Friday, January 22, 2016

[Review] Morphe Brushes 35C - Color Matte Eyeshadow Palette (Compare with 12P - Picasso Palette)


Udah sejak lama saya pengen ngicip Morphe Eyeshadow Palette. Penasaran aja gitu loh, soalnya banyak beauty guru di youtube yang nge-favoritin produk ini. Meskipun ada hal yang bikin saya agak nggak yakin sih. Dan jujur aja yang bikin saya nggak yakin itu malah karena review-review-nya Jaclyn Hill. Bayangin aja deh palette murah banyak warna buatan cina begini di-rave gila-gilaan di setiap video-nya. Dibilang semua warnanya pigmented, buttery, mempesona, tanpa cela, pokoknya bombatis deh. Bahkan saya ngeliat orang nge-review palette harga sejutaan pun nggak ada yang selebay itu :D.

Tapi teteplah saya penasaran. Cuma jaman saya penasaran dulu, palette ini belum begitu hipe di Indonesia. Untuk dapetinnya harus pre-order. Dan karena saya udah su'uzon duluan gara-gara Jaclyn Hill tadi, makanya saya nggak sampai seniat itu untuk ikutan PO.

Tapi sejak desember tahun lalu, palette-palette Morphe mulai menyerbu masuk dan ready stock di Indonesia. Hampir setiap buka instagram pasti ada yang pamer palette Morphe. Harganya pas masuk sini sih jadi mahal ya, antara 350k sampai 450k, tergantung niat amal owner olshop-nya :D. Saya bilang mahal karena ini palette buatan cina, jadi saya bandingkan sama teman sejawatnya, yaitu Coastal Scent dan BH Cosmetics.

Walau udah ready, saya masih pikir-pikir waktu itu, karena saya juga masih agak trauma dengan palette sejenis ini buatan cina. Dulu saya pernah punya Coastal Scent Original 88 eyeshadow palette, dan kualitasnya tuh jeleknya kebangetan. Bener-bener nggak bisa diakalin sampai akhirnya saya preloved lagi. Makanya saya masih pikir panjang pas mau beli Morphe. Apalagi Morphe ini harganya lebih mahal.

Oh iya, satu lagi yang bikin saya terganggu sama palette ini, yaitu merk-nya. Agak aneh aja ada kata brushes di merk-nya, padahal nggak semua produknya berupa kuas. Beneran deh, itu ganggu banget buat saya ^^.

Tapi rejeki yah, saya malah dapetin Morphe 35C Eyeshadow Palette ini. Anggaplah ini jodoh. Hehe.. Oh iya, saya juga sudah me-review palette ini di Female Daily Beauty Review, tepatnya di sini: http://reviews.femaledaily.com/eyes/eye-shadow-pallete/Morphe-brushes/eyeshadow-palette-24

Buat temen-temen pecinta make up yang suka baca-bacain review produk-produk kecantikan, kayaknya wajib deh main ke #FDBeautyReview. Karena di sana kalian akan menemui banyak review dari berbagai beauty product yang lagi nge-hits. Satu produk bisa di-review oleh banyak orang sekaligus. Jadi enak tuh, kita bisa ngelihat review dari kacamata banyak orang, dan banding-bandingin. Dan asiknya lagi, kita juga bisa ikutan nge-review di situ. 


Kembali ke Morphe palette,

Sesuai namanya, palette ini berisi 35 pan eyeshadow dengan warna-warni neon dan semuanya matte. Lihat tuh warnanya, aaakkk....saya suka banget-banget! Kayaknya semua warna yang saya butuhkan tersedia di sini.

Saya suka pengaturan warnanya yang bertema di baris-perbaris. Misalnya baris pertama adalah hitam dan coklat yang cool tone, lalu baris kedua adalah coklat yang warm tone sampai oranye, baris ke tiga adalah biru dan hijau, dan seterusnya. Bisa dilihat sendiri kalau penataannya rapi dan sistematis. Nggak lari-lari. Buat yang suka padu-padan warna eyeshadow dengan tone senada, penataan palette ini tentu saja akan sangat memudahkan.

Dan saya cukup surprise dengan tekstur dan pigmentasinya. Ternyata baguusss. Jauhlah kalau dibandingkan dengan Coastal Scents 88 original palette yang pernah saya coba. Ini sama sekali nggak mengecewakan. Ya meskipun saya tetap merasa review-nya Jaclyn Hill lebay yah :D. Eh jangan salah loh, saya ngefans kok sama Jaclyn, terutama smokey eyes-nya yang icikiwir itu. Cuma saya pengen jujur aja kalau review dia soal Morphe memang lebay dan sempet bikin saya ilfeel sama palette ini.


Oh iya, kalau beli eyeshadow palette dengan banyak warna begini, memang harus siap-siap karena biasanya pasti ada beberapa warna yang kualitasnya jelek. Demikian juga dengan palette ini, ada beberapa warna yang sheer banget dan keras, tapi nggak banyak kok. Lebih banyak warna yang pigmented. Eyeshadow-nya sedikit menyerbuk, tapi buat saya sih nggak masalah, nggak keterlaluan.

Untuk membahas perwarnanya, paling enak adalah dengan swatch. Di foto ini entah kenapa warnanya sedikit wash out. Warna aslinya sedikit lebih menyala. Saya akan swatch eyeshadow ini perbaris, dimulai dari yang paling atas. Warna-warna yang udah nggak tertolong lagi (sheer dan atau teksturnya jelek banget) akan saya tandai dengan X:


Baris 1
 

Baris paling atas ini adalah warna netral yang gelap dengan cool tone. Mulai dari hitam, abu-abu, dan coklat tua. Ketiga warna hitam di sebelah kiri itu, walau di pan kelihatan beda, tapi pas di-swatch warnanya sama. Itulah makanya saya kurang demen sama palette eyeshadow warna netral yang satu palette isinya banyak. Karena ya bakalan nemuin banyak pengulangan warna begini. Bocen.

Berikut pembahasan warna dimulai dari paling kiri:
  1. Hitam. Teksturnya keras, tapi warnanya masih keluar.
  2. Hitam. Teksturnya lembut dan warnanya pigmented. Di pan memang terlihat lebih muda dari hitam yang lain, tapi begitu di-swatch, warnanya nyaris sama.
  3. Hitam. Sheer banget dan keras. Nggak tertolong deh --"
  4. Abu-abu muda. Teksturnya lembut dan pigmentasinya bagus.
  5. Coklat tua dengan neutral tone. Cukup pigmented dan lembut.
  6. Coklat tua dengan sedikit warm tone. Cukup pigmented dan lembut.
  7. Taupe gelap. Teksturnya lembut dan sangat pigmented. Ini warna favorit saya dan hampir selalu kepakai. Karena menurut saya taupe adalah warna coklat yang paling gampang dipadu-padankan dengan warna apa saja. Warna ini juga kece buat ngisi alis.

Baris 2



Baris kedua ini masih didominasi warna netral dengan tingkat medium, nggak terlalu tua dan nggak terlalu muda, tapi yang ini warm tone. Dari warm coklat sampai oranye. Pada baris ini, semua warnanya pigmented dan nggak ada tekstur yang keras, jadi nggak perlu saya bahas satu persatu yah. Sayangnya nggak ada warna yang coklat yang cukup pas untuk dipakai sebagai warna transisi, semua terlalu tua.


Baris 3



Baris ketiga ini adalah baris yang seger. Range warnanya adalah biru dan hijau. Saya ini adalah penggemar warna eyeshadow hijau. Sayangnya warna hijau pada palette ini menurut saya nggak ada yang asik :(.

Saya bahas warnanya dimulai dari yang paling kiri:
  1. Toska muda. Warnanya kayak telur asin. Jadi pengen makan Rawon. Cukup pigmented dan lembut.
  2. Biru tua. Teksturnya keras banget dan warnanya jelek. Saya berharapnya dia warnanya navy. Tapi begitu di-swatch yang saya dapet malah biru tua kehijauan yang kesannya "kotor".
  3. Ungu dengan tone dingin, nyaris biru. Teksturnya keras tapi pigmentasinya sangat bagus.
  4. Hijau muda. Teksturnya lembut tapi warnanya nggak mau keluar. Bahkan di-build-pun nggak mau.
  5. Hijau medium. Cukup pigmented dan lembut.
  6. Hijau army. Teksturnya lembut tapi warnanya nggak mau keluar.
  7. Hijau tua. Teksturnya keras tapi pigmentasinya bagus.

Baris 4


Baris ke empat ini warna-warnanya feminin. Dari merah sampai baby pink muda nyaris putih.
  1. Merah dengan cool tone. Sedikit keras dan nggak terlalu pigmented, tapi nggak parah dan masih bisa di-build up.
  2. Merah dengan warm tone. Teksturnya keras banget dan warnanya nggak mau keluar
  3. Burgundy. Teksturnya sedikit keras, tapi pigmentasinya bagus banget. Dan warna ini super gorjes. Akoh sukak!
  4. Gabungan antara merah dengan pink, dan ada sensasi nude-nya. Susah jelasinnya tapi warnanya cantik deh. Teksturnya juga lembut dan cukup pigmented.
  5. Pink tua dengan cool tone. Teksturnya agak keras tapi warnanya pigmented.
  6. Baby pink dengan cool tone. Cukup pigmented dan lembut.
  7. Baby pink dengan warm tone. Cukup pigmented dan lembut.

Baris 5



Di baris terakhir kita akan bertemu dengan warna ungu, kuning, dan putih. Lagi-lagi saya merasa ada warna yang kurang. Harusnya dikasih warna beige muda, krem, atau putih tulang untuk alternatif warna highlight yang lebih natural selain putih.
  1. Pink tua keunguan. Pigmented dan teksturnya lembut
  2. Ungu medium dengan sedikit warm tone. Teksturnya lembut tapi warnanya ngga agak sheer
  3. Ungu medium dengan cool tone. Teksturnya lembut dan warnanya sangat pigmented
  4. Kuning terang. Sebenernya lumayan. Tapi saya kadung berekspektasi tinggi. Menurut saya kuning itu harus nyala. Jadi yodahlahya saya silang aja. Shakit ati! :)).
  5. Kuning tua agak kecoklatan. Cukup pigmented dan lembut. Cuma kalau dipakai di kulit saya kesannya kotor. 
  6. Kuning muda nyaris putih. Cukup pigmented dan lembut.
  7. Putih. Cukup pigmented dan lembut.



Selanjutnya saya akan bandingkan dengan Morphe 12P yak. 12P ini cuma sebagai pembanding. Jadi nggak akan saya review detil. Kapan-kapan akan saya review detil bersama dengan seri 12 lainnya.

12P ini bisa dibilang adalah seri mini dari 35C. Pilihan warnanya sama-sama neon dan matte. Walau ternyata setelah saya swatch satu persatu, warnanya nggak yang sama persis plek. Agak beda dikit gitu deh. Paling yang sama persis cuma si hitam dan putih.

Untuk kemasan, yang 12P ini lebih kecil dan agak-agak mirip sama palette Viseart yang lagi booming juga itu (tapi harganya kampret banget jadi saya nggak pengen :D). Jadi bener-bener kayak anaknya si 35C. Material packaging-nya sedikiittt lebih tebal dan terasa kokoh dibanding 35C.

Kalau tekstur, 12P lebih baik dari 35C. Lebih buttery/ lembut, warnanya juga lebih pigmented, dan cuma warna kuningnya aja yang bagi saya gagal, nggak sesuai ekspektasi. Saya kayaknya agak bermasalah ya sama warna kuning?

Kalau ditanya pilih mana, saya sendiri lebih pilih yang seri 12P. Memang jatuhnya kalau dihitung sama jumlah warna yang kita dapat, jauh lebih mahal dari yang seri 35. Tapi teksturnya juga lebih bagus. Dan saya juga kadung gemes sama desain kemasannya yang kecil-kecil lucu itu. Kelihatan lebih bagus dan handy aja.

Tapi kalau ditanya mana yang saya rekomendasikan untuk orang lain, mm...agak mikir sih. Tergantung kebutuhan. Kelebihan palette 35C adalah lebih murah, pilihan warnanya lebih banyak, dan tersedia juga warna netral kayak coklat dan abu-abu untuk kombinasi. Tapi kelebihan 12P adalah lebih lucu (subjektif banget ye :D), lebih travel friendly, dan kualitas eyeshadow-nya lebih bagus.

Kalau kamu udah punya neutral palette dan nggak masalah dengan harga yang agak lebih mahal sikit sih, saya lebih menyarankan si 12P. Tapi kalau butuh warna netral juga dan pengen satu palette besar yang warna-warni, 35C boleh jadi pilihan.


Ini beberapa FOTD dan EOTD saya pakai Morphe Brushes 35C Eyeshadow Palette. Pada FOTD ini saya pakai MAC Paint Pot Soft Ochre untuk eyeshadow base yak. Saya selalu pakai eyeshadow base, karena kelopak mata saya berlipat-lipat dan eyeshadow mahal sekalipun pasti gampang nge-crease kalau saya nggak pakai base/primer.



Overall saya cukup puas sama Morphe Brushes 35C. Menurut saya kualitasnya sebandinglah dengan harganya. Untuk ukuran palette 35 warna dengan kualitas seperti ini, harga 350k - 450k nggak mahal. Dari pada buang uang 250k - 300k untuk beli Coastal Scents yang 88 warna, mending tambah dikit dan beli Morphe yang kualitasnya jauh lebih bagus. Saya sendiri juga pengen nambahin koleksi palette-palette Morphe yang lain #ketagihan.

______________________________________

Akhir kata, saya mau bilang walau saya suka banget dan demen ngoleksi eyeshadow palette, tapi saya paling males nge-review-nya. Kenapa? Karena ngambil fotonya tuh nggak gampang. Apalagi foto swatch. Jadi saya nge-swatch eyeshadow ini di lengan kiri, terus saya ambil fotonya pakai tangan kanan. Dan ngambil fotonya harus ngepasin arah cahaya, dan tentu saja nggak boleh mencong-mencong nggak jelas. Harus saya akui ini adegan berbahaya, rawan keseleo.

Maka dari itu, mengingat usaha yang cukup besar untuk post ini, saya mau ngasih peringatan terlebih dahulu kalau ada olshop atau siapapun yang mau nyolong foto/ tulisan ini. Saya akan pastikan yang nyolong bener-bener kena batunya. Karena #curifotoadalahkriminal #galak #posesif.

47 comments:

  1. Wah mba. Baru tau ini asal nya dari china #gaapdet

    Mbak e kenapa selalu gorjes FOTD&EOTD nya? Pengen deh bisa gorjes gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perusahaannya sih di California. Tapi palettenya made in china. Ya kayak sleek lah made in china.

      Latihaaannn :D

      Delete
  2. Seneng banget liat foto-fotonya, keren! Apalagi pas foto produk yang close-up, jadi kaya liat katalog. Ehehehe. Foto yang terakhir pake e/s biru kewl banget, Mbak. Oh iya, kalau lipen yang di Haul bakalan di review sendiri atau di instagram aja?


    WIDHUM | widhum.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiihhh :3. Tadinya nggak yakin kalau bakalan ada yang tertarik review eyeshadow dengan swatch segini banyak :D.

      Kalau mbak Widi maunya gimana? Direview di blog atau instagram? Terus maunya yang mana duluan yang di review? :D

      Delete
    2. City Color Creamy Lips sama LT Pro Long Lasting Matte Lip Cream:)) Penasaran bangetrnya sama LT Pro.

      Disini aja Mbak hehehehe, udah jarang buka instagram:")

      Delete
    3. Okay. Dicatet dulu yak mba ;)
      Wah, padahal aku baru bikin giveaway loh di instagram :D

      Delete
  3. palette baruuuu:D
    kalo aku malah mau brushnya mba soalnya kata Michelle phan bagus

    Blacksugar by Adhelia Fa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya baruuuuuuu :))
      Aku masih kurang greng nih sama kuasnya. Kayaknya nambah dikit udah dapet Zoeva.

      Delete
  4. Makeup matanya Mbak Arum skrg kece bingoo!!!
    Klo aku gak suka main makeup mata, malasnyaaaa.. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, bu dokter!!
      Iyaaa lagi suka nih main mata :D

      Delete
  5. aku baru tau kalo ini buatan cina mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sleek buatan cina nyadar ga? :D

      Delete
  6. Mba arum ini shading hidung sm highliternya pake apa? Bagusss banget :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shading selalu pakai NYX Powder blush yang taupe.
      Kalau hilite lupa ganti2 :D

      Delete
  7. sebagai seorang banci EOTD warna-warni, saya cukup teracuni. Makasih loh,hahaha. Btw aku juga kadang nyari warna item yg ga terlalu pigmented, jadi si item yg 'ga tertolong' itu kayaknya lumayan berguna buat aku.

    esybabsy.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tauuu kaw akan teracuni. Tapi beli yang 12P ajaaa lebih bagus deh. Ciyus!
      Aku juga kadang nyari item yang nggak kereng. Tapi item yang ini bener-bener jelek, bubuknya pas dioles nggak bisa rataa T.T

      Delete
  8. Mba bagus banget eyelinernya, im such wearing eyeliner 😢 kasih tutorial dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasiihh. Tapi kalau eyeliner, tutorial nggak membantu deh. Ciyus.

      Delete
  9. make up matanya keren mbak, aku masih belum bisa pake eyeshadow.hehe
    iya sih paling ribet emang ngreview eyeshadow apalagi yang isinya segini banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, chan :3
      Hahaha..makanyaaaa aga horor nih. Awas aja kalau ada yang berani nyolong :))

      Delete
  10. Ih,sama nih. Aku juga berasa keganggu banget sama merknya. Namanya kan morphe brushes ya? Tapi yang bertebaran heboh sekarang, malah eye palettenye. Aku ga suka ah. Ga konsisten! *mukagasantai*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...hooh aku benciiikkk banget sama merknya. Kayak jaman Makeover pertama muncul. Aku juga bencik nama merknya. Bikin abigu kalau nulis. Coba bayangin: "Di-make over sama make up artist pakai Make Over." Capedeee :))

      Delete
  11. laaaaaffyuu deh ses, blog ini emang racun warna-warni bangeet! hahahah dulu ses arum sukak eyeshadow sariayu, kalau dibandingin sama ini gimana ses? mana yang dipilih?


    kuecocor.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lafyutuuuu :3
      Suka dua duanya nggak bisa milih. Hahaha.. Kalau buat pemula aku lebih recomend Sariayu sih. Terus versi shimmer-nya Morphe juga nggak secakep Sariayu. Tapi kalau buat kamuh aku recomend beli dua duanya. Hahahaaa

      Delete
  12. Manthep deh review nya mbak.. :) ituh fotdnya keceeee badaaiiiii.. :)

    ReplyDelete
  13. nyampur sedow-nya baguuuuussssssss... tutorial dooooong tutorial... :D

    ~ pipitta dotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiihh.
      Tutorialnya belum bisaa. Ditampung dulu ya usulannya :3

      Delete
  14. FOTD pertama yang eyeshadow ijo itu kece banget mbak! :D
    jadi pengen punya eyeshadow pallete deh :'3

    beautyandstory.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Aku masih nggak tau dan males nonton Yutubnya si Jaclyn Hill XD *byuti blogger macam apa aku ini* #plakk

    Aku baru aware ini gara2 si Giezka malah, I trust her for eyeshadow pigmentation. Jadi ter-brainwashed gara2 dese ^^;

    Eh itu kan paletnya ada 3 #cmiiw, satunya nggak direview sekalian?

    FOTD-mu cetar mbaaak! Keliatan makin elegan dengan anting2, you should wear it more often on next FOTDs mbaak. Ciyus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaclyn Hill sekarang sekarang udah bosenin Nind. Makeupnya sama terusss. Jangankan tehnik, cara peletakan eyeshadownya aja sama terus ^^.

      Iya aku juga suka litain IG Giezka. Keceeee beudh. Palette yg kecil kan memang belum direview .

      Hiks...sayangnya ga bisa sering2 pakai anting. Tiap habis pakai pasti pusing2 :(

      Delete
  16. Mbak arum, aku ijin save eotd sampean yak, buay belajar hihihi ^^

    ReplyDelete
  17. ses arum, kalo bandingin pigmentasinya pallete morphe sama pallete 25 warnanya sariayu gimana? lagi galau milih nih >.<

    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pigmentasinya beti beti sih. Cuma Sariayu teksturnya lebih buttery. Cuma masalahnya aku kan morphe-nya matte, sariayu-nya shimmer. Biasanya memang eyeshadow shimmer teksturnya lebih buttery dari yang matte.

      Beli dua-duanya? :D :D

      Delete
    2. Kak sherly udah jadi beli? Aku juga pengen beli tp masih bingung antara morphe sama sariayu nih, baca review mba arum yg ini udah sampe 4 kali, bener2 racun mba arum 😂😂

      Delete
  18. halo kak, aku emg lagi nyari2 banget nih review sama yg jual picasso palette, liat di webnya si morphe pigmentednya picasso gak nahaannn~ plisss swatch yg picasso dong kak. pengen tau banget2. terus boleh tau gak beli picasso palette nya dimana? thank youuuuu xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar yak. Aku berencana mau review yang 12p dan 12z juga :3. Di house of make up

      Delete
  19. Mba udah pernah review lorac blm ya? Penasaran sama locar pro 2 pallate nya

    ReplyDelete
  20. mba sekar aku newbie nih.. mau tanya dong merk esyedow warna burgundy yang cetar kayak morphe gini apa aja yaa,, dengan harga yang beti2 ama morphe tapi =D

    ReplyDelete
  21. Ini benerrrr banget LOL--> Akhir kata, saya mau bilang walau saya suka banget dan demen ngoleksi eyeshadow palette, tapi saya paling males nge-review-nya. Kenapa? Karena ngambil fotonya tuh nggak gampang. Apalagi foto swatch. Jadi saya nge-swatch eyeshadow ini di lengan kiri, terus saya ambil fotonya pakai tangan kanan. Dan ngambil fotonya harus ngepasin arah cahaya, dan tentu saja nggak boleh mencong-mencong nggak jelas. Harus saya akui ini adegan berbahaya, rawan keseleo.

    Tapi bagus banget reviewnya, fotonya keren, make upnya juga wow!!! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh makasiihh sekali. Tapi nggak sebagus foto-fotonya my lovely sister yang selalu sukses bikin melting :3

      Delete
  22. Heemm.. Aku memang baru mulai belajar make up belum lama sih, tapi sejak merambah eyeshadow kok aku jadi gampang keracunan kalau liat warna cakep ya =__= Pengen deh punya palet warna neon ya buat mainan aja, biar tahu paduan warna yang bagus gimana, tapi bingung nemu di mana.

    Sari Ayu tren warna 2011 itu bagus ya kayanya, pernah direview Mbak Arum kan. Tapi ini udah tahun 2016, kok tadi aku lihat di situs, harganya 700rb, are you serious =__= Apa nabung buat Morphe aja ya. Seenggaknya lagi hype jadi malah bisa ikutan PO atau beli ready.

    Lagi liat merk lokal tapi kok belum masuk di hati. Palet gede Make Over mahal amat untuk variasi warna yang kurang lengkap (baca. tidak sesuai keinginan). Atau beli Inez Palet Pro..

    Hmmmm.. HHMMMM!

    Nyang 12P udah pernah direview belum sih? Bikin ulasannya dong kalau luang, mbak. Biar nambah racun wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius sariayu sekarang 700? Ya bagus sih Sariayu. Tapi kalau harga segitu aku kok mendingan tambah dikit ya terus ambil Urban Decay ^^

      Kalau Sleek gimana? Nggak sebanyak Morphe35, tapi harganya under 200, pigmentasi lumayan, pilihan warna juga banyak 😍

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...