Wardah Lipstick: Matte - Exclusive - Longlasting

60 comments
Lipstik-Lipstik Wardah

Ada nggak sih lipstik lokal yang pilihan warnanya banyak? Sekarang udah banyak lah ya. Katakan Sariayu, Mustika Ratu, Inez, Pixy, PAC, Makeover, La tulipe, Mirabella, dan masih banyak lagi. Tapi di antara deretan local brand tersebut, menurut saya yang pilihan warna lipstiknya paling bagus-bagus dan paling ngikutin trend dunia adalah Wardah.

Memang sih, Wardah ini nggak kaya Sariayu yang setiap tahun ngeluarin trend warna baru. Tapi bagi saya, warna-warna lipstik yang tersedia pada brand ini udah cukup banget untuk mewakili semua selera dan warna kulit. Cari yang orange, peach, pink, lilac, fuschia, beige, coral, tangerine, red, nude, bold, matte, glossy, semuaaa ada. Pokoknya nggak bosen-bosen deh ngeliatin warna-warna lipstik Wardah.

Untuk produk lipstik, Wardah punya tiga jenis. Yaitu: Exclusive Lipstick, Matte Lipstick, dan Longlasting Lipstick.

Swatch Product


Wardah Exclusive Lipstick
(harga : Rp 28 000)

Produk Bibir Wardah Pertama Yang Saya Coba

Wardah Exclusive Lipstick ini adalah lipstik Wardah pertama saya, dan yang bikin saya kapok dan sempet musuhan lama sama lipstik Wardah!

 Product Ingredients

Klaimnya lipstik seri ini paling banyak kandungan pelembapnya (dibanding dengan Matte Lipstick dan Longlasting Lipstick). Kemasannya juga paling eksklusif. Tapi kenyataannya di bibir saya jadinya super duper kering. Memang sih glossy banget dan berminyak. Tapi kalau dipakai pada bibir yang nggak sedang dalam kondisi terbaik terbaik terbaiknya, bakalan makin mempertegas tekstur bibir yang mengelupas.

Produk Yang Paling Banyak Kandungan Pelembabnya

Tetapi Di Bibir Saya Banyak Kurangnya

Seperti yang tadi saya bilang, teksturnya super glossy dan berminyak. Mungkin karena banyak kandungan oil-oil-annya sebagai agen pelembap (yang sama sekali nggak melembapkan). Kalau dipakai berasa geser-geser gitu, nggak stay. Daya tahannya jelek banget, pigmentasinya jelek juga, sheer dan susah rata. Bahahaa..paragraph ini isinya ancur semua deh.

Warnanya Bagus

Lha kalau memang lipstik ini bikin kering, nggak awet, dan nggak pigmented, ngapain saya beli? Oh...soalnya warnanya cantik-cantik bangeeett. Diantara varian lain, varian Exclusive ini memang yang pilihan warnanya paling ciamik. Sampai sekarang saya nggak bisa lepas dari Wardah Exclusive Lipstick 40. DIVA dan 37. PINK LOVERS. Warnanya nggak tergantikan, walau cuma bisa saya pakai saat foto-foto atau saat bibir saya bener-bener oke aja.


Kalau untuk FOTD dan swatch di sini, saya pakai 40. DIVA. Warnanya milky blue-based-pink yang barbie banget, cantik banget! Andai aja yang varian Matte ngeluarin warna ini T.T.


Wardah Matte Lipstick
(harga : Rp 24 000)

Wardah Matte Lipstick
sumber:  looxperiments

Ini adalah varian favorit saya untuk lipstik Wardah. Dan Bronze Nude adalah lipstik favorit saya! Saya sampai punya enam warna dan masih kepingin nambah-nambah terus.

Baca: Cerita Menyebalkan Soal Lipstik Kesayangan dan Google Reader

Product Ingredients
sumber:  looxperiments

Wardah Matte Lipstick ini sama sekali nggak bikin bibir saya kering. Ketahanannya juga lumayan asal nggak dijilat-jilat dan nggak dipakai makan dan minum. Kalau pas touchup lipstik, kan kadang ada tuh lipstik yang nggak bisa langsung ditumpuk karena hasilnya bakalan ngegumpel. Nah, Wardah Matte Lipstick ini enggak. Pas dioles, olesan keberapapun, tetep meluncur lancar di bibir saya.

 Warna Produk

Pemakaian Di Bibir

Walau judulnya Matte Lipstick, tapi lipstik ini hasilnya di bibir nggak matte. Satin finish kali ya. Jujur aja, saya malah nggak suka sama matte lipstick yang beneran matte. Selain bikin bibir saya kering, keseluruhan tampilan saya juga kelihatan nggak seger aja kalau di bibir nggak ada kilapnya. Pigmentasinya juga bagus, sekali oles langsung nutup. Mau berkali-kali oles juga nggak masalah, nggak akan ngegumpal.

FOTD Wardah Matte Lipstick 02. PINK

Warna yang saya pakai kali ini adalah Wardah Matte lipstick 02. PINK. Warnanya bold fuchsia. Jujur aja saya kurang suka warna semacam ini, kurang cocok aja buat kulit saya, bikin penampilan kelihatan kusem dan kucel. Biasanya saya campur lipstik ini dengan Wet 'n Wild Megalast Lipstick Bare it All biar warnanya lebih nude dan kalem.

Baca: Review & FOTD: Wardah Matte Lipstick


Wardah longlasting Lipstick
(harga : Rp 34 000)

Wardah Longlasting Lipstick

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, saya kurang demen sama lipstik yang jatuhnya matte total soalnya nggak nyaman, kurang natural, dan bikin penampilan kurang seger. Tapi memang itu masalah selera. Belakangan ini lipstik matte lagi nge-hips banget dan banyak yang suka. Nah, buat yang suka sama lipstik yang finish-nya bener-bener matte, Wardah Longlasting Lipstick bisa jadi pilihan.

Secara kemasan, saya juga paling suka Longlasting ini. Saya suka sama bentuknya yang langsing, panjang dan tabungnya yang warnanya silver, terus materialnya ringan. Si Exclusive, walau banyak yang bilang paling bagus kemasannya, saya kurang suka.

Product Ingredients

Teksturnya bener-bener matte, kaya nggak ada kandungan pelembapnya sama sekali. Pas ngolesin rasanya seret kayak ngoles kapur ke bibir. Daya tahan warnanya sebenernya juara, nggak bakal hilang dan geser seharian, tapi lipstik ini kalau di saya nggak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, karena setelah setengah jam tekturnya kaya retak gitu meskipun udah pakai lipbalm.

Tekstur Matte

Pemakaian Di Bibir

Tapi anehnya, si Longlasting ini malah lebih bersahabat di bibir saya dibandingkan Exclusive. Exclusive memang terasa ringan dan lembap saat dioles, tapi sepuluh menit  kemudian bibir langsung kering dan mengelupas. Sementara si Longlasting ini bisa stay lebih lama sebelum bikin bibir saya pecah.

Layar handphone saya keles, pecah. #curhat

 FOTD Pink Sorbet Wardah

Pilihan warna dari Wardah Longlasting Lipstick ini sedikit, dan kebanyakan warna-warna tua. Kebetulan yang saya suka cuma nomor 02. PINK SORBET. Walau namanya Pink Sorbet, tapi menurut saya warnanya condong ke nude peachy beige. Warna ini cantiiikk banget. Pigmentasinya nggak sebagus varian Matte Lipstick, tapi lebih bagus dibandingkan Exclusive. Harus dua sampai tiga kali oles untuk dapetin hasil yang nutup.


Perbandingan

Perbandingan Lipstik Wardah
atas - bawah: Exclusive - Matte - Longlasting

  • Harga : Matte paling murah - Longlasting paling mahal
  • Finish : Longlasting hasilnya super matte - Matte hasilnya satin - Exclusive hasilnya glossy
  • Tekstur : Matte paling lembap dan nggak bikin kering - Exclusive paling berminyak tapi bikin bibir kering
  • Pigmentasi : Matte yang paling bisa meng-cover bibir - Exclusive yang paling sheer
  • Daya Tahan : Longlasting juaranya - Exclusive paling jelek
  • Pilihan warna : Exclusive paling banyak dan paling keren - Longlasting paling sedikit dan pilihan warnanya tua-tua
  • Kemasan : Saya sih paling suka Longlasting, tapi kebanyakan orang suka sama kemasan Exclusive.

Favorit saya adalah Wardah Matte lipstick. Bagi saya lipstik itu yang penting tekstur dan warnanya. Tekstur dari Wardah Matte Lipstick ini juara: gampang dipakai, nggak bikin bibir kering, nggak menggumpal, dan gampang di touchup. Walau pilihan warnanya nggak sebanyak Exclusive, tapi saya udah punya beberapa warna andalan dari Wardah Matte Lipstick, jadi cukuplah :).

60 comments

  1. Say kamu cocok pake yang longlasting, di aku bikin bibir kering banget yg longlasting huhuhu.. aku punya yg exclusive ya lumalan lah, karena pilih warna yg orange2 merah gitu jadi gak bikin keliatan bibir jadi kering.
    Ini reviewnya aku yg wardah http://mineisdreamers.blogspot.com/2013/10/review-wardah-long-lasting-lipstick-in.html

    Xoxo
    mineisdreamers.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak cocok kok si Longlasting. Bikin kering juga di aku :D

      Delete
  2. Akuu pny lima lipstik wardah ekslusif n matte, krn bibir cocok bgt pke produk ini tp tetep hrs pke pelembabnya dlu, liat review yg longlasting cakep dibibirmu.. Jadi tertarik.. Makasi reviewnya yaaa..
    Folback blog aq as newbie yaaa..
    dianf2v.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pakai lipstik apapun tetep harus pakai pelembap dulu :). Si Pink Sorbet Longlasting memang warnanya cakep banget. Sayangnya keriiing banget di bibir T.T

      Delete
  3. warnanya cakep2 tapi aku takut coba hehehee soalnya keliatannya bikin kering :(

    http://wind-atree.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi varian warnanya exclusive. Cuakep-cuakeepp. Nyoba aja satu yang matte, wind. Yang matte nggak bikin kering kok. Murah lagi :D

      Delete
  4. range harga si long lasting, matte, sama exclusive berapaan mba??

    ReplyDelete
  5. Bantu jawab, ada hargany d atas say.
    Matte : 24k
    Exclusive : 28k
    Longlasting : 34k
    Aku suka warna yg longlast kak :'') Cakepp bener.
    Abis married aura cantiknya makin cetarrr ajaaaa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iyaa >.< huaa im so sorry gak teliti baca nya :(

      Delete
    2. @Erna: Hooh. Menurutku tapi cuma Pink Sorbet yang bagus. Ahahaa...makasiih. Itu foto lama tapi sebelum nikah :D

      Delete
  6. aku keracunan nih sama mbak, hehehe aku uda beli wardah yang matte yang nomor 19 tapi harganya 28ribu :( kalo minum ada bekasnya di gelas,kalau yang long lasting gitu juga ga mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah nemu lipstik yang ga bekas :D. Yang longlasting kayaknya ga begitu mbekas.

      Delete
  7. aku jadi keracunan lipstik wardah gegara baca postingan yg bronze nude itu, so far aku paling suka sama wardah yg exclusive lipstik no 41 :D

    ReplyDelete
  8. setujuuuu,, paling ga suka sama yg seri exclusive -_-
    dan paling suka sama seri matte ^^

    ReplyDelete
  9. aduhhh racun bgt suka sm yg pink sorbet q kira warnany pink malah jd peach tp dibibirny mba bagus ya ps q coba kpn tu yg warna 01 bibir q jd chapped, tp enakny mba di tmpt mba jd murah y disini minimal 35k buat lipennya hikssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ini oles langsung jeprettt. Kalau nunggu2 juga langsung pecah2 gitu lipstiknya. Hakhak.. Di Bali apa2 mahal yak? ^^

      Delete
  10. samaaa mbak aku juga suka bgt sama yg matte-nya wardah! pas se-pas pasnya. ga metal (matte total), ga terlalu glossy juga, lembabnya pas, gabikin kering, ga geser2 (yap! exclusive aku setuju kl geser2 pas diratain) dan super favoritenya jg sama : bronze nude. cantik abis warnanya<3<3<3

    ReplyDelete
  11. punya lipstik yang diva itu warnanya bagus tapi kering banget di bibir :( mau nyobain yang pink sorbet warnanya bagus bangeeet ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya warnanya bagus banget. Selain Diva juga masih banyak warna2 cakep lain. Sayangnya ya itu, drying. Si pink sorbet juga kering lhoh T.T

      Delete
  12. Keracunan beli yg matte krn mbak Arum, tapi di aku ternyata gak cocok, kebalikan banget hasilnya sama di bibir mbak Arum. Kalo sekali oles oceyy berat, tapi ditumpuk.... ampuuunnn gak deh. Di bibir aku kalo lamaan dikit jadinya kering dan mengelotok terkupas2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah...sayang bangeetttt. Mungkin yang exclusive lebih cocok ya?

      Delete
  13. wah beruntungnya akuu yg ga kering pake exclusive ^^ #kabur dijitak rame2
    hahahaha... aku pake pink lover sm lavender.. cakep.. bnr2 totally in love..
    wah liat review mba arum jd pengen yg matte :( apalagi aku sedang demen2nya sama lipstik pink cetar.. nice repiuw mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa beruntung kamuh :*
      Aku udah lama tuh lirik2 lavender. Tapi nggak beli2. Hihihi...
      Iyaa, cobain yang matte deh, mbak. Baguss. Lebih bagus dari yang exclusive :)

      Delete
  14. pernah coba yang exclusive dan langsung kapok. coverage sama staying powernya gak banget, dan glossy finish. padahal lebih suka matte lipstick.

    salam kenal mbak, baru pertama komen, biasanya cuma silent reader.

    mampir blog aku ya, newbie nih :) http://rebelliciouswoman.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya aku lebih suka yang glossy sih. Tapi si exclusive bikin keringg banget.
      Salam kenal juga, mbak :)

      Delete
  15. Aq keracunan review2 wardah nih jd nya udah beli 1 tp blom di colek hehehe, semoga cocok *fingers crossed*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiirrr... Yang apa belinya? :D
      Semoga cocok yak ^^

      Delete
  16. I Love Wardah Lipstik Matte, hasilnya wokeh tenan....
    customer aku sering aku pakaikan yang matte dan mereka gk nyangka kalau ini produk wardah katanya bagus, mereka pada gak tau malahan yang Matte ini -_-'

    mampir ya>>> beautynadira.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak yang nggak tau si matte. Soalnya yang reviewnya kenceng kan si exclusive, terus yang katanya melembapkan juga exclusive. Jadi jarang yang ngelirik matte :D

      Delete
  17. mbakyuuu aku tag mba Arum di If All My Makeup Disappeared Tag disini yah : http://shopforcheapo.blogspot.com/2013/11/if-all-my-makeup-disappeared-tag.html
    semoga bisa ikutan yaah.. penasaran sama produk pilihan Mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tag-nya. Pengen ikut tapi kapan yaaa sempet bikin ^^

      Delete
  18. lipstik wardah kok gampang patah ya? punyaku yang exclusive patah, yang longlasting juga. hahaha..
    aku suka banget yang longlasting, gak gampang nempel di gelas & warnanya awet, kayak yang aku review disini http://randomandquick.blogspot.com/2013/11/red-lipsticks-wardah-long-lasting.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh gampang patah. Terutama yg exclusive tuh. Mungkin karena blenyek creamy gitu yak teksturnya

      Delete
  19. Iya ya... harusnya yang judulnya 'matte' itu yang Longlasting, hihi...

    Yang aku suka dari seri Exclusive cuma pekejingnya aja, cakep gak keliatan murah kaya yg lain. Tapi kulitas mah dibawah Matte yang harganya dibawah exc.

    Matte nomer satu deh, aku paling demen essential nude... ^^ Bronze nude juara 2 nya... Teksturnya paling ciamik dan sekali sweep langsung nutup warna bibir. Harga super murah, emejing deh... Dulu beli di lazada harganya cuma 25 ribuan, langsung deh borong 4. Eh trus,gak lama harganya jadi naek.. jadi 30 ribuan, huaa...

    Kalau longlasting itu awet gak nyiplak ke gelas :P Tapi kalau aku makenya harus pas bibir bener2 sehat. Dan ini gak bisa dipakein lipbalm sebelumnya karena bakalan gumpel2 warnanya, hiiiii...

    very nice review ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Yang matte nggak matte. Yang longlasting malah matte ^^

      Kalau aku malah demen yang bronze nomer 1. Hahaha...

      Aku termasuk yang nggak bisa pake longlasting nih, Mizha. Keriingggg

      Delete
  20. Mb mau tanya .. klo untuk bibir yg pecah n kering bagusnya pakai yg mana ya?? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara yang matte atau exclusive. Dicoba sendiri aja sih, kan cocok cocokan. cocok di saya belum tentu cocok di mb :)

      Delete
  21. bibirnya nampak sehat sekali yah mbak... saya iri... saya udah capek berjuang dengan segala lip balm dan minum air putih sebanyak-banyaknya selalu aja ngelopek-nglopek ni bibir jadinya gak pernah keliatan cakep kalo dipakein lipen :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya bibirku juga kering kok mb. Sampai ngelopek2 juga. Kalau mau pakai lipen harus di scrub dulu, trus pakai lipbalm yang ampuh. Kalau enggak jatuhnya jeleekk banget. Aku malahan lebih sering pakai lipgloss/liquid lipstik aja akhirnya.

      Delete
  22. Gara gara ngeliat review nya mba racun...jd ikut ikutan keracunan wardah nieee...jd deh koleksi liptsik matte nya wardah

    ReplyDelete
  23. saya juga termasuk yang suka banget sama lipstick matte sis, apalagi saya juga udah jatuh cinta sama si long lasting ini.
    saya juga pengen banget nih beli yang shade 02 ini, soalnya baru punya yg shade 09. hihi
    salam kenal ya sis, knjungi juga blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah nggak bisa pakai yang long lasting, soalnya keriiing. Lebih suka yang seri matte (yang hasilnya ternyata nggak matte :p)

      Delete
  24. Mau nanya donk........
    yang bisa bantuin jawab:
    bibir saya sering kering bisa dibilang sanggat kering
    saran untuk bibir kering pake yang mana ya.......?
    yang Matte,Exclusive,Atau yang Longlasting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok cocokan sih. Dicoba dulu aja semuanya. Bisa aja di aku cocok yg ini di kamu ga cocok ^^

      Delete
  25. Aku pake yang longlasting no. 1...suka banget...tahan lama...tapi mau coba matte yang bronze nude ah ^,^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku keriiinggg si longlasting. Hehe.. Iya, bronze nude cakep sangat lah :D

      Delete
  26. wahh thanks for sharing Mba.. aku juga favorit si wardah ini. tp cm punya yg exclusive. di aku ga bikin kering sih. aku punya beberapa warna buat seri exclusive ini dan trnyata warna yg lebih gelap ky sheer brown atau pink tua gt lebih pigmented daripada warna muda nya. klo warna muda di aku samasekali ga pigmented, susah diblend, dan bikin kering jadinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya warna muda memang susah banget ya cari tekstur yang enak ^^

      Delete
  27. pengalaman kita sama deh mbak, dan sekarang saya stay dgn warda longlast
    walaupun sbnrnya krg cocok dgn bibir saya yg super kering, tp saya aplikasikan dgn liblam dr zoya sebelum menggunakan semua riasan awal yg saya lakukan adl olesan liblam yaa lumayan lah buat ngatasin bibir yg super kering dan lipstik wardah longlas bisa keliatan fresh lbh lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah pakai lipbalm tetep nggak nolong nih mba. Kayaknya bibir aku yang keterlaluan keringnya :(

      Delete
  28. Wah wah komen nya macam2 y..ak bru bli matte lipstick 04. Trus ku cba olesin tipis2, jdiny sprti wrna bibir merah alami loh. So, klo buat cwek2 yg ska tampil natural sih cocok bngt..

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya pakai yg nggak ninggalin link hidup di sela2 huruf. Karena itu nggak sopan. Thanx :)

      Delete
  30. Aku pake yang Longlasting No. 01, suka banget warnanya bagus , tapi kurang cocok bibirku jadi pecah - pecah. Padahal suka banget sama warnanya :(

    ReplyDelete
  31. Kayaknya aku keracunan juga deh. AKu belum pernah pake lipstik wardah... Aku mau coba yg matte ah

    ReplyDelete
  32. Maaf ya, tapi kayaknya ga ada yg bagus deh, keep on hunting girl.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.