saat PMS, saya mengganti pelembab saya dengan Biokos Pure Balance 20's Gel Moisturizer yang ringan, cepat menyerap, dan bertekstur gel.
  4. Natur-E saya gunakan bila kulit saya sangat kering. Terkadang saya belah dua dan saya campurkan kedalam masker. Atau bila kulit saya sangat kering, saya belah dua, lalu saya oleskan begitu saja ke muka, tunggu sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air :).

Diantara kalian, ada nggak yang seribet saya? :D

126 comments

  1. telaten banget mbaakk,, klo aku angin2an, apalg klo malem, habis pergi, ngantuk, langsung deh tidur.. hehehe

    btw itu peeling creamnya nampol gak buat bersihin komedo? trus natur e.nya klo diolesin bneran bs ngilangin kering2 ya? mukaku labil bgt soalnya, kdang berminyak, kadang kering bgt.. dan gak pernah normal.. :(

    sory bnyk nanyak, ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...aku kan emang suka ribet XD

      Lumayan sih buat aku. Nggak amazing banget. Tapi mau ganti ke yang srubnya lebih kasar juga nggak berani.

      Kalau Natur-E iya nampol banget! Kulitku juga labil nih. Kadang kering sampai fleki2, kadang banjir minyak sampai bisa buat goreng telor :(

      Delete
    2. saya eva mbak dari pekalongan, ilmu2 mbak yg di share sering aq baca dan tiru....aq jg layaknya mbak yg suka bereksperipen dan gonta-ganti make up.thanks salam kenal ... @ev_ev_va

      Delete
    3. Hi mb sekar... salam kenal.. saya mau tanya..Nature E klo di aplikasikan langsung ke wajah apa ga bikin jerawatan? atau pas kena jerawat bisa bikin nambah parah?

      Delete
    4. Halo mb Asti. Aku udah ga pernah lagi nih pakai Natur E. Bukan masalah jerawat sih, tapi banyak yang bilang kalau sebenernya nggak ngefek. Di aku sih dulu nggak bikin jerawat :)

      Delete
  2. salam kenal ^^

    itu pake sunblocknya sering reapply gak klo udah siang. Denger2 katanya pake sunblock kudu bgt reapply ya. Klo aku sie suka males reapply soalnya,pake pagi,pulang kantor baru deh cumuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :)
      Yup, sunblock memang harus di reaply. Tapi berhubung aku suka pake bb cream, bedak, blush, dll, males kalau reaply sunblock model cream. Soalnya harus ulang step dandan dari awal. Jadi aku reaply pake compact powder ber-SPF aja :D

      Delete
  3. oh,meeeeeeeen.. hahahaha
    klo perawatan mingguane (facial di rumah) ribet aq B-) #malahbangga

    nek malem g ribet mbak,setiap hari begadang ngrjain tugas jd sering males,hahaha

    facial foam acne-nya mengandung paraben g mbak?
    aq males pke sariayu soale parabene kdg 5 turunan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh harus bangga. Nggak ribet nggak eksis :D

      Emm...lupa aku mengandung paraben enggak, soale nggak begitu peka isu paraben. Menurut aku sih paraben kalau masih pemakaian luar malah nggak papa, kadar berbahayanya rendaaahhh banget. Tapi kalau paraben yang dimakan (pengawet makanan), malah sangat berbahaya *hiks kita habis makan pizza*. Jadi percuma menghindari paraben di kosmetik kalau belum bisa menghindari paraben di makanan. Dan malah harus lebih hati-hati sama kosmetik free paraben. Cek dulu tanggal kadaluarsa atau masa pakainya. Kalau tetep panjang, berarti dia pakai pengawet lain untuk pengganti paraben, dan bisa jadi lebih bahaya. Harus di cek lagi, kakakkkkk :D.

      Delete
    2. hahahahaha, kan kosmetik masuk ke kulit melalui pori2 jg kakaaaaak :D

      Masalahe 5 turunan e, hahahahaha
      nek cuma satu tak apa2 lah...

      Delete
    3. mbake mbake...
      I give you an award, please check my blog y kakaaaak.. ^^

      Delete
    4. Iya sih, Mon. Masup pori2 jugak. Tapi cuma sedikiiitttt (lupa angka persen). Yang banyak juga makanan. Jadi analoginya kalau menghindari paraben di kosmetik, tapi nggak menghindari paraben di makanan, sama aja kaya hujan deras naik motor pake payung (eh...terlalu ngasal nggak sih? :D). Tapi tergantung dari masing2 sih soal paraben ini.

      Akkk...dapet award. Ahsek. Ketjup klomoh lagi buat Monmon.

      Delete
  4. Mb arum,peelingnya mundisari ama viva ampuhan mana buat mengusir komedo? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ampuhan Mundisari. Tapi mundisari seret di blend, aku ndak suka :D

      Delete
  5. ah maapp... inet nya dudulz! jd keposting banyak >.<

    ReplyDelete
  6. alo, salam kenal, sering mampir ke blog buat baca2 review2nya. banyak review produk lokal, bagus, lengkap,n detaill,seneng bacanya:)
    btw, udah pk eye cream solusi brp lama?bisa gak buat dark circle?TIA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, makasih ya udah mampir. Salam kenal :)
      Aku baru seperempat jar nih, belum begitu keliatan efeknya. Dark circleku masih tetep sama. cuma dia bisamelembabkan area mata & dry patch area.

      Delete
  7. halo..wah seneng ya ada blogger yg semangat review produk lokal.jd ga msti po ato apalah..dan yg pasti lbh terjangkau n puas ngeliat langsung barangnya.hehe..
    mbak mau nanya,sunblok skin aqua tu sbnre ada brpa jenis spf nya?trs dibandingkan yg melanox lbh bagusan mana?aku dulu pke loreal spf50 terlalu minyaken jd mlh kusam diwajah.trs skrg pke ristra.cpt meresap dan ga bikin minyaken.tp agak2 ga yakin sm perlindungannya yg cm spf17.
    hehe..maaf ya panjang2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...aku lupa sih ada berapa jenis. Ada yg whitening milk, ada yg moisture milk, ada yg gel, trus kadar SPF juga macem2. Aku sih baru coba yg SPF 50, oke2 aja sih. Nggak terlalu minyakan. Aku lebih suka skinaqua drpd melanox, lebih adem & gag berat aja rasanya.

      Delete
  8. waw..rajin bangettt...XD
    aku jg akhir2 ini lg numpuk2 skincare nih..masih bingung make yg mana dulu..hahaha
    serum probio ama lipbalm beli dimana sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...emang dasarnya suka ribet, Mer.
      Skincare numpuk? Sini lempar ke aku aja :p
      Probio C beli di Apotik, kalau Sebamed lipbalm di Guardian.

      Delete
  9. Hehe... Produk2 yg rutinitas mgguan hmpir sm dunk kyak aq :p Tp Viva mc Green tea gk cucok sm aq, bkin jerawat paraaah, jd aq skip deh. Trus, sariayu facial foam aq jg pake, murce & lumayan bwt kulit sensi aq. Tp sayang busax ssah kluar (sdkit), pdhl kan yg dbtuhkan itu busax (foam) :p.
    Natur-e nya ngefek gk say bwt kulitmu ?@

    #Lid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lid,
      justru yang gag banyak busanya itu yang bagus. Karena gag banyak mengandung detergen yang bisa menghilangkan kelembapan alami kulit. Memang sih, kebiasaan jelek kita (kebanyakan org juga) selalu ngerasa kalau nggak berbusa & gag efek keset setelah pake sabun, itu gag bersih. Padahal pendapat itu salah. Kapan2 aku posting artikel mengenai itu yak ;).

      Natur-Enya ngefek banget buat melembabkan kulit. Makanya aku pake pas kulitku lagi kering aja, say :D

      Delete
  10. o i see, kalo pelembab putih langsatnya gmna?ngaruh gak buat efek mencerahkan. cocok pake cleanser sariayu,jadi mau cari pelembab yg juga 1 line dr sariayu gt. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau efek mencerahkan, nggak sih. :D. Memang aku juga gag berniat untuk "memperkecil tone" kulit lagi. Asal terlindung dari sinar matahri, kulit aku sih nggak berasa kusem. Tapi pelemnan putih langsat ini yg paling aku suka dari semua rang pelembab sariayu. Soalnya teksturnya cream, tapi cepet ngeresep. Pelembab sariayu yg satunya lagi teksturnya lotion, aku nggak begitu suka.

      Delete
  11. Oh, gt yak ? Hehe trnyata aq salah duga (emg dasar sotoy sih). Oke aq tunggu ya postingannya. Matur nuwun .. :p


    #Lid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa...kebetulan aku tahu soal ini. Soalnya baca2 beberapa artikel. Kita saling share aja yak ;). Kalau tau sesuatu, boleh donk di share ke sini.. Terimakasih juga yak :p

      Delete
  12. mbaa..rajiiiiin bgt...salut deh..aku juga mau kaya gitu, tp dr dlu smpe skrg udh mau lulus kuliah cuma pake pelembab sm bedak doang, cuci muka juga pake sabun mandi..mau mulai perawatan gitu mulainya dr mana ya mba?takut slh langkah..hehe..mohon petunjuknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih aku kerajinan yak? Hahahaa..
      Aduh, Desi, aku bukan ahli skincare nih. Dan kondisi kulit setiap orang kan beda2. Tapi aku coba sebisanya kasih masukan yak..
      Mungkin bisa dimulai dengan memakai sabun muka yang tepat dengan jenis kulitmu, soalnya kalau pakai sabun badan untuk muka, terlalu keras dan muka bisa kering. Terus lanjut dengan pelembab + sunscreen/sunblock. Soalnya sunblock itu penting banget untuk melindungi kulit kita dari efek buruk sinar matahari. Tapi sunblock ini kalau gag dibersihkan dengan benar, bisa menutup pori dan bikin jerawatan. Jadi cari juga pembersih yang tepat untuk wajah kamu (milk cleanser atau cleansing oil).
      Selamat mencoba ya :)

      Delete
  13. wow I love u r blog mb sekararum :
    zuka banged krn reviewnya produk local yang murahhhh..jadi semangat nyobain produk2 local,satu tujuan utama tetep cantik tpi bisa hematzzz.. value for money lah,he he :D
    thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah..terimakasih :*
      Produk lokal nggak kalah kok sama produk luar. Lebih murah karena nggak perlu kita nggak perlu bayar biaya pengiriman, pajak barang impor, atau nggak perlu bayar ke perusahaan terkait yang punya merknya untuk memproduksi disini :D

      Delete
  14. rajin bener ya mbak
    aku dari dulu kepengen, tapi rasanya kok males gitu ya
    :|

    ReplyDelete
  15. mbak aruuum, ikut nimbrung sekalian mau tanya niih. kalo bisa dijawab ya. hhe :)
    aku tadinya mau beli sariayu facial foam anti acne, tapi kegoda banget sama kata* di tube sariayu facial foam yang putih langsat "mlindungi dari radikal bebas"..
    aku lupa ga liat ingredients nya, pas diliat ternyata semua serba acid boo.
    ini dia yang bikin bingung, aku kan pake tretinoin kan ga boleh tuh kalo ditimpa yang jenis asam*an gitu.. bisa dipake ga sih? apa yang antii jerawat jg ppenuh acid jg?? mohon pencerahannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang anti acne juga sih. Tapi sejauh ini, itu pembersih muka yang paling aman buat aku. Nggak ada scrub, nggak begitu wangu, nggak begitu berbusa, nggak bikin kulit kering, dan nggak bikin kulit perih saat dipake. Aku juga pake tretinoin.
      Tapi di coba aja dulu. Kekuatan kulit orang kan beda2. Kalau kulitku sih cocok2 aja pakai itu :D

      Delete
  16. hi mbak arum

    wah emang bener sih namanya kesehatan kulit ga bisa instan, mesti telaten, dan parahnya aku kurang telaten :))

    kalo membersihkan harian emang berasa banget bedanya antara 1 tahap dengan 2 tahap. dl aku pnh cuman make toner untuk bersiin wajah dan hasilnya kurang oke, wajah ga benar2 bersih ternyata. kalo 2 tahap uda kebukti mukaku lebih terawat jadinya.

    tipe wajah mbak arum gmn? aku berminyak banget karna sering berkeringat T_T kalo perawatan 2 tahap aku percayakan ama viva. cucoooo banget :)) tapi aku make yg cucumber mbak. lebih cocok ma kulitku yg kucel ini =))

    nice posting mbak, bermanfaat ^^b aku belajar banyak dari mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau berguna :)

      Aku berminyak juga, mbak. Tapi kadanh di saat-saat tertentu dehidrasi. Kalau aku suka viva yang greentea :D

      Makasih ya :)

      Delete
  17. wah waahh mbak sekar makasih bnyak ya atas step by stepnya. . . ini mlm kedua ak pke vitacid rasanya enak bgt d mukaku, sbelum pke ak bersihkan dulu pke viva milk cleanser yg mentimun trs ak bersihkan pke kapas lalu cuci muka pke ponds clear solutions yg ijo, sama di ponds itu jg ada acidnya tp emg bnr ap kata mbak sekar kekuatan kulit kita kan beda2, klo ak sih cucox pkek ponds selagi g ada masalah lanjut saja. . ini adalah mlm kedua ak pke vitacid 0,025. malam pertama ak pke vitacid paginy ak bersihkan pke milk cleanser trs cuci muka mau tau ap yg terjadi? amazing baru 1x pakai jrawatku kempes pes peess hanya meninggalkan nodaa g gatal g perih dan ak yakin bgt kalau ak teruskan nodany bakal hilang, gak tanggung2 ak jg ajak mami aku pake vitacid tp bat mami ak lngsung k kadar 0,1 karna mami ak udh sering gonta ganti krim jg pernah perawatan dokter n kulitny flek2 hitam gituh. . bsk ak mau tunjukin nih blog mbak arum k mami.thaks mbak arum buat referensinya nt ak posting lg kalau udh mulus ni muka xixixi. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, beruntung banget mbak, langsung kelihatan hasilnya. Di aku sih nggak seinstan itu :D

      Delete
  18. waahh mbak-nya rajin banget ya :)
    kalo saya sih angin2an. kadang kalo malam cuma cuci muka pake sabun muka terus bobo deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok yang rajin yang rajiiin. Jangan diangin-angin nanti masuk angin :))))

      Delete
  19. wah, lagi surfing, ketemu blog keren..
    serius mbak, keren bgt reviewnya..
    aku bisa dibilang ribet juga sih, soalnya di muka aku yg kata org mulus ini *eehh, ada komedo, pori2 di T-zone besar, n jerawat kecil2 halus yg blm muncul, jadi harus rajin2.

    aku mau nanya nih mbak, aku kan kuliah, jd ga mungkin dong pake make up berat, biasanya aku cm pake moisturizer (citra hazeline) n viva queen compact. apa perlu ya aku pake sunblock stlh pake moisturizer sblm pake bedak? apa gpp kalo moisturizernya ketumpuk dgn sunblock? apa ga berat jdnya ntar ya mbak?

    makasii sblmnya ya mbak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanx ya, mbak, udah mampir :)

      Aku juga gag pake makeup berat kok tiap hari, sama aja cuma mois + sunblock + loose powder. Soalnya menurut aku kasian juga kulitnya kalau makeup berat tiap hari.

      Menurutku nih mbak (menurutku lho ya), kalau kita pakai mois & berbagai perawatan, tapi nggak pakai sunblock, kok mubazir ya :D. Soalnya ya percuma aja, udah dirawat, tapi nggak dilindungi & tetep kena efek buruk sinar matahari. Menurutku sih nggak berat tuh. Kalau pakai makeup baru berat, kalau mois + sunblock nggak berat kok. Tapi kalau pakai sunblock emang bersihinnya harus (minimal) pakai milk cleanser + lanjut pakai facial foam sih. Kalau nggak menyumbat pori :D

      Delete
    2. waahh, oke deh mbak, aku coba pake sunblock deh..
      makasii ya mbak :)))

      Delete
  20. mbak sekar..
    pakai gizi udah brp lama?
    aku baru aja pake 3 hr,bgus bgt tp jerawatnya yg nggak nguati,apalgi pas bersihkan wajah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gag pake gizi :D. Nggak kuat sama alkohol & fragance-nya. Mukaku jadi perih semua :)

      Delete
  21. Halo Mbak arum, :)
    Aku dulu juga rajin pke Sariayu faciam foam yg anti acne itu. Tp skrg kyakx udh reformulated & aku krng suka deh sm yg baru ini. Soalx yg lama kan ada tulisnnya "Meregenerasi sel kulit". Tp skrg (yg reformulated) udh gk ada :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mbak Anonim (?) :)
      Wah, teliti sekaliii. Aku malah nggak perhatiin ada tulisan yang menghilang. Hehe.. Tapi kalau aku sih sejauh masih cocok, nggak ada reaksi negatif & gag bikin kering kulitku, aku tetep pakai :)

      Delete
    2. Iya sih, kalo msih cocok sm kulit gpapa lah ya, yg pnting gk bkin breakout (Amin).
      Mksih mba arum :)

      Delete
  22. solusi eye cream itu belinya dimana dear?

    ReplyDelete
  23. mbak, aku remaja lumayan suka jerawatan. ritual perawatan wajah sehari2 sebelum berangkat sekolah apa aja yaa yg cocok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, apa ya? Bersihin muka & pake sunblock aja sih yang penting :)

      Delete
    2. Tapi minyaknya itu lhoo mbak yang gak nahan, kalo akusih suka aku tambah pake bedak bayi. kalo menurut mbak gimana ? :)

      Delete
    3. Iya, tambahin bedak tabur gapapa. Tapi kayaknya mending loose powder yang buat muka deh daripada bedak bayi. Pernah baca artikel kalau kandungan bedak bayi & bedak buat muka gag sama, & pemakaian bedak bayi bikin rentan jerawatan.
      Kalau aku dulu waktu masih sekolah pakainya bedak tabur pigeon atau marcks + sedia kertas minyak buat dibawa kemana2 :)

      Delete
  24. ternyata sama-sama hobi ribet ya jeng...

    ReplyDelete
  25. aloo,slm kenal smua,aq mau nanya nih mbak,klo pelembabnya ganti bb cream bs g?trus pakenya pelembab dulu atau sunblocknya.....makasi sebelummnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak nana :)
      BB cream kan makeup mbak, sementara pelembab kan skincare. Aku kalau pakai BB cream tetep pakai pelembab. Pelemab dulu, lanjut sunblock, baru makeup (bb cream/foundie, bedak, dll)

      Delete
  26. Wajah ku juga suka labil mbak, kombinasi (daerah rahang normal-kering), kadang berminyak banget, kadang normal, kadang kering dehidrasi...

    Mbak, itu sariayu facial foam anti acne nya gimana tekstur nya? mirip clean&clear acne yg bentuknya gel gitu? Pas dipake ketika kulit nya kering bagaimana?
    Saya pernah pake clean&clear yg acne itu, pas habis dipake enak nggak keset tapi lama2 bikin dehidrasi jg... o.o

    Trus yang moisturizer putih langsat itu pas dipake keset kayak semacam krim ponds, garnier dan semacamnya gitu kah atau lebih melembabkan? Aku pengen banget punya moisturizer yg nggak keset banget kayak garnier, ponds dan semacamnya itu tapi yg mencerahkan bukan mutihin...*aku nggak terlalu suka krim pemutih...sudah menerima warna kulit apa adanya, yg penting kelihatan segar, warna kulit merata dan nggak kusam :D*
    Aku sementara ini pake krim garnier(ketika berminyak) selang seling sama pelembab mawar nya sariayu (ketika kering).Tapi sayangnya, pake krim garnier itu lama2 kok muncul warna kulit nggak rata putih2 gitu. samar sih, tapi kalau pas pake krim nya jadi jelas...jadi stop dulu deh dan mencoba mencari krim idaman lain.... T.T

    Maaf mbak panjang sekali pertanyaannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Asri..

      Aku nggak cocok nih pakai c & c. Breakout. Kalau sariayu aku lumayan cocok. Gag bikin kering & nggak bikin breakout. Baunya juga nggak ganggu.

      Nah, kalau putih langsatnya aku suka soalnya melembabkan & gag bikin putih walau namanya putih langsat. Sebenernya pengennya yg gag ada agen pemutih sama sekali, say. Tapi susah cari di endonesah. Jaman sekarang apa2 dikasih pemutih -_-.

      Kalau pelembab yang mawar, jeruk, kenanga itu aku malah nggak cocok. Jadi berminyak & komedoan. Di aku sih putih langsatnya lebih cocok.

      Trus akhir2 ini aku lagi suka pake nivea soft aja. Lumayan lah, cocok dan murmer. Lembab lagi :)

      Delete
  27. viva green tea ni cocok'an gg mba',, ne q ru pke hmpir sebulan + pke gizi tp jrewi tetep mncul,, mhon pencerahannya ;D,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kosmetik & skincare kan emang cocok2an, dear :)

      Delete
  28. yups, bner mbak, skrng apa2 dkasih pemutih...
    wah nivea soft mbak? aku jg pake di wajah kalau lagi liburan di pegunungan yg kering^^
    tapi nggak berani pake kalau sudah pulang ke surabaya, jadi cuma buat lotion tangan kaki sbln bobok...:)
    oiya mbak, gara2 baca blog mbak saya jd ikutan pake sunblock :D bbrp minggu pke sunblock bintik2 hitam dimuka berkurang sedikit2... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku cocok2 aja lho si Nivea Soft walau udara panas. Hari ini aku mau ke Surabaya, seminggu disana, bawanya juga Nivea soft aja. Gag punya yg laen soalnya :)))).
      Wow, keren. Hihihi... Aku rajin pake sunblock bekas jerawat & flek tetep aja -_-. Tapi paling nggak enggak nambah2 sih flek nya.

      Delete
  29. Mbak,kulit q itu normal kombinasi (kyknya ni istilahnya heheh) berminyak di T-zone aje, q pengen kulit muka q jd agak cerahan geto manjur ga misal pake serum??? Mbak Arum kan pake serum Probio-C manjur ga??? terimakasiiiiiihhhh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gag jd berubah sih tone wrnanya. Tapi memang aku nggak pengen lebih cerahan juga :D

      Delete
    2. klo q emang pengen lbh cerah mbak :'(,,,probio c ato melanox premiun, soalnya kan mbak arum nulisnya lbh seneng yg melanox,,,

      Delete
    3. melanox lebih berasa lembabnya :). Tapi ya itu, karena bikin kulit tambah putih, aku berhenti make deh. Takut :)

      Delete
  30. waduh mba telaten bangetttt... tapi emang gitu ya kalo pengen hasil yang maximal.... kebetulan aku juga pake hampir semua rangkaian mba ... lumayan wajahku agak kinclong dan yang penting hampir mendekati kulit sehat......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. Kalau telaten emang kelihatan kok hasilnya :)

      Delete
  31. kayaknya telaten ini ya yang susah dijalanin. tapi emang bener bisa membawa hasil. aku 1 bulan ini sudah mulai rajin face scrub seminggu sekali. dan hasilnya komedo mulai jaaauh berkurang dibanding dulu yang cuma 2 minggu sekali :)
    mbak mau tanya nih... kenapa tiap kali baca skin care regimen kayak gini mesti bilangnya bersihin wajah pas pagi dan malam hari sebelum tidur. lah kalo pas mandi sore gitu masa iya muka gak di bersihin?? kalo mbak pas mandi sore bersihin mukanya kayak apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak Nayla. Yang penting: te-la-ten. Jangan buru2 pengen dapet hasilnya. :)

      Hahahaha...rrrr...iya sih, mbak. Kamu bener. Selalu sebutnya pagi dan malam ya? Kalau aku pulang kantor atau pulang pergi2, kapanpun waktunya, pasti aku bersih2 muka. Soalnya suka gerah kalau di rumah tapi makeup masih nempel :D
      Disesuaikan kebutuhan aja mbak. Penyebutan waktu pagi dan malam, kayaknya dimaksudkan cuma untuk mempersingkat penjelasan :)))

      Delete
    2. hahaha... lah habis heran deh, mau artikel indo atau amrik juga semuanya bilang pagi sama malem thok. kirain tuh habis pergi cuma dibiarin gitu aja mukanya hehe... tapi kalo untuk pemakain face wash itu memang maksimal 2x sehari ya mbak?

      Delete
    3. Kalau teorinya, facewash emang gag boleh sering2 sih mbak. Soalnya bisa bikin kulit kering. Tapi aku risih je kalau pakai milk cleanser habis itu muka nggak dicuci. Jadi ya tetep aku pake sehabis pakai milk cleanser :D. Tapi aku cari facewash yang nggak ngeringin kulit. Aku lagi suka Dove Beauty Bar

      Delete
    4. kalo untuk oily skin, dove bagus gak ya mbak? dulu pas waktu masih SMA pernah pakai ini tapi kok rasanya licin di muka. emang enak sih kalo sudah kering hehe... tapi gak diterusin soale ndak suka sama efek licin itu :(
      apa sekarang dove masih kayak gitu juga rasanya kalo di pake?

      Delete
    5. Aku malah suka efek licinnya. Kalau keset gitu berasa kulit ketarik trus pasti kering2 deh kulitnya. Cocok kok. Mukaku juga berminyak. Kalau pakai sabun yg keset malah si kulit nantinya over memproduksi minyak, jadinya malah makin minyakan deh.. Kalau dove sih aku suka :D

      Delete
    6. okay deh.... nanti belanja dove.... moga2 aja cocok, soalnya murah banget cwiin :)
      makasih buanyak ya mbak sudah sharing...

      Delete
    7. Sama-sama. Semoga cocok, yak :)

      Delete
  32. hahah sama mbak aku juga seperti mbak :D
    tapi aku nggk lengkap kayak mbak(hahah.. tadinya bilang sama)
    saya mau tanya nih, saya kan remaja nih umur 14 tahun mbak, lagi seneng2nya ngerawat wajah, apakah anak bocah remaja kayak aku udah boleh apa belum pakai Probio-c Serum yg kayak punya mbak?

    makasih sebelumnya mbak :)

    #mela

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mela :)

      Kalau menurutku, umur 14 tahun belum perlu sih perawatan kulit yang seheboh aku :D. Belum perlu serum juga. Yang penting selalu pakai sunblok kalau siang, dan jangan males bersihin muka :)

      Delete
  33. oh itu pasti mbak :))
    tapi mbak , mau nanya satu lagi nih . aku udah boleh maskeran sama pakai peeling blum?

    thanks lagi ya mbak cantikk ;;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehm..aku kurang tau :D
      Tapi kayaknya sih gapapa. Coba aja masker & peeling alami. Aku skrg juga peeling cuma pake gula pasir kok. Tuang sedikit gula + sabun muka di tangan, gosok2, pijitin ke muka pelan2 ^^.

      Delete
    2. makasih ya mbak :D

      Delete
  34. Waah, bagus nih, jadi semangat baca..
    Aku baru umur 15 th nih mbak, ak pke clean&clear yg clear fairness cleanser *yaah itulah pkoknya yg ada cherry2nya,, itu kupake tiap hari, kira2 bgus gak ya ?? Itu termasuk scrub kan ? Aku takut ada efek negatif nya kalo dipakai tiap hari terus.. Makasiih ya mbaak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku kalau ada scrubnya sih, mendingan dipakai seminggu dua kali aja. Kalau harian cari yang ngga ada scrubnya :)

      Delete
    2. Ooh, gitu ya mbak, oke deh.. Makasih banyak ya mbak..
      Oh iya, aku pngen pake pelembab sariayu putih langsat nih, kira2 kalo dipake dari pagi sampe siang panas2 gitu muka jadi kusam + hidung berminyak nggak ??
      Habis slama ini aku pake garnier lama" gak enak juga, teksturnya agak kaku, hidung berasa tebeel gitu..

      Delete
    3. Di aku sih nggak bikin kusam. Coba aja sendiri. Soalnya kan jenis kulit orang beda2 :)

      Delete
  35. udah lama jadi silent reader, komen ah sesekali... :p
    aku juga pake viva milk cleanser & face tonic green tea, mulai pake pas dulu muka lagi breakout2nya *gara2 stress skripsi dan jarang olahraga.
    dulu cocok banget lo, adem di wajah, enak dipakenya...
    skrg jerawat udah jarang banget muncul, terus viva nya mulai ga cocok. milk cleansernya mulai panas di kulit *waduh
    pingin nyari penggantinya, mumpung tinggal dikit ni *biar ga rugi2 amat

    apa itu gara2 jerawatnya udah pada kabur ya makanya jadi panas di kulit?
    *iseng aja nanya :p

    Hehehehe, makasih mbak Arum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu lagi pakai whitening produk nggak? Biasanya kalau pakai whitening, sensitifitas kulitnya nambah. Jadi gampang iritasi.

      Delete
    2. iya pake, buat ngatasin bekas2 jerawatnya >,<
      waduh, mau ga mau harus ganti milk cleanser ama face tonic nya ya?

      kira2 yg bagus buat kulit sensitif apa ya?
      tengkiu mba arum

      Delete
    3. Wah, aku gag bisa recomend, say. Aku sekarang pakai ponds white beauty, lumayan sih nggak perih. Tapi lagi cari pengganti juga karena ponds kan ada whiteningnya.

      Kalau yg reviewnya bagus sih milk cleanser Ristra. Tapi agak2 mahal kayaknya. Around 30k gitu..

      Delete
    4. okesip
      berarti musti cari rekomendasi dari orang yg kondisi kulitnya setipe ni.
      makasih mbak arum :D

      Delete
  36. Wahh perawatnnya hampir aama ribetnya sama saya. Cuma penyakit males saya suka melanda. Jadi suka ngelewatin beberapa step.ahah. Misal kalo males malam cuma pake facial foam doank. Langsung tdr. Kebayakan malesnya dari pada ga malea. Tapi sejak baca ini kayaknya harus belajar untuk rajin. Untuk investasi.(kayak deposito uang saja :-P)
    Oh ya mbak slalu pke trenti tiap malem sebagi cream malem ya? Boleh ya dibpake terua menerus walo lg ga berjerawat? soalnya sy kira itu cuma di pake sbagai perawatan jerawat saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa aku juga suka males. Tapi semales-malesnya, aku tetep mentingin bersihin muka sih. Tetep pakai milk cleanser & facial foam. Soalnya bersihin muka itu yg nggak boleh banget dilewatin kalau aku. Krim2 lain sih kalau lagi males suka lewat :D

      Aku sekarang lagi seling2 sama history of who. Udah jenuh soale mukaku, udah 2 tahunan pakai. Jadi istirahat bentar :D. Menurut artikel2 yang aku baca, ga papa kok dipakai terus. Itu bukan cuma buat jerawat. Tapi buat anti aging juga. Kalau aku pakai itu lebih ke manfaat anti aging sebenernya.

      Delete
    2. tapi pake nya yg kadar 0,5 ya mbak untuk tiap malem? di pake kan rata ke seluruh wajah ya?

      Delete
    3. aku 0,025%. Yang 0,05% cuma pake beberapa kali, trus merasa nggak bener aja karena terlalu tinggi.

      Delete
    4. kalo di selingin sama cream yg laen itu selingannya gmn mbak? sehari ganti sehari ganti ato seminggu baru di selingi ato se suka2nya saja selinginnya?
      oh ya history of who bagus ga mbak?

      Delete
    5. Aku sih sebenere pengen gag pake treti lagi. Tapi kan nggak mungkin ganti skincare langsung lepas gtu aja. Jadi ya kuseling dulu sehari2. Makin lama makin jarang. Gitu...

      Belum bisa bilang bagus sih. Baru dua mingguan pakai

      Delete
  37. kaka..makasih banget ilmunya :)
    Begini ka..sy kan masih 17 thn..itu baik ga sih pake berbagai cream misal pelembap, dll...?
    trus aku kan mulai pake viva cleanser milk sma tonicnya yg lemon tu tapi belum nampak hasilnya...biar kita tau tu produk2 cocok ma kita kaya gimana sih ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus2 aja sih pakai pelembab. Tapi ya nggak usah berbagai macam krem :D. Pakai pelembab dan sunblock aja udah cukup.
      Kalau aku sih skincare itukan perawatan, jadi ya memang hasilnya baru bisa dinikmati jangka panjang. Sejauh nggak bikin breakout atau ada efek samping tertentu ya menurutku cocok2 aja :D

      Delete
  38. wah rajin banget nih mbakk?? Aku dulu pernah pake skincare-nya la tulipe.. tapi lama2 rasanya malah tambah parah.. sekarang? udah males yg terlalu rutin begitu.. tapi setiap bulan masih facial di Larissa.. kira2 yg enak apaan ya mbak buat seusia remaja 16th tepatnya 15th kurang dikit.. hehe :D lupa aku.. salam kenal yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau masih semuda itu nggak usah perawatan ribet2 lah. Yang penting pakai sunblock aja udah. Kalau ke sekolah/kampus, cukup pakai sunblok + bedak tabur, udah cakep kok. Nggak perlu perawatan macem2 apalagi gonta-ganti produk. malah rusak nanti kulitnya

      Delete
  39. mabak mau tanya wajahku kn ada bintik2 merahnya tp gak pernah ilang padahal udh rajin dibersihin. menurut mbak kalo pake facial foam Anti Acne dari sariayu kira2 bagus gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabun sariayu aku bilang bagus sih, mbak, nggak terlalu ngeringin muka. Tapi aku nggak tahu efeknya sama bintik2 merahnya :D

      Delete
  40. Halo Mbak arum..
    mbak pernah pakai wardah Exclusive Liquid Foundation??
    apakah sama fungsinya dengan bb cream?

    ReplyDelete
  41. mba masi pake anti acne facial foam? ak juga masi pake hehe,, tp kelamaan kok bkin wajah kering, apa ini sugesti kali ya, ahahha,, duh bingung mw ganti apa lgi.. kulit aku cenderung kering, lama2 sih ni facial foamnya bkin kulit ak kering uy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skincare routineku udah aku update disini: http://www.racunwarnawarni.com/2013/08/pre-wedding-skincare-face.html

      Delete
  42. perawatan wajah itu penting ya mak, ya buat merawat bukan hanya sekedar memutihkan atau mengencangkan.. walaupun agak merepotkan ya kalau gak biasa, ritualnya cukup panjang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipersingkat juga boleh kok kalau repot. Hehe..

      Delete
  43. Mbak arum, aku kan abis scrub speaker mustika ratu, nah ketika aku pake masker itu wajah aku jadi panas dan pedih, itu kira2 kenapa yah mbak? Ga cocok atau emang begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      wah nggak tau yah. Soalnya di aku nggak panas. Iya mungkin ya, nggak cocok?

      Delete
  44. mbak kalo eye cream buat remaja 14 tahun itu gimana ya? boleh ga? soalnya aku ada mata panda nih keturunan x_x
    sebelumnya makasih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan masalah boleh nggak boleh sih, tapi kayaknya nggak perlu aja. Mata panda juga nggak bisa dihilangkan dengan eyecream kok. Apalagi karena keturunan :)

      Delete
  45. Aku bingung kok begini aja dibilang ribet *ternyata post taun 2012*. kalo jaman itu kan masi belum populer step2 kek japanese/korean skincare yg berlapis2. Anyway, aku sama ribetnya kek mbak Arum jga hehehe, tapi ada beberapa item yg pake natural ato kitchen-ready.
    Misal:
    1. olive oil pake yang buat masak
    2. baking soda utk bersihkan komedo. Caranya dicampur air jadi semacam pasta, olesin di daerah hidung, dagu (yg banyak blackhead). Celekit2 asli ga enak, tapi waktu dibilas, bersih deh komedonya.
    3. madu utk maskeran (harusnya campur telur tapi ihwaw jijaaay)
    4. yoghurt utk maskeran jg
    5. atau oatmeal campur yoghurt
    Kalo buah2an ga berani, karena perih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa udah lama bangeet nget. Sekarang bahkan skincareku lebih simpel dari ini hehe..

      Oh iya mba, mau nanya sekalian. (iki piye aku yang punya blog malah aku yang nanya hahaha..). Katanya baking soda nggak bagus ya buat muka? Aku dulunya pakai tapi banyak yang bilang kalau itu jelek buat jangka panjangnya jadi aku berhenti deh ^^

      Delete
  46. Mba arum aku mau tanya sunblock buat muka sama badan tuh sama apa beda ya? Terus make sunbloknya cuma diarea yg kepapar sinar matahari apa seluruh badan kayak make body lotion?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda :)
      Kalau aku kayak pakai body lotion aja biar gampang :D

      Delete
    2. Mba arum terus makenya apa aja? Aku udah lama banget gak sunblokan .. aku pengen nyoba terus mau nyoba tretinoinya juga tapi pas liat2 lotion atau sunblok bingung mau pilih yg gmana.. rerata lotion yg ber spf itu whitening.. gmana dong mba.. aky bingung..

      Delete
    3. Kalo mba arum pake sunbloknya apa aja? Aku mau mulai pake lagi.. soalnya mau nyoba vitacid. Aku bingung mau beli yg mana . Body lotion juga yg berspf banyakan yg whitening..

      Delete
  47. Bisa buat kulit muka sensitif gak tuh Sari Ayu Facial Foamnya ?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.