Thursday, April 14, 2016

[Review] Gulaco 100% Unrefined Shea Butter & Sumo 100% Real Body Butter


Kalau kalian perhatian sama saya, pasti tahu deh gaes, saya itu paling lemah sama produk-produk yang punya klaim super melembapkan. Ya kulit saya memang kering. Keringnya udah ditakaran gengges. Sampai-sampai saya emosi jiwa kalau ada yang komen: "Wah enak ya kulitnya kering. Nggak kayak aku berminyak!" Sakit, gaes. Sakhiiittt!

Buat yang kulitnya kering kayak saya, pasti ngerti lah nggak enaknya. Tapi buat kamu-kamu yang dianugerahi kulit yang nggak kering, bersyukurlah! Percaya deh sama saya, kulit kering itu super nggak enak, bahkan sakit. Saya pernah kok ngalamin masa kulit saya berminyak dan make up selalu luntur karena kebanjiran minyak. Tapi kalau boleh memilih, saya mau balik ke masa-masa kulit saya berminyak daripada kering seperti sekarang.

Apasih nggak enaknya kulit kering?

  1. Penampilan jadi kelihatan kusam dan nggak enak dilihat. Nggak jarang sampai kulit kelihatan "nggarit" putih-putih atau bersisik.
  2. Kulit jadi gampang luka. Kegaruk dikit lecet. Jadinya nggak mulus deh.
  3. Make up yang dipakai jadi susah menempel dan hasilnya nggak halus
  4. Susah mencari skincare lokal yang cocok untuk kondisi kulit kering. Karena skincare lokal biasanya kebanyakan diperuntukkan untuk kulit berminyak atau berjerawat.
  5. Walau merasa udah kotor, tapi nggak boleh terlalu sering cuci muka atau cuci tangan.
  6. Jari kaki dan tangan terkadang terasa sakit kalau direnggangkan
  7. Pada musim-musim tertentu, telapak tangan dan kaki akan "ngglodoki". Kalau pas lagi begini saya agak jijik liat kulit saya sendiri, kayak ular :(.
  8. Nggak boleh terlalu sering berada di ruangan ber-AC. Yang ini saya nggak bisa. Saya nggak tahan gerah :(.
  9. Paling bingung kalau jerawatan. Skincare untuk kulit berjerawat rata-rata sangat mengeringkan kulit.

Udah aja deh, kayaknya nggak bakalan habis kalau saya ceritakan penderitaan si kulit kering. Dan saya bukannya mau merutuki nasib. Saya sih bersyukur aja dikasih kulit jenis apapun. Cuma mau menunjukan aja bahwa permasalahan kulit itu bukan cuma jerawatan dan berminyak. Dan kulit saya nggak bagus  dan "enak" kayak yang sering dibilang temen-temen di instagram saya

Salah satu brand lokal yang saya suka adalah Gulaco. Saya pengguna Yummy Lip Scrub dan Lip Balm-nya dari sejak lama. Dan pas ngintip-ngintip instagram @gulaco, saya udah berencana mau beli 100% unrefined Shea Butter Gulaco itu. Nggak nyangka saya malah dikasih. Hihihi...

Baca: [Review] Gulaco. Yummy Lip Scrub

Ada dua jenis produk yang akan saya review saat ini, yaitu:
  • Gulaco 100% Unrefined Shea Butter
  • Gulaco SUMO 100% Real Body Butter


Gulaco 100% Unrefined Shea Butter


Harga: Rp 90 000/ 20gr

Deskripsi:
100% pure unrefined
This is all you need for your skincare routine!
Tidak menyumbat pori. Bisa digunakan di area mata, wajah, leher, atau area manapun yang kalian inginkan. Wanginya seperti kacang tapi cepat hilang setelah dipakai.


Saya lumayan suka sama skincare yang mengandung shea butter. Selain suka sama aromanya, saya juga suka manfaatnya. Shea butter bagus buat kulit kering. Dulu saya suka pakai body scrub dan body lotion varian shea butter, dari suatu merk internasional yang sekarang makin mahal aja harganya itu. Hehe..

100% Unrefined di sini maksudnya produk ini bener-bener 100% pure shea butter tanpa ada proses kimiawi saat pembuatannya. Karena diolah dengan cara unrefined, jadi kandungan-kandungan alami di dalamnya masih sangat kaya. Nutrisi yang didapat oleh kulit jadi lebih banyak.

Barangkali ada yang penasaran, ini manfaat shea butter:
  • Sangat melembapkan dan melembutkan kulit!
  • Menyembuhkan gangguan kulit seperti eksim, ruam, noda, bekas luka, dan stretch mark
  • Anti bakteri
  • Tabir surya alami dan memiliki sifat menyembuhkan kerusakan kulit akibat sengatan matahari
  • Meratakan warna kulit
  • Anti-aging
  • Memperbaharui sel-sel kulit, mengencangkan, dan menjaga elastisitas kulit


Pas pertama banget ngebuka wadahnya, saya kira saya bakalan nemuin permukaan produk yang halus licin kayak Gulaco Otton Salve. Tapi ternyata enggak. Pas pertama kali di buka, permukaannya ya udah kayak yang di foto itu. Hihi...gemez banget ya?

Baca: [Review] Produk-produk Gulaco

Oh iya, Gulaco 100% Unrefined Shea Butter ini packaging-nya kecil dan desainnya ngegemesin. Saya suka bawa-bawa ini di pouch. Beneran kecil jadi nggak menuh-menuhin pouch loh! Dipakai di mana aja juga nggak malu-maluin.


Warna krim-nya kuning, nggak kayak refined shea butter yang biasanya berwarna putih. Aromanya manis dan lezat, tapi nggak berlebihan. Pas dicolek tuh, hmm...creamy dan lembut, wangi, berasa pengen jilat :').

Saat di oles ke kulit rasanya juga lembut dan lembap banget. Butuh waktu untuk meresap, tapi di kulit saya sih nggak lama.


Saya suka banget pakai Gulaco 100% Unrefined Shea Butter ini untuk:
  • Pengganti krim malam
    Cukup ambil sebiji kacang polong aja, lalu lelehkan dengan kedua telapak tangan. Nah, minyak yang di telapak tangan itu lalu ditepuk-tepukan lembut ke area wajah. Mulai dari rahang dan dahi yang paling kering, baru sisanya untuk area t-zone dan leher. Saya selalu pakai ini setelah cuci muka, toner, dan serum. Atau kalau lagi males ya setelah cuci muka langsung pakai Gulaco 100% Unrefined Shea Butter .

    Buat yang kulitnya berminyak, nggak usah kawatir deh, kalau pakainya sedikit dan dengan cara kayak saya, nggak bikin muka tambah berminyak kok. Dan dia juga nggak menyumbat pori, jadi sama sekali nggak bikin komedo apalagi jerawat! Cobain deh! Mau setel AC sedingin apapun, kulit saya tetep lembut dan supel pagi-paginya.

    Kalau dibandingkan dengan Bioderma Autoderm Creme, rasanya jauh lebih nyaman Gulaco 100% Unrefined Shea Butter. Walau kelihatannya Bioderma Autoderm Creme lebih encer dan cepat menyerap, tapi rasanya lebih lengket dan sumuk :(.

    Baca: Skincare Untuk Kulit Kering dan Sensitif

  • Pengganti Eye Cream
    Saya nggak pernah pakai eye cream karena malas pakai banyak produk. Dan karena Gulaco 100% Unrefined Shea Butter ini boleh dipakai sebagai eye cream, jadi saya pakai untuk melembapkan sekitar area mata di malam hari. Saat ini belum terlihat hasilnya sih untuk lingkaran mata dan kerutan. Tapi saya optimis! :D

  • Pengganti Lip Balm
    Karena lebih lembap dari lip balm beneran malahan :'). Tapi saya pakai malem doang. Kalau pagi atau untuk before lipstik, saya tetep lebih suka pakai Gulaco Moiste Lip B:am yang ringan.

  • Dibawa kemana-mana
    Gulaco 100% Unrefined Shea Butter ini selalu ada di pouch saya. Saya pakai kalau-kalau mendadak kulit saya kering dan gatel-gatel. Akhir-akhir ini sela jari kaki dan jari tangan saya kalau direnggangin suka sakit. Nah, kalau udah gitu saya oles aja pakai Gulaco 100% Unrefined Shea Butter. Lengket dan perlu waktu buat nyerep sih, tapi saya nggak peduli, habis enak :').

Saya pernah pakai ini sebagai pelembap siang juga, dipaai sebelum sunscreen, dan buat saya sih enak-enak aja. Tapi saya nggak akan menganjurkan kalian untuk memakai pada siang hari, kayaknya terlalu rich aja gitu loh! Dipakai malem-malem lebih enak menurut saya.


Gulaco SUMO 100% Real Body Butter


Harga: Rp 80 000/ 60gr

Deskripsi:
Sumo ini singkatan dari SUper MOisture. Sumo merupakan real body butter, dibuat tanpa campuran air. Sumo terbuat dari 40% shea butter, cocoa butter, almond oil, avocado ail, dan juga vit E untuk melembapkan kulit. Warnanya cenderung kuning karena avocado oil.

Pemakaiannya cukup seujung jari saja untuk daerah yang besar.


Sumo ini tersedia dalam dua aroma yang sangat lembut dan tahan lama, yaitu:
  1. Great Joy
    Jar dengan tulisan berwarna abu-abu. Sayang sekali saya nggak suka aromanya :(. Tapi teman saya suka banget, jadi akhirnya yang Great Joy ini saya berikan ke teman saya. Menurut teman saya, wangi Great Joy ini menenangkan seperti aroma bedak bayi.

  2. Perfect Happyness
    Nah, kalau yang jar dengan tulisan pink ini, wanginya superb enak! Aromanya kayak aroma bunga-bungaan dan minyak alami, tapi soft banget, nggak eneq, tahan lama, dan bener-bener menenangkan jiwa. Biarpun aromanya super soft, tapi tahan lama. Saya pakai malam hari, pagi-pagi masih tercium wanginya. Enyak >'<.


Kenapa Sumo 100% Real Body Butter ini lebih besar dan lebih murah dari 100% Unrefined Shea Butter? Diliat fungsinya aja yah. Sumo ini cuma bisa digunakan untuk tubuh. Kalau 100% Unrefined Shea Butter boleh dipakai di area wajah juga, bahkan sekitaran mata dan bibir! Jadi menurut saya si 100% Unrefined Shea Butter kandungannya lebih murni dan lembut di kulit.

Tapi omong-omong soal daya melembapkan, menurut saya baik Sumo 100% Real Body Butter maupun 100% Unrefined Shea Butter sama-sama jawarah! Jadi kalau buat badan ya 100% Unrefined Shea Butter-nya saya sayang-sayang. Pakai Sumo aja. Hehe..


Tekstur Sumo ini super thick, tapi cukup creamy dan mudah dicolek. Katanya sih cuma butuh diikiiiiiittt aja untuk satu area yang luas. Tapi kalau saya mah boros sama ginian. Saya suka pakai banyak-banyak sebelum tidur. Enak aja gitu hehe..

Tapi ya sebenernya dikit aja udah cukup. Bahkan kalau cuma untuk ngelembutin area kecil (misalnya lutut atau siku), cukup sapukan jari ke permukaan produknya untuk ambil minyaknya aja, nggak perlu sampai dicolek.

Walau teksturnya super thick, tapi nggak perlu ngotot ketika membaurkan ke kulit. Begitu kena panas tubuh, produk ini akan langsung meleleh dan kita tinggal ngeratain aja. Nggak kayak shea butter yang krim-nya terasa super lembut yah, kalau Sumo ini terasa ada berindilan-berindilan halusnya saat dibaurkan. Tapi nggak mengganggu kok.


Saya suka pakai Sumo 100% Real Body Butter ini untuk:
  • Night Body Butter
    Super lembap! Nggak perlu takut lagi tidur dengan AC dingin maksimal. Wanginya (yang Perfect Happiness kalau buat saya) juga menenagkan dan bikin bobok lebih enak.

  • Pelembap tumit dan sela jari kaki
    Pakai ini di seluruh permukaan kaki dan punggung kaki. Agak tebel nggak apa-apa! Lalu tutup dengan kaos kaki dan bawa tidur.

  • Dioles pada paha dan perut
    Karena konon bisa membantu menghilangkan stretch mark. Meskipun di saya belum kelihatan hasilnya.

Kemasan Sumo 100% Real Body Butter ini juga enak buat dibawa-bawa, sleek dan kalau kebolak-balik produknya nggak tumpah. Tapi saya sendiri nggak terlalu suka Sumo 100% Real Body Butter untuk pemakaian siang hari, karena kayaknya nggak nyaman dipakai ketika udara panas dan berkeringat, jadi nggak pernah saya bawa kemana-mana. 

Buat kamu yang kulitnya nggak begitu kering dan nggak terbiasa dengan body butter, kayaknya nggak bakalan suka sama produk ini. Tapi kalau kamu kayak saya yang lagi frustasi banget sama kulit kering (kalau saya terutama di sela-sela jari kaki), Sumo 100% Real Body Butter ini harus kamu kasih kesempatan untuk dicobain deh ;).



Tertarik nyobain Gulaco 100% Unrefined Shea Butter & Sumo 100% Real Body Butter?
Kepo ke sini aja yah:

Instagram: @gulaco
Atau ke sini: http://www.milamili.com/gulaco/items

21 comments:

  1. Aaak tergoda sama Gulaco 100% Unrefined Shea Butter-nya. Lagi nyari-nyari pelembap buat kulit kering soalnya baru tau kalau kulit muka saya itu kering, selama ini mikirnya kombinasi/berminyak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...iya. Aku dulu juga salah sangka. Ternyata kulit kering juga bisa keluar minyaknya. Apalagi kalau nggakdikasih pelembap :D

      Delete
  2. kirain gulaco cuma buat nge-scrub bibir aja :) tfs yaaa

    ~ pipitta dotcom

    ReplyDelete
  3. Kak arum ..q yusni yg follow kaka di instagram.maaf mau tanya cmn gak enak klo d publish.boleh saya minta alamat emailnya kak arum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat emailku tertera loh di IG. Jadi silahkan kalau mau email. Tapi aku harap jangan nanya soal makeup/skincare di email ya. Karena aku cuma balas pertanyaan soal itu di komen blog/instagram ;)

      Delete
  4. Shea butter cocok banget buat dipake saat udara lagi panas ga asyik. Di kulit ga sesumuk kalo pake EVOO.

    ReplyDelete
  5. setuju mba kulit kering kalo jerawatan susah nyari obat jerawat nya soalnya bikin kulit makin kering huhuhu yang Gulaco 100% Unrefined Shea Butter beneran bisa buat muka? huhuhu jadi pengen produknya >_<

    ReplyDelete
  6. Aku udah pake Shea butter-nya.. Pas hamil 2bln perut sm paha mulai gatel 'clekit2' yg ternyata bakal stretchmark.. Aku olesin pake Shea butter Gulaco, gatelnya mereda lho..
    Lipscrub sm Lipbalm-nya juga oke punya..
    Udah mulai keracunan mbak Sekar iki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah!! Tapi aku sayang kalau dipakai di badan. Abis kecil dan agak mahal. Jadi buat badan aku body butternya aja :D

      Delete
  7. keliatannya bagus. karna aku juga punya kulit kering yg kadang nyebelin hahaha
    tks mb untuk reviewnya aku pengen coba jd nya :))

    ReplyDelete
  8. waaaah... jadi pengen nyobain, kebetulan kulitku juga kering :'( ga enak banget deh rasanya. thanks Mbak buat reviewnya :D

    BTW salam kenal, Mbak Arum ^^v

    ReplyDelete
  9. duh jadi pengen beli dan nyobain. Apalagi kulitku berminyak tapi bisa kering juga huhuhu... bisa dipake buat bibirku yang kering *kayak.orang.sariawan.terus uhu*
    warna kuningnya pun lucuk gituuu!


    salam kenal ya mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buat bibir bagus banget Shea Butternya :)

      Delete
  10. saya tahu banget rasanya kulit kering dan ngelupas2 ses :') Mendingan rada berminyak daripada kulit busik dan sakit yaaa. Eh tapi kalo bisa milih maunya si normal kinyis2 sehat kenyal glowing gitu nggak keliatan berpori (maunyaaaa)

    www.mimoyoja.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. agghhhh teman senasibku komen juga akhrnya :D :D
      Hooh sedih ya kulit kering itu. Pengennya sih normal. Agnez Mo itu kulitnya normal. Nggak pernah bermasalah katanya. Kalau kulitku normal mungkin aku mirip AgnezMo #halu

      Delete
  11. sukses ni bakalan nyoba shea butter nya..
    soalnya pernah pake krim malem brand luar gitu yang ada kandungan shea butternya.. dan cocok banget.. sayang kok sekarang harganya makin mahal... jadi si gulaco kayaknya bakalan oke..
    tapi beneran mbak ngga bikin komedoan? apa karna mbak arum pakenya di area T zone ngga banyak?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...