Friday, August 7, 2015

Pengalaman Belanja di Kleora


Pembaca sekalian yang terhormat, plis, jangan langsung di close tab dulu. Saya tahu kalian bosen sama post ala-ala rekomendasi toko belanja online yang biasanya yang ditulis cuma bagus-bagusnya aja. Tapi kali ini, saya bener-bener akan me-review. Kalian akan membaca baik kelebihan maupun kekurangan belanja di http://kleora.com/. Tanpa sensor dan nggak ditutup-tutupin. Post ini murni saya buat berdasarkan pengalaman saya belanja di Kleora, tanpa melalui sensor/edit dari pihak Kleora ;).

Oke lah, pasti nyai-nyai yang suka main di sini kebanyakan demen online shoping. Sejujurnya, saya sendiri termasuk yang lebih suka shoping di mall, pegang barangnya, coba, bayar, bawa pulang. Tapi yah, karena menyesuaikan kesibukan saat ini, dan juga karena males menghadapi kemacetan Jakarta, saat ini online shoping boleh dibilang jadi alternatif belanja yang lumayan membantu buat saya.

Saya kadang suka lihat-lihat online shop di instagram. Barangnya lucu-lucu anet! Tapi biasanya, ada satu hal yang menyurutkan niat saya buat belanja: online shop tersebut nggak punya website. Kenapa males? Karena itu berarti saya nggak bisa order via web, ordernya harus langsung menghubungi admin/owner OS yang bersangkutan. Dan saya tuh maleeesss banget. Ya males kalau responnya lambat lah, males kalau dijudesin lah, males kalau salah-salah tangkep apalah. Memang paling enak tuh belanja via web. Tinggal klik-klik-klik-bayar beres! Nggak perlu basa-basi sama admin.

Nah, website Kleora ini jadi solusi buat masalah saya. Jadi Kleora ini bukan online shop ya. Melainkan kayak online mall, yang mewadahi banyak online shop yang jualan di dalamnya. Jadi untuk order, kita nggak perlu menghubungi admin online shop-online shop-nya, tapi cukup order melalui http://kleora.com/. Dan ini membantu banget loh, gaes, buat nyai-nyai males basa-basi kayak saya.

Untuk cara berbelanjanya, kayaknya udah nggak perlu saya ajarin lagi. Udah canggih-canggih semua lah yaaa. Tinggal daftar aja, buat akun, pilih barang, order, bayar, selesai. Sekarang saya mau review aja berdasarkan pengalaman saya belanja di sana. Apa kelebihannya dan apa kekurangannya. Mulai dari kelebihan dulu yah!
  1. Order cepat via website


    Ya kayak yang udah saya bilang di atas, saya jadi nggak perlu harus menghubungi admin si online shop langsung (dengan resiko balesnya lama, dijutekin, salah tangkep maunya barang apa, dll dll). Tinggal klik-klik-klik via web ajah.

  2. Barang yang dijual di sini lumayan banyak dan variatif. Apa-apa ada.
    Ya kalau cari pacul, drem-molen, dan cancut Christian Bale gitu nggak ada lah ya di sini. Tapi siapa sih yang mau beli pacul via online? Tapi dibandingkan dengan website lain yang sejenis, Kleora ini dagangannya lumayan variatif. Bukan cuma make-up, skincare, dan fashion item, tapi juga ada hiasan untuk dekor rumah, casing HP, makanan (!!!), juga ubarampe bayi dan balita. Tuh emak-emak, sekalian beli bedak dan tas baru, sekalian juga beli camilan sama baju buat si kecil.
    Oh iya, saya pribadi sih berharap kedepannya Kleora menjual perlengkapan kucing dan Royal Canin.

  3. Ada barang baru dan ada barang pre-loved
    Tenaaang, yang preloved di sini adalah fashion item. Kalau makanan ya nggak mungkin second dong ah! Bagi saya sih ini kelebihan. Saya nggak masalah kok dengan barang second. Kan kita bisa dapetin barang bagus dengan harga miring. Dan pilihan barang-barang preloved ini setahu saya belum ada di web portal belanja yang lain ^^.

  4. Navigasi web yang sangat membantu


    Kamu bisa mengelompokan barang yang kamu cari, dan mengeliminasi barang-barang yang nggak kamu butuhkan. Misal aja nih kamu butuh tas, dengan model tote bag, dengan harga dibawah Rp.250.000. Tinggal klik dan pilih aja kriteria yang kamu mau. Bahkan kalau mau yang lokasi seller di Yogyakarta, misalnya, juga bisa dicari.

  5. Kita bisa melihat reputasi seller dan juga bisa me-review seller


    Membantu juga nih, gaes. Jadi kita bisa lihat review-nya. Misal seller A nggak recomend karena barang yang dikirim nggak sama kayak fotonya. Seller B oke banget karena ngasih bonus sampel produk kosmetik banyak. Gitu-gitu deh.

  6. CS yang ramah dan sangat membantu
    Jujur aja saya beberapa kali mengalami kesulitan juga pas belanja di sini (nanti akan saya bahas di bagian kekurangan yah), tapi semua bisa diatasi, nggak sampai nunggu berjam-jam deh. Tinggal telpon atau email aja ke CS-nya. Dan ini serius deh, CS-nya ramah, cepet, dan solutif. (Saya pernah tuh pengalaman buruk di web portal belanja online, yang CS-nya seakan-akan cuma bisa jawab "baik bu keluhan kami tampung." kayak kaset rusak.) Jadi menurut saya pelayanan di Kleora ini oke banget lah!

  7. Bisa tarik tunai Kleocoin


    Jadi gini nih, kalau kamu transfer duit ke Kleora, uang kamu akan menambah saldo Kleocoin. Misalnya kamu beli baju A, dan kamu transfer untuk pembayaran. Tapi ternyata ada kesalahan, produk yang kamu mau tersebut ternyata udah sold out dan belum di update. Nah, uang kamu nggak hilang tapi masuk ke Kleocoin akun kamu. Saldo Kleocoin itu bisa lho kalau mau diuangkan kembali. Jadi nggak harus digunakan untuk belanja lagi.
    Setahu saya, nggak banyak portal belanja yang mau ngembaliin pembayaran dalam bentuk uang begini. Jadi ini nilai plus banget deh untu Kleora. Dan soal tarik tunai ini, saya udah nyoba sendiri. Beneran bisa!

  8. Sudah tersedia aplikasi Kleora untuk android di bit.ly/kleorapp


    Saya rasa banyak yang terbantu dengan aplikasi seperti ini ya, jadi saya masukan ke kelebihan. Tapi buat saya sendiri sih kurang berguna. Saya kan orangnya jarang belanja online, jadi agak-agak percuma juga download aplikasi ini di HP saya. Tapi kalau kamu tipe yang kalau habis baca majalah/blog lalu gemes dan harus segera belanja, aplikasi ini sangat saya anjurkan :D.

Seperti janji saya, saya akan paparkan juga kekurangannya. Saya berharap sih, ini bisa jadi kritik buat Kleora, sehingga kedepannya lebih baik lagi ;)
  1. Beberapa kali terjadi kesalahan pencatatan saldo Kleocoin saya
    Ini nih yang bikin saya harus telpon ke CS-nya. Bukan masalah besar sebenernya, karena setelah saya telfon, saldo Kleocoin saya langsung dikembalikan seperti sedia kala. Tapi ya kedepannya jangan gini lagi deh ya bok! Karena jadinya saya boros pulsa kaaann #medit.

  2. Stock kurang update
    Jadi saya sempet naksir outer hipie-hipie gitu deh, dan saya order. Kemudian besokannya saya dikasih tau bahwa si outer tersebut sold out. Tapi pas saya lihat, barang tersebut masih nangkring di web dan ditawarkan, belum dihapus juga. Pas saya tanya ini, pihak http://kleora.com/ menjelaskan bahwa memang lagi agak rempong nyatetin stock karena saat itu kan mau lebaran, dan transaksi lagi kenceng-kencengnya. Okay deh :).

  3. Tidak ada filter untuk barang palsu/KW
    Iya, saya tahu bahwa bukan Kleora yang jualan dan Kleora hanya mewadahi online shop yang berjualan di situ. Saya juga tau kok kalau pere-pereu jaman sekarang juga udah pinter-pinter, nggak mungkin lah percaya ada Vans seharga Rp.350.000 atau Hermes Birkin Bag seharga Rp.600.000 doang. Jadi ya sebenernya langsung ketahuan mana yang plazu.
    Tapi alangkah baiknya kalau Kleora menetapkan kebijakan bahwa barang yang dijual haruslah asli, bukan KW. Kan kita nggak dukung kan ya segala macam pembajakan dan plagiat? Kriminal kan ya itu? Atau paling enggak, dikasih keterangan lah di web-nya mana yang asli dan mana yang KW. Jadi kita-kita para pembeli cerdas dan anti barang KW ini nggak harus jereng melototin dan memilah-milah mana yang KW dan mana yang asli :D.

Oh iya, satu tips lagi. Karena ini online mall, jadi seller di sini kan banyak banget dan tersebar di semua tempat di Indonesia. Jadi saran saya, kalau mau order banyak barang, usahakan dari satu seller aja. Agar ongkos kirimnya jadi satu dan nggak membengkak. Eits...ini bukan kekurangan lho! Ya memang begini, namanya aja online mall, yang jualan banyak.

Overall, keberadaan http://kleora.com/ ini lumayan membantu sih busat saya. Soalnya saya memang tipe yang males kalau harus menghubungi BBM atau WA atau line seller online shop. Jadi Kleora ini semacam sarana penghubung antara saya dan si seller. Buat yang punya online shop tapi belum punya web, bisa banget tuh kalau mau jualan di Kleora. Karena akan sangat memudahkan pembeli untuk order barang kalian.

Oke, gaes. Sekian dulu review dari saya. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang mau belanja atau mau ikutan buka lapak. Dan semoga bisa menjadi masukan yang berguna untuk pihak http://kleora.com/. Karena sungguh deh, ide online mall ini bagus dan sangat membantu!

13 comments:

  1. kalo mampir ke blog kamu tuh ak sering roaming :D macam drem-molen sama ubarampe.

    btw agak bingung nih, top bar nya engga bisa di klik gimana ya? ak klik langsung masuk page nya deh. klik pakaian ya langsung masuk ke halaman pakaian,klik sepatu ya langsung ganti ke halaman sepatu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha...nanya suami dong. Kan lumayan tambah-tambah vocanulary bahasa alien :D.

      Oh iyaa, setelah aku cek sepertinya leptopku yang bermasalah hahah ^^. Thanx ya. Aku hapus aja poin yang itu.

      Delete
  2. Ses ses...
    Jualan pacul yak??

    #kaburrr

    www.crochetandlipstick.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi pre-order ses. Nggak ready stock :))

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. sekarang bnyk banget online mall... jd bingung mo daftar di mana, tokobagus, bukalapak, tokopedia, lazada, qoo10, kleora.. ngebayangin ntar kalo harus ngecekin satu-satu terus pada ngga ada yg order semua, sakitnya tuh di sini... uooo uooo.... =)

    ReplyDelete
  5. aseeek dapet referensi lagi toko online, bener-bener racun nih mbak.. thanks yak udah diracuni. (asline aku meracuni diriku sendiri dengan sering kepo blognya mbak cantik ini, asik sih bisa bikin otak tambah warna warni)
    jengkennes.com

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kok sale stock nyepam terus ya? Nyepam-nya di post yg lagi promo tempat belanja lain pula. Aku udah hapus banyak loh spam sale stok. Agak males lama-lama sama salestok2 itu :(

      Delete
  7. Blognya bagus banget. Bahasanya ringan, kocak, tapi kena. Keren banget lah pokoknya.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...