Tuesday, September 8, 2015

[Beauty Talk] Splurge or Steal?



Kamu banci make up anyaran? Baru mau sok-sok-an ngoleksi berbagai macam make up gitu? Ada baiknya kamu baca: http://www.racunwarnawarni.com/2014/01/yang-kira-kira-harus-dibeli-kalau-baru.html dan http://www.racunwarnawarni.com/2015/08/beauty-talk-koleksi-make-up-dan-cara.html (tips tentang perawatan koleksi make up yang segambreng).

Sebagai istri solihah dan pengirit, saya nggak mau menghambur-hamburkan harta hanya untuk make up. Soalnya kebutuhan hidup kan masih banyak, ada baju, tas, sepatu, traveling, parfum, dugem, oh yeah. Tapi saya tuh demen banget sama make up. Gimana dong? Ya kalau saya sih pakai jalan tengah, pakai cara splurge & steal. Jadi saya mesti memilah, pada produk apa saya harus "splurge" atau mementingkan kualitas, dan pada produk apa saya "steal" atau memilih produk yang lebih murah dengan kualitas yang tentunya nggak sebaik yang mahal.

Pun sebenernya membuat post ini tuh susah banget buat saya. Soalnya:
  1. Sekarang udah banyak banget produk yang bagus-bagus, terutama produk lokal, dengan harga terjangkau. Jadi kayaknya kalaupun nggak mau beli barang mahalpun, kita udah bisa deh dapetin make up yang kualitasnya bagus.
  2. Mana yang masuk kategori mahal, dan mana yang murah? Karena mahal itu kan relatif. Mungkin buat kalian lipstik maratus ribu itu mahal banget ya, sampai dibuat meme. Tapi buat saya mah reremahan gorengan dongan. Beli pakek uang sisa belanja di pasar #dikamplengmasa.
  3. Prioritas masing-masing orang beda. Misalnya nih karena bibir saya sensitif dan kering, saya lebih memilih gincu mahal daripada celak mahal. Tapi ada juga orang yang bibirnya sehat tapi matanya gampang bintitan, jadi lebih memilih celak yang berkualitas dan merelakan beli gincu murah-murah aja.
  4. Sejujurnya sampai saat ini saya masih istiqomah nggak mau beli make up high end. Mm..ya adalah tapi juarang buanget dan itupun dipikir panjang. Alasannya adalah karena make up itu usianya nggak panjang, tapi habisnya lama, dan saya demen coba ini itu/koleksi. Jadi agak mubazir ya kalau misalnya saya beli eyeshadow seharga satu juta, dan empat tahun kemudian isinya masih banyak padahal sudah harus dibuang.

Jadi ya post ini saya buat dengan catatan yah. 
  • Pertimbangan dan kondisi dalam post ini, mengikuti pertimbangan dan kondisi saya. Ya misalkan, saya steal di primer dan splurge di lipstik karena kulit dan bibir saya kering. Yang kulitnya berminyak dan bibirnya oke-oke saja? Luweh, karepmuk! :D
  • Ketika saya bilang splurge, belum tentu yang saya pakai adalah barang high-end atau mahal. Karena ya kayak yang sudah saya bilang di atas tadi: bahwa saya bukan penggemar high-end make up dan bahwa sekarang udah banyak produk murah yang bagus-bagus. Di sini artinya adalah saya lebih main aman, dan pakai nggak mau pakai barang yang murahnya kebangetan ^^.
  • Gambar yang menyertai masing-masing pembahasan pada post ini, bukan merupakan rekomendasi produk. Ya itu mah saya punyanya gituan, yang bagus kalau difoto. Tadinya saya mau bikin post ini tanpa foto, tapi ternyata jelek banget. Beauty blog post tanpa foto tuh berasa kosong. Sekosong hatimu, mblo.

Nah, kalau kalian kondisinya kayak saya, dan sedang mempertimbangkan mana item make up yang perlu dimahalin dan mana yang bisa pakai barang murah aja, mungkin pertimbangan-pertimbangan saya bisa jadi masukan. Ini juga berguna kalau kalian suka ikutan main game-game kayak "make up under 100k" dan semacamnya, biar yang dibeli nggak mubazir amat.

Tapi kalau kalian adalah tipe yang suka bingung karena duit-belum-abis-eh-udah-gajian-lagi-aja, ya itu mah bhay! Daripada baca post ini, mending kalian ke Sephora, dan beliin saya make up yang banyak, masker Glamglow yang ho'oh banget itu, sama kutek warna ungu muda. Cus!


Primer


Steal

Karena kulit saya kering dan nggak berpori-pori (oke, ini prek!), maka saya nggak mengalami kebutuhan mendalam akan primer. Ya saya punya sih beberapa, namanya juga beauty blogger #kibasrambut. Tapi jarang saya pakai. Makanya sampai saat ini saya belum begitu tertarik sama masalah primer.

Primer yang saya suka: Nggak ada


Foundation/ BB Cream/ Base Make Up


Splurge

Foundation/ BB cream adalah dasar atau kanvas decorative make up kamu nantinya. Kalau dasarnya aja udah jelek, maka keseluruhan make up ya bakalan kelihatan jelek. Makanya menurut saya nggak papa lah ngeluarin duit agak banyakan untuk beli foundation/ BB cream. Oh iya, dengan catatan ini nggak dikoleksi yah. Karena foundation tuh usianya cuma dua tahun. Sayang kan kalau mahal dan nggak habis dalam dua tahun? Kalau kamu tipe yang suka koleksi foundation, bolehlah beli merk yang bagus, dengan ukuran travel size gitu.

Foundation yang saya suka: Bourjois Healthy Mix Foundation
BB Cream yang saya suka: Etude Any Cushion, Skin79 Hot Pink BB Cream


Corector & Concealer


Splurge

Masih berhubungan dengan base/dasar make up yah. Corector dan concealer ini kan temennya foundation. Dia membantu kerja foundation agar bisa lebih meratakan warna kulit dan menutup noda-noda pada wajah. Intinya sih untuk menciptakan kanvas yang bagus dan mulus.

Sebenernya kalau kamu nggak butuh-butuh amat corector, nggak usah beli juga nggak papa. Kalau beli palette corector begini, nggak semua warna juga kepakai kok. Agak sayang ya ^^. Tapi kalau mau atau butuh pakai corector, carilah corector yang kualitasnya bagus.

Untuk concealer kalau kualitasnya jelek, malah bikin muka belang-belentong dan jelek. Mulai dari yang meleleh, menggumpal, malah bikin area kering/bekas jerawat makin terlihat, masuk di area lipatan mata, dan lain-lain.  Jadi saya merekomendasikan, cari concealer yang bener-bener bagus kualitasnya. Saya suka yang bentuknya liquid/cair, awet, nggak gampang geser, nggak cakey, nggak kering, dan nggak mempertegas/ masuk ke garis-garis halus pada kulit (dan terutama lipatan mata).

Corector yang saya suka : Belum ada ^^.
Concealer yang saya suka : Maybelline Mineral Healthy Natural Concealer, Revlon Colorstay Liquid Concealer, Borjuois Healthy Mix Concealer



Bedak


Setting Powder : Steal
Two Way Cake/ Loose foundation powder : Splurge

Karena kulit saya nggak berminyak dan lagi saya sudah memilih foundation dan concealer yang bagus, jadi saya sih nggak terlalu memikirkan kualitas setting powder saya. Sebatas warnanya traslucent, nggak white cast, dan bisa nge-blend dengan baik dengan kulit dan foundation saya, okelah. Pakai Marck's pun saya nggak papa.

Tapi ada kalanya saya males pakai foundation dan memilih pakai Two Way Cake atau Loose foundation powder. TWC ini fungsinya menciptakan kanvas yang halus (kayak foundation), jadi ya saya memilih yang kualitasnya bagus agar kanvas yang dihasilkan juga bagus, halus, rata, nggak cakey, dan awet nggak bergeser.

Setting Powder yang saya suka : Marck's Loose Powder, Marina Compact Powder
Two way cake/ bedak ber-coverage yang saya suka: Make Over Perfect Cover TWC, Revlon Photoready TWC, Max Factor Creamy Puff

Baca:
http://www.racunwarnawarni.com/2015/04/review-marina-bb-cream-dan-compact.html
http://www.racunwarnawarni.com/2015/03/review-revlon-photoready-two-way-powder.html


Blus-on


Steal

Buat saya sih blush-on mau mahal mau murah sama aja, nggak keliatan bedanya kalau udah dipakai. Bahkan saya oke-oke aja pakai lipstik atau eyeshadow untuk pengganti blush-on. Buat saya yang penting saya suka tekstur dan warnanya, murah pun udah bagus-bagus aja. Kalau saya sih suka yang teksturnya mudah dibaur dan nggak terlalu pigmented.

Blusher yang saya suka : Sariayu Blush On Apokayan, Pixy Blush On, Rivera Nature Rouge Pemulas Pipi: Rose Desire, SilkyGirl Blush Hour Dune Rose


Contour, Highlighter, dan Bronzer


Splurge

Beda dengan blusher yah, entah kenapa saya merasa kalau contour dan bronzer-nya kualitasnya nggak bagus tuh hasilnya malah cemong-cemong gitu ^^. Jadi saya memang bener-bener pemilih untuk produk ini. Terus kalau highlighter, saya juga pemilih nih, nggak bisa asal nyomot dari eyeshadow pearly aja. Karena kalau shimmer-nya kegedean dan nggak rata, hasilnya di muka bakalan jelek banget.

Untuk countur dan bronzer, saya memilih produk yang warnanya bener-bener pas/sesuai dengan skintone saya, pigmentasinya juga pas (nggak ketipisan ataupun ketebelan) dan gampang di baur. Sedangkan untuk highlighter dan bronzer, selain pigmentasinya pas dan gampang di baur, saya memilih yang shimmer-nya kecil-kecil dan banyak. Saya suka yang hasilnya nggak terlalu splarking tapi bikin kulit keligatan glowy.

Produk yang saya suka : Sleek Contour Kit, NYX Powder Blush: Taupe, NYX Mozaic Blush: Highlighter, LT Pro Shade & Tint Kit


Lipstik/ Lipgloss


Nude lipstick : Splurge
Bold lipstick: Steal
Matte lipstick : Splurge
Lip gloss : Steal

Produk lipstik berwarna nude, natural, atau bahkan pucat biasanya teksturnya lebih jelek, nggak awet, dan nggak pigmented dibandingkan lipstik dengan warna yang bold (walaupun dari merk dan varian yang sama). Makanya saya rela merogoh kocek agak dalam untuk membeli nude lipstick. Tapi untuk warna bold, lipstik dengan harga murahpun udah oke lah.

Terus karena bibir saya kering, saya jarang nyobain matte lipstick. Matte lipstick itu biasanya teksturnya seret dan kering banget di bibir, jadi sekalinya nyoba saya usahakan cari yang kualitasnya baik. Sedangkan untuk lipgloss menurut saya pakai yang murah aja nggak papa sih, karena formulanya memang dibikin glossy, nggak awet, dan nggak akan mengeringkan bibir, jadi nggak susah nyari lipgloss yang bagus dengan harga terjangkau.

(ps: untuk matte lipstick dengan warna-warna bold, saya udah nemu yang murah. Tuh Purbasari Lipstick Color Matte).

Nude lipstick yang saya suka: NYX Black Label Lipstick, The Balm Girl Lipstick
Bold Lipstick yang saya suka: Wardah Matte Lipstick, Revlon Super Lustrous Lipstick, Wet 'n Wild Megalast Lipstick, dan hampir semua lipstik sih sebenernya :D
Lipgloss yang saya suka: Mirabella Designer Lip Gloss, Wardah Wondershine Lip Gloss
Matte Lipstick/ Lip Cream yang saya suka: NYX Soft Matte Lip Cream, Purbasari Lipstick Color Matte, Borjuois Velvet Matte Lip Cream


Eyeshadow & Eyeshadow base


Neutral Eyeshadow : Splurge
Full Colour Eyeshadow : Steal
Eyeshadow base : Splurge

Eyeshadow lokal tuh murah dan teksturnya bagus. Tapi sayangnya pada banyak eyeshadow-nya (terutama yang warna muda dan shimmer), biasanya nggak awet dan gampang creasing. Nggak masalah kalau cuma dipakai untuk eksprimen dan foto-foto. Tapi jadi masalah ketika pengen pakai di luar rumah. Makanya saya memilih splurge satu eyeshadow warna netral, yang akan sering saya gunakan keluar untuk acara-acara gitu. Dan memilih steal untuk eyeshadow warna-warni, yang cuma sering saya pakai untuk eksprimen dan foto-foto.

Tapi ada kalanya pengen kan pakai eyeshadow warna-warni ke luar rumah? Daripada splurge di eyeshadow warna-warni yang nggak ada habisnya (karena warna itu buanyak sekali yah. Katakan ijo. Ada ijo kekuningan, ijo kebiruan, ijo lumut, ijo toska, ijo telur asin, ijo tai, ijo-ijo di dinding diam-diam merayap, pokoknya buat ngoleksi warna ijo aja saya rasa bakalan butuh banyak eyeshadow), saya memilih splurge di eyeshadow base yang bagus. Ehm...ini sih saya belum punya juga, tapi sudah berencana mau beli UDPP atau MAC paint pot gitu.

Eyesadhow base ini fungsinya bukan sekedar agar eyeshadow lebih keluar warnanya, tapi juga agar eyeshadow lebih awet dan nggak creasing. Sejauh ini saya nyobain eyeshadow primer merk lokal yang murah-murah sih belum ada yang mempan buat bikin eyeshadow saya nggak creasing :(.

Neutral Eyeshadow yang saya suka: The Balm Nude Tude Eyeshadow Palette
Full Colour Eyeshadow yang saya suka: Sleek i-Divine Eyeshadow Palette, MUA Eyeshadow Palette, Sariayu Eyeshadow, Inez Eyeshadow, Ranee Eyeshadow, Rivera Eyeshadow, Bless Single Eyeshadow
Eyeshadow Base yang saya suka: Belum ada, baru mau coba


Eyebrow Product


Steal

Saya suka eyebrow product berbentuk pensil dan bisa diraut. Harus bisa diraut karena saya suka eyebrow pensil yang runcing. Terus yang penting lagi, warnanya pas dan teksturnya pas, nggak terlalu blenyek, nggak terlalu keras, nggak waxy, dan pigmentasinya juga pas. Eyebrow pensil merk lokal udah banyak kok yang memenuhi kriteria saya tersebut, ada Fanbo, Just Miss, Sariayu, Viva, dan Inez. Sejauh ini favorit saya masih kepada Fanbo.

Memang sih eyebrow pencil yang murah-murah kayak Fanbo nggak seawet eyebrow gel atau eyebrow mascara gitu. Tapi buat saya sih nggak masalah. Awet kok. Ya kalau perginya dari pagi sampai malem, perlu lah retouch pas menjelang sore gitu. Tapi sejauh ini buat saya nyaman-nyaman aja dan nggak merepotkan. Dan saya sama sekali nggak (atau belum?) tertarik nyobain Anastasia Dipbrow Pomade :D.

Eyebrow Pencil yang saya suka: Fanbo!


Eyeliner


Steal

Saya bener-bener nggak mengalami masalah selama pakai liquid eyeliner murah kayak Inez dan Viva. Awet-awet aja tuh di saya. Nggak pernah ada kejadian eyeliner saya terhapus ketika pakai produk ini. Dan eyeliner cair gini kan nggak smudging yah, jadi ya aman aja di saya, nggak bakalan mata panda.

Tapi untuk pencil & gel eyeliner, jujur aja sih sampai sekarang saya belum nemu yang cocok di bawa pergi keluar rumah. Dari yang harga murah sampai mahal tuh semuanya smudge dan bikin item-item di area bawah mata. Makanya sekarang saya males sih beli eyeliner pensil mahal-mahal, karena kan palingan cuma saya pakai untuk EOTD-an, nggak saya pakai ke luar rumah. Pokoknya asalkan warnanya kereng dan teksturnya empuk aja udah deh, nggak nyari yang gimana-gimana lagi.

Liquid Eyeliner yang saya suka: Inez Fine Line Liquid Eyeliner
Pencil Eyeliner yang saya suka: Wardah, Pixy


Mascara


Splurge

Iya, splurge, tapi nggak koleksi! Cukup punya satu untuk enam bulan! Usia mascara tuh cuma 6 bulan, jadi sayang deh ya kalau mau koleksi. Saya suka pakai mascara kalau ke luar rumah. Biasanya saya pakai Maybelline atau Max Factor (review di sini). Nah, belakangan coba-coba mascara yang agak lebih murah, ternyata nggak mampu nge-curl bulu mata saya dan bikin mata panda. Ya udah kapok deh ya beli yang murah untuk item ini. Agak mahal nggak papa deh. Toh Maybelline juga nggak mahal-mahal amat.

Mascara yang saya suka: Max Factor False Lash Effect, Maybelline Mascara All Varian :D 


Brushes & Tools

Kalau ngomongin kuas, sebenernya saya cenderung splurge ya. Nggak rugi kok. Karena nggak kaya produk make up yang ada masa kadaluarsanya, kuas ini bisa dipakai selamanya, jadi investasi gitu. Terus kualitas kuas yang bagus juga pengaruh ke kualitas make up loh!

Tapi karena judul post ini "splurge or steal?", jadi ya udah deh, saya pilah lagi, mana yang harus splurge dan mana yang harus steal :D.


Face Brushes


Beauty Blender : Splurge
Yap, saya nulis spesifik merk beauty blender, bukan egg sponge. Kalau kamu suka foundation yang hasilnya natural tapi halus dan rata, benda yang satu ini bakalan jadi dewa deh. Saya pernah nyobain egg sponge no brand harga 40ribuan, hasilnya nggak sebagus beauty blender. Jadi buat saya sih benda ini wajib punya yah.

Foundation Brush: Steal
Soalnya kan udah punya beauty blender. Kalau misal pengen hasil foundation yang lebih nutup dan rada tebel, bisa dioles pakai kuas (bisa flat top, round top, atau foundation brush biasa) sampai rata ke muka, setelah itu muka di dab-dab pakai beauty blender lembap. Hasilnya nutup, rata, flawless!

Powder Brush: Steal
Yang penting bulunya halus dan tebal, pakai kabuki brush juga boleh. Merk apapun bolehlah.

Blush Brush: Steal
Ini juga yang penting bulunya halus dan bisa ngangkat warna

Stippling Brush: Steal
Ini cuma saya pakai buat aplikasi cream blush sih. Dan nggak masalah mau pakai elf atau real technique. Sama aja hasilnya menurut saya.

Contour Brush: Splurge
Sejauh ini buat shading saya merasa paling bener pakai real technique yg runcing, yang di core collection itu tuh ^^. Nggak bisa pakai kuas sembarangan. Apalagi yang murah. Suka gatel-gatel #plaaakkk.

Lip Brush: Steal
Yang penting mah agak kaku, kecil, tapi pipih agak melebar gitu bentuknya.

Concealer Brush: Steal
Karena nanti tetep akan di-dab pakai beauty blender. Karena beauty blender adalah koentji! :D


Eyeshadow Brush


Blending Brush : Splurge
Karena blending brush yang bagus dan bersih adalah kunci menuju eye makeup yang awsome! Saya sih masih berencana yaa pengen beli Sigma :D.

Shader brush : Steal
Fungsinya cuma buat ngambil eyeshadow dan naruh ke kelopak mata. Menurut saya pakai sponge bawan atau pakai jari juga bisa sih, jadi nggak usah yang sigma-sigma lah kalau ini.

Pencil Brush/ Detail Brush/ Small Shader Brush : Splurge
Ehm...saya juga belum punya sih ya mahalan, tapi pengen. Menurut saya cari yang bagus sekalian sih. Soalnya saya juga kadang nge-blend perbatasan warna pakai kuas yang kecil begini, biar rapi dan detail.

Eyeliner brush : Steal

Spooly Brush atau sikal alis : Steal
Pakai sikat bekas mascara aja juga nggak papa kok. Tapi dibersihin dulu yah!


Capek ternyata ya, kak, cuma nulis beginian. Tapi seneng deh kalau udah beres begini. Seneng bacanya #eluseluslaptop. Semoga kalian juga seneng bacanya ya. Semoga post ini membantu temen-temen yang baru pertama atau masih bingung belanja make up. Nggak usah beli yang mahal semua, karena ada barang yang bisa di steal. Sisa duitnya boleh ditransfer ke saya. Kirim email ke saya ya untuk nomor rekeningnya. Bhaaayyyy! ;)

24 comments:

  1. Kalo aku yang splurge:
    - Foundation: karena yang mahalan lebih terasa coverage dan kenyamanannya ;) Aku sensi sama foundie gerah soalnya..
    - Brush: nggak yang muahal banget sih, tapi selalu usahain beli yang merknya jelas hehe
    - Eyeshadow: sama kyk brush, nggak yang high end juga tapi yang pigmentasi nendang dan nggak bikin hujan warna-warni tiap apply :p

    Sisanya steal, karena Silver Treasure kan Beauty on a Budget :D *bawa2 banner*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bannernya nutupin banner Racun Warna-Warniiii :)))

      Iya, termasuk alasan splurge di foundie juga alasan kenyamanan. Belum nemu foundie yang nyaman yang harganya murah ^^. Brush, aku berencana ganti sih, selama ini masih merk2 setara Massami & Real TEchnique. Pengen yang mahalan. Hehe..

      Delete
  2. Kak kok kita sehati gini sih aku juga udah bikin draftnya buat splurge or steal cuman belom fotoo hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Publish, Kakkkkk.
      Mau liat versi kakak Vani!

      Delete
  3. kalo aku steal semua kak, gak ada duit buat beli yang splurge #curcol :p tapi kadang galau pengen beli neutral eyeshadow palette yang mahalan kayak too faced ato the balm.

    kak, minta sarannya donk buat milih blush on yang tepat. kok aku kalo abis pake powder blush on, malah keliatan tambah dekil :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Steal semua juga gapapaaa. Sekarang banyak makeup murah yang udah bagus-baguss kualitasnya. Kalau sering pakai esedo nggak papa sih invest di satu palette yg bakalan sering dipakai :D.

      Mmm...masalah warnanya aja kali yhaaa. Coba-coba aja semua warna samapai nemu yang pas. Misal kucel kalau pakai blush warna cool tone, coba ganti ke warna-warna warm. Terus makainya jangan tebel-tebel, tipis2 ajun

      Delete
  4. Iyaa, blush on merk lokal dengan harga terjangkau banyak yg bagus. Aku pernah coba blush onnya Inez, warnanya lumayan tahan sekitar 6 jam. Hasilnya juga okee, ga keliatan produk murce xD

    Kalo lipstik, di atas 70ribu udah splurge buatku hahahah --" biasanya pake yang relatif murah (under 50-100k). Kalopun lipstiknya cepet luntur, nyeplak dll ya aku sadar diri aja... what to expect gitu T.T secara anggarannya hemat hahaha.

    Yang aku splurge itu cc cream. Kalo pake bb cream yg biasa, gatau kenapa hasilnya ga sesmooth cc/bb cream yang harganya diatas 100an T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah kurang demen Inez tuh, Ntis. Sama nggak demennya sama blushon Sleek & The Balm Instain. Soalnya pigmented buangeettt. Suka yg sheer aja kalau blush ono hahaha...

      Kalau lipstik bukan masalah luntur sih. Soalnya terkadang bibirku kering banget + sensi. Klo pakai merk sembarangan terkadang suka nggumpal dan bikin bibir kering + panas ^^. Kalau masalah luntur, nyeplak, dll mah nggak masyalaahhh :D.

      Yup, base makeup memang layak dimahalin :D

      Delete
    2. Suka blush on yang sheer dan natural? Beli blush on Fanbo aajaaahh~~~

      *iklan baris*

      *iklan berjalan*

      Dududduuu~~

      Delete
    3. Pengeeeennnn. Pokoknya kalau nemu aku langsung belik deh kak nggak pakai nawar!

      Delete
  5. Samaan mbak kalo masalah eyeliner pensil..
    mau eyeliner pensil secetar Make Over tetep aja smudge di aku..
    padahal pas dites di tangan itu waterproof, smudgeproof, usrekproof dkk dkk.. T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu...iyaaaa. Kalau nemu yg nggak smudging bisikin aku yaa. Aku juga mau.

      Delete
  6. Setujuuu banget Mbak... Postingan tanpa foto bagaikan sayur tanpa garam.. :) ah kalo punyaku steal semua kayaknya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Steal semua tapi jadinya cantik kayak kamu mah nggak apa paaaaaa :D

      Delete
  7. Aq kalo decorative rata2 steal ses, wong blush on fave ku skrg Mustika Ratu, cakep, pigmented dan gampang di blend. Lippen jg ga rela beli yg mahal2 (tp beli jugak kalo ada yg packagingnya kiyut, aq mah banci packaging banget). Tp kalo mascara ga bisa hrs splurge, skrg cinta mati sama Majolica Majorca Lash King, mahal pulak....

    Aq jg stuju kalo yg base2 gt ok lah splurge, tp kalo nemu yg steal dan oke aq jg bakalan pake sih hahahaha
    Eyeliner pencil nya Make Over gak smudging lo ses, di aq sih.... Hampir semua eyeliner pencil smudging di aq (termasuk yg clinique lah, apa lah) tp Make Over nggak loh! Gak murah jg sih, 60-70rb an gt kayaknya (soalnya dapet kmrn dr goodie bag) tp aq sih bakalan repurchase.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu...aku nggak bisa beli sembarangan lipen sesss. Bibirku tuh keringnya parah parah paraaahhh! Kalau mascara memang ga mau coba-coba yg murahan. Tapi udah belum nyoba yang lebih mahal dari Max Factor sih ^^.

      Base yg steal ada sih aku. Suka sama BB creamnya Wardah yang ijo itu loh ses. Lumayan lah buat kalau kegereja gitu. Tapi tetep yah aku masih selalu ada nyetok borjuis foundie. Tetep aja sih beda pakai yg murah sama yg mahal kalau base.

      Ih ses, aku punya eyeliner pensil Make Over. Smudge paraaahhhh :'(

      Delete
  8. Sebelumnya aku steal semua, tapi setelah nyobain bb cushion-nya laneige langsung splurge deh buat base,, skrg ngincer shulwasoo,, uasem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau base makeup kayaknya memang mustahil steal. Belum nemu base murah yg hasilnya halus + awet + dipakenya nyaman.

      Delete
  9. Aku juga suka banget bourjouis foundation hasilnya glowing glowing gimana gitu hehehe aku sukanya kalo buat base splurge, sisanya steal sajaaa haha

    Visit VALENCIALALA.blogspot.com
    Shop @vanitygoods

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss. bourjuis emang andalan banget deh ya, mana ga terlalu mahal.

      Delete
  10. btw concealnya si MakeOver untuk beberapa warnanya tak jadiin sebagai Deep Countour and Deep Highlight diwajaaaah hahaha..lumayan juga tuh ciiiyn, jadi fungsi nya 2 in 1 gituuuh. Males bawa banyak2 base makeup aku cukup bawa concealnya si MakeOver ajaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sama kujadiin hilite dalam sama eyeshadow base. tapi nggak bisa ih buat contouring :(. kamuh putih sih yaa, jadi pas warnanya. kalau diaku jadinya malah oranye2 gitu kalau buat shading dalam.

      Delete
  11. Sebagai si kulit "wajan" aku juga ngandalin Revlon Loose Powder soalnya halussss kek nggak bedakan XD

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...