Tuesday, July 17, 2018

[Review] Sariayu Tinted Moisturiser


Saya khusus me-review Sariayu Tinted Moisturiser ini, bukan hanya karena banyak yang minta. Tapi juga sebagai apresiasi saya, soalnya juarang banget saya nemu base makeup dari merek lokal yang bagus dan cocok untuk kulit saya. Saya selama ini sih mengandalkan foundation atau BB cream dari drugstore atau korean brand saja. Makanya seneng banget pas ketemu sama si Sariayu Tinted Moisturiser ini.

Kalau mau baca review produk-produk Sariayu Tren Warna 2018 Inspirasi Jakarta lainnya, sudah saya tulis di sini:


Jadi, kulit saya tuh tricky. Sebenernya nggak kering-kering amat sih, cuma dehidrasi gitu. Di beberapa patch, ada yang mengelupas dan bikin foundation nyangkut. Makanya selama ini saya suka foundation yang formulanya moisturizing dan sheer to medium coverage aja. Soale kalau matte dan full coverage, hasilnya patchy dan dempul, ceu! Nggak banget lah.

Tapi nggak semua foundation yang formulanya moisturizing bagus di kulit saya. Kebanyakan malah oxi. Atau nggak jarang, makin lama tuh bukannya makin bagus dan nyatu dengan kulit wajah, tapi makin lama kayak makin bikin pori-pori saya kelihatan. Pokoknya lama-lama malah jadi kumus-kumus gitu.

Selama ini saya sih suka sama Bourjois Healthy Mix Foundation. Udah deh, itu holly grail banget untuk drugstore foundation harga terjangkau yang cocok buat kulit saya. Sisanya ya high-end cem Too Faced Born This Way gitu. Terus dulu cocok sama BB cream Korea Skin 79. Tapi since kulit saya menggelap (dan saya justru suka penampakan saya kalau kulit menggelap), BB cream korea nggak cocok lagi buat kulit saya.

Pokoknya nggak banyak deh foundation yang merebut hati saya. Apalagi lokal, kayaknya sih tehnologi per-foundation-an brand lokal kita belum secanggih itu apa gimana gitu ya? Tapi Sariayu Tinted Moisturizer ini, BAGUS di saya! Makanya saya sehepi itu. Lokal lho ini. 


Kemasan Sariayu Tinted Moisturiser ini simpel aja, tube dengan tutup ulir yang rapet. Memang nggak sebagus pump, tapi berfungsi dengan baik dan nggak ada yang harus dikeluhkan. Mampu melindungi produk di dalamnya, mulut botolnya kecil jadi nggak akan ndledek kalau pas nuang, dan tutupnya rapet jadi nggak khawatir tumpah kalau dibawa-bawa. 

Tinted Moisturiser ini mengandung SPF 20. Hmm...nggak tau sih ya, saya nggak pernah peduli sama SPF di foundation. Menurut saya nggak guna aja, tetep harus pakai sunscreen terpisah. Selain lebih manteb, udah kebiasaan juga.

Terus menurut saya penamaan tinted moisturiser, BB cream, CC cream, dan foundation itu ya tehnik marketing aja. Pada intinya sih ini base makeup. Harus pakai skincare dulu sebelumnya. Lho, tinted moisturiser dan bb cream kan lebih ringan, kalau foundation lebih full coverage, khak? Ah syapa bilang, dhek? Di luar sana banyak kok foundation yang formulanya ringan dan sheer coverage. Banyak juga BB cream yang full coverage dan thick. Menurut saya sih ya suka-suka perusahaannya aja mau namain apa. Selama bagus ya saya pakai ajah.


Teksturnya sendiri enteng, nggak kental, tapi nggak bisa dibilang encer juga. Creamy tapi ringgan gitu, sedikit terasa oily, enak banget spreading-nya ke seluru wajah. Paling enak nge-blend tinted moisturiser ini justru pakai jari tangan aja. Kalau pakai kuas jatuhnya streaky, kalau pakai egg sponge produknya malah keserep banyak. Jadi ya oles dan tepuk-tepuk lembut aja pakai jari tangan. Ratanya cepet kok.

Produk ini tersedia dalam tiga pilihan shades, yaitu: Light, Natural, dan Dark. Saya pakai yang Natural, dan masuk-masuk aja ke kulit saya. Undertone tinted moisturiser yang Natural ini kuning, jadi cocok banget lah buat kulit saya.


Nah, ini coverage-nya! Sheer coverage aja. Nggak bisa nutup bekas jerawat atau noda wajah yang heboh gitu. Tapi ya cukupan untuk bikin warna kulit kelihatan merata gitu. Saya nggak coba buid up karena menurut saya hasilnya ini udah perfect banget, kalau di-build lagi takutnya cakey. Untuk yang punya noda wajah dan pengen ditutupi, ya sebaiknya pakai concealer aja. Terus di saya sih, semacam ada efek blur pori-porinya. Jadi muka tuh keliatan aluusss gitu lho.

Finish-nya juga cantik, glowing tapi nggak berlebihan. Saya sih tetep suka set ini tipis-tipis pakai setting powder yang formulanya nggak terlalu matte, kayak BLP Loose Powder atau Milani Set Prep Go. Ya buat jaga-jaga aja biar makeup saya lebih awet dan nggak geser. Buat yang kulitnya berminyak, mungkin bisa pilih bedak tabur yang matte dan diaplikasikan dengan tehnik baking begitu.


Untuk ketahanan, di saya sih cukupan ya. 6 jam juga masih cantik gitu kok makeup-nya. Ya habis itu bedaknya aja di-touch up dikit biar makin awet dan pori-porinya nggak nongol. Tapi saya nggak tau gimana ketahannya di kulit yang berminyak, atau oil control-nya gimana.

Feeling saya sih, ini oil control-nya nggak begitu nendang. Harus dibantu pakai primer atau setting powder atau setting spray lagi. Tapi feeling saya juga nih, walau minyak udah keluar, mukamu tetep akan rapi dan nggak oxi nggak kumus-kumus gitu, tetep alus. Tinggal di-tap-tap aja pakai kertas minyak.

Tapi yaaa namanya cuma feeling ya, soalnya muka saya bukan wajan, tidak minyakan. Thx.


Harga: Rp 63 000
di Martha Tilaar Shop

20 comments:

  1. Jd yakin mw bli krn baca reviewmu Rum,btw ini gk abu2 kan klo dipakai ke kelopak sm bawah mata?soale mata pandaku parah bingit n akunya agak malas pake concealer utk sehari2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung warna bawah matanya dong. Kalau terlalu hitam, ya pakai foundie apapun jatuhnya abu2, harus pakai korektor dulu

      Delete
  2. 'mulut botolnya kecil jadi nggak akan ndledek kalau pas nuang'~

    ndeledek kui opo tho mbaa...hehe

    ehh jadi penasaran soalnya lokal biasanya emg kurang bagus ya base makeup nya..aku juga sukanya yang sheer ajaa..thanks review nya mbarum..

    xo,
    beauty-redemption.com

    ReplyDelete
  3. yes, aku setuju mengenai teknik marketing itu, mbak, soal nya dulu aku pernah baca artikel mengenai bagaimana perusahaan2 memasarkan barang yang hampir sama dgn nama berbeda. itu termasuk sabun juga, karena kalau kita klaim 'bisa melindungi kuman alias antispetik', secara psikologi orang2 parnoan dan lsng beli itu sabun, pdhl sabun merek A yg dipasarkan sbg sabun pemutih sama antiseptiknya, cuma klaim itu tdk ditonjolkan.
    okay sekian.
    sorry mbak, jd ceramah akyutuh.
    yha, kali akan coba tinted moisturizer ini, penasaron

    ReplyDelete
  4. Aku lagi pikir-pikir buat beli ini mba, selain faktor harga & warna, takute nek ndempul banget soale mukaku juga kering tapi berpori dan pruntusan takute kalau ga bikin kileng-kileng mah kelihatan keriputnya.

    ReplyDelete
  5. Aku pake ini juga mbak Arum, dan sukaaaaa. Soalnya baru kali ini nemuin yang warnanya pas sama kulitku, terus berasa enteng kalo pake ini, beda ketika pake BB cream atau CC cream. Gampang diblend juga. Di aku nahan minyaknya juga B aja sih, tapi lumayan lah nggak yang kilengan banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyha enak banget blendingnya ini. Terus punyaku pernah dipake sama temenku yg kulitnya lebih putih dari aku, ya masuk2 aja lho.

      Delete
  6. Ini skinlike banget ya khak, sayangnya tipe kulit kita bertolak belakang, jadi pikir pikir pikir... hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya skinlike gituuu. Hmm...kalau kulitnya berminyak memang sebaiknya pikir pikir ;)

      Delete
  7. aduh racun bgt ini:"")
    mba arum pliis review mustika ratu beauty queen foundi dongg, atau la tulipe cc cream, atau la tulipe cheek and lip.. *banyak ya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngga punya 3 benda itu dan nggak terlalu tertarik. Ya kalau misal dapet mungkin ku review di instagram yak ^^

      Delete
  8. dan aku pun kena racun mu mba..kmrn dah beli tapi blm di coba secara aku sebenernya jarang banget dandan (trus beli ginian buat apa dooonngg?? :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli ajaaaa pasti jadi ketagihan dandan hahahaa...

      Delete
  9. Jadi kepengin beli abis tau hg foundi nya samaan. Kalo boleh tau mbak Arum biasanya pake sunscreen apa? Soalnya di saya finishing base makeup tergantung suncreen dibawahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunscreen gonta ganti akutu. Kadang Ristra, biore, atau skinaqua. Saranku pakai face primer sih biar foudie apapun jatuhnya bagus.

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...