Review: Mane 'n Tail Shampoo & Conditioner

73 comments
Review Mane 'n Tail

Sampo kuda buat manusia?

Kenapa nggak sampo kucing aja ya? Kan saya jadinya bisa ngirit, joinan sampo sama kucing saya gitu ^^. Tapi seaneh apapun trend yang satu ini, memang beneran ada. Para selebriti hollywood kayak Jenifer Anniston dan Sarah Jesica Parker kabarnya juga pake sampo kuda ini. Terus saya pernah baca interview Female Daily sama Andien, mbak Andien juga pakai Mane 'n Tail. Interview-nya di sini nih.

Mungkin karena kuda itu bulunya kuat, jarang rontok dan mengkilap ya? Jadi dengan memakai sampo yang sama kaya kuda, diharapkan rambut juga bakalan kuat dan mengkilap. Pemakaian sebulan larinya tambah cepet. Habis sebotol bisa meringkik.

Saya tau gonjang-ganjing sampo kuda ini malah bukan dari blogger, tapi dari instagram. Banyak banget online shop yang jualan sampo kuda wira-wiri di instagram. Bahkan beberapa temen beneran saya (maksudnya bukan temen duania maya gitu), juga pakai sampo kuda.



Awalnya jujur saya nggak tertarik, soalnya saya memang bukan tipe orang yang ribet soal perawatan rambut. Dan lagi saya udah cocok pake The Body Shop Rainforest Shampoo yang free SLS dan silicon. Tapi terus pada bilang kalau sampo kuda ini bikin rambut nggak rontok dan cepet panjang. Nah, cepet panjang ini nih yang saya mupeng berat. Saya memang pengen ngerasaain rambut panjang banget, sebelum rencananya kemudian saya mau pangkas sebahu.

Deep Moisturizing

Terus pas Miss Lie nawarin saya nyobain, saya pilih yang varian Deep Moisturizing. Varian ini dikhususkan untuk rambut kering, bercabang, rusak, rontok, dan juga buat yang suka nyatok atau styling rambut. Cocok banget kayaknya buat saya.

Sebelum masuk ke review produk, saya mau menjelaskan kondisi rambut saya dulu. Harap diperhatikan kalau hasil di tiap orang beda-beda ya. Tergantung jenis rambut, kondisi kulit kepala, cuaca daerah tempat tinggal, gaya hidup dan lain-lain. Saya menegaskan ini banget karena belakangan ada orang yang email saya, katanya saya bohong. Review produk A yang katanya bagus, ternyata jelek di dia. Dan saya jawab: "ya mungkin situ nggak sekeren saya. Entuh produk cuma berhasil di orang keren soalnya." #disambit

Jenis Rambut

Rambut saya tuh tipenya lurus enggak, keriting juga enggak. Ikal seksi atau mengombak manja juga enggak. Kalau saya bilang sih ini tipe awut-awutan. Megar-megar nggak karuan. Bisa dilihat difoto, kalau banyak anak-anak rambut yang berdiri-berdiri susah diatur.

Rambut saya tipenya sangat kering. Kulit kepala saya nggak berminyak, tapi saya kebiasaan keramas tiap hari atau maksimal dua hari deh udah harus keramas. Jangan nguliahin saya kalau keramas sering-sering itu nggak bagus deh. Plis ya, saya udah tau, udah sering baca, udah membuktikan juga. Tapi oleh sebab yang nggak bisa dijelaskan dengan akal sehat, saya selalu keramas setiap pagi. Kalau enggak saya merasa kotor.

"AAKHHH...Akhu khotoorrrrrr!!!"

Panjang Rambut

Rambut saya juga nggak terlalu panjang, entah ya, ini mentok. Kalau udah segini susah manjangin lagi. Terus sejak tinggal di Jakarta, rambut saya jadi rontok berlebihan. Udah coba dirawat pake toner yang mahal dan katanya top cer abis, nggak ngefek. Masker tradisional juga nggak ngefek. Mau masker di salon males bayarnya. Ya gitu deh --".

Saya juga punya kecanduan yang nggak sehat terhadap hair dryer. Soalnya kalau nggak diblow, rambut saya megar dan awut-awutan banget. Makanya biar bisa liat hasil sampo kuda secara nyata, biar nggak keseringan styling rambut pakai pemanas, saya sampe beli wig. Liat pos ini ya. Sekarang udah sebulan lebih (hampir dua bulan) saya pakai sampo dan kondisioner kuda ini.

Sampo dan Kondisioner

Jujur awalnya saya cuma pengen-pengen aja, karena saya suka kejang-kejang kalau liat harga sampo Mane 'n tail ini di instagram. Tapi karena ditawarin Miss Lie, makanya saya kesampaian nyobain. Dan setelah sampo ini dateng, ya menurut saya nggak mahal juga. Lha wong gedenya segentong dosa beginih! 946 ml harganya sekitar 350 ribu, nggak mahal kan? Bandingkan dengan sampo lama saya, TBS Rainforest yang per 250 ml harganya 100 ribuan. Ya nggak mahal sih menurut saya, karena sesuai sama jumlah isinya.

Kalau kepengen nyoba tapi ragu beli yang geday, bisa nyoba ukuran sampel dulu. Mana tau nggak cocok.

Klaim sampo ini:
- menebalkan/ mempercepat pertumbuhan rambut jadi lebih panjang
- memperkuat akar rambut
- mengatur rambut
- membuat rambut bersinar
- melembutkan rambut


Penampakan Tutup Botol
Product Ingredients

Sayangnya, sampo ini masih mengandung SLS dan dimethicone. Sebentar ya, harap dipahami dulu kalau dua bahan tersebut bukan zat berbahaya! Dua kandungan tersebut ada di hampir setiap sampo dan konditioner. Hampir semua? Ya katakan pentine, sunslik, clear, dan sampo-sampo beken lain di pasaran.

Memang udah setahunan ini saya pakai sampo yang free silicon dan SLS, karena kabarnya lebih sehat. Sampo yang free silicon dan SLS ini nggak enaknya jelas nggak banyak busanya, nggak kesat hasilnya, dan juga nggak bikin rambut lembut. Tapi saya demen aja gitu. Pembahasan mengenai sampo ber-SLS dan silicon kapan-kapan aja deh ya. Pokoknya harap dipahami kalau SLS dan Silicon bukan bahan berbahaya!

Jadi karena sampo ini ber SLS dan silicon, saya nggak berencana untuk penggunaan jangka panjang. Tapi cuma saya pakai untuk manjangin rambut aja dulu. Kalau udah ntar saya balik lagi ke sampo yang free SLS free silicon.

Tekstur Sampo

Samponya warnanya biru, dan teksturnya seperti sampo kebanyakan. Kental tapi masih mengalir. Jadi nggak kental-kental amat lah. Busanya buanyak banget, mungkin karena saya kebiasaan sama sampo non-SLS yang busanya dikit ya. Jadi sampo ini berasa banyak banget busanya. Baunya harum, nggak kayak TBS Rainforest yang kaya jamu.

Kondisioner Mane 'n Tail

Kalau conditioner-nya warnanya juga biru dan baunya sama-sama harum. Tapi teksturnya lebih kental dan nggak mengalir. Kondi ini bikin rambut lebih lembut dan mudah diatur, kaya kondi-kondi kebanyakan lah. Tapi jujur aja saya orangnya paling malas pakai kondisioner. Saya lebih suka ngelembutin rambut pakai serum. Soalnya saya nggak telaten kelamaan di kamar mandi. Jadi kondi ini saya pakainya bolong-bolong, kadang pakai kadang enggak.

Pengalaman Pemakaian Produk

Awal-awal pakai, kulit kepala saya rasanya agak gatel. Pokoknya pagi keramas, sore udah gatel aja. Tapi nggak ketombean. Nggak ada serpih-serpih kotorannya kalau dilihat.  Saya nekat hajar aja deh, saya tetep pakai terus. Masuk hari keempat kira-kira, gatelnya udah ilang sama sekali. Sekarang udah nggak pernah gatel lagi. Jadi mungkin itu karena kulit kepala saya sensi sama SLS dan silicon-nya. Oh iya, selama pakai Mane 'n Tail, rontok rambut saya juga nggak sebanyak biasanya.

Pakai ini yang pertama saya rasakan jelas rambut saya lebih harum dan halus ya. Karena biasanya pakai sampo yang minim pewangi dan tanpa silicon, wajar aja kalau saya ngerasa halus pas pakai sampo kuda bersilikon ini. Tapi efek yang nggak saya suka adalah bikin rambut saya lebih ringan, jadi lebih banyak anak rambut yang melayang dan lebih megar gitu rasanya.

Efek Pemakaian

Dan saya ngerasa rambut saya memang jadi lebih cepet panjang. Saya notifnya dari poni. Cepet banget manjangnya. Tapi bagian belakang ya segitu-segitu aja. Mungkin udah mentok ya bagian belakangnya?

Rambut Halus Seperti Jimbeam

Dan untuk klaim membuat rambut lebih bersinar, nggak ngefek di saya. Gini-gini aja rambut saya. Sama bulunya Jim Beam masih lebih shiny bulunya Jim Beam ^^. Cuma kalau dipegang memang rasanya lebih halus, walau nggak sehalus bulunya Jim Beam-sih. Mungkin kapan-kapan saya nyobain samponya Jim Beam kali ya? --"

Review Mane 'n Tail

Secara keseluruhan, saya suka sampo Mane 'n Tail untuk perawatan manjangin rambut saya dan ngurangin rontok. Karena memang di rambut saya beneran bikin lebih cepet panjang dan nggak rontok.

Tapi untuk pemakaian selamanya, kayaknya enggak. Soalnya saya memang lebih suka sampo yang free SLS dan free silicon kaya TBS Rainforest sampo.





Sampo dan Kondisioner Mane 'n Tail bisa dibeli di: www.misslie-collection.com



Gunakan kode Racun01 untuk free ongkir. Cara memakai kode bisa dilihat di post ini.

73 comments

  1. Aku jg pake ini, setelah 4kali pemakaian aja langsung berasa panjangan. Dan rontokku mulai berkurang hihihi.

    Sweetlikeapeach.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang bikin cepet gondrong yak ^^ #kibaskibasrambutgondrong

      Delete
  2. Akhirnya di ripiu juga XD
    TBS Rainforest sakses bikin aku tombean ses, sekali pakai langsung aku hibahkan sama sodara hahahaa
    pingin coba sampo ini tapiiii....kalau bikin megar mah aku ga mau ah, soalnya rambutku udah megar
    huhuhuu

    The Journey

    ReplyDelete
  3. Tertarik sama ngurangin rontoknya, tapi 350reboh buat shampoo yg dipake hari2 tetep berasa mahal walopun nyaris seliter isinya T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan bisa beli yang versi share duluk, yang 100 ml :D

      Delete
  4. wahhh, ini shampo kayaknya lagi hitss banget di indonesa, harganya 3x lipat dr harga aslinya, huhuhuhu, untung setengah taon yg lalu pas jalan ke negri jauh nemu di carefur nya, harga sama pula sama dr negri asal. langsung beli yg seliter 2 bijik, padahal belum pernah nyoba sblmnya. tapi uda ngiler sama reviewnya dan uda pengen banget belik dr 2 taon lalu, #ehkokmalahcerita
    samponya cuco di daku, langsung gondronggg, kering keset banget kalo ga di pakein kondi, emg kudu di pake satu paket. ketombenya juga jadi lumayan, tapi tetep sukakkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, di aku gatel2 ala ketombenya cuma 4 hari pertama loh. Setelah itu ilang nggak gatel lagi ^^

      Delete
  5. baru sekitar 6 minggu aku pakai sampo ini, awal pake gara2 diracunin temanku, kok katanya lumayan bagus buat rambut yg suka rontok. karena rambutku nggak terlalu gampang rontok, aku sih ngincer panjangin rambut :) hasilnya lumayan sih, 1 bulan pertama udah nambah 3-4 cm, terutama poninya yg sekarang udah bisa buat ngepel lantai *lebay* >.<
    happy blogging mbak! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sebenernya pengen yg gondrong rambut belakang aja biar kaya roker. Tapi ini malah poniku yang gondrong. Hahahaa...

      Delete
    2. mau tau dong mba caranya bisa panjang gt pakainya berapa kali sehari ya?

      Delete
    3. Sehari berapa kali? Emangnya kamu keramas sehari berapa kali, mbak? Hehe.. :D

      Delete
  6. sempet penasaran sama shampo ini tapi mundur gegara liat... harganya... aaaaaaakkk ><
    ngomong-ngomong tbs rainforest di jogja lagi langka, temenku kemaren mo beli stok nya pada kosong, di web nya pun setoknya kosooooong.. *ini kenapa malah jadi OOT yak?*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli sampel dulu no, dear. Mayan kok 100 ml, se kemasan natur gitu kira2 ^^
      Ah masaaa?? Jangan2 udah DC yah? T.T

      Delete
  7. ok baik, aku akan coba ini :D
    sering sih denger review yang bagus banget, pengen coba tapi ya takut rontok aku makin parah.


    www.museswonderland.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengalamanku sih malah ini bikin rontoknya berkurang :D

      Delete
  8. Wah br tau nih ada tren sampo kuda.. Mahal jg ya, meskipun gede..

    ReplyDelete
  9. hi mbak, saya suka gaya pe-review-an mbak yg lengkap, detail dan mudah dibaca :)

    ReplyDelete
  10. Shampo ini belinya di toko atau supermarket dimana biasanua..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya udah ada di beberapa carefour. Tapi aku sih belum pernah liat yak :D

      Delete
  11. mba, tau shampoo ichikami? itu lebih murah dari shampo kuda, tp kalo soal khasiatnya saya kurang paham sih. mungkin bisa di tes di rmbt mba dl? hehehe tp saya suka blognya dan akan coba shampoonya.. thnks ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tauuu. Itu kan sampo manusia. Hakhak. Beda deh kalau mau dibandingin sama sampo kuda. Kalau Ichikami itu kelebihannya (kalau nggak salah ya) dia free SLS dan Demethicone gitu deh. Sampo sehat lah istilahnya. Biar rambut dan kulit kepala sehat. Kalau brand lokalnya tuh Natur.
      Kalau sampo kuda sih kandungan SLS dan silikonnya masih ada.

      Delete
  12. kira kira kalau mau order dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, kira-kira kalau baca review, dibaca sampai habis nggak? :D :D

      Delete
  13. Replies
    1. Bisa dong. Kan nggak ditulis produknya khusus kuda jantan atau betina.
      Pengen gondrong ya mas? :D

      Delete
  14. Nice review mba :)
    Btw recommended gak sih kalo utk jenis rambut yg udh tebal? So far sih pengennya biar cpt panjang dan ngurangin rontok aja, soalnya males aja kalo bikin rambut ku tambah tebel :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmm...di aku sih bikin megar gitu yak. Tapi coba aja dulu deh. Soalnya ditemenku malah bikin rambut lemes gitu.

      Delete
  15. shamnpo kuda ini aman utk kramas tiap hari gak mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku sih aman-aman aja mb. Nggak jadi yang gimana gimana :)

      Delete
  16. mba rambutku tipis&berminnyak pake apa yg ccok

    ReplyDelete
  17. Mbak, aku beli shampo n condi varian herbal gro di 2 olshop yg berbeda.. shampo nya ada no bpom PT. Walla tritunggal, tp yg condi cmn di solatip di bagian ttup nya.. condi nya agak encer sperti campur air.. isi condi nya pun smpe penuh k tutup"nya.. bau shampo n condi jg agak beda.. aku pikir ga mslah dngn no bpom,,tp stelah condi nya ku pakai,,rmbut ku jd keset banget.. biasa kan klo pakai condi jd licin rmbut nya.. tp ini keset banget smpe kaku n ssh disisir.. apa itu palsu mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mb Angel..
      Soal botol & penulisan no bpom aku lupaaa. Botolku udh ku buang soalnya.
      Terus aku blm oernah coba yg varian Herbal gro. Yg Deep Mois punyaku ini, condinya nggak keset sih, tapi juga nggak selicin kondisioner bersilicon gitu. Lebih licin dari condi natur kalau kamu pernah nyoba natur.
      Jadi, aku kurang tau apakah punyamu palsu atau enggak ^^
      Maao ga bisa membantu :D

      Delete
  18. Sukses berat nih si mbaknyah bikin aku yakin setelah baca blog ini buat beli mane n tail n malah sudah siap mencoba. Cocok lah mbaknya side job jd sales promotion. Hahay! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ini bukan promosi ya. Ini share pengalaman. Kalau sales kan pokoknya produknya laku. Tapi saya mau aja sih jadi sales, kalau situ kuat bayarnya --"

      Delete
  19. ka shampo mane n tail kan byk jg ya macemnya -__- apa smua sama memanjangkan rambut?

    devianivy21.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru nyoba yg ini nih, enggak tau kalau varian lain, belum coba ^^

      Delete
  20. mane 'n tail sama sama shampo caviar bagusan mana sist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau yak. Aku denger nama sampo caviar aja baru kali ini.

      Delete
  21. kak mau nanyaaa, kalau shampoo kakak yg deep mois itu ada baunya g kak? saya baru beli tp agak mencurigakan gitu botol dan g ada nomor BPOM nya.
    terus cara membedakan yang asli dan yg tidak bagaimana ya kak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Baunya seger + floraly khas shampo gitu deh.
      Aku nggak tau cara bedainnya. Selalu beli di tempat terpercaya aja sih, ngejar selisih 10-20 ribu doang tapi dapet palsu kan nyesek ^^

      Delete
    2. kakak biasa beli dimana kak ? soalnya susah bgt nyari barang asli di Indonesia hiks

      Delete
    3. Rrrr....direview itu aku tulis deh belinya dimana + dikasih banner pula ^^

      Delete
  22. Kak? Disini ngak dijual condisionernya, jadi kira2 kalo aku combi sama condisioner lain bisa ngak yah?
    Btw reviewnya bagus kaak

    ReplyDelete
  23. Thanks for info:) btw cara order nya di web yg kakak kasih gmn? '_' aku mau order yg shampoo + condisioner:) Ajarin donggg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.racunwarnawarni.com/2013/11/cara-dapetin-free-ongkir-dan-voucher.html

      Delete
  24. Udah lama penasaran banget sama shampo ini, dan review ini bener-bener bikin pengen nyoba :/ Beklah, rayu suamik dulu. Trimakasih reviewnya mbak! ;)

    ReplyDelete
  25. Rambut kita sama mbak sekar .. ga jelas dan megar-megar serta suka terbang-terbang .. :(
    Sampe sekarang aku ngga nemu sampo yang cocok .. Gonta ganti malah sampe muncul tombee ,, :( = www.misskarlina.com =

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sekarang lagi suka tresseme keratin smooth sesss

      Delete
  26. Shampo ini sama gak dengan shampo Caviar ... ??

    Kan sama² shampo kuda juga ...

    Hehe...

    ReplyDelete
  27. Ka,kl misalnya shamponya ini tp kondisionernya tresemme gimana?

    ReplyDelete
  28. mba ko aku pake mane tail yg herbal grow jadi rontok gitu yah , awal nya rambut saya udah tebal dan panjang tapi kenapa jadi rontok parah

    ReplyDelete
  29. Kak, kalo shampoo yang ga mengandung SLS sama silicone tuh apa ajaa? Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg aku tahu Natur & The Body Shop Rainforest shampoo

      Delete
  30. Replies
    1. Ini ditanyakan ke online shop-nya aja yak ^^

      Delete
  31. Kak aku udah baca plus mantengin komen2 postingan ini sampe abis terus nemuin kalo kakak skr pake tresemme keratin smooth. aku mau nanyak, setelah pake itu masih rontok2 juga gak rambutnya? aku juga lagi dalam misi mencari pujaan rambutku (?) gara2 rontoknya lebay buanget nih soalnya. nyobain loreal yg varian buat rontok kok kayanya gak ngaruh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      rambut aku sekarang udah nggak rontok. Ya masih rontok sih, tapi udah nggak sebanyak dulu. Aku pakai Kaminomoto Hair Growth lumayan ngefek loh buat rambutku. Reviewnya disini: http://www.racunwarnawarni.com/2014/10/review-kaminomoto-hair-growth.html

      Delete
  32. Mbak.. rambutnya di panjangin lagi aja..
    Hehe...
    Rindu liat kamu berambut panjang..
    Tapi emang rambut pendek enak sihh..
    Ngga gerah..
    Labil deh aku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kangen rasanya rambut panjang. Kapan itu mau di endorse alat buat ngikal rambut, tapi nggak bisa lah ngasih tutorial pendek gini #nanges

      Delete
  33. aku juga pake yg herbal gro , barusan nyoba semoga ampuh

    ReplyDelete
  34. Aq jg pakai manetail original.rambut q jdi lbat dn cpt pnjg plus tdk rontok .ccok bgt d rambut q.cmn prtama x pakai kukut kpala gatal tpi itu prtma krmas aja sdh smgu tdk gatal lgi

    ReplyDelete
  35. Pglmn pahit q yg dlu trulng kmbali.ggal pitong rambut.dn q ptuskn bli shampo kuda manetail.scara dlu ornh pakai dn sukss cpt pnjg kn rambht q.rontok pun brkurang .

    ReplyDelete
  36. Kaa... Nanya... Cari sampel shampoo ini dimana, ya? Makasi.

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah pakai shampoo caviar herbal gro, kerontokan rambutku berkurang meskipun baru saya pakai 5 hari dan sy pakai tiap hari

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.