Saturday, October 15, 2016

Battle of Drugstore Matte Lip Cream: Revlon, SilkyGirl, Maybelline, NYX


Lipstik terus lipstik terus!

Iya, saya memang sedang on fire bahas lipstik. Pengennya bahas lipstiikkkk muluk. 

"Padahal nama blognya kan Racun Warna-Warni. Bukan Lipstik Warna-Warni!"
Ya kalau mengacu pada nama blog saya, seharusnya yang saya bahas adalah baygon, petrokum, atau si kopi Vietnam yang lagi nge-hits itu. Gimana? Haruskah saya mulai me-review Baygon? Review lipstik sounds better, kan?

Nah, saya mau bandingin 4 biji drugstore matte lipcream yang saya punya, yaitu Revlon, Silkygirl, NYX, dan Maybelline. Kenapa disebut drugstore? Sebenernya ini penyebutan di luar negri sana dan kita latah aja. Di sana, merk-merk yang bersangkutan memang bisa ditemui di toko obat. Ples harganya juga terjangkau lah apa sih yang diharapkan dari makeup toko obat yang bisa kamu beli sembari membeli Procold? Di Indonesia sendiri ya mulai dijual di toko obat sih kayak Watson, Guardian, dan Century. Meskipun nggak bayangin ya saya beli lipstick di K-24 atau Kimia Farma.

Sebenernya merk lokal semacam Wardah, La Tulipe, Emina, dan Bless juga ada di Guardian. Tapi merk lokal nanti mau saya bikin compare-nya sendiri. CUMA BELUM LENGKAP YA jadi postnya belum bisa terbit!

Dari keempat merk di atas, kalau di Indonesia, Nyx itu nggak masuk kelas drugstore. Saya belum pernah nemu Nyx di toko obat. Bahkan konter-konternya pun terbatas di departemen store kelas premium aja. Kalau di mall-mall kecil gitu mah biasanya nggak ada. Tapi bagaimana kalau kita menyederhanakan kehidupan saja dengan tidak mempermasalahkan hal ini? Sudah cukup lah kita dipusingkan dengan Mario Teguh yang omongannya esuk dele sore tempe malem perkedel.

Oh iya, plis jangan tanya sama saya soal "awetan mana anu sama anu?" Nggak bakalan saya jawab. Karena saya nggak tahu. Saya ini tipe yang pakai lipstik apapun nggak betahan, jadi ya nggak bakalan awet. Tapi yang jelas, semua lipstik yang saya review di sini nggak deadmatte, jadi masih pada transfer gitu kalau buat cium-cium punggung tangan. Positifnya nggak ada yang bikin bibir saya kering. Jadi aman lah buat yang punya bibir kering.

Lipstiknya akan saya bahas mulai dari yang saya paling nggak suka, dan diakhiri dengan favorit saya. Tapi inget, ini cuma pendapat pribadi. Yang saya nggak suka pun banyak fans-nya kok. Jadi ya soal selera aja sebenernya.


SilkyGirl Get Matte Lip Cream


Harga: Rp 56 000

Murah, sist! Jadi ya memang ketika beli saya nggak berharap banyak. Saya suka kuasnya, tipe yang empuk, nyaman dipakai, dan bisa pick up produknya dengan baik.

Sayangnya lip cream ini nggak pigmented. Kalau cuma satu kali ulas, warna item di bibir saya masih ngintip-ngintip gitu. Terus pas coba saya pakai ber-layer, sebenernya nyaman sih nggak kerasa berat, cuma lama-kelamaan kayak layer-nya tuh ilang dan warnanya memudar. Jujur, ini matte lip cream yang warnanya paling gampang pudar di bibir saya. Tapi herannya banyak yang suka sih. Jadi mungkin saya aja yang ogeb.


Soal pilihan warna juga nggak bikin saya tertarik. Pilihannya dikit dan hampir semua warnanya nanggung, nggak ada yang nude atau bold dan vampy sekalian. Saya memilih warna Perky, dan tampaknya ini yang paling muda dari pilihan warna lainnya. Manis sih, mauvy pink gitu warnanya. Cuma akan lebih kece kalau dikasih pilihan shade yang nude pucet gitu ya? Nude peach, nude pink, dan syukur-syukur nude greige.

Ehm...padahal saya suka banget sama lipstik Silkygirl yang varian Moisture Rich dan juga lip liner-nya lho!



Revlon UltraHD Matte Lip Color


Harga: Rp 120 000

Kemasannya langsung mencuri perhatian banyak orang. Lucu gitu kayak kapsul obat ambeyen. Terus kokoh tebal dan kacanya dove. Pokoknya kelihatan mahal. Tapi setelah lucu-lucu-karena-baru-nya ilang, saya malah nggak suka karena lipstik ini nggak bisa diberdiriin. Terus yang saya nggak suka lagi adalah kuasnya, keras dan nggak nyaman banget digunakan. Agak susah buat ngeratain produknya.


Soal warna, pilihannya cakep-cakep banget dan saya bingung milihnya. Tapi akhirnya saya pilih Seduction, yang warna nude-nya saya banget! Nude beige kesukaan saya, yang pucetnya kalau dikebanyakan orang kayak jenazah tapi kusuka kamu mau apa?

Based on satu warna ini aja, teksturnya saya nggak begitu demen. Kalau pas bibir saya lagi ada ngelopeknya, dia kayak semakin negesin kering-kering di bibir gitu. Terus mungkin karena faktor kuasnya, dia agak-agak susah diratain. Tapi saya belum pernah coba warna lainnya. Seharusnya yang lebih bold sih lebih gampang rata dan pigmented.


Maybelline Vivid Matte Liquid


Harga: Rp 110 000

Gila, yang ini saya suka banget kemasannya! Yang pertama yah, dese kotak. Entah kenapa saya cenderung suka sama tabung lipstik yang kotak-kotak gitu. Yang kedua dia pendek, jadi tangkai kuasnya juga pendek, yang mana berarti bakalan lebih mudah di....rrr....saya nggak mau ngomong.

Kuasnya juga enak banget. Bentuknya kayak dayung gitu dan empuk. Gampang pick up produk, jadi sekali ambil aja udah bisa buat sebibir, nggak perlu dip berkali-kali. Pokoknya suka banget lah saya sama botolnya. 


Tapi soal warna menurut saya biasa aja. Pilihannya sih banyak, cuma kayaknya saya udah punya semua dan bukan tipe yang bakalan saya pakai sehari-hari. Cuma satu yang saya kira bakalan saya gunakan untuk daily, yaitu Matt12 ini, nude peachy pink. Buat saya pribadi sih kurang pucet. Bias peachy pink-nya masih kelihatan nyentrong kalau dibanding Revlon Seduction.

Walau nude tapi saya nggak masalah sama teksturnya, oke kok. Nutup dengan sempurna dan enak aja gitu dipakainya. Oles sekali langsung jadi dan rata. Meski banyak orang bilang ini nggak awet, tapi buat saya nggak ada masalah tuh. Masih lebih awet kalau dibanding SilkyGirl.


Nyx Soft Matte Lip Cream


Harga: Rp 125 000

Dan diakhiri dengan lip cream kesayangan saya dan saya yakin ini adalah lip cream sejuta umat. Nyx ini adalah drugstore brand pertama yang memproduksi matte lip cream. Dan menurut saya sih, Nyx SMLC ini yang kemudian dijadikan acuan drugstore brand lain dan juga local brand Indonesia dalam membuat lip cream. Teksturnya sama persis seperti LT Pro Longlasting Matte Lip Cream. Beneran persis! Jadi bolehlah dibilang kalau LT Pro adalah yang tersukses nge-dupe di Nyx SMLC.

Ngomong-ngomong soal Nyx, orang-orang sering nyebutnya En-Wai-Eks. Why? Padahal Nyx ini bukan singkatan. Penyebutan yang bener ya "Niks". Nama Nyx diambil dari nama dewi dari mitologi Yunani kuno, Nyx si Dewi Malam. Kebayang nggak sih kalau kamu jadi si Dewi Nyx, trus kamu dipanggil temenmu: "Hoi, En-Wai-Eks." Duh pedih. Nggak keren amat.

Jadi inget, "Niks" ya, bukan En-Wai-Eks!

Kemasannya biasa aja sih, nggak ada yang istimewa. Tapi saya suka kuasnya yang empuk dan pendek, walau nggak sependek Maybelline. Urusan aplikator lipstik dan eyeliner, saya memang suka yang pendek-pendek. Urusan lain, yang penting goyangannya, bro!.

Tapi ya sama kayak LT Pro, kelemahannya adalah kuasnya nggak bisa pick up produknya banyak-banyak. Jadi butuh beberapa kali dip untuk pakai sebibir. Tapi saya nggak masalah sih abis gimana nyaman banget dipakainya.

Baca: [Review] LT Pro Longlasting Matte Lip Cream - All Shade


Dan soal pilihan warna, dibandingkan yang lain, Nyx ini jawaranya! Pilihan warnanya buanyak banget. Nude-nya banyak, vampy-nya banyak, warna nanggung juga banyak. Kayaknya semua selera bakalan terpenuhi di sini. Saya sendiri punya beberapa shade antara lain San Paolo, Anterwp, London (udah abis), Stockholm, Monte Carlo dan Amsterdam. Dan yang saya pakai pada FOTD di atas adalah shade yang paling saya nggak demen, yakni Aterwp. Ehehehe...


Jadi kalau ditanya urutan suka, saya sih: Nyx - Maybelline - Revlon - SilkyGirl. Kalau kamu suka yang mana?

40 comments:

  1. nyx emang juara mbakk ^^
    yang lain sihh menurut saya so .. soo
    belum ada yang bertahta dihati seperti nyx emang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kelas drugstore NYX SMLC memang bagus banget yaaa

      Delete
  2. Soal silkygirl yang warnanya nanggung kalau aku mikir kayanya pihak silkygirl sengaja kali ya mbak buatnya kayak gitu, soalnya sasarannya buat remaja jd ga mau warnanya "nyeter" bgt ataupun pucet banget yg lbh cocok buat kesan dewasa
    kalau liat warna2 lipstiknya dia yg lain jga tipe2 warnanya nanggung2 gtu jg menurutku ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes sepertinya sih begitu yah. Pilihan warna remaja

      Delete
  3. Waaaa... Sippp banget ses.. Kebetulan pas lg bingung.. Ada yg demen maybelline, ada yg demenan revlon, nyx katanya jg oke.. Postnya mencerahkan kegalauanku ses.. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masamaaa. Tapi pendapat pribadi ya ini. Demenannya bisa beda2 :D

      Delete
  4. Yang Maybelline suka banget warnanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah aku malah kurang cocok warnanya :D

      Delete
  5. Revlon UltraHD Matte Lip Color paling tsakeep warnanya diantara yg lain (selera yg nude jg sih yaaa soalnya, hehe). Tapi ternyata ketidakmampuannya untuk dibediriin, hadeeeehh bisanya cuman glundang glundung di kotak doang dia -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal warna dan kemampuan untuk berdiri, ternyata kita satu selera #mumumu

      Delete
  6. Aku hbs beli maybelline vivid matte no 12 mbak, kuas nya pendek, enak dpake.. kl dpake ada glossinya dikiiiit, jd ga bkin kering di bibir..
    Harganya aqu beli kmr cm 77ribu, pnya mbk arum mahal amat yaakk... 😁😁

    ReplyDelete
  7. Dijogja k24 ada yg jual lipstik lho mbk Arum. Kosmetik wardah lengkap s/d lipsticknya di daerah gejayan. Penyelamat kl btuh beli bdak atau lipstick mlm2 karena tko koesmetik udah tutup langsung deh mluncur ke k24 situ. Walaupun beli kosmetik tengah mlm agk g mungkin n aneh bgt hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woohhh. Hahaha..itu baru namanya drugstore makeup :))

      Delete
  8. Hahaha aku juga termasuk yang pernah kecelek mbak arum, nyebut nyx dengan sebutan en-ye-eks :D maklum wong ndeao ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa... Jadi mulai sekarang Niks yaaaa

      Delete
  9. NYX dong.. tapi kok aku paling demen ama antwerp ya mbak? si antwerp ini di aku kalo habis make warnanya kayak yang difoto mba arum, tapi kelamaan agak berubah gitu warnanya.. kalo aku bandingin si NYX ama LT Pro, sama-sama enak nya tapi LT Pro menang di lebih awet sedangkan NYX menang di pilihan warnanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya NYX beti beti yah sama LY Pro :D
      Nggak kok, IRL nyeter banget si Anterwp

      Delete
  10. Belum nyoba semua tapi tertarik sama Nyx Lingerie hehehe :p

    Btw mbak, yang bener 'esuk tempe sore dele', soalnya kalau esuk dele sore tempe itu malah bener proses bikin tempe kan dari dele hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku, SMLC jauuuhhh lebih nyaman dibanding Lingerie.

      Oh iya tah? Ahahahaa.. Makasih ya. Tapi nggak usah ku edit ya biar dunia tahu kebodohanku :))

      Delete
    2. Iya kah? Waah padahal Nyx Lingerie warna-warnanya nude-nude gemesh gitu :(

      Delete
    3. Kalau pilihan nude nude emesh ku lebi tertarik Rollover Reaction :D

      Delete
  11. kapsul obat ambeyen elah :))) aku juga suka shade revlon yang itu mbak! cakep kalo mau pake makeup mata yang cetar gimana gitu hihi dulu udah pernah ditawarin maybelline tapi kurang suka sama pilihan warnanya :( juaranya emang nyx deh. tapi cucok kok mba arum pake antwerp. di aku malah jadi aneh banget -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu...asline aneh ini kalau dilihat langsung. Kucedi.

      Delete
  12. Niks !!! Hehehehe belum pernah coba ke empat2 nya mbak, aku punya lips cream dari MUA , tapi kayaknya tertarik sama si dewi malam dech hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yhea, Niks! :D
      Nyx bagus kok. Cicip ajaa. Nggak deadmatte dan masih transfer sih tapi kece.

      Delete
  13. Kalo aku gak suka sama Maybelline - Revlon mbak arum karena menurutku tekstur dan finishnya gak kayak matte lip cream dan sangat transfer kayak yg mbak arum bilang, aku kalo pake susah ngeratainnya, kayak bibir berasa tebal ahh gimana jelasinnya XD beda banget sama NYX aku suka banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nhggak masalah sih ya kalau masih transfer. Asal jangan yang kebangetan macam Citty Color Creamy Lips gitu, aku gapapa :D.

      Delete
  14. aku ketawa pas baca sesi-nya si nyx.hehe dulu juga kukira bacanya en-wai-ik ternyata salah.hehe dari yang diobrolin aku baru pernah nyobain si nyx doang mba, kurang gawl deh adek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha. Iya Niks aja biar lidahnya nggak kecetit :D

      Delete
  15. SAMA! Juga geregetan kalo ada temen yang sok tahu ngucapinnya EN-Wai-Eks! *lol. NYX mang bagus, sayang isinya gak gitu banyak T0T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah ngobrol sama embak2 gaul, makeupnya highend semua, barangnya branded semua, rambutnya di blow cetar setiap waktu, tapi kalau ngomongin Nyx jadi en wai eks drop shayyyyyy :D

      Delete
  16. Sama banget mbaaa! NYX-Maybelline-Revlon-Silkygirl.
    NYX juara banget dihati, dan kebetulan ini lip cream pertama saya waktu masih nyoba nyoba make up. Kalo maybelline tekstur nya menurutku masih creamy banget ya mba, cuma aplikatornya pas bgt di bibir ga sihhh, pas nemu aplikator kaya gitu aku terharu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, NYX juga lipcream pertamaku. Kayaknya karena kalau dari drugstore dia yg pertama keluarin yah.

      Delete
  17. Kapsul obat ambeien...

    Makasih banget loh kak, laen kali aku megang tube Revlon Matte Color ngebayangin kapsul ambeien yang bekas dimasukin "kesitu" ._.

    Nyx tetap juara :)
    Pilihan warnanya juga luar biasa banyaknya, mulai dari yang normal sampai yang abnormal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya maap :))

      NYX kayaknya susah dilengserkan. Apalagi dia terus2an ngeluarin inovasi baru kayak Lingerie dan Suede.

      Delete
  18. Aku suka banget kalau mbak sekararum bahas lipstick :D saya juga penyuka lipstick greyish. Mbak, review lipstick NABI dong?
    Pengen beli itu tapi masih ragu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahha...baiklah kapan2 ku bahas lipstik greyish.
      Nabi jelek ah. Mending lokalan kemana mana :D

      Delete
  19. Pernah coba yg nyx dr temen #minta😁
    Enak bgt. Gk krasa tebel.
    En-wai-ex msh mnding kyknya... Aq dlu sembrono nya blg nyu-yorks (newyork. Read) wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha untung ku blm pernah ketemu yg nyebut nyuyok :))

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...