Apakah Harus Memakai Make Up Setiap Hari? Make Up Apa yang Saya Pakai Setiap Hari?

66 comments
Make Up Tidak Yaaaaa?

Belakangan ini banyak yang nge-share di facebook, link artikel yang judulnya semacam "Keuntungan-keuntungan Tidak Memakai Make Up" atau "Mengapa Laki-Laki Seharusnya Memilih Wanita yang Tidak Berdandan" dan lain-lain, yang initinya sebenernya cuma mau bilang: Wahai wanita, janganlah kau pakai make up karena pakai make up itu lebih banyak mudharat-nya daripada manfaatnya.

Berhubung di friendlist facebook saya isinya banyak beauty blogger dan make up enthusiast-nya, jadinya ya pada nge-share sambil sewot. Dih, siapa bilang nggak pakai make up itu lebih banyak keuntungannya? Dih, siapa bilang pakai make up bikin kulit nggak sehat? Dih, siapa bilang cowok-cowok nggak suka liat cewek pakai make up? Dih, siapa bilang make up bikin repot? Bikin kelihatan tua? Bikin boros? Bikin jomblo? Bikin mati? Dih, dih, dih, dih...

Saking seringnya artikel semacam itu ditebar, konon ses Dian terinspirasi mau bikin artikel yang judulnya "Keuntungan Tidak Makan Soto", yang isinya:
  1. Lebih hemat, tidak perlu keluar uang buat beli soto dan bensin buat ke warung soto
  2. Tidak perlu capek jalan dan ngantri di warung soto
  3. Tidak perlu khawatir baju putihmu kecipratan kuah soto
  4. Menghindari resiko kegendutan karena ternyata sotonya enak dan jadinya nambah lalu habis tiga mangkuk soto
  5. Akan terasa enak sekali saat kamu sekalinya ditraktir atau disuguhi soto
Maka marilah kita semua tidak makan soto! (Ini ses Dian yang bikin ya, bukan saya. Kepada para soto enthusiast, plis jangan bully saya. Pokmen yang salah ses Dian.

Melihat persoalan "pakai make up vs tidak pakai make up" ini, saya kok jadi teringat perdebatan-perdebatan sejenis yang sifatnya ra uwis-uwis. Diantaranya adalah: Wanita karir vs ibu rumah tangga, kucing vs anjing, agama anu puritan vs agama anu liberal, diet Mayo vs OCD, Jokowi vs Prabowo, Nicholas Saputra vs Herjunot Ali, koper vs ransel, Kate Midleton vs Letizia Ortiz, bubur ayam diaduk vs bubur ayam tidak diaduk, dan lain-lain. 

Kenapa perdebatan-perdebatan tersebut sifatnya ra uwis-uwis? Ya karena subjektif sih. Persoalannya sebetulnya ya cuma selera. Kamu cocoknya sama yang mana. Nggak ada yang salah dan nggak ada yang benar. Sebenernya kalau saya lebih suka makan bubur ayam tanpa diaduk, dan kamu lebih suka bubur ayammu diaduk, ya kita tetep bisa berteman tanpa saling merugikan, kan? Sebenernya ketika kamu wanita karir, dan saya adalah ibu-ibu sosialita, ya laut selatan tetep nggak bakal kering kan? 

Jadinya semacem sia-sia gitu diperdebatkan. Wong nggak merugikan. Nggak menyangkut hajat hidup orang banyak. Nggak penting-penting amat lah. Jalani pilihan masing-masing aja. Kamu dengan agamamu, dan saya dengan Nicholas Saputra-ku.

***

Terus, yang nulis artikel ajakan untuk nggak pakai make up itu enaknya diapain? Ya nggak usah diapa-apain. Wajar aja sih dia mengungkapkan pendapatnya. Kayak saya yang suka make up, lalu bikin blog yang isinya bisa bikin orang yang awalnya nggak suka make up jadi suka make up, nggak salah kan? 

Kalau mau dipikir-pikir lagi, dari kalangan pecinta make up pun sering tercetus post/kalimat yang nylekit loh. Saya sering kok liat status yang mengharus-haruskan perempuan untuk bisa make up. "Cewek tuh harusnya bisa make up.", "Cewek nggak bisa make up tuh cewek pemalas." dan lain-lain lah. Padahal ya pilihan aja sih mau belajar pakai make up atau enggak. Nggak terlalu penting dan nggak bakalan mengguncang tatanan dunia. Siapa kamu sih sampai bisa mengharus-haruskan? Terus apa bedanya nih sama yang nge-share artikel mengenai keuntungan tidak memakai make up (dan kerugian pakai make up)? Nggak perlu sewot berlebihan lah. Sesama orang rese dilarang musuhan.

Ya gitu aja sik. Saya sih nggak masalah orang pada mau pakai make up atau enggak. Itu muka-muka kamu. Jangan mau lah muka kamu diatur-atur sama blogger dan penulis artikel. Kalau suka make up, ya pakailah. Kalau nggak suka, ya nggak usah pakai. Yang suka make up, nggak usah mengharuskan semua orang suka make up juga. Yang nggak pakai make up, juga nggak perlu mengatai-ngatai/mengejek orang yang tiap hari pakai make up.

Berpendapat boleh, tapi ya nggak usahlah sampe njelek-njelekin yang berbeda pendapat. Apalagi sampai berantem atau marah-marah gara-gara gituan. Ini cuma make up gitu loh! Masalah sepele. Wong masalah prinsipil semacam ada temen saya yang bilang kalau Herjunot Ali lebih gantheng dari Nicsap aja saya diem kok. Apalagi cuma perkara pakai Make up.

***

Kalau saya sendiri, tim pakai make up setiap hari atau enggak? Coba tebak? :D. Saya tim tengah-tengah deh. Kulit dan sifat saya, kebetulan nggak cocok dengan make up berat setiap hari. Kulit saya kalau dipakaiin BB cream/TWC tiap hari bakalan break out. Terus sifat saya yang geradakan dan nggak telaten juga nggak cocok kalau harus make up ribet setiap hari. 

Jadi, saya untuk sehari-hari pakai make up minimalis aja. Yang penting bersih, wangi, rapi dan terlihat "sopan" untuk ketemu orang-orang. Pernah denger kan, bahwa memperhatikan penampilan diri sendiri adalah salah satu cara untuk menghormati orang lain yang akan kita temui? Saya setuju. Makanya semales-malesnya saya, saya sendiri merasa perlu sedikit mandi dan sedikit make up kalau keluar rumah, apalagi kalau janjian ketemuan sama orang lain.

Apa saja make up yang saya pakai untuk harian?

Make Up Sangat Simpel
  1. Bedak Tabur
    Saya memang nggak suka pakai bedak yang berat seperti TWC atau pakai BB cream untuk harian. Kulit muka saya juga nggak terlalu bermasalah. Jadi bedak tabur yang ringan pun cukup lah, sekedar biar muka tampak lebih polished dan nggak keling-keling karena minyak dan skincare yang sebelumnya saya oleskan.
    Saya suka Mustika Ratu Oxygen Loose Powder untuk pemakaian sehari-hari dan tanpa foundation (kalau pakai BB cream/ foundation dulu sebelumnya, bedaknya beda lagi). Warna kuningnya pas untuk kulit saya, dan bedak ini makin lama dipakai makin bagus. Makin kelihatan menyatu, glowy, dan menyamarkan pori-pori.

  2. Pensil Alis & Spooly
    Hal penting lain selain bedak tabur adalah pensil alis. Buat saya, pokoknya kalau udah bedakkan dan bikin alis sebenernya sih udah aja, keluar gini aja juga nggak masalah. Dua ini aja sih kunci sukses saya dalam menaklukan dunia. 
    Untuk alis, saya pilih yang warnanya senatural mungkin dan semirip mungkin dengan warna alis asli saya. Sejauh ini yang paling cocok dengan saya adalah Maybelline Crayonbrow. Setelah memakai pensil alis, rapihkan dan bikin tipis pangkalnya dengan spooly. Biar alismu nggak dibilang kayak tempelan pake lakban.

  3. Maskara & jepitan bulu mata
    Walau nggak dandan kenceng, kalau udah jepit bulu mata dan pakai maskara tuh rasanya beda deh. Berasa lebih keliatan "dandan" gitu. Makanya saya suka tambahin beberapa coat maskara di bulu mata atas dan bawah untuk daily look saya.
    Saat ini saya pakai Maybelline Volume Express Turbo Boost Mascara. Ini maskara yang paling sering saya beli sih, soalnya murah dan hasilnya mayan lah ya. Saya memang masih belum tergerak nyobain maskara mahal. Soalnya sayang aja, enam bulan udah harus diganti.

  4. Lipstik/ lip balm/ lip tint/ lip gloss
    Yang ini penting nggak penting sih, soalnya nggak pernah awet di bibir saya dan saya sering lupa re-aply. Tapi tetep aja saya selalu pakai sih. Warna, jenis, merk, dan teksturnya ganti-ganti, tergantung mood aja. Tapi yang saat ini lagi sering saya pakai adalah NYX Black Label Lipstick in Dusty Rose.
No Make Up Look

Kalau diperhatikan, make up yang menutupi keseluruhan muka saya ya cuman bedak tabur. Kalau sehari-hari, buat saya nggak masalah sih beberapa bekas jerawat dan sedikit dark circle nongol, malah cute ihik-ihik. Muka saya ketika dandan dan ketika polos juga nggak beda-beda amat, cuma lebih "rapi" aja. Ya seandainya kamu maen kerumah saya pagi-pagi buta pas saya bangun tidur, kamu nggak bakalan pangling kok. Muka saya tep gini-gini aja.

Tapi masing-masing orang kebutuhannya beda-beda loh ya. Saya punya temen yang setiap hari make up tebel, kulitnya tetep bagus-bagus aja kok. Terus kan juga ada orang yang memang harus make up tebel setiap hari karena tuntutan profesi. Ya disesuaikan kebutuhan aja sih. Yang cocok buat saya belum tentu juga cocok dengan semua orang.

Kalau kamu gimana? Tim pakai make up setiap hari atau tim nggak pakai make up? Nicholas Saputra atau Herjunot Ali?

66 comments

  1. Buat sekarang saya tim ga pakai make up (maklum masi mahasiswa) ehehe, paling cuma make bedak tabur trus make liptint/lipstick.

    Biarpun saya buka pengguna makeup tapi saya sllu sukaa baca artikel terupdate tentang brand makeup, tutorial dan lainnya. Nambah wawasan aja gitu. Dan salah satu bacaan fav saya itu tulisan mba, selalu sukaa.

    Salam kenal ya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu aku bedak tabur sama lipstik itu masih masuk kategori make up, mb. Belum pindah jadi reptil atau umbi-umbian gitu :V

      Salam kenal mb yg pakai make up tiap hari tapi nggak mau dibilang pakai make up. Hehe :D

      Delete
    2. Komenmu Rum.. bikin aku ngakak.. udah, ah.. aku gak mau komenku dibilang komen t*i hahahha :p

      Delete
  2. Setuju banget Mbak! Aku kalau nemu artikel begituan yang di-share sama temen ya cuma bisa ketawa aja. Aneh aja sih, kok ya bisa-bisanya bikin judul 'Kamu Harus Kencani Cewek yang Nggak Suka Dandan'. Emang kalau pacaran itu yang dilihat itu doang, bukan karena orangnya baik, santun, sopan, bersahaja, kaya raya... :))

    Kapan itu aku nemu video lucu mbak, tentang cowok yang bilang cewek nggak perlu pake makeup, ini link-nya https://www.youtube.com/watch?v=fyeTJVU4wVo hahaha

    Kalau aku tim pake makeup kalau keluar rumah, kalau lagi nggak pergi ke mana-mana ya nggak pake makeup, paling cuma nyemprotin penyegar/face tonic ke muka aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahh....nah itu. Pacaran mah karegorinya buanyak. Yg prinsipil buat dipikirkan aja banyak & bikin pusing, ngapain mikirin pakai make up ga pakai make up. Daripada masalahin make up calon pacar, mending selidiki hal prinsipil seperti bagaimana cara si calon makan bubur ayam ^^.

      Hakhak...ntar kutonton videonya :D

      Delete
  3. Kalau aku sih karna sehari-hari cuman ke kampus jadi gak pernah make-up-an. Pernah make-up-an ke kampus dan dipelototin sama mas ehem karna jadi gak bisa nyubit-nyubit pipi *alesan macam apa ini* tapi ya jadinya akhirnya gak pernah make sih karna yang nyubitin pipi bukan cuma satu orang.
    Kalo keluar sama ladies baru all out haha.
    Btw, aku setuju mbak kalo artikel di internet itu bisa banget deh bikin orang marahan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...dan kadang penyebap marahnya tuh sebenernya bukan artikel yg lagi dibahas loh. Itu kedok aja karena frustasi sama diri sendiri trus jadi marah2 deh sama siapa2 :V

      Delete
  4. Make upnya juga bagus gag berlebihan, selain itu ka sekar makin kinclong, awet, dan cantik. Akhir-akhir saya pengen belajar make up tapi gag punya alat-alat buat make up, tapi saya akan mencoba membeli apa yang ada dlm artikel ka sekar. thankyou for share..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiy...makasih :3
      Kesini aja --> http://www.racunwarnawarni.com/2014/01/yang-kira-kira-harus-dibeli-kalau-baru.html

      Delete
  5. Cakeeppp .. Sama mba, hari hari aku lebih suka pake bedak tabur, soalnya nyoba bedak padat pasti muka gampang minyakan .. ^^

    www.misskarlina.com

    ReplyDelete
  6. saya males jengg kalo harus taccap tiap hari apalagi abis sholat dhuxur, paling pake bedak sama lipstik aja uda cukup haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku walau misal lagi makeup komplit yg di tacap juga paling bedak sama lipstik loh ^^

      Delete
  7. Nicholas Saputra atau Junot? Ya Mas Nicholas lah yaaaa. Eh, ini komen salah topik ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hidup Nicsap. Tim Nicsap. Garis keras fanatik radikal senggol bacok!!

      Delete
  8. Aku pakai bedak tabur aja sama lipbalm, kalau lg inget kadang gambar alis dulu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alisku kalau ndak digambar super tipiiissss menyedihkan ><

      Delete
  9. udah cakep kok.....
    dan saya tim pemakai mek ap, gara2 teracuni blog ini

    ReplyDelete
  10. hallo mba arum, saya masuk tim pemakai make up. kalo sehari - hari hampir mirip sama mbak arum pake tapi gak pake mascara soalnya belum nemu mascara yang tepat *curcol duh. Kadang kesel kalo ada orang yang bilang pakai make up itu gak penting bikin boros bla bla bla lainnya padahal kan kalo aku beli gak pake duit dia.haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kadang ga pakai mascara, suka males bersihinnya soalnya.
      Dijawab gini aja: "iya boros, makanya kamu ga ush pakai make up. Kalau aku kan kaya. Bebas." :D

      Delete
  11. Dlm seminggu tim make up 1 hari, & tim no make up 6 hari.. Akhir2 ini cm pake moisturizer berspf aja sama lipbalm.. Lg sibuuk, jd mending bobok aja dehh.. Hehehee..
    wah suamiku cmbran mbak. Jd aq tim big baby aja.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak betaaaahhh kalau pakai pelembap nggak lanjut bedak. Berasa lengket2 gituuu. Jadi karena pelembap itu harus, otomatis bedaknya jadi harus di aku. :D
      Apa hubungannya suami cemburuan sama nicsap??

      Delete
  12. Aku team makan bubur nggak di aduk!

    Tiap hari pakai makeup lah kalo keluar rumah... Lengkap dari foundation, concealer, shading, alis, eyeliner, lipstik, tapi minus blush on sama maskara. Soalnya kalo maskara, selain kecolok kacamata, males juga bersihinnya kadang sampe ikut rontok bulu matanya -_-

    Biar siap kapan aja kalo ada yang mau foto bareng :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Aku juga ga diaduk!

      Alasanmu boleh banget lah. Ahahahahaa....

      Delete
  13. Saya tim make up kalau keluar rumah yang mesti ketemu orang atau ada keperluan kerja/liputan :D
    Awalnya saya emang enggak doyan make up, tapi makin ke sini saya makin ngerti kalo make up tuh sebenernya kalo dipakainya nggak berlebihan a.k.a menor juga bakal bagus buat kita kok. Saya reporter, ya kali ketemu narasumber atau lainnya dengan keadaan kucel, muka minyakan, debuan abis bawa motor. Ya itung2 memantaskan diri sih (tapi bukan untuk memuaskan orang lain) :D
    Saya pun hari-hari cuma pake concealer-nya revlon buat nutup dark spot bekas jerawat, bedak translucent -nya max factor, & NYX SMLC Stockholm. Simpel kan buat hari-hari :D
    Btw bullsh*t tuh yg bikin artikel2 'kenapa cewek nggak butuh dandan', saya cuma bisa ketawa aja liatnya. Mbak Arum salam kenal ya, saya termasuk yg suka baca blognya mbak dan menurut saya gaya menulis yg ceplas-ceplos itu kece lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah blogku dipuji reporter. Aku malu. Hahahaha :D
      Sebenernya mau artikelnya "cewek harus dandan" ataupun "cewek harusnya tidak dandan" sama sama bullshit sih. Habisnya, muka-muka siapa, duit-duit siapa, kok mengharus-haruskan :D

      Salam kenal ;)

      Delete
  14. hallo ses arum, salam kenal.

    kalo saya sih team pake make up everyday nd catokan lovers banget. hahahah. make up tuh kayak boosternya percaya diri saya gitu, meskipun cuma pake tinted moisturizer, concealer, eyeliner, brow pencil, mascara, lipcream, bronzer nd blush. (cuma loh ya CUMA) hahahahah. but yeah, itulah sejujurnya magic yang bener2 nyata - the power of make up yg bikin muka kucel dan pucet jd segerrrrrr kayak es timun suri di bulan puasahhhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa CUMA. Hahahaha...
      Aku juga nih soal styling rambut. Aku bukan catokan sih, tapi babyliss big hair lover!! Sama-sama bikin rusak rambut dah :D :D

      Salam kenal ;)

      Delete
  15. oh iya, kalo misalnya belum ketemu mascara yg cocok nd susah bersihinnya, saya saranin coba aja local product dr brand QL, soalnya dia mudah banget dibilas nd gak bikin rontok bulu mata. #bukanjualan #bukanpromo #bukannawarinendorse heheheheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah nyoba QL, mb. Sayangnya kurang nge-curl bulu mata. Jadi bulu mataku tuh jadi turun pake QL, nggak awet habis dijepit gitu ^^

      Delete
  16. Team makeup alakadarnya buat hari2 : bedak tabur, brow pencil, lipstick.

    ReplyDelete
  17. aku sama sekali gak pake make up apapun kalau kerja bahkan kalo keluar2 jg,,,sadiiis pokoknya. Dulu pernah diprotes sama kepegawaian juga tapi tetep cuek ajah,,,cuman aku rajin jg baca2 beauty blog kok,,even gak gunain make up tapi seneng lihat orang bisa pantes gitu kalau make up an,,,cuma aku belum tergerak gunainnya,,,,hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihih...gapapa, bebasss :D
      Saran aku tetep pakek skincare ya mb, paling enggak sunscreen & pembersih sih. Biar nggak ada flek atau penyakit kulit karena sinar matahari dan polusi. Tapi bebas siiihhh :p

      Delete
  18. Aku tim harus dandan! Soalnya kalo gak dandan mukanya sangar kaya laki. mbihihihik

    ReplyDelete
  19. Kalau aku nggak pake make up.Cuman pake mosturizer berspf.Tapi mosturizer yg aku pake kayak ada efek "berbedaknya" bisa jadi base make up

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh, mau dong moisturiser yang begituuu. Pakai apa nih?

      Delete
    2. Aku pake "holika holika miracle skin finnish"
      .Ada dua macam yg untuk kulit berminyak(jar )ungu dan kulit kering(jar pink)
      Aku pake yg jar ungu.Efeknya muka agak glowy tapi nggak berminyak

      Delete
  20. Btw lupa. Salam kenal mbak arum
    xue-fang.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Iye suka2 aje mau make up atw enggak..klo ga suka tinggal merem

    ReplyDelete
  22. Mungkin penulis artikel itu adalah mantan pacar aku. Ooouhh!!
    Hahahaha :D
    Abis mantanku yg itu tuh rese banget kalo aku dandan, dibilang ga cocok lah, lama lah, cantikan ga pake makeup lah, tua lah, negrusak kulit lah, padahal ya dandanan aku tuh ga pernah heboh. Lah wong lipstik aja banyak mlbb/natural shadesnya. Koleksi makeup aku dulu emang lumayan banyak tapi untuk tampilan tetep natural. Hobi aku demen makeup ini sampe dinyinyirin sama ortunya masa. Dibilangnya mahasiswa koleksi makeupnya lebih dari yang udah kerja. Dipikirnya kalo jadi istri nanti duit abis buat makeup molo kali ya, apa dikiranya beli makeup pake duit pacar? Eish sorry ajee ini dari duit jajan sendiri padahal!
    Menurut aku cewek pake makeup tuh harus tapi jangan berlebihan. Karena makeup yg salah lah yg bikin muka jadi jelek/tua, kalo makeupnya bener pasti cantik dongss. Namanya juga make up bukan make down! Lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadoh, pacar se orang tuanya sekalian? Horor cekaliii. Untung udah mantan :D. Aku paling kesel juga kalau dikomen soal bagamana seharusnya aku memakai duitku sendiri. Bukan cuma soal make up sih, tapi apaaaa aja. Berasa sok banget deh pada merasa paling tau keuangan aku. Hahahaa...nggak harus sih menurutku. Nggak pakai make up juga nggak papa. Perempuan harusnya oleh menjadi dirinya sendiri senyamannya, baik itu yang nyaman pakai make up ataupun enggak pakai :D.

      Soal make down, iya sih, aku sering lihat beberapa orang nggak make up malah lebih cantik. Jyahahhaa...tapi ya wis, sebahagianya dia lah ^^

      Delete
    2. Horor pake banget! Ya bersyukur banget sudah say goodbye sama yg macem begitu, bukan support atau kasih masukan positif malah nyinyir dan tanggepannya negatif :D
      Aah iya juga sih, dirikupun kalo mentok di rumah aja atau cuma ke supermarket depan ato makan mie ayam di tempat langganan mah kaga makeup-an. Hehehe tapi kalo ke kampus ato kemana gitu, biarpun cuma bedak sama pensil alis tetep pake. Iyaaah semacam Aurel yang nampak bahagia sama makeupnya. Hihihihi

      Delete
  23. seumur hidup saya, anda adalah orang kedua yg saya temui yg punya vocab : pokmen (yg pertama adalah suami saya). #komensalahfokus :p

    ReplyDelete
  24. klo saya pemakai full make up sehari2 mbk,,kecuali wajah pke obt dokter.. pensil alis,eyeshadow,mascara,eyeliner atas bawah,lipstick,blush on wkkk.. bis ga pede hihi.. makax q suka nongkrongin blogmu mbk hee..

    ReplyDelete
  25. Muka q rada manja...
    Salah bedak bruntusan... Salah foam bruntusan...
    Jadi masio dandan paling banter yo pelembab.. Bedak tabur.. Eyeliner bawah tok ntar juga mbleber ke atas wkkk... Sama lipen..
    Kalo libur malah lupa yang mau dandan wkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau muka rewelan memang paling enak sih nggak make up-an. Kulitku juga rewel kalau pas period. adi kalau jadwal mens, aku paling males deh dandan :D

      Delete
  26. Saya hari2 dandan pake bb cream, twc, pensil alis, eyeliner, lipstik, blush on.... Kdg suka ngrasa ribet ato males apalagi klo lg sibuk/cape tp kalo gak dandan diriku pucet bgt ky org sakit.. Pdhl kerjaanku ngobatin org sakit huahuaha... pernah udah dandan segitu cetar lipstiknya etapi dikomen calon mertua 'kamu kok ga pernah dandan ya kalo kerja?'........ Ealah saya jd termotivasi utk belanza printilan make up yg lain2 ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa...wah calon mertuanya pengertian banget yaa. Mendukung perbelanjaan perintilan perlenongan :))

      Delete
  27. Saya tim pake make up :D Beruntungnya sih semua orang di sekitar saya mendukung saya dandan hehe. Bahkan kekasih saya yang Insya Allah jadi suami, mewajarkan hobby dandan saya dan beli lipstick wkwk.

    Menurut aku sih mbak, gapapa pakai make up asalkan kita ga diperbudak sama make up yang kita miliki hehe. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, menurut aku nggak papa pakai makeup. Nggak pakai makeup juga nggak papa. Salam kenal ya ;)

      Delete
  28. Aku tim tengah-tengah xD suka dandan, tapi ngga bisa pake make up yang berat. Biasanya cuma pake cc cream dan lipstik aja :D

    Nice post mba. Sekarang trennya emang gitu (pernah baca dimana ya, lupa hahaha). Bikin artikel yang nyentil komunitas tertentu, kontroversial, memicu debat kusir, buat naikin traffic :D Tandanya, artikel di situs tsb antara satu dan lainnya kadang ngga konsisten, kontradiktif malah. Karena ngincar traffic, belakangan ini berita (dari website populer) pun udah kayak noise. Fakta sama opini tercampur aduk. Pembaca spaneng, yg punya situsnya seneng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #toss tim tengah-tengah :D

      Iya benerrr. Banyak media menghalalkan segala cara buat naikin trafic. Pokoknya kalau ada isu-isu heboh gitu deh ya, semacam yang barusan ini soal gay marriage. Dan aku juga baru sadar, berarti aku termasuk yang kena jerat, pembaca spaneng, sampek bikin post ini. Hahahaaa...

      Delete
  29. Aku lagi mau belajar make up nih mb.

    Makasi banget banyak low budget produknya hahaha LOVEEEEEEEE

    ReplyDelete
  30. Aku tim make up tiap hari. Klo di rumah aja paling pake vaseline, klo keluar rumah, pakenya pelembab, bedak, pensil alis, mascara, blush on ma lipen. Tapi biarpun make up juga kliatan biasa2 aja kagak menor. Dandan kan ga harus menor, yg penting kliatan seger, rapi, bersih...Bikin diri sendiri seneng, orang yg ngeliat senenng

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.