Friday, January 29, 2016

Cara Mudah Membeli Rumah


Pasti udah banyak yang tahu ya kalau saya ini bukan orang Jakarta asli. Saya pindah ke Jakarta 2 tahun yang lalu karena ikut suami. Pun suami saya sebenernya juga bukan orang Jakarta asli, tapi orang Jogja. Jadi ya jangan heran kalau di Jakarta, kami belum punya rumah sendiri. Kami masih ngontrak.

Emangnya enak ya kontrak? Nggak pengen punya rumah sendiri? Ya capek, sist, bro. Senyaman-nyamannya rumah kontrakan, bagi saya tetep lebih manteb kalau menempati rumah milik pribadi dong. Kalau ngontrak kan istilahnya "minjem". Kadang mau ngerubah desain ini itu yang rada heboh tuh sayang uangnya, karena kan cuma rumah "pinjeman" yang suatu saat harus dikembalikan lagi. Belum lagi kita harus bayar uang sewanya. Bayar uang sewa tuh kadang saya ngerasa sia-sia, uangnya seakan hilang aja gitu. Beda kalau misalnya bayar angsuran beli rumah yah. Kita bayar tiap bulan juga, tapi uangnya nggak hilang, melainkan berubah jadi aset tetap berupa rumah.

Intinya, sebenarnya saya merasa rugi juga ngontrak rumah terus-terusan begini.

Tapi cari rumah itu bukan perkara mudah. Beli rumah adalah sebuah keputusan besar, yang nggak segampang beli lipstik tentunya. Kalau beli lipstik, resikonya paling nggak cocok atau salah warna. Kalau lipstik nggak cocok sih gampang aja ya, tinggal dikasih ke saudara atau temen, terus beli lagi yang baru. Lah kalau nggak cocok sama rumah? Masa iya saya kasihin temen, terus bulan depan beli rumah lagi? Jangan deh, ntar temen saya jadi banyak banget. Kan repot.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih rumah. Bukan sekedar harga, ukuran dan desain rumahnya, tapi juga bahan bangunannya, kualitas airnya, susana lingkungan sekitarnya, akses/ jalan masuk ke perumahan tersebut, fasilitas-fasilitas publik di sekitaran situ, daerahnya rawan banjir atau enggak, seberapa jauh dari tempat kerja, akses kendaraan umum yang lewat, dan lain-lain. See? Banyak kan pertimbangannya?

Dan setelah kita terlanjur membeli sebuah rumah, ya berarti kita harus berkomitmen untuk mencintai dan merawat rumah tersebut. Nggak segampang beli lipstik lah, yang kalau bosen bulan depan bisa beli lagi yang baru.

Percaya deh, rumah tinggal yang tepat itu penting banget untuk pasangan baru menikah yang pengen membina kerajaan kecilnya sendiri. Ya kecuali kalau nikahnya sama Fedi Nuril. Itu mah diajak ngekos juga adek ikhlas, Bang. Asal kos-kosannya ada wifi-nya dan alamatnya jelas biar kalau beli make up online tukang JNE-nya nggak nyasar #BelumMoveOn

Saya dan suami selama ini cari rumah dengan cara "tradisional". Berdasarkan rekomendasi dari teman atau dari brosur iklan yang kebetulan kami temui, kami keliling  kota menyambangi satu-persatu perumahan-perumahan baru/lama yang sekiranya ada rumah yang dijual. Setelah oke dengan penampakan luar dan sekilas meraba lingkungan sekitar, baru kami menghubungi orang/ agen yang menjual rumah, bikin janji dan ngepasin waktu untuk ketemuan. Kalau udah ketemu waktunya, pada hari yang sudah ditentukan kami ketemuan, lihat bagian dalam rumah dan tanya-tanya lagi lebih jauh. Suer deh, cara itu makan waktu dan tenaga banget.

Tapi beberapa waktu yang lalu, saya baru tahu kalau ternyata ada website khusus yang bisa mempermudah kita mencari rumah. Dan website ini bukan cuma untuk pasangan suami-istri yang mau beli rumah kayak saya dan suami aja ya. Tapi juga bisa membantu buat yang sedang mencari lokasi apartemen, kantor, toko, atau cari tanah untuk investasi. Ataupun kalau masih belum mau beli, bisa juga cari-cari properti yang disewakan di sini.

Perkenalkan Lifull Rumah, website yang bisa membantu kita menemukan penawaran properti terbaik dengan mudah, akurat, dan efisien!



Tampilan web Lifull.id ini simpel dan memudahkan pengguna banget. Dan yang paling saya suka adalah website ini menyediakan fitur yang semakin memudahkan kita untuk menyortir manakah rumah-rumah yang sesuai dengan kriteria kita. Jadi bukan seperti kalau kita baca-baca iklan di koran atau website lain ya, yang biasanya iklan rumah dijual dan dikontrakan dari berbagai kota dan wilayah tumplek blek jadi satu. Kalau di Lifull ini, kita langsung bisa menggunakan fitur sortir otomatis.

Misalnya saya nih, mau cari rumah dijual di daerah jakarta selatan atau barat, dengan harga maksimal Rp.1 M. Tinggal masukan aja di form pencarian seperti ini:


Tinggal klik "cari" dan kita akan langsung dihadapkan dengan deretan rumah dijual di daerah jakarta selatan dan jakarta barat, dengan harga maksimal Rp.1 M, sesuai yang saya cari.

Selanjutnya, saya bisa pilih lagi berbagai kriteria, yang biasanya harus saya lihat sendiri secara langsung ke lokasinya. Misalnya kriteria luas tanah dan bangunan, jumlah kamar, bahkan sampai jumalh kamar mandi dan kriteria-kriteria lain seperti dekat taman, dekat pasar, dekat stasiun, desain minimalis, dan lain-lain.

Saya sendiri memilih rumah dengan 3 kamar, kamar mandi lebih dari 1, dengan lingkungan yang dipastikan bebas banjir:



Setelah melihat-lihat pilihan yang tersedia, kita bisa menentukan pilihan, kira-kira rumah mana yang kita taksir nih? Klik aja rumah tersebut. Nanti di bagian bawah, akan ada form untuk menghubungi agen. Di situ, kita juga bisa menanyakan lebih lanjut mengenai rumah yang kita mau:


Udah deh, kita tinggal duduk manis aja nungguin agen tersebut menghubungi kita kembali, dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait rumah yang kita incar.

Jadi sistemnya:

  1. Kita mencari informasi properti sesuai dengan spesifikasi yang kita mau dulu di web Lifull.
  2. Setelah menemukan properti yang sesuai dengan kriteria yang kita mau, kita menghubungi agen melalu form yang sudah disediakan.
  3. Lalu agen akan menguhubungi kita untuk menjawab pertanyaan dan memberi informasi lebih lanjut tentang properti yang kita mau.

Saya dan suami, sebagai pasangan yang masih berjuang mencari rumah idaman di ibu kota, terbantu banget dengan website ini. Saya dan suami nggak perlu ngumpulin info sana-sini tentang rumah dijual, dan nggak perlu capek-capek memilih rumah di antara ribuan iklan yang ada. Terus Lifull juga menghemat waktu dan tenaga kita, karena fitur-fitur di Lifull bener-bener mempersempit pencarian. Jadi rumah-rumah yang kita taksir dan datangi adalah rumah-rumah yang kriterianya sudah sesuai dengan yang kita mau.

Jadi kalau kamu sama-sama pejuang pencari rumah idaman kayak saya, atau kamu sedang butuh untuk membeli/ menyewa rumah, apartemen, gedung, kost, kantor, pabrik, atau tanah, klik Lifull.id ajah ;)


PT. LIFULL MEDIA INDONESIA
UOB Plaza, Floor 22, Jl.M.H,Thamrin No,10
Jakarta Pusat 10230

Mobile : +62812-9484-0822
Telepon : +6221-3190-6298
Fax : +6221-3190-6299
Email : mafid@rumahrumah.co.id

5 comments:

  1. Iya kerasa PercumTakBerGun ya kalau sewa itu.. sayang uang kalau mau renov, rumah sendiri istanan mungil asik banget dech mbayanginnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asik ya dekor2 rumah sendiri. Makanya berjuang banget ini pengen dapet rumah idaman.

      Delete
  2. Ooh liful juga ngurusin rumah2 ya, taunya ngasi sampel snack gratis,, semoga abis ini ngasi sampel rumah gratis juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIIINNNNN!!! astaga ini AMIIINNN banget!

      Delete
    2. hahahaha saya ketawa mbak..

      ikut amin

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...