Tuesday, February 21, 2017

Bumbu Wajib di Dapur #DikArumMasak


Pasti saat ini mbak follower yang waktu itu komen di instagram saya: "Saya follow kamu buat swatch makeup. Kok malah dikasih oseng tempe!" Semakin frustasi. Kenapa #DikArumMasak merambah ke blog dan makin sering aja?

Ya gimana dong, coeq. Saya memang sekarang setiap hari masak. Tapi nggak setiap hari makeup-an. Kalau jalan-jalan ke mall pun, alih-alih melipir ke konter-konter makeup, saya lebih sering ngibrit ke foodhall atau supermarketnya, bua cari-cari sayur mayur dan bebumbuan yang aneh-aneh. Dan sebagai ababil socmed stadium gawat, naluri pengen eksis di sosmed terus menerus menggelora dalam jiwa saya. Walaupun sekarang udah jarang makeup-an. Jadi, apalagi yang mau saya pamerin di instagram kalau bukan hasil masakan saya?

Jadi maapkan adek yang sedang hobi memasak ya, qaq. Ganti-gantian lah, masak dan macak harus seimbang. Toh saya sekarang sering macak kok di web yang ini.

Nah, kebetulan kemarin saya habis belanja. Dan kepikiran juga buat nulis bebumbuan-bebumbuan yang wajib ada di dapur saya. Soalnya saya kadang suka ditanya semacam: "Dik Arum pakai saus tiram merk apa?" gitu-gitu. Jadi ya sudah, saya jawab saja pakai postingan ya.

Yang pertama adalah rerempahan. Rempah-rempah di dapur dan kulkas saya ada buanyak. Lumayan beragam. Tapi yang saya share di sini, yang wajib saya punya aja yah. Untuk jahe, serai, ketumbar, kemiri, asam jawa, daun salam, daun jeruk, jeruk nipis, lada, dan lain-lain, juga ada di dapur saya. Tapi sebenernya nggak wajib. Yang wajib ada adalah:
  1. Gula pasir & garam
    Berhubung saya nggak pakai micin atau penyedap rasa, jadi gula pasir dan garam wajib ada di setiap masakan. Gula pasir campur garam adalah pengganti micin paling oye. Tapi ya pakai nggak pakai micin, dua benda ini merupakan bahan wajib sih di dapur #buibugemes. Masa mau masak nggak pakai garam?

  2. Bawang merah dan bawang putih
    Duo bawang ini hampir selalu digunakan dalam setiap masakan. Kayaknya masakan ala manapun pasti ada duo bawang deh. Ya paling enggak sih si bawang putih.

  3. Cabe merah keriting
    Ini wajib karena di rumah saya wajib ada sambel. Terus cabe merah keriting juga suka saya pakai di tumisan sayur, biar warnanya lebih centes.

  4. Cabe rawit
    Saya dan suami adalah penggemar masakan pedas. Jadi cabe rawit harga mati! Cabe rawit ini dipakai buat berbagai masakan dan juga sambal. Kalau bikin telur dadar, juga suka saya campurin cabe rawit cincang. Huh-hah!

  5. Lengkuas/ Laos
    Yah, saya sih seringnya masak masakan rumahan aja ala jawa tengah. Tumisan ala jawa tengah tuh bumbu wajibnya adalah duo bawang dan lengkuas keprek. Tambah daun salam dan asam jawa sih, kalau mau lebih sedap. Tapi kalaupun nggak ada juga nggak papa, yang penting harus ada lengkuas. Masakan-masakan bersantan kayak lodeh juga wajib pakai lengkuas.

  6. Gula jawa
    Ini sih nggak begitu wajib ya, tapi ndilalah selalu ada. Menurut saya, tumisan dan sambal akan lebih sedap kalau dikasih gula jawa dikit.

  7. Terasi
    Ini biasanya saya pakai untuk bikin sambal aja. Kadang-kadang untuk masak juga, tapi saya sih jarang tumis-tumis pakai terasi. Saya lebih suka pakai lengkuas atau saus tiram aja. Untuk merk terasi, ini coba-coba aja sih, saya nggak tau apa yang enak. Sebelumnya saya pakai merk ABC, tapi kok kurang sedap ya?


Lalu beranjak ke bebumbuan yang dikemas dalam botol. Lagi-lagi, ini nggak semua, cuma yang wajib aja. Masih ada kecap asin dan kecap ikan, tapi menurut saya nggak penting ah. Oh iya, gara-gara Nindy, saya jadi penasaran sama saus Rajarasa. Tapi sayangnya di Jakarta nggak ada. Ada yang tau dimana beli saus Rajarasa di Jakarta atau online?
  1. Angciu
    Angciu atau arak masak ini biasanya dipakai untuk chinnese food. Saya pakai untuk masak ca sayur-sayuran, daging, atau ikan. Dipakai untuk masak nasi goreng atau mie goreng juga enak lho! Tapi katanya sih angciu ini sih haram. Jadi ya silahkan aja, nggak pakai juga nggak masalah kok.

  2. Sambal pedas Indofood
    Suami saya fanatik sama merk ini. Biasanya sih pilihnya yang ekstra pedas. Tapi kemaren belinya nyuruh adek saya dan salah. Saus pedas ini lebih sering buat cocol-cocolan kalau ngemil daripada buat masak. Biasanya sih dicampur gitu sama mayones.

  3. Kecap Bango
    Saya nggak fanatik sama merk ini lho. Menurut saya sih biasa aja mau pakai ABC, Indofood, atau Bango. Sama wangi dan enaknya kok. Cuma pas belinya Bango aja.

  4. Saus Tiram
    Biasanya saya pakai Saori Saus Tiram. Tapi lagi pengen ganti aja. Terus lihat Lee Kum Kee ini dan ambil deh. Lee Kum Kee saus tiram ini jenisnya macem-macem banget, harganya juga beragam, selisihnya banyak. Saya ambil yang Panda Brand karena murah. Buibu, bedanya apa sih masing-masing saus Lee Kum Kee ini?

  5. Kecap Inggris
    Ini wajib nggak wajib sih. Kecap inggris cuma saya pakai untuk masak mie goreng dan ayam goreng mentega. Tapi karena suami saya suka banget sama ayam goreng mentega, jadi ya saya pasti nyetok kecap inggris.


Di bebumbuan kemasan bungkus ini, sebenernya beberapa nggak wajib ada sih. Cuma saya foto karena pengen ngasih liat aja. Oh iya, kaldu jamur dan Royal Palmia Butter Margarin ini saya keracunan ses Ira
  1. Santan instan
    Suami saya suka masakan-masakan bersantan kayak lodeh dan terik ayam. Jadi saya sedia santan instan deh. Biasanya pakai merk Kara. Tapi kali ini cobain Klatu, karena kemasannya ada tutupnya jadi kalau nggak habis bisa disimpan lagi.

  2. Totole Kaldu Jamur
    Ini iseng aja sih beli. Saya nggak pernah masak pakai kaldu bubuk instan atau penyedap rasa. Cuma ya karena penasaran dan lagi dia non-msg, boleh lah ya dicoba-coba.

  3. Royal Palmia Butter Margarin
    Saya bisanya pakai Blueband Margarin ajah. Tapi kata ses Ira, Royal Palmia ini lebih wangi dan rasanya kayak mentega. Penasaran kaann. Belum saya buka sih karena masih ngabisin si Blueband. Margarin begini biasanya saya pakai untuk goreng telur atau tumisan-tumisan yang nggak ala jawa banget.

  4. Sasa Tepung Bumbu Original
    Saya nggak anti-anti banget kok sama msg. Saya nggak pakai penyedap rasa lebih karena kebiasaan aja, nggak pernah pakai, bukan karena anti. Buat goreng-goreng tempe kemul, tahu isi, udang tepung,jamur crispy, saya pakai tepung bumbu instan aja biar cepet. Lagi pula saya butuh asupan msg biar nggak kepinteren #eaaa.

  5. Tepung Terigu
    Ini juga wajib jib jib. Biasanya saya pakai untuk bikin bakwan, cap-jae, dan campuran tepung bumbu biar nggak asin-asin amat.

  6. Tepung Maizena
    Ini...rrr...entah kenapa kok saya foto juga ya? Ini nggak wajib ada sih. Kadang saya pakai buat campuran tepung terigu untuk bikin bakwan sayur. Atau kalau mau bikin ayam atau cumi balur pasta telur asin, goreng ayam/ cuminya pakai tepung maizena.

Nah, kalau buibugemes yang lain, bumbu apa yang wajib ada di dapur? Terus kalau punya merk bumbu andalan, share dong!

19 comments:

  1. Kayaknya hampir mirip-mirip sama isi dapur dan kulkas saya, Seus ^^
    Tapi kalau tepung bumbu, saya seringnya pakai Sajiku yang Golden Crispy soale nggak asin-asin banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh dicoba nih si sajiku pan kapan

      Delete
  2. Jarang masak Kak
    Rata2 juga hampir sama. Untuk tepung bumbu pake tepung cap putri buat goreng. Kalo untuk santan sih lebih milih pake yg beli langsung dr pasar, lebih wangi cuman kadang males peresnya.
    Penasaran sama yg Royal Palmia, biasanya pake blueband juga. Kalo udah dicoba review dimari ya #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepung cap putri ini kok terkenal banget ya banyak yg pake. Tapi aku ngga pernah nemu kalau pas belanja di carefour/ suprrindo.
      Dipasar deket rumahku ga ada yang jual santen asli. Kalau tanya santen pasti dikasihnya kara huhu.. Palmianya belum kubukaaa

      Delete
    2. Tepung putri biasanya beli di pasar, di toko sembako. Kalo di carrefour/superindo kurang tau, ga pernah ngecek.

      Delete
  3. Kalo aku ketambahan minyak wijen ses. Padahal mah nggak jago masak, tapi sering nyetok bumbu dapur.

    Ses besok-besok kasih mini review Royal Palmia dong... Penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku juga selalu punya minyak wijen ses. Cuma jarang dipake.

      Delete
  4. Kalo aku ketambahan minyak wijen ses. Padahal mah nggak jago masak, tapi sering nyetok bumbu dapur.

    Ses besok-besok kasih mini review Royal Palmia dong... Penasaran.

    ReplyDelete
  5. Aku pas masih di rumah jugak seneng masak sendiri, Mbak. Biasanya yang wajib ya standar lah. Gula, garem, bawang merah, bawang putih, sama rempah rempahan. Hahah. :D

    Tapi sejak ngekos gak bisa masak karena uda keburu capek. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahh permasalahan buibu ngekos dan berkerja. Ngga ada waktu wat masak. Ahahaha.. Aku juga baru akir2 ini sempet masak

      Delete
  6. hai ka arum :D thx infonya , sangat bermanfaat .
    Kebetulan lagi belajar masak , lumayan buat tambah2 ilmu bumbu dapur

    ReplyDelete
  7. Wah mba Sekar selain jago makeup, jago masak juga ya...ahhh kudu sering sering ke sini lagi nih mau belajar masak juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak-masaknya di instagram ajaah. Main ke @sekararumw yak aku sering share resep :p

      Delete
  8. Keknya kurang deh.. merica, ketumbar, dan kemiri. :D Tapi emang bukan esensial banget sih. Cuma aku pernah ngeremehin sampe lupa pas keabisan. Giliran masak butuh kemiri jadi rempong haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarang pakai aku ses kalau merica ketumbar kemiri. Paling masakan tertentu doang dan jarang2

      Delete
  9. Lanjutkan kak masak2nya! Buibu mahmud sekarang banyak yg nyari resep2 gampang tapi enak macem yang dishare kak Arum lho ;)

    Totole andalanku tuh, kayaknya hampir semua masakanku kena totole buat pengganti MSG :p
    Kalo bumbu rempah esensialku tambah lagi merica, ketumbar, sama kemiri hehe.

    Terasi aku biasa pake merk Ju-ek, wanginya manthap. Terasi Ny. Siok rasanya manthap (harganya lebih manthappps), tapi aku lebih suka wanginya Ju-ek.
    Kecap inggris kalo ada budget lebih aku lebih milih Lea & Perrins worcestershire sauce. Ga ada yang ngalahin rasa dan wanginya. Buat kalo lagi masak masakan western dan chinese kepake banget ini.
    Kalo tepung buat tempe, seafood, atau goreng2an lain yg pake tepung jagoanku tepung Putri. Rasanya lebih kalem, ga setajam tepung bumbu yang sejauh ini aku coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung catet-catet.
      Sip sesss. Ku mau berburu Juek, Lea Perrins, & tepung putri :D

      Delete
  10. Mbak jangan lupakan minyak wijen hehehe kalo kecap rajarasa itu ada di Superindo biasanya.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...