Monday, January 29, 2018

[Review] Ozora Brightening Series Skincare


Sejak tahun lalu, saya memang udah niat pengen nyobain skincare baru. Soalnya memang banyak banget skincare lokal baru yang bermunculan, dengan berbagai macam konsep dan formula. Nah, dari banyak pilihan yang ditawarkan, saya memilih untuk mencoba Ozora Skincare terlebih dahulu.

Yang bikin saya tertarik dengan Ozora Skincare ini adalah formulanya yang aman dan natural. Nggak ada kandungan bahan-bahan nggak penting, yang nggak ada gunanya buat kulit dan beresiko terhadap kulit. Di antaranya:
  • alcohol-free
  • colorant-free
  • fragance-free
  • dan tentu saja tidak mengandung mercury dan hydroquinon yang memang sudah diketahui bahayanya itu.
Karena faktor usia yang sudah 17. Ehm...tambah 13 lagi :D. Saya memang pengen mengurangi kandungan alkohol dalam skincare saya. Karena alkohol kan bikin kulit makin kering.

Memang sih, saya nggak bisa lepas 100% dari kandungan alkohol, karena memang terkadang di kondisi tertentu, kulit saya juga butuh skincare yang memiliki kandungan alkohol. Misalnya saat kulit saya menggelap kebangetan, alkohol membantu penyerapan whitening produk ke kulit sehingga putihnya lebih cepat. Lalu saat saya berjerawat atau beruntusan, alkohol membantu untuk mengeringkan jerawat dan mematikan bakteri. Tapi ya tetap nggak baik bila digunakan banyak-banyak. Jadi memakai Ozora ini memang sangat membantu saya untuk mengurangi kandungan alkohol dalam rangkaian skincare saya sehari-hari.

Yang saya coba adalah Brightening Series dari Ozora Skincare, yang terdiri dari:
  • Ozora Foaming Gel
  • Ozora Skin Freshener
  • Ozora Day Cream SPF 20
  • Ozora Night Cream
Dalam paket ini tuh udah ada semua basic skincare yang diperlukan untuk merawat kulit. Semales-malesnya kita merawat kulit, paling enggak pakai 3 tahapan dalam basic set ini, udah cukup banget kok. Tinggal di sesuaikan saja dengan kondisi. Contoh penyesuaiannya misalnya saya yang hobi pakai makeup, tentu memerlukan tambahan cleansing milk atau micellar water. Atau bila dipakai panas-panasan yang ekstrim, saya tambahkan dengan sunscreen SPF 50. Tapi selebihnya, set ini sih sudah sangat oke dan memenuhi kebutuhan perawatan kulit harian.

Saya pakai skincare ini sejak bulan Desember. Tapi saya pakainya nggak sekaligus ya. Saya ganti satu persatu skincare saya. Awalnya saya pakai sabun mukanya dulu selama seminggu. Karena merasa cocok, baru saya berlanjut ke day cream. Baru kemudian saya lanjutkan mengganti toner saya dengan Ozora Skin Freshener. Dan terakhir, awal Januari kemarin, baru saya menambahkan night cream-nya.

Mengapa bertahap? Agar kulit saya nggak kaget. Selain itu, agar kalau salah satu dari produk ini bikin masalah di kulit saya, saya bisa langsung tahu produk yang mana, dan bisa langsung saya hentikan pemakaiannya. Saya biasa begitu kok kalau mau ganti skincare. Nggak saya ganti sekaligus. 

Sebetulnya saya agak bingung kalau disuruh nge-review skincare ini satu persatu. Karena memang hasilnya baru bener-bener kelihatan pas saya pakai satu rangkaian ini semuanya. Tapi ya kita akan bahas satu persatu, setidaknya dari segi tekstur, aroma, dan pendapat saya saat memakainya ya. Yang males bacain satu-satu, silahkan skip langsung ke bagian paling bawah, untuk melihat kesimpulan saya selama memakai skincare ini.


Ozora Foaming Gel
Harga: Rp 70 000


Ozora Foaming Gel ini adalah produk pertama dan yang paling cepet bikin saya jatuh cinta. Oke, ini cuma sabun, tapi enaaaakkkk banget. Saat pertama kali dikeluarkan, teksturnya seperti gel bening, nggak ada aromanya dan setelah diusap ada busanya walau nggak terlalu mumpluk banyak. Setelah dibilas nggak terasa licin dan nggak keset juga. Pas banget lah, nyaman dipakainya. Terus setelah pakai, ada feel kulit terasa aluuusss banget kayak habis eksfoliasi gitu loh! Padahal ini foam-nya lembut banget, nggak ada scrub-nya sama sekali.


Terus juga saya nggak jerawatan pas pakai sabun muka ini. Mungkin karena kandungannya juga yang bebas pewangi dan pewarna. Kulit saya ini entah kenapa kalau coba-coba pakai drugstore facewash yang wangi-wangi begitu, langsung muncul jerawat. Jadi ya saya cinta sama si Ozora ini. Saya sendiri juga udah repurchase karena tube pertama udah abis.


Ozora Skin Freshener
Harga: Rp 70 000


Ozora Skin Freshener ini adalah toner bebas alkohol, yang membantu lebih membersihkan pori-pori dan mengembalikan keseimbangan Ph kulit. Jadi fungsi toner ini lebih untuk membantu produk cleanser sebelumnya, dan juga mempersiapkan kulit untuk menerima skincare berikutnya.

Jujur, awalnya saya nggak suka sama sekali dengan toner ini. Karena saya pikir ini kan hydrating toner ya, secara kemasannya spray begini. Tapi pas saya pakai kok nggak ada rasa lembap di kulit saya. Udah gitu toner ini terasa pedas di area sekitaran mata, kalau kena bibir rasanya kecut, dan spray-nya itu kurang halus. Jadi habis pakai kok muka saya malah terasa basah nggak merata dan agak clekit-clekit.

Tapi setelah saya rasakan lebih lanjut, memang terasa bedanya ketika pakai toner ini dan enggak pakai. Toner ini memang bekerja sesuai klaimnya, yaitu mempersiapkan kondisi kulit untuk menerima skincare berikutnya. Saya ngerasa kulit saya memang lebih cepet cerahnya pas pemakaian skincare ini dibarengi dengan toner. Jadi memang kayak nge-boost kinerja krimnya githu lho.


Cuma memang pemakaiannya itu saya ubah caranya. Saya semprotkan dulu di kapas, baru setelah itu saya usapkan ke seluruh wajah dan leher. Saya malah merasa toner ini lebih faedah kalau pakainya dengan kapas, karena lebih bisa mengangkat kotoran yang tersisa, dan jadi gampang untuk menghindari area-area tertentu yang sensitif seperti bibir dan sekitaran mata. Tapi kalau pakai kapas, toner ini nggak perih sama sekali kok di sekitaran mata.

Bila memperhatikan kandungannya, toner ini mengandung Asorbic Acid atau Vit C. Jadi mungkin ini yang menyebapkan kulit saya agak perih ketika disemprot. Tapi Asorbic Acid memang merupakan ingredient yang cepat mencerahan dan memudarkan bekas jerawat sih, kalau di saya.

Jadi bolehlah dibilang, saya punya love and hate relationship sama toner ini. Di satu sisi saya suka efek jangka panjangnya yang bikin krim saya bekerja dengan lebih optimal, tapi saya kurang suka pemakaiannya. Karena ribet aja gitu harus nyemprot di kapas dulu. Mungkin Ozora mau mempertimbangkan memproduksi toner ini di kemasan botol biasa, seperti toner pada umumnya?


Ozora Day Cream SPF 20
Harga: Rp 155 000


Dari semua set ini, day cream-nya adalah kecintaan saya. Ozora Day Cream ini adalah kombinasi antara pelembap, vitamin, antioksidan, dan sekaligus juga tabir surya SPF 20. Jadi sudah all in one cream lah istilahnya. 


Teksturnya seperti campuran antara lotion dan cream. Jadi rich tapi masih enteng gitu lho! Cepet menyerap di kulit, tapi masih meninggalkan sedikit lapisan tackiness sehingga kulit terlihat glowing dan mulus, tapi masih terasa sangat nyaman kok. Yang saya suka adalah formulanya yang sangat melembapkan. Saya ngerasa sih nggak butuh layer skincare ataupun face oil lagi, karena pakai day cream ini udah cukup bikin kulit saya lembap dan terasa kenyal seharian. Tapi krim ini nggak bikin kulit kerasa greasy. Duh agak bingung jelasinnya. Jadi semacam ngasih hidrasi ke kulit gitu lho, bukan ngasih lapisan minyak. 

Untuk yang kulitnya berminyak, menurut saya sih pakainya cukup sedikiiiitt aja. Kulit berminyak juga butuh pelembap lho. Karena kalau nggak pakai pelembap, kulit akan mengirimkan sinyal kering, dan yang mengakibatkan kulit memproduksi lebih banyak minyak wajah lagi. Banjir minyak deh :(.


Yang bikin saya tambah suka lagi adalah kemasannya yang modelnya pump, karena sangat higienis daripada jar yang dicolek-colek. Terus semakin krimnya habis, krimnya semakin ke atas. Kemasan seperti ini selain higienis dan mudah dipakai, juga bikin produknya nggak mubazir karena akan terpakai 100% tanpa ada sisa.

Tapi saya terus terang kurang suka aromanya. Aromanya itu kayak susu jahe. Kata suami saya sih enak banget. Mungkin kalian yang suka aroma herbal, bakalan suka sama aroma Ozora Day Cream. Tapi ya sebenernya ini nggak bisa diprotes sih, karena Ozora Skincare ini kan tanpa pewangi tambahan. Jadi memang wanginya itu ya berasal dari ingredient-nya, tidak dibuat-buat atau ditambahi parfume.


Ozora Night Cream
Harga: Rp 145 000


Terakhir yang mau saya bahas adalah night cream-nya. Ini adalah krim malam yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan Antioksidan yang akan bekerja semalaman meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki tekstur kulit. Saya suka dengan kandungan vit A, karena memang terbukti mencerahkan, menghaluskan, dan menghambat penuaan dini. Saya duluuuu banget pernah memakai vit A dalam bentuk tretinoin untuk krim malam. Hasilnya baguusss banget karena kulit saya bener-bener terlihat lebih cerah, lebih halus, nggak jerawatan, dan noda-noda jerawat juga perlahan tersamarkan. Cuma tretinoin itu banyak banget efek sampingnya dan bikin kulit saya jadi super sensitif dan mengelupas, jadi saya hentikan.


Nah, Ozora Night Cream ini juga bikin kulit saya tambah cerah, glowing, dan halus, tapi tanpa efek samping seperti rasa perih dan pengelupasan. Krimnya ini bekerja dengan efektif di kulit saya, tanpa efek samping. Memang hasilnya perlahan sih, tapi pasti kok. Hari-ke hari kulit saya jadi lebih kelihatan bedanya.


Ozora Night Cream ini punya tekstur yang lebih kental daripada day cream-nya. Wajar sih, karena ini night cream, kandungannya bisanya memang lebih kaya, jadi teksturnya pun lebih kental dan harganya sedikit lebih...ehm, mahal :D. Tapi masih terasa nyaman sekali kok. Nggak yang sumuk dan pliket githu.

Yang saya kurang suka adalah aromanya yang sama persis dengan day cream-nya dan kemasannya yang berbentu jar. Tapi secara keseluruhan, saya suka dengan performa dan tekstur krim malam ini.



Oke, masuk ke kesimpulan ya. Sebenarnya ini yang penting, karena saya merasakan hasilnya ya setelah memakai keseluruhan skincare ini, bukan satu persatu.
  1. Tekstur skincare ini lembut, dan bahan-bahannya terasa mild untuk kulit saya (kecuali Skin Freshener-nya). Saya ngerasa aman banget sih memakainya, terlebih karena kandungannya yang tanpa alkohol, pewangi, dan pewarna buatan.

  2. Ozora Skin Freshener-nya terasa sedikit "keras" untuk kulit saya. Mungkin karena kulit saya kurang tahan dengan kandungan Vitamin C atau Asorbic Acid. Tapi memang juga terasa efektif sih untuk boost kinerja krimnya sehingga hasilnya bisa lebih cepat mencerahkan.

  3. Untuk Day Cream, kemasannya bagus sekali. Sedangkan untuk Skin Freshener saya rasa sih kemasan spray agak kurang tepat, karena saya lebih suka menggunakan toner ini dengan kapas (lebih tepat guna dan nggak terasa keras kalau pakai kapas). Tapi design packaging secara keseluruhan sih clean dan simple, hanya sedikit bulky. Tapi overall masih travel friendly kok, nggak nyusahin.

  4. Setelah 2 bulan pemakaian Ozora Brihgtening Series ini, yang saya rasakan kulit saya terasa sekali lebih cerah. Kalau bangun pagi langsung liat kaca tuh rasanya bening gitu lho, nggak kumus-kumus. Terus juga area-area yang menonjol, kalau terkena lampu itu terlihat glowing atau mengkilat sehat, padahal kalau dipegang ya nggak ada minyaknya sama sekali. Pokoknya terlihat cerah dan sehat. Tapi untuk tingkatan lebih putih sih, cuma sedikiiittt naiknya. Mungkin ya karena saya baru pakai selama 2 bulan. Dan night cream-nya aja malahan baru satu bulan pakainya.

Jadi itu adalah pengalaman saya menggunakan Ozora Brightening Series. Bila ingin mencoba, satu set Ozora Brightening Series ini bisa dibeli dengan harga Rp.385 000. Tapi bila ingin coba satu persatu dulu juga bisa kok. Harga produk satuan udah saya cantumkan juga ya di atas.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa cek ke:


4 comments:

  1. Skin care itu memang cocok cocokan ya mba. Benar2 harus pilih sesuai jenis kulit

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Hai bumil, aku sedikit takut menjawab nih kalau mengenai rekomendasi untuk ibu hamil. Mending ditanyakan ke dokternya saja ya. Setahuku sih aman banget si Ozora, tapi mana tau bumil Alif punya kebutuhan atau alergi khusus yang hanya dokternya yang tahu.

      Sehat2 ibu dan calon dede bayi-nya yaa

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...