Monday, March 21, 2016

Beauty & Fashion Wishlist


Saya sadar banget sih tahun ini belum bikin wishlist. Soalnya pas awal tahun, saya kira saya nggak bakalan ada budget buat belanja make up. Soalnya saya ceritanya memang lagi butuh banyak uang untuk bolak-balik ke Jogja dan juga ngurusin pindahan rumah.

Sekalian cerita nih, jadi saya tuh punya rumah di Jogja. Bangunannya bagus dan letaknya juga strategis di tengah kota. Pas saya harus pindah ke Jakarta, sebenernya suami saya udah jawil-jawil sih, apa rumah Jogja dijual aja, terus buat beli rumah di Jakarta? Mindahin aset lah ceritanya. Tapi saat itu saya masih sayang banget. 

Waktu itu saya kayak belum rela 100% lepas dari Jogja. Dalam hati saya masih menyimpan harapan kalau suatu saat kami bakal pindah ke Jogja lagi dalam waktu dekat. Selain itu, saya berpikiran kalau rumah tersebut adalah sebuah investasi karena letaknya yang strategis. Pikir saya sih kalau ada modalnya, kan bisa dibikin kos-kosan atau homestay atau malah butik atau apalah gitu.

Tapi makin waktu berjalan, saya ngerasa kok lucu ya? Investasi itu kalau saya udah punya rumah tinggal, dan kemudian saya melihara satu rumah lagi. Lah ini, udahnya rumahnya di Jogja, saya di Jakarta, di Jakarta saya masih ngontak pula. Selain itu saya juga harus keluar uang buat biaya perawatan rumah Jogja, keluar uang juga untuk bayar kontrakan di Jakarta. Pokoknya lama-lama saya merasa masalah rumah ini kok lucu :D.

Ya sudah akhirnya saya mengiyakan rumah tersebut dijual aja, beserta seluruh kenangan di dalamnya. Huhuhu... Dan jadinya saya harus bulak-balik Jogja untuk mengurus segala sesuatunya. Oh iya, postingan ini selain ngiklan sih, buat yang lagi SERIUS cari rumah di Jogja, di daerah Bacirotepatnya belakang kampus UIN, boleh email saya yah ;). 

Tapi ternyata malah saya dapet banyak kerjaan dan pemasukan-pemasukan tak terduga tahun ini. Saya bersyukur banget lah dengan keadaan ini. Dan saya juga harus mulai bikin wishlist biar belanjanya nggak kebablasan :D. Wishlist saya saat ini didominasi oleh warna-warna netral, karena saya mulai pusing eyeshadow dan outfit saya warnanya aneh-aneh semua. Mwahahahaa...

Oh iya, karena banyak diantara wishlist saya yang harus dibeli online tapi saya juga belum liat-liat online shop-nya, jadi saya nggak nyantumin belinya dimana yah. Dan nggak akan jawab juga. Ya gimana wong saya belum beli --".

Berikut wishlist saya:


1. Milani Eyes Powder Eyeshadow Collection - Bare Necessities
Harga: kira-kira Rp 150 000

Sumber: nouveaucheap.blogspot.com

Saya udah lama sih pengen eyeshadow palette warna netral, yang warnanya pas dan ukurannya nggak terlalu gede. Gunanya buat saya bawa-bawa kalau harus traveling. Nah kebetulan banget Milani ngeluarin mini  eyeshadow palette baru, dan saya kepincut sama warna Bare Necessities ini. Menurut saya pilihan warna pada palette Bare Necessities ini bisa dipakai untuk membuat sebuah look tanpa harus comot-comot warna dari palette lain. Jadi pas banget deh kalau untuk dibawa traveling.

Review palette ini bagus banget yah. Katanya ini drugstore eyeshadow yang kualitasnya nggak kayak palette drugstore kebanyakan. Katanya sih kualitasnya sama kayak single eyeshadow-nya. Terus palette ini juga jadi favorit Katleen Light.


2. City Color Be Matte Bronzer - Pecan Pie
Harga: Rp 60 000 - Rp 80 000

sumber: http://www.mywholesalefashion.com/

Pas pertama kali saya ngeliat wujud fisik dari City Color Be Matte blush dan bronzer, saya tuh rasanya langsung gemez. Soale dia gede dan bulet gitu, pokoknya lucu. Terus harganya juga nggak mahal. Dan karena akhir-akhir ini saya lebih sering pakai bronzer ketimbang blush, jadi saya lebih memilih untuk beli bronzer-nya, karena saya harus punya seri be matte-be matte-an ini.

Dan sebenernya lagi, saya tuh masih bingung mau pilih warna apa. Kayaknya Pecan Pie cocok ya buat saya?


3. BH Cosmetics Carli Bybel Palette
Harga: kira-kira Rp 290 000

sumber: https://www.tokopedia.com/debionstore

Siapa sih yang nggak tau Carli Bybel? Dan sejak pertama saya denger dia kolab sama BH Cosmetics, saya udah penasaran aja. Tapi pas liat pertama kali saya sih nggak suka yah liat penampakan eyeshadow-nya yang coklat-coklat mbosenin. Tapi karena sekarang saya lagi nyari nuansa netral, jadi saya mulai ngelirik nih ceritanya.

Palette ini review-nya bagus, katanya sih kualitasnya lebih bagus dari BH palette yang biasanya. Terus saya juga suka pilihan warnanya. Ada warna-warna yang warm, tapi juga warna mauve-nya. Udah gitu dalam palette ini juga ada highlighter dan bronzer-nya, yang mana kalau kamu nggak suka hilite-an atau bronzer-an, mereka cukup pigmented untuk dipakai sebagai eyeshadow. Gara-gara palette ini juga, saya nggak jadi kepengen The Balm Manizer Sisters.


4. Maybelline Fit Me Concealer
Harga: Rp 90 000 - Rp 120 000

sumber: www.makeupalley.com

Saya punya kulit kering, termasuk area under eye juga kering. Kalau orang-orang biasanya nyari under eye concealer yang super nutup dan nge-set, saya justru nyari yang creamy. Saya udah nyoba LA Girl Pro Concealer, tapi ternyata masih kering banget di area bawah mata saya. 

Menurut review, Maybelline Fit Me Concealer ini nggak terlalu kering, mudah dibaur, tapi dia nggak terlalu cover. Ya sudah lah buat saya yang penting nggak kering aja untuk area bawah mata.


5. Morphe Brushes 9C - 9 Color Highlight/ Contour Palette
Harga: kira-kira Rp 290.000
sumber: www.morphebrushes.com

Jadi awalnya sebenernya saya kepengen palette eyeshadow warna coklat yang matte, buat warna transisi kalau bikin eyeshadow warna-warni gitu ceritanya. Tapi kan saya ya mikir-mikir, palette coklat semua dan matte semua itu nggak bakalan kepakai semua. Mubazir banget lah belinya, apalagi kalau mahal. Tapi kalau beli yang murah juga yakin banget saya, matte neutral eyeshadow murahan gitu warnanya nggak bakalan keluar dan teksturnya pasti jelek.

Makanya saya mengalihkan keinginan saya ke contour palette. Selain untuk contour, warna-warnanya juga bisa digunakan sebagai warna transisi eyeshadow. Awalnya lagi, saya pengen palette Elf atau City Color Contour Palette. Tapi pas liat-liat review-nya, si Elf katanya warnanya terlalu malu-malu, yang mana bagus sih buat contour, tapi nggak bagus buat eyeshadow. Kalau City Colour katanya warnanya pigmented banget tapi susah dibaur, yang mana berarti nggak oke banget lah buat contouring.

Nah, yang paling pas adalah review si Morphe ini. Katanya Morphe ini cukup pigmented, tapi teksturnya mudah dibaur.


6. LT Pro Long Lasting Matte Lip Cream - No. 03
Harga: Rp 80 000

sumber: pinkyrose21.blogspot.com

Saya udah punya LT Pro ini yang nomer 4. Dan produk ini bagus banget. Makanya saya kepengen beli lagi warna yang biasa saya pakai untuk sehari-hari.


7. Inglot Duraline
Harga: kira-kira Rp 250 000

sumber: www.inglotusa.com

Cairan ini kecil, 9 ml doang, dan mahal. Dan pas saya bilang saya pengen ini, nggak ada satupun temen beauty blogger yang bereaksi tertarik. Tapi ini termasuk salah satu idaman lama saya. Duraline ini walau kecil tapi cabe rawit banget dah. Fungsinya untuk mereparasi eyeliner gel atau mascara yang mengering, sebagai base eyeshadow, dan yang paling jagoan adalah dia bisa menyulap eyeshadow powder menjadi eyeliner yang super pigmented! Susah dijelasinnya, pokoknya googling aja deh. Banyak video demo-nya kok. Maya Mia dan Easy Neon juga beberapa kali pakai ini untuk eyeliner.

Buat saya yang suka main mata sih Duraline ini akan jauuuhh lebih menghemat budget daripada saya beli bermacam-macam eyeliner warna-warni. Cukup sebotol ini aja dan saya akan punya berbagai macam eyeliner warna-warni yang super pigmented.


8. Zara Mini City Bag
Harga: Rp 599 900

sumber: http://www.zara.com/id

Trend Satchel Bag ini nggak sembuh-sembuh ya? Saya sebenernya punya Guess Satchel Bag, dulu dikasih sama mami mertua saya, dan saya suka banget loh walau jarang pakai. Tapi rusak gara-gara pinggirannya digigitin Lilly dan bagian kulitnya dipakai untuk ngasah kuku !@#$%^^&&**%$@!

Sebenernya saya bukan tipe orang yang pakai Satchel Bag buat harian. Karena bawaan saya tuh seabreg-abreg, dan menurut saya Satchel Bag itu bagusnya kalau kecil. Kalau besar jatuhnya kayak tukang pos atau orang mau ngelamar kerja ^^. Tapi karena saya suka banget, jadi saya harus punya. Karena kadang benda-benda beginian dibeli bukan untuk dipakai, tapi berasa ayem aja hatinya kalau punya. Ya kan? Argh...cuma cewek kayaknya yang bisa ngertiin ini :D.


9. Coup Belle Eliza Backpack Black
Harga: Rp 229 000

sumber: http://berrybenka.com/

Nah, kalau ini adalah jenis tas yang saya pakai harian. Jadi ransel yang biasa saya pakai jalan kemana-mana kemarenan baru aja rusak, dan saya memang mau nggak mau harus beli baru. Pilihan saya sih sementara ini ada di Coup Belle Backpack ini. Lucu yah, item gitu. Saya belum pernah punya ransel item bahan begini. Kayaknya elegan :D.

Buat yang belum tau, Coup Belle ini brand lokal. Jadi saya kan sering bilang kalau pakai tas KW itu super nggak banget. Mau KW super, mau harganya mahal, KW tetep aja KW. Maling ya tetep maling. Maling ide. Lagian buat apa sih beli KW kalau masih banyak brand lokal yang bagus-bagus dan lebih murah?


9. Adorable project - Stewart Black Platform
Harga: Rp 189 000


sumber: http://adorableprojects.com/

Gara-gara Momon, saya jadi buka-buka Adorable Project, dan naksir abis sama sepatu-sepatunya. Sepatunya oemji bagus-bagus dan murah-murah bangets! Kalian harus liat deh. Saya baru liatin web-nya semalem dan udah langsung masukin ini ke wishlist.

Tapi ngomong-ngomong ini bukan review loh ya! Tolong dibedakan. Saya juga belum punya sepatunya, jadi saya nggak tahu apakah mereka sebagus fotonya, awet nggak, dan yang paling penting nyaman atau enggak dipakai. Tapi saya naksir! Sumpah naksir!


10. Vans Authentic Black Ruber
Harga: Rp 600 000

sumber: http://www.vans.com/

Kalau yang terakhir ini sih, nggak ada alesannya. Saya pengen karena belum punya Vans yang itu. Gitu doang. Boleh kan? :))

40 comments:

  1. Yah mba arum udah ngasih racun lipen lagi akk. Klo LT Pro sama Sariayu mba arum lbh suka yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku bener bener nggak bisa milih. Dua-duanya sama bagusnya. Dua-duanya ada kelebihan dan kekurangannya. Kapan-kapan aku bikin post perbandingan aja yah ;)

      Delete
    2. Ditunggu ya mbak arum comparison nyaaaa x))

      Delete
  2. Baru denger inglot duraline :o
    Berarti eyeliner warnanya bisa jadi banyak banget ya pake duraline Inglot itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh. Keren banget kaaannn?? Coba cek video Easy Neon deh pas pakai ini pasti langsung kepingin

      Delete
  3. LT Pro no 3 itu warnanya agak mirip mac kinda sexy lho, mba. Perfect nude for everyday.

    ReplyDelete
  4. HAHAHA aduh sedih banget itu tas dijadiin kikir kukuuuuu XD

    Si inglot itu menarik banget yah, emang sayang kalo beli eyeliner warna-warni soalnya pasti kepakenya cuma sekian kali, abis itu gak pernah dipake lagi. Sama Milaniiiiii aku rasanya pengen koleksi semuanya soalnya cakep warnanya emas gitu mevvaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kzl. pantesan fashion blogger nggak ada yg punya kucing :)).

      Bangeeettt. Aku juga punya elener warna warni ga pernah abis. Pasti dibuang dalam kondisi masih panjang banget. Sayang. Ayok beli milani terus di review :D

      Delete
  5. Aku punya dua sepatu adorable mbak arum, sudah 3 taun ini awet2 aja.
    LTpro itu teksturnya yg kayak gimana ya mbak? Kayak sleek gitu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih reviewnya. Aku jadi pengen bootsnya juga.

      Lebih enak dari sleek. Lebih nyaman di bibir. Nggak transfer tapi nggak bikin bibir kering

      Delete
  6. Keliatannya ses arum jadi eyeshadow junkie sekarang. Wishlist nya banyak eyeshadow nya... Btw ses, kalo ada waktu bikin pistingan soal jim beam sama lily lagi dong. Kayanya seru... Atau di insta juga gpp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa...dari duluuu udah demen segalabyg warna warni. Lipstik ma blushon kan warnanya gitu2 doang :D.
      Aku pengen bikin satu segmen di blog ini khusus kucing. Tapi bingung banget mau nulis apa. Ada masukan?

      Delete
    2. Anu diisi foto mereka yang aneh-aneh gitu, terus ceritain mereka lagi ngapain. Jadi cara penceritaan nya dari tulisan sama gambarnya. Gambarnya nggak perlu yang se profesional kucing-kucing di insta, yang penting sekali liat bisa bikin orang senyum-senyum sendiri. Misal itu foto lily lagi mangap-mangap digabungin sama foto tasnya ses arum yang digigitin. Bisa juga kasih tulisan lucu ala meme gitu. Atau tips trik buat pemula yang mau piara kucing, tapi yang low budget ses. Keliatannya sih ide yang pertama itu yang bisa dibikin sampe beberapa part. Aku sih yakin bakalan asik gitu, soalnya kan cara ses arum bawain cerita tuh unik dan asik. Sorry masukannya kebanyakan ses, beacause aku suka banget sama tulisan ses Arum yang nyleneh-nyleneh :D

      Delete
  7. Mbak arum kenapa ga coba yg maybelline age rewind, itu favorit ngetss para beauty guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maybelline age rewind reviewnya thick banget. Kayaknya bakalan cakey deh klo di kulit kering ^^

      Delete
  8. Kak aku pernah tuh waktu beli tas di adorable, gak taunya ada sepatu diskon jadi 21.000. Aku kira boongan trs aku add to cart kan, ternyata serius dan barangnya gak ada cacat-cacatnya:))

    Waktu jadi pager ayu, sama mua-nya dipakein lt pro dan enakkk pgn beli tp lupa waktu itu nomer berapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku jadi ngarep ada diskon jugaaa :))

      Delete
  9. Antara LT pro sama Sariayu, kamu pilih mana rum? Kalau pekejing kayaknya cakepan LT pro :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku bingung banget kalau disuruh milih dua ini Mizha. Dua duanya sama sama bagus. Iya, secara packajing aku lebih suka lt pro. Terus pilihan warna juga lt pro ada warna nude kesukaanku. Tapi sariayu juga kece beudh. Ntar deh aku bikin compare reviewnya.

      Delete
  10. Suka banget sm fotd cover post ini mbak cantik banget warna lipstick nyaa pipi nya juga kelihatan lebih tirus 😍

    ReplyDelete
  11. Sama mbak arum, aqu jg pngen lt pro long last yg no 3, bln ini msti kebeli tuh... hehehe...

    ReplyDelete
  12. Mba arum aku lg liat2 berrybenka trs ada tas ransel coup belle yg mba arum wishlist jd cuma 199 dr 329 ribu. Nih linknya http://m.berrybenka.com/special/bags/90000/eliza-backpack-black?spc_case=special-promo&spc_num=2466

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh diskon yaaa??
      Huhuhu aku pas habis kalap beli palet eyeshadowww. Semoga bulan depan masih diskon deh ya T.T

      Delete
  13. hmmm yg milani tu bikin ngileer ~ cuman y itu ps udah dibeli takutny g ssuai ekspetasi *contoh di doi kok hasilny keren bgt y twny di aku biasa aja ya *beda klopak mata soale #sigh ..
    yg ransel coup belle tu enak loh mbak :D, ak py tp jrg kak pake bkn anak kuliahan lg sih tp help bgt ps travelling #malesbawakoper soale wkwkwkwk xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...eyeshadow luar memang suka gitu yah ^^. Sejauh ini yang kena di hati baru Morphe.
      Wah beneran enak? Aku suka pakai ransel kemana-mana. Hihihi...beli ah. Makasih ya :3

      Delete
  14. Hallo mbak arum, maaf klo salah ruangan, mau tanya yg ga nyambung dari post mbak hihi

    Mau tny mbak kan beauty blogger pasti uda pngalaman soal make up. Sy lg binggung krn brmasalah dgn pori2 gede, kira2 produk make up apa yg bagus bt nutup pori2 gede? Trs tiap sy make BB Cream lalu timpa bedak tabur tp wajah kok seperti kasar2 agak ngelupas pdhl uda pk pelembab sblm pemakaian BB Cream. Mohon saran ya produk apa yg bagus untuk masalah sy. Klo skincare kan mmg cocok2an tp produk make up harusnya cocok aja hehe ;) makasi banyak yaaa sblmnya mbak. Tolong dikasi pencerahan ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Nova. Pertanyaannya aku jawab, tapi jangan minta rekomendasi merk atau tanya merk apa yg paling bagus ya, karena nggak akan aku jawab. Hehe..

      Setahuku, solusi paling top cer untuk pori-pori gedai adalah primer dengan silicon base (kayak monistat, benefit porefessional, smashbox photo finish, dll). Tapi sebaiknya nggak dipakai setiap hari karena cloge pore. Atau solusi lain yang lebih aman, bisa kompres muka pakai es batu sebelum make up (tapi yang ini kayaknya ngefeknya dikit aja deh).

      Kalau kulit kasar, solusinya rajin scrubing. Seminggu satu-dua kali. Kalau ngelupas pas pakai bb + bedak kayaknya karena kering ya? BB cream/ foundationnya bisa dimix sama sedikiiitt facial oil sebelum dipakai.

      Semoga membantu ;)

      Delete
    2. Hai mbak arum, makasi uda dijawab. Monistat cukup bagus kah untuk pori2 besar? Sy pernah pengen beli jg cm masi ragu antara monistat atau maybelline baby skin. Klo menurut mbak? Gapapa mbak ks aja recommendnya setidaknya kan pasti mbak sbg beautyblogger lbh tau dan bnyk pngalaman, kulit sy si agak brminyak tp heran jg kadang pk bb cream seperti ada kelupas2nya. Apa krn merk bb creamnya ga bagus ya? Klo pk pelembab kurang ya berarti? Nambah baby oil dikit biasa bs trlalu brminyak ga? Soalnya sy jg binggung krn type kulit sy mmg brminyak jg :(

      Klo bb cream lokal tp yg bagus ada recommend? Ada yg sarankan maybelline. Mnrt mbak gmn? Biasa si sy pk bb cream dari pixy. Tp ntah la diwajah bagus tp tdk sprti orang2 lain yg sy liat wajahnya mgkn make up tp menyatu sekali. Mau tanya2 tp ga tau ke siapa :(

      Sy liat mbaknya baik dan ramah jd beranikan diri bertanya de ;D

      Delete
    3. Hai mbak arum, makasi uda dijawab. Monistat cukup bagus kah untuk pori2 besar? Sy pernah pengen beli jg cm masi ragu antara monistat atau maybelline baby skin. Klo menurut mbak? Gapapa mbak ks aja recommendnya setidaknya kan pasti mbak sbg beautyblogger lbh tau dan bnyk pngalaman, kulit sy si agak brminyak tp heran jg kadang pk bb cream seperti ada kelupas2nya. Apa krn merk bb creamnya ga bagus ya? Klo pk pelembab kurang ya berarti? Nambah baby oil dikit biasa bs trlalu brminyak ga? Soalnya sy jg binggung krn type kulit sy mmg brminyak jg :(

      Klo bb cream lokal tp yg bagus ada recommend? Ada yg sarankan maybelline. Mnrt mbak gmn? Biasa si sy pk bb cream dari pixy. Tp ntah la diwajah bagus tp tdk sprti orang2 lain yg sy liat wajahnya mgkn make up tp menyatu sekali. Mau tanya2 tp ga tau ke siapa :(

      Sy liat mbaknya baik dan ramah jd beranikan diri bertanya de ;D

      Delete
    4. Monistat menurutku biasa aja sih. Kalau mau coba Bodyography aja, itu lebih bagus dari Monistat. Sebentar lagi aku review Bdyographynya jadi tunggu aja yah ;). Aku nggak mau ngasih rekomendasi, karena aku selalu nulis review di blog ini dengan mendetail. Jadi seharusnya sih reader bisa membaca dan mencari sendiri apa yang dibutuhkan. Kalau sudah capek2 nulis detil tapi tetep pertanyaannya minta rekomendasi, percuma dong aku nulis, mending buka jasa konsultasi aja. Hehe..

      Oh berminyak ya. Kulit berminyak kadang sebenernya dehidrasi. Jadi ngelupas2 gitu tapi ngeluarin minyak. Solusinya sebenernya lebih ke perawatan kulitnya sih. Menurutku baiknya konsentrasikan ke perawatan malam hari/ serum dan night cream. Biar kalau pas siang, nggak perlu terlalu banyak pakai layer skincare yang bikin muka berminyak.

      Untuk BB cream lokal favorit, ada kok artkelnya di blog ini. Selamat mencari ;)

      Delete
    5. Bodyography sekitar berapaan ya? Lbh mahal dari monistat? Beli di olshop jg? Fungsi untuk menutup pori2 ya terutama?? Sy ga pande mbam cari artikel, mknya tanya. Harus buka cari2 satu satu kan bnyk bgt postingan. Emg bs pk search cari gt aja pk kata kunci??

      Delete
    6. Bodyography sekitar berapaan ya? Lbh mahal dari monistat? Beli di olshop jg? Fungsi untuk menutup pori2 ya terutama?? Sy ga pande mbam cari artikel, mknya tanya. Harus buka cari2 satu satu kan bnyk bgt postingan. Emg bs pk search cari gt aja pk kata kunci??

      Delete
    7. Aku juga nggak pandai berperan jadi konsultan (ini jujur. Sering aku jawab serius malah dikira ketus). Di bagian sidebar, tepat di bawah foto profilku, ada fitur untuk mencari dengan kata kunci. Dan Bodyography baru saja terbit reviewnya ;)

      Delete
  15. Mbak, aku ya ngiler sama Satchel Bag, punya satu merk lokal trus kegedean gak bisa masuk bagasi motor. Punya satu lagi, kekecilan. Embuh repot, aku pake ransel akhirnya :)) Btw itu lipennya LT memang jawara, nggak lengket trus ringan banget~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buahahaa...nemu satchel bag yang tepat kayak nemu jodoh :)).
      Tapi aku juga suka kok pakai ransel. Enak, muat banyak, nggak capek :D

      Delete
  16. Ackkkkk aq jd mau psn sepatu juga kannnn noooooo 😱😱😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHAA...MARI NGEHAUL SEPATUUUUUU!!!!

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...