Wednesday, August 27, 2014

Bukan Review: SK II dan Fenomena Ragi-Ragi-an


 Posting kali ini memang nggak saya maksudkan sebagai review. Hanya semacam pemberitahuan awal dan cerita-cerita sedikit mengenai kulit dan skincare. Dan gosip.

Pitera atau fermentasi sake memang lagi hot-hot-nya jadi pergunjingan diantara para skincare junkie. Saya sendiri bukan skincare junkie. Saya nggak segitunya tertarik nyobain skincare-skincare yang beredar dipasaran, dan juga nggak tertarik nyobain aneka resep DIY skincare. Saya pakai cuma yang saya butuh aja, saya beli apa yang habis, dan saya cenderung setia kalau udah cocok sama merk tertentu. Nggak kaya make up yang bikin saya pengen nyoba ini dan itu yang baru-baru. 

Nah, balik lagi ke pitera. Pitera ini adalah nama untuk efek ragi yang dihasilkan pada proses pembuatan sake, yang kemudian namanya dipatenkan oleh SK II. Jadi yang boleh pakai nama pitera hanya SK II. (Bukan cuma nama produk/brand yang bisa dipatenkan ya ternyata. Nama ingredient juga bisa :D.) Skincare lain, walau punya kandungan fermentasi sake yang sama, nggak boleh pakai nama pitera. Contohnya Secret Key Starting Treatment Essence yang merupakan dupe-nya SK II. Sama-sama mengandung fermentasi sake, tapi nggak ditulis Pitera pada kandungannya. Pada Secret Key yang tertulis adalah kandungan Galactomyces, yang sepenangkapan saya artinya sama lah sama pitera.

Terus belakangan ini juga booming DIY skincare, gara-gara si Lintang nih :D. Nah, si Lintang ini termasuk salah satu blogger cerdas yang nggak mau sekedar pakai skincare, tapi juga membaca dan mencoba memahami kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya. Sampai kemudian, Lintang mencoba membuat DIY Saccharomyces ferment filrate. Namanya angel ya? Tapi ya itu pokoknya beti-beti lah sama Pitera, saya males njelasin, tapi kalian bisa baca sendiri di post Lintang yang ini. Cuman tentu saja Lintang nggak bisa ngasih nama Pitera, karena nama Pitera itu sudah dipatenkan sama SK II.

Baik mau pakai SK II FTE, Secret Key STE, ataupun DIY SFF ala Lintang menurut saya semuanya bagus dan aman. Ketiganya aman kok! Karena yang SK II dan Secret Key adalah brand ternama yang sudah diakui dan terjamin keamanannya. Sedangkan Do It Yourself ya artinya bikin sendiri, yang mana berarti kita bisa mengontrol dan tau betul apa kandungannya, kebersihannya, prosesnya, dan juga bebas bahan kimia yang nggak perlu seperti misalnya pewangi dan pengawet. Dan lagi karena resep dari Lintang pakai bahan-bahan makanan, jadi ya aman. Bayangin deh, dimakan dimasukin mulut terus dileg aja aman, apalagi ditemplokin ke kulit doang. Menurut saya yang paling aman dari ketiganya ya yang DIY.


Cuma kan memang anaknya orang banyak, jenis kulit, jenis kantong, dan tingkat kerajinannya beda-beda yah. Jadi mungkin ada orang cocok yang ini tapi nggak cocok yang ono. Pokoknya disesuaikan aja lah sama kebutuhan. Saya sendiri kayaknya nggak bakal nyobain DIY SFF ala Lintang. Bukan karena menurut saya nggak bagus, bukan pula karena saya brand minded dan mementingkan gengsi, tapi karena saya bukan orang yang telaten bikin-bikin skincare DIY begituan. Saya lebih pilih yang praktis-praktis. Dan nggak ada panggilan jiwa juga kayaknya deh. Saya mendingan disuruh masak tiap hari daripada bikin DIY SFF 3 hari sekali :)).

Jadi kalau ada yang underestimate DIY skincare karena menurut mereka nggak aman dan ngawur, mendingan googling-googling dulu deh. Karena walau di Indonesia blogger yang suka bikin DIY skincare itu masih dikit dan belum nge-trend, tapi di luar negri udah banyak. Dan mereka nggak ngawur kok, mereka udah baca-baca dulu mengenai kandungan bahan-bahannya, keamanannya, dan lain-lain. Tapi kalau ada yang bilang kalau yang lebih memilih pakai skincare pabrikan itu orang yang brand minded dan mementingkan gengsi, ya nggak selalu begitu sih! Ada alasan-alasannya lah orang mau pilih gaya hidup dan perawatan kulit yang kayak gimana pun.

Rrrr...kalaupun milih pakai skincare pabrikan karena gengsi juga nggak ada salahnya dan nggak merugikan situ kan? Yah, pokoknya mau milih pakai apa itu hak masing-masing yang punya kulit dan yang punya duit. Harus ya, saling komentar nggak enak? :D :D

FYI aja, saya saat ini memutuskan untuk pakai SK II Facial Treatment Essence. Kenapa? Karena pengen aja plus ada kesempatan. Saya pernah pakai Secret Key STE, dan cocok. Dari situ saya menyimpulkan kalau kulit saya kayaknya tipe yang cocok sama kandungan fermentasi sake ini. Kemudian saya berhenti pakai Secret Key, karena saya dikasih kesempatan nyobain Toner dari Luzern, yang sayangnya hasilnya nggak sebagus Secret Key di kulit saya.

Luzern saya sekarang hampir habis. Dan ini nih kondisi kulit saya:



Kering dan ada beberapa kulit yang mengelupas di cuping hidung. Jerawat dimana-mana.

Saya baru aja niat mau order Secret Key STE lagi, tapi kemudian saya dihubungi oleh @verovica, dan dia nawarin saya SK II FTE untuk saya coba. FYI, @verovica ini trusted seller dan barang yang dijual ori. Selain jualan skincare-skincare SK II baik full size, travel size, maupun sample size, dia juga punya koleksi statement necklaces yang bagus-bagus bingit. Trust me! Saya kenal seller-nya XD.

Saya pikir, kenapa enggak nyobain? Maka jadilah udah semingguan ini saya pakai SK II FTE. Foto bare face di atas adalah foto sebelum saya pakai SK II. Setelah seminggu ini, belum tampak hasil yang wah sih. Tapi yang jelas kelihatan, udah nggak ada jerawat dan kulit yang ngelupas. Masih ada sisa bopeng gara-gara bekas jerawat dan kering-keringnya, kulit saya juga walau mendingan tapi belum lembap sempurna, tapi so far sumber masalah utama udah nggak muncul lagi. Saya juga nggak jerawatan walau lagi mens. Kesimpulan sementara saya cocok. Tapi untuk hasil keseluruhan dan lain-lain, ntar ya, saya pakai dulu agak lama, baru kemudian saya review menyeluruh.

Sudah ah. Inti dari postingan ini sih saya mau pamer aja getooo saya pakai SK II. Hakhak!

19 comments:

  1. Setelah habis sebotol Secret Key STE, saya balik ke SK II FTE, Mba Racun. Lebih calming, dan lebih keliatan efeknya.

    www.acnepronewife.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Aku sejauh ini belum bisa membandingkan sih. Sama aja perasaan. Tapi ya baru seminggu pakainya :D

      Delete
  2. Wkwk jd ceritanya pamerr yaaa.. XD asik bgt disponsorin FTE ses *Q*
    Kebetulan aku jg skrg lg nyobain FTE sih, so far cocok tp mencekik dompet skali :'D *makenya dihemat2 banget

    Soal DIY fermentasi nasi ini, idenya sis Lintang emg cemerlang bgt. Salut abis >.< tp klo aku sih ga mungkn smpt eksperimen gitu2an *bilang aja males*

    Sekali2 ninggalin jejak di blog ku dong ses ^^
    Ditunggu review ttg FTE nya yaa
    www.xiaovee.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah...jangan terlalu hemat, ses. Dipakai bagaimana caranya seoptimal mungkin, biar ga mubajir. Hikhik.

      BTW, aku mampir terus lho ses, ke blog situnya. Follow malah. Cuman ntah ya kok blm pernah ninggalin jejak. Mungkin karena lebih sering mampir pakek hp, yang mana jadi kurang seru kalau mau ngetik2. Iya deh, ses, besok tak njejak ^^

      Delete
  3. Walaupun kondisi kulit mbak kayak gitu, tetap cantik kok mbak... Lagi period ya mbak? Mau beli SK II cuma harganya selangit... Terpaksa ngiler lihat mbak pakai dari jauh.. : ' (

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik.. Hahaha...
      Iya, lagi period. Tapi bukan itu masalahnya. Rrrr....
      Coba yang DIY SFF ala Lintang aja ses. Murah. Bagus pula.

      Delete
  4. Saya cinta mba Arum krn gak pake malu2 pamer kulit yg apa adanya. *ketjup jauh*
    Mudahan kulitnya lekas balik kinclong ya mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga malu kalau nggak berbuat yang merugikan orang lain, mb :D
      Hehe..makasih ya doanya. Terharuuu :')

      Delete
  5. kulit kita samaan k arum, tonenya dan kulitnya rada kering, cocok lho di aku pake FTE,ini abis pasti ak mau beli lagi, ngumpulin uangnya dari sekarang tapi hihihi :D

    XOXO
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulitmu juga kering ya, Vi? Iya so far aku juga cocok sama FTE. Tapi ya ntar lah baru seminggu :p. Soalnya ada juga beberapa review yang ngga cocok & breakout.

      Delete
  6. pengen sih... tp harganya bikin mundur teratur... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyoba sampel dulu aja ses. Ntar klo cocok banget baru nabung beli full sizenya :D

      Delete
  7. Hai mbak, selama ini saya juga pakai secret key ste,, sudah botol yg kedua malah,, tapi yg botol terakhir belum habis saya sdh gak pakai lagi krn sekarang pakai diy rosella+apple vinegar toner. Jauh lebih ngefek ke kulit menurut saya. Salam kenal ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaahh, ngefeknya gimana ses? Lebih lembab gitu ya? Mau dong resepnyaaaa...

      Delete
  8. Yg jelas sih menyeimbangkan kondisi kulit,, minyaken jadi gak minyaken lagi, yg kering jadi lembab,, itu sih menurut pengalaman saya,, resepnya gampang koq,, ambil aja 3-5 bunga rosella merah kering (di supermarket banyak, di bagian teh2) rebus dgn cara double boiler,, (bahasa indonesianya apa yaa? #plaakk! - keplak pake kamus bhs indonesia)
    Saya rebusnya pake air mawar,, bisa juga pake distille water atau air aqua jg gpp,, cuma kalo pake air mawar atau distille water self life nya lebih lama. Jangan sampai mendidih ya rebusnya,, matiin api, trus tutup . Tunggu 10-15 menit, lalu campur dgn apple vinegar ( utk kulit berminyak ,1 takar vinegar utk 4 takar air rosella,, utk kulit kering 1:6 aja) tambahkan setengah sendok teh madu, aduk rata, taruh dibotol kaca lebih bagus. Kalo gak ada, juga gpp. Simpan dikulkas utk memperpanjang masa simpan. Biasanya saya bikin sekitar 250ml sampai habis masih bagus. Kadang2 bunga rosella saya ganti dengan green tea. Dua2 nya bagus sbg anti inflamasi, anti oksidan dan anti aging. Selamat mencoba yaaa,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiw, dapet resep. Hehe.. Thanx resepnya yak ;)

      Delete
  9. Oiya,, silahkan mampir ke blog saya ya?,, saya masih newbie,, moga2 bisa kasih banyak masukan buat saya,, :)

    Www.chloehime.blogspot.com

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...