Saturday, September 15, 2018

Basic Skincare: CTMP

Basic Skincare CTMP
Bahagia walau instagram masih ngacangin saya

Akun instagram @sekararumw saya masih bermasalah. Tapi ya sudah sembari menunggu pihak instagram merespon, saya nggak boleh berhenti nulis kan ya? Saya mau bagikan salah satu artikel yang sudah lama pengen saya bagi saja. Oh iya, sembari menunggu @sekararumw hidup lagi, mbok @racunwarnawarni di follow. Kalian itu apa tidak kangen sama saya?

Saya akhir-akhir ini memang lagi maniak banget sama skincare. Lagi terobsesi benerin kulit muka ceritanya. Makanya saya juga jadi sering banget review atau berbagi sesuatu mengenai skincare. Kayaknya kalau dilihat-lihat akhir-akhir ini, blog sayatu jadinya lebih sering membahas mengenai skincare dibanding makeup. Ya nggak sih? Padahal sayatu tadinya bukan anak skincare banget lho! Ya tetep merawat kulit tentunya, tapi nggak yang se-religiouslly sekarang-sekarang ini. Dan sejak merawat kulit dengan benar, perubahan kulit saya itu nyata banget-nget-nget! Saya yang punya kulit saja sampai WOW sendiri kalau lihat cermin.

Apa yang saya lakukan? Apakah saya mengganti skincare dengan produk-produk yang mahal? Enggak, beb! Percayalah, enggak sama sekali. Produk skincare saya jarang yang mahal-mahal. Soalnya sayatu menyesuaikan diri dengan kalian sobat misqueen-ku yang menjadikan akuh (( JUNJUNGAN )). Low profil gitu lho, bebqu. Yang penting cocok dan konsisten pakainya aja. Jadi duit sisanya bisa buat jajan buku di Toga Mas atau foto-foto di coffee shop kekinian untuk konten instagram agar dikira kaya.

Saya tetep pakai apa yang saya punya aja. Paling lebih perhatikan ingredient, step, dan konsistensinya. Karena ternyata saya punya lengkap produk-produk untuk basic skincare saya sehari-hari. Saya yakin kalian juga punya lengkap, tinggal dipelajari dan rutinin aja pakainya. Karena buat saya, nggak ada skincare yang jelek. Ya nggak mungkin tho, bikin produk kok mau dijelek-jelekan. Adanya tu cocok atau nggak cocok. Itu sajatu.

Nah, karena sayatu akhir-akhir ini sering sekali coba-coba dan me-review skincare, saya merasa perlu untuk memberi informasi mengenai basic skincare ini.


Apa Itu Basic Skincare?

Basic skincare adalah skincare yang wajib dipakai setiap harinya!

Kenapa ini penting? Ya karena memang kulit kita, apapun jenisnya, membutuhkan basic skincare! Kamu boleh biyanget kok nggak pakai serum, essence, exfoliating toner, endesbre-endesbre, karena itu nggak wajib. Kulit kamu nggak bakalan kenapa-kenapa kalau nggak pakai segala serum itu. Tapi kalau nggak pakai basic skincare ya, jangan harap kulit bisa lebih mulus, lebih cerah, lebih anu, lebih ini atau apapun lah goals-nya.

Serum dan lain-lain itu, sebenernya hanya produk tambahan. Mereka nggak bisa bekerja sendiri dengan baik, kalau nggak dibarengi dengan basic skincare. Jadi ya, intinya itu malah di Basic Skincare!


Terdiri Dari Apa Saja Basic Skincare?

Nah, basic skincare ini terdiri dari CTMP, atau:

Cleansing - Toning - Moisturising - Protecting

alias

Membersihkan - Menghidrasi - Melembabkan - Melindingi

Kita akan bahas singkat satu per satu ya.

Cleanse Toner Moisturise Protect


1. Cleansing

Cleansing adalah tahap pembersihan. Dan tahap ini kalau sore/malam hari, harus dilakukan dua kali atau double cleansing, walaupun kita nggak memakai makeup. Kenapa? Karena kalau pagi/ siang, kita kan wajib memakai sunscreen (step protect). Nah, sunscreen itu tidak bisa dibersihkan dari kulit kita hanya dengan menggunakan sabun muka. Harus diangkat terlebih dahulu dengan pembersih yang oil based.

Pembersih yang oil based ini disebut dengan first cleanser. Produk-produk yang merupakan first cleanser adalah: milk cleaser, cleansing oil, cleansing balm, cleansing cream, dan lain-lain. Micellar water dan makeup remover itu juga bukan merupakan first cleanser. Tapi kepanjangan kalau dibahas di sini, jadi lain waktu saja kita bahas khusus mengenai cleanser.

Merk yang bagus? Wah banyak. Yang pernah saya coba dan saya suka ada Viva Cleansing Milk (favorit!), Fanbo Precious White Milk Cleanser, Ristra Extremelly Gentle Cleansing Milk (mengandung SLS), Elsheskin Deep Cleansing for Sensitive Skin (mengandung SLS), Biore Cleansing Oil, Nature Republic Cleansing Oil, dan The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Cream.

Nah, setelah beres pakai first cleanser, selanjutnya adalah memakai second cleanser. Fungsinya untuk membersihkan residu dari first cleanser yang masih tertinggal, dan juga mempersiapkan kulit untuk menerima skincare lanjutan. Kalau merujuk ke artikel-artikel skincare jaman now sih, sebaiknya pilih sabun muka yang formulanya lembut dan tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate) dan SLES (Sodium Lauryl Ether Sulphate atau Sodium Laureth Sulfate), serta yang low Ph. Tapi balik lagi sih ya, kondisi kulitnya bagaimana. Kulit saya masih oke kok menerima SLES, kalau dalam kondisi prima. Tapi kalau lagi menunjukan gejala dehidrasi atau berjerawat, saya sih menghindari banget SLS maupun SLES.

Produk second cleanser yang pernah saya pakai dan saya suka adalah Hadalabo Gokujyun Moisturising Face Wash, Sensatia Botanicals Soapless Facial Cleanser (favorit!), Acnes Creamy Wash, Naruko Magnolia Cream Wash, Leona Facial Foam Oil Free, Cetaphil Gentle Cream Cleanser (mengandung SLS), Ristra Med Soap.


2. Toning

Toner ada dua jenis, yaitu Acid Toner dan Hydrating Toner. Nah, Toning yang wajib di sini adalah hydrating toner ya. Fungsi hydrating toner adalah memberikan hidrasi atau asupan air untuk kulit. Kalau banyak baca artikel jaman now, banyak yang kulitnya bermasalah (kering, sensitif, berminyak, berjerawat), setelah fokus untuk menghidrasi kulit, kulitnya jauuuhhh lebih baik. Jadi sepertinya hidrasi ini merupakan kunci dari kulit yang sehat. Kulit yang sehat adalah kulit yang lembap dan kadar airnya terjaga.

Favorit produk saya sejauh ini baru satu, Hadalabo Gokujyun Lotion. Itu murah tapi beneran bagus dan efektif menghidrasi kulit. Cara pakainya jangan pakai kapas ya! Tapi tuang dua sampai tiga tetes di telapak tangan, usap-usap dua telapak tangan, lalu tepuk-tepuk lembut merata ke seluruh wajah dan leher.

Kalau kulitmu dehidrasi dan ngelopek-ngelopek gitu, step toning ini bisa di-layer lagi. Setelah layer pertama meresap, pakai lagi produk yang sama dengan cara yang sama. Kalau dirasa masih kurang, ya layer saja lagi. Kuncinya dikit-dikit aja dulu, dan tunggu meresap, baru di-layer lagi dikit. Produknya juga nggak usah campur-campur dulu lah, cukup pakai satu hydrating toner yang kamu cocok aja.


3. Moisturising

"Akutuuu kulitnya berminyak, kak. Jadi tida perlu memakai pelembap!"

Salah itu, bebqu. Sualah! Pelembap atau moisturiser ini fungsinya untuk mengunci kadar air (atau hidrasi) dari produk sebelumnya, agar tidak menguap. Kalau nggak pakai moisturiser, ya percuma pakai produk-produk sebelumnya (dalam artikel ini produk sebelumnya adalah hydrating toner), karena akan segera menghilang dan nggak ada manfaatnya. Justru kalau kamu nggak pakai pelembap, kulit kamu akan mengirimkan sinyal "kering" ke otak, dan malah mengeluarkan minyak lebih deras.

Tinggal disesuaikan saja tekstur dan kandungannya. Untuk kulit berminyak, pilih yang teksturnya ringan atau lotion (emultion). Untuk kulit kering, pilih yang lebih rich dan creamy. Kalau saya sendiri, suka pakai yang ringan untuk siang dan yang creamy untuk malam.

Untuk produk pelembap itu tuh buanyaaakk sekali. Saya rasa semua brand skincare pasti punya kok. Ada yang judulnya cream doang, dan bisa dipakai pagi dan malam (enak sih begini, karena kalau traveling nggak kebanyakan produk). Tapi ada juga yang formulanya dibuat pagi dan malam berbeda, biasanya namanya day cream dan night cream.

Yang saya ingat dan saya suka tuh Avoskin Day Cream, Mamutta Essential Cream (nanti di review ini bagus banget!), Ristra Moisturizing Cream, Safi Day Cream, Hada Labo Gokujyun Milk, Hada Labo Cream. Duh gila sih banyak banget kalau produk pelembap mah. Kesandung di indomart aja pasti langsung nemu pelembap. Pilih aja sesuai kondisi kulitmu.


4. Protecting

Step terakhir adalah protecting atau perlindungan terhadap sinar matahari. INI SUPER PENTING! Harus dipakai setiap pagi/ siang dan di-reaply berkala. Ya memang yang namanya sunscreen itu kebanyakan lengket ya. Tapi itulah jalan ninjamu! Mau kulitnya sehat atau tidak? Kalau mau cobalah bertoleransi dengan rasa lengket ini. Sama rasa lengket saja tidak tahan, bagaimana bisa tahan dengan kerikil-kerikil kehidupan yang tajam?

"Moisturiser sama foundation akutu mahal dan sudah ada SPF-nya, kak! Jadi aku tidak perlu memakai sunscreen terpisah lagi."

Salah lagi kamutu, bebqu! Sunscreen itu harus dipakai sebanyak ini agar efektif:

Banyak Pemakaian Sunscreen
Sumber gambar: YuKepo.com

Mau kamutu pakai moisturiser dan BB cream sebanyak itu? Kalau saya nggak mau. Pliket lah, bebqu. Membuat saya ingin ber-shower setiap waktu.

"Hah, harus sebanyak itu? Lengket sekali dong? Berminyak dong?"
Enggak. Percayalah, mungkin di awal-awal kamu akan merasa shumuk dan pliket dan oily. Tapi ya itutu jalan ninjamu tadi. Lama-lama akan terbiasa dan nggak kerasa lengket lagi kok.

"Akutu anaq rumahan banget. Kalau keluar cuma malem aja buat dugem. Kalau pagi sampai sore di rumah. Nggak perlu pakai sunscreen."
Kecuali rumahmu di bunker bawah tanah yang nggak berjendela dan nggak ada celah untuk cahaya matahari masuk sama sekali, silahkan saja nggak pakai sunscreen.

Dan saya nggak tau gimana lagi harus bilang pentingnya sunscreen. Kalau nggak pakai tuh kayak percumaaaa banget kamu pakai segala macam skincare. Nggak guna dan buang-buang uang aja. Dan sunscreen ini adalah skincare anti-aging terbaik yang pernah ditemukan oleh manusia. Jadi sebenarnya, pakai sunscreen dengan cara yang benar itu udah ngebantu banget biar kulit kita nggak mengalami tanda-tanda penuaan dini, misalnya flek, warna kulit tidak rata, kusam, wrinkle dan lain-lain. Serum anti aging itu cuma pendukung saja. Percayalah!


Singkatnya:

Skincare rutin pagi

PAGI: 
Second Cleanser - Hydrating Toner - Moisturiser - Sunscreen


skincare rutin malam

MALAM: 
First Cleanser - Second Cleanser - Hydrating Toner - Moisturiser


Wah, Nggak Punya Uang Untuk Basic Skincare Akutu!

Nggak perlu beli semua lah, beb. Pakai apa yang ada dulu di rumah. Saya yakin kok cewek jaman now, seslebor-slebornya pasti punya lah ya, pelembap atau sabun muka gitu. Tinggal ngelengkapin yang belum ada.

Atau kalau memang nggak ada semua nih, saya kasih rekomendasi yang murah tapi kebetulan cocok di saya:

rekomendasi skincare pemula murah

TOTAL: sekitar Rp 80 000 lah ya buat awalan.

Tapi kalau udah jalan nggak kerasa kok, biasanya kan habis juga nggak barengan. Yang habis dibeli. Yang masih dipakai, gitu-gitu aja sih.


Terus Boleh Nambah Serum dll Kapan?

Oke, sudah saya jabarkan ya basic skincare CTMP yang wajib digunakan setiap harinya. Nah, marilah sebelum mau coba-coba serum, essence, sheet mask, dll dll, KENCENGIN DULU BASIC SKINCARE-NYA. Bahkan Avoskin PHTE andalan saya itu, sebenernya nggak saya anjurkan untuk kamu-kamu yang CTMP saja belum khatam. Nggak akan ada hasilnya! CTMP dulu lah selama dua-tiga bulan paling enggak, cari produk-produk CTMP yang bener-bener fit dan cocok buat kulit kamu itu. Atau nggak usah cari, mulai dari produk-produk yang udah ada di rumahmu saja. 

Setelah dua-tiga bulan CTMP secara tertib, biasanya kondisi kulitmu membaik kok. Bisa saja yang mengeluh kulitnya berminyak, ternyata normal. Biasanya jerawatan, ternyata ya enggak juga. Biasanya kusam, ternyata enggak. Dikira sensitif, ternyata biasa aja tuh. Dan lain-lain.

Nah, kalau kondisi kulit seasli-aslinya sudah terlihat berkat ritual CTMP secara religius ini, baru deh ditelaah lagi, kira-kira apa yang kulit butuhkan. Misal, ternyata butuh exfoliator untuk menghilangkan beberapa bekas jerawat membandel, ya masukan Exfoliating Toner sebelum pemakaian Hydrating Toner. Atau ternyata butuh serum untuk anti-aging, ya tambahkan serum, sebelum moisturizer. Produk-produk lanjutan itu juga baru akan bisa bekerja dengan baik kalau kamu sudah mengamalkan basic CTMP dulu. Selanjutnya tentang skincare layering akan saya tuliskan terpisah saja agar tidak kepanjangan.


Efek di Saya Setelah CTMP

Dampaknya dari saya merawat kulit "beneran" apa? Percayalah! Perbaikan kulit saya terasa sangat nyata! Pembaca-pembaca lama, masih inget nggak dulu sayatu sering mengeluh soal kulit saya yang: kering, dehidrasi sampai sering ngelopek-ngelopek, sensitif, sekaligus acne-prone? Nah, sekarang udah enggak! Sejak saya bener-bener memperbaiki step skincare saya, kondisi kulit saya udah sangat jauuuhhh membaik.

  1. Keringnya masih.
    Tentu dong, karena berminyak dan kering itu semacam takdir atau bawaan lahir. Cuma sekarang udah nggak dehidrasi dan ngelopek-ngelopek lagi. Kering, tapi nggak sekering itu ternyata. Atau bahasa kerennya, normal to dry.
  2. Yang paling nyata, saya udah juaraaaang banget jerawatan.
    Padahal saya kira kulit saya memang dari sononya acne-prone. Ternyata setelah dibenerin pola skincare (dan pola makan)-nya, kok nggak pernah jerawatan lagi yak? Eh...bukan nggak pernah sama sekali, tapi lebih kayak cuma sebiji doang nungul kalau pas periode mau menstruasi begitu.
  3. Kulit saya kelihatan lebih radiant.
    Apa ya? Kalau saya bilang "cerah" pasti langsung mengira tone kulit saya naik atau lebih terang begitu. Bukan itu maksud saya. Tapi lebih kelihatan menangkap cahaya gitu lho! Jadi teksturnya lebih rata dan lebih terlihat sehat. 
  4. Pori-pori saya juga jadi nggak terlalu show off kayak dulu-dulu itutu.
    Seriusan, saya jadi happy banget lihat kulit saya akhir-akhir ini.
  5. Recovery lebih cepet.
    Misal habis mens dan jerawatan, jerawat tuh cepet hilangnya dan nggak ninggalin bekas. Terus kalau habis liburan kan biasanya kulit kusam dan rewel, itu juga cepet banget balik cerah dan mulus lagi.

Udah ya. Panjang banget! Semoga berguna buat kalian semua. Percayalah, nggak perlu kok mahal-mahal beli serum atau face oil. Basic CTMP dulu lah, lalu lihat perubahan kulitmu!

40 comments:

  1. Seneng aku tu baca ini, kayak lagi di dongeng in... πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  2. Beruntung banget akutuh punya junjungan seperti kak Arum! Btw aku juga suka banget sama starter pack hadalabo, sampai aku repurchase terus selama dua tahun ini, bareng viva yang spirulina dan wardah moisturiser. Sunscreen masih bolong ga tahan sama lengketnya huhuhu maaf ya kulitku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah (( JUNJUNGAN )). Seperti tandu :D
      Emang enak banget viva sama hadalabo tuuu. Ayo tambahin sunscreennya biar paripurna

      Delete
  3. makasi sis berkat saranmu dgn hadalabo gokujyun toner, wajah saya sudah membaik. peseknya masih sih tapi tekstur kulit jadi mendingan bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sis senang bisa membantu nanti kalau ada yang bisa memperbaiki kepesekan kita aku akan share dan kamu yang pertama kali tahu.

      Delete
  4. Mbak sama aku juga suka banget sama Hadalabo toner. Murah tapi bagus. Dan sudah repuchase berkali-kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emaaangg. Enaque banget ya. Mau coba yang mahal-mahal aku tetep balik ke Hadalabo lagi :D

      Delete
  5. Tiap pagi cuma cuci muka ama pake pelembab, malem cuci muka doang, berasa gagal setelah baca tulisanmu mbaksay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa...ayookkk tambahin sunscreen dan first cleanser. Nanti kalau udah biasa, tambahin hydrating toner.

      Delete
  6. Setuju jeng, CTMP kudu banget konsisten dl baru naik kasta pakai ini itu. aku merasakan manfaatnya. Ah aku terinspirasi junjunganku untuk sharing skincare routine murahan tapi oke oce. sesok nulis ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik. Ayo jeng tirulah aku sebagai (( JUNJUNGAN )) mu ini. Tulislah agar semua melek :D

      Delete
  7. MBAK TANGGUNG JAWAB SEPANJANG BACA AKU AUTO NGAKAK NGUKUK GELI LHO:((( miss u so bad deh pantes di story ig ko sepi tanpa kehadiranmu ealah akun nya trouble kudoakan moga pet pulih akun mu. Seneng liat postingan basic skincare Alhamdulillah ku girang krn step Q juga benar dari base skincare dulu lah beresin muka jerawi tk kunjung sembuh + bruntusan di jidat + dulu kulitku kusem kek anak layangan wkwkwk tp semenjak tau skincare (tentunya murce khas naq qost krn kujuga sahabat misqin) jd perlahan terombak kulitku. Tetep nulis lho ya mbaaak kusenang baca artikel mu selama ini hanya jadi silent reader skrg mulai ceriwis tiap di blog/review org hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahahah halo sobat misqueen!!!
      Syukurlah sudah bener stepnya.
      Makasih yaaa, iya aku bakalan terus nulis bcoz nulis udah kayak jadi rutinitas sehari-hariku kayak mandi makan dan tidur. Ada yang kurang gitu kalau nggak nulis :')

      Delete
    2. selalu kutunggu ulasan menarique mbak arum ~~

      Delete
  8. Jalan ninjamu buat balikin akun IG semoha segera berbuah hasil ya, Mbaquuu

    ReplyDelete
  9. Wah suka kaka tulisannya,
    Kok gak ada review produk wardah,
    Kurang.bagus kah kah ?

    Maklum newbie didunia perkosmetikan
    Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah baca.

      Nggak ada produk SK II, Sariayu, Etude, dll juga tuh. Jelek juga berarti?

      Delete
  10. Aku baru tau kalo sunsscreen hrs dipake sebanyak itu :o. Aku pake sih, tp ya itu, ga sampe 2 jari kyk diatas :p. Tdnya krn aku pikir, aku ke kantor jam 5.30 pagi, pulang jam 8 mlm dan bisa dibilang ga ada jendela samasekali.. Kluar kantor juga ga pernah krn ga kuat panas :p. Makanya aku pikir sunscreen ga ush banyak.

    Tp utk basic yg lain, aku rutin mba ngelakuin. Secapek apapun pulang kantor, yg namanya bersihin muka double cleanser wajib. Trus pake miracle water ato toning, serum, eye cream dan moisturizer. Pokoknya ada 1 aja yg diskip, lgs berasa banget ga enak. Mungkin krn udh biasa. Sebagai tambahan, aku selalu minum suplemen vitamin wajah juga. Utk support kesehatan kulit dr dlm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 jari itu minimal lho :D. Hahahaa...ayo banyakin!

      Iya memang kalau sudah kebiasaan enak, kayak rutinitas aja gitu ya kalau nggak ngelakuin ada yang kurang rasanya. Kayak mandi. Lanjutkan sisku ;)

      Delete
  11. Aku syok micellar water bkn termasuk first cleanser 😱😲 *otw beli biore cleansing oil ke guardian. Tp tep boleh pake micellar water kann??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu Dokteerrr. First cleanser haruslah yang oil base. Micellar water bukan oil base. Dan lagi, pemakaian micellar water itu tuh harus pakai gosokkan kapas kan, yang mana sebenernya abrasive di kulit dan kalau bisa dihindari saja.

      Boleh sih, kalau traveling misalnya. Tapi aku traveling pun bawanya viva hahahaa...

      Delete
  12. Tulisan mbk sangat mencerahkan,
    Mbk sekar, saya mau tanya ...
    Setelah bacis skincare sudah diaplikasikan, bisa di aplikasikan fondi dan bedak padat ya mbk??
    Untuk make up sehari gt mbk ...

    Terimakasih atas jawaban mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo terima kasih sudah baca :).

      Iyes, makeup itu selalu sesudah skincare ya ;).

      Delete
  13. PanJang. ..tp Makasih info nya. .
    yang vit e itu apa teh arum?

    ReplyDelete
  14. Artikel yang sangat membantu..
    Coz kulit lagi rewel banget..
    Mau tanya mb arum..
    Kalo pake sunscreen kemudian ditimpa dengan bedak tabur itu..mw re apply nya cuci muka dulu ngga sih? Coz selama ini ngga pernah re apply sunscreen dibawa terus make up mpe soreπŸ˜…πŸ˜…
    Matur nuwun jk berkenan menjawabπŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa terima kasih sudah membaca.
      Aku sendiri jujur jarang reaply sunscreen yang bentuknya cream kalau sedang diluar rumah mb. Paling reaply pakai compact powder yang mengandung SPF aja (iya aku tahu ini kurang banget). Tapi berdasarkan baca-baca cara orang-orang sih, sebaiknya memang di cuci dulu mukanya, pakai air saja tanpa sabun. Baru diaplikasikan ulang sunscreennya.

      Delete
    2. Kaa kalo misal pelembapnya bentuk gel itu gapapakan ya apa harusnya bentuknya cream/lotion gitu ? Makasihh

      Delete
  15. mbak pake milk cleanser atau oil cleanser yg benar itu gimana ya,, aku masih pake kapas kalo pake milk cleanser, tapi katanya kapas memicu iritasi ,, videoin dong biar aku tercerahkan .. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sis, barusan aku update di instagramku @racunwarnawarni tentang pemakaian first cleanser yak. Silahkan di cek dan follow ;)

      Delete
  16. Mbak, Makasih udah menyadarkan aqu bahwa sunscreen itu penting meski udah pake berlayer2 day cream, wkwkk... Iya! Aku jarang pake sunscreen, ya pantes gosong gini... Kalau step-step CTMP, udah mulai rutin nihhh, nggak males2 an lagiy... Kalau sukses, bakal aku tulis di blog... :)

    ReplyDelete
  17. Mbuaakk bener-bener tulisanmu mencerahkan sekali, akutu selama ini sedih mau ikutan skincare-an ctmp tapi kok ya mahal-mahal rasanya, terus akhirnya aku liat ig-mu kalau toner murah meriah itu banyak haha.. Aku pakai wardah hydrating booster dan cucookk.. Pelembabnya hanya pakai hadalabo yg milk.. Tapi kusudah tidak jerawatan lagi sekarang, minyak-minyak di wajah juga gak lebay macam kilang minyak gitu, secukupnya aja. Terimakasih mbuak arum, aku follower barumu yg langsung tak bisa pindah ke lain hati :****

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muakasih ya, mbuaaakkk. Welcome dan semoga betah di sini.

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...