Friday, October 25, 2013

Face Skincare yang Paling Saya Butuhkan: Pelembap!

Postingan ini dibuat sebagai contoh untuk submisi giveaway saya dan Iqbal Prasetya.


Para makeup junkie di sini ada nggak yang masih nganggep skincare itu nggak penting?

Saya punya temen nih *dan gosip pun dimulai*, dia cantik, pinter dandan, dan suka make up. Tapiii, dia kurang peduli gitu lho sama perawatan kulit. Setiap hari dia pakai foundation/ BB Cream, tapi nggak pernah pakai serum/toner/pelembap sebelumnya. Katanya, pelembap dan kawan-kawan itu dipakai malem aja, toh siang udah pakai foundation/ BB Cream.

Perawatan yang saya maksud di sini nggak terbatas pada perawatan di dokter atau klinik kecantikan ternama, atau perawatan dengan produk yang mahalnya ajubile yak. Membersihkan muka dan memakai sunscreen tiap hari itu namanya juga perawatan. Pokoknya segala hal yang ditujukan untuk melindungi, membersihkan, menutrisi, dan membuat kondisi kulit kita lebih baik, itu namanya perawatan kulit.

Skincare itu beda lho dengan make up. Make up itu tujuannya untuk menghias dan mempercantik kulit kita, yang sifatnya sementara. Sedangkan skincare itu tujuannya juga untuk mempercantik, membuat kulit sehat, terawat, terlindungi, dan sifatnya lebih permanen. Penggunaan make up nggak akan ada manfaat jangka panjangnya. Begitu make up dihapus, efek cantiknya juga hilang. Tapi manfaat dari pemakaian skincare akan kita nikmati untuk waktu yang laaaama.

Penting banget memakai skincare sebelum memakai make up. Biar walaupun kulit ditutup dengan make up, kulit muka kita tetap ternutrisi dan terlindungi. Nah, menurut saya BB Cream itu masuk kedalam golongan make-up, bukan skincare, yang pemakaiannya harus didahului dengan pemakaian skincare, dan setelahnya harus dibersihkan sampai tuntas agar nggak mengotori kulit. Gitu. Setuju? Setuju aja deh ya. Saya pernah sharing mengenai rutinitas skincare yang saya pakai di post yang ini.

Saya sendiri punya jenis kulit yang kering. Amat sangat kering dibagian kulit pipi dan rahang, tapi nggak terlalu kering di area-T. Tapi secara keseluruhan, kulit saya itu jenisnya kering. Enak donk, nggak berminyak, make up lebih awet? Eits...siapa bilang? HAH??! SIAPA BILANG?! Yang saya rasain malah nggak enak. Kondisi kulit saya yang kering nggak jarang bikin make up saya susah nempel. Terus kadang kulit saya mengelupas juga karena kering. Bekas jerawat masih bisa ditutup pakai concealer atau foundation. Tapi kalau flaky-flaky karena kering begini ditumpuk foundation, hmm...malah semakin terlihat jelas kalau tekstur kulit nggak rata.

Makanya peralatan perang yang wajib kudu saya pakai sebelum ataupun tanpa memakai make up adalah: PELEMBAP atau MOISTURIZER. Pelembap itu bikin kulit saya nyaman dan nggak kerasa kering dan ketarik gitu. Terus setelah pakai pelembap yang tepat, tekstur kulit saya jadi lebih bagus, nggak kelihatan kekeringan. Make up juga lebih nempel.

Krim malam dan lipbalm bisa saya ganti pakai minyak zaitun. Cleanser bisa diganti dengan minyak zaitun atau Rice Bran Oil serta washlap atau sponge yang bagus. Tapi pelembap itu bener-bener benda wajib tak tergantikan yang nggak bisa saya tinggalkan dalam rutinitas saya sehari-hari.

Apa sih syarat pelembap agar bisa saya bilang cocok dan bagus untuk kulit saya?
  1. Mampu melembapkan kulit saya, dan mengurangi flaky-flaky.
  2. Biasanya saya lebih menyukai pelembap bertekstur krimi daripada lotion.
  3. Kemasannya nggak nyusahin dan higienis.
  4. Cepat menyerap dan nggak kerasa lengket.
  5. Mudah ditemukan (nggak harus PO biar saya nggak kebingungan kalau kehabisan)
  6. Harganya masih bisa dilogika ^^
  7. Nggak menimbulkan jerawat dan efek samping lain di kulit saya
  8. Merk-nya jelas dan terpercaya
  9. Ini opsional, tapi saya lebih suka kalau ada kandungan anti-oksidan atau anti-aging dalam pelembap saya. Soalnya saya merasa kulit muka saya terlalu sering terpapar sinar matahari, polusi, gaya hidup saya kurang sehat, sering begadang, dan yah...kering. Bukan cuma usia yang bikin kulit kita mengalami penuaan dini, tapi karena lingkungan dan gaya hidup juga.

Jujur aja, saya belum nemu pelembap yang bener-bener pas buat saya, yang memenuhi semua kriteria yang saya sebutkan diatas. Jadi saat ini, saya masih berpetualang sama pelembap. Ada dua pelembap yang saat ini sedang saya pakai: TBS Natrulift Firming Day Cream dan L'oreal Revitalift SPF 18.


TBS Natrulift Firming Day Cream


TBS Natrulift Day Cream ini sudah dua kali saya repurchase. Dan saya memang sengaja beli di pot yang kecil. Memang ini tips untuk beli skincare yang kemasannya dalam bentuk jar atau mulut botolnya besar: sebaiknya beli dalam kemasan kecil aja. Karena yang saya rasakan, semakin lama disimpan (dan sering dibuka tutup juga tentunya), kualitasnya semakin menurun.


Saya lumayan suka dengan TBS Natrulift karena krim ini:
  • Mudah ditemukan. Konter TBS itu ada dimana-mana. Kaya cinta, ada dimana-mana. #pukpukyangjomblo
  • Teksturnya krimi berwarna kekuningan, kental, gampang dibaur, dan mampu melembapkan kulit saya dengan baik
  • Bikin make up menempel dengan baik di kulit kering saya
  • Baunya enak kaya mentega. Saya sih syuka baunya.
  • Ada kandungan Organic Pomegranate yang mengandung anti-oksidan tinggi.
  • Nggak bikin breakout
  • Harganya masih masuk akal, sekitar Rp 60 000 untuk 15 ml. Kelihatannya kecil, tapi habisnya lumayan lama loh!


Tapi sayangnya pelembap ini belum sempurna bagi saya. Cocok-cocok aja sih, nggak bikin breakout dan jelas bikin tekstur kulit saya lebih baik, lebih lembap. Tapi ada beberapa kekurangan:
  • Ada perasaan lengket dan panas pada saat awal-awal digunakan. Agak mengganggu. Tapi masih saya tolerir karena efek setelah meresap bikin kulit saya kelihatan lembap dan sehat.
  • Nggak mengandung tabir surya.
  • Kemasannya dalam bentuk jar dengan mulut yang lebuar. Ini bikin produk gampang kotor dan terkena udara, sinar matahari, dan lain-lain yang dapat merusak tekstur produk. Makanya usahakan beli dalam jar kecil aja.


L'oreal Revitalift SPF 18

 

Yang ini saya beli karena SPF 18-nya. Saya butuh krim yang bisa melindungi kulit saya dari sengatan matahari, tapi saya males pakai krim berlayer-layer. Pilihan saya adalah pakai pelembap yang mengandung SPF, atau pakai sunscreen yang melembapkan. Pilihan saya jatuh pada pelembap yang ber-SPF, karena jenis ini lebih melembapkan dibandingkan sunscreen yang mengandung pelembap.

Saya nggak pakai teratur sih, cuma saya pakai kalau saya harus berpanas-panas ria. Akhir-akhir ini saya jarang panas-panasan. Jadi praktis krim ini jarang saya pakai. Oke deh, saya tahu teorinya walau di dalam ruangan, saya harus tetep pakai tabir surya karena sinar matahari itu mampu menembus batas ruang, waktu, dan perasaan blah blah blah. Tapi rrr...saya masih malas. Ntar kalau saya udah nemu pelembap ber-SPF yang teksturnya saya suka, baru deh saya pakai harian. Tapi L'oreal Revitalift ini, saya nggak suka-suka amat sih.

 

Pertama kita bahas dulu kenapa saya suka krim ini yah:
  • Jelas karena krim ini ber-SPF 18
  • Mudah dicari, di Indomart depan rumah juga ada
  • Tekturnya krimi, berwarna putih susu, mampu melembapkan kulit saya dengan baik dan tahan lama.
  • Ada kandungan Retinol sebagai agen anti-aging
  • Nggak bikin breakout
  • Harganya juga rasional, sekitar Rp 40 000 per 25 ml

Yang saya nggak suka:
  • Ada sensasi rasa "pedas" di kulit, dan agak perih di daerah deket mata
  • Ada aroma "pedas" kaya mint gitu, yang mana saya nggak demen
  • Krimnya susah dibaur, ketika dibaur kadang masih ninggalin lapisan putih gitu. Sticky.
  • Kemasannya berbentuk jar. Makanya saya beli yang jar kecil aja. Ini ada versi gedenya.

Sementara ini, saya cuma pakai dua pelembap di atas. Atau boleh dibilang, pelembap yang rutin saya pakai adalah TBS Natrulift Firming Day Cream. Dan saya masih terus mencari pelembap yang lebih enak teksturnya, enak kemasannya, enak hasilnya, dan enak juga harganya. Saat ini saya sedang tertarik dan berencana untuk mencoba Biocell Sun Flower Anti Wrinkle Moisturizer Gel.



postingan kamu tersebut dibuat untuk mengikuti giveaway dari iqbalssi (http://www.iqbalssi.com/giveaway-iqbalssi-ft-racunwarnawarni-sponsored-by-k-pop-beautyshop/) dan Racun Warna-Warni (http://www.racunwarnawarni.com/2013/10/giveaway-wwwiqbalssicom.html) , yang disponsori oleh K-pop Beauty Shop.

K-Pop Beauty Shop adalah online shop yang menjual produk makeup dan skincare Korea dari berbagai brand, dari brand menengah sampai brand premium, dari full size sampai sample size, dan bahkan jualan aksesoris-aksesoris lucu juga. Teman-teman bisa ceki-ceki lucu ke tokonya:

LINE: 081287775842
SMS/Whatsapp: 087771566646
Pin BB (by request only)


------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, kira-kira kaya gitu deh contoh postingan yang bisa diikutin ke giveaway saya dan Iqbal. 

Pokoknya baca aja dulu syarat-syaratnya, baru deh ikutan. Syaratnya gampang dan nggak ribet kok. Ribetnya yah paling cuma disuruh bikin postingan atulah. Tapi menulis kan menyenangkan, kan? Kan?!!

untuk syarat-syarat lebih jelasnya, silahkan baca di post kami:


dan


Semoga beruntung ;)

28 comments:

  1. pelembap fave q viva skinfood tu jg bagus mba :) murah plus ngelembapin bgt without feeling sticky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah pake di tumiittt. Mau coba di muka nggak berani, soalnya banyak g bilang cloge pore, bikin jerawatan. Tapi kayaknya habis reformulasi yak?

      Delete
  2. iya betul. pelembab itu bikin dilema juga buat aku ses. masih belu nemu yang cocok. aku lagi pake lotionnya hadalabo sama gizi super cream. btw mama ku pake biocell juga lho tapi yang versi algae :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga cocok pakai hadalabo & gizi. Kurang lembap. Dan yang gizi perih di kulit, kayaknya karena kebanyakan fragance. Aku juga kayaknya pengen pindah ke yang algae, yang sunflower kurang lembap ^^

      Delete
  3. Aku pernah pake biocell sepaket .. krim malem, pagi sama eye creamnya. Tapi tapi tapi aku cuma suka krim paginya doang. Krim malem sama eye cream so so saja .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga suka jeeng. Kurang lembap ih.. --"

      Delete
  4. saya udh 7th pake loreal yg seri white perfect (day cream & night cream).. puji Tuhan kulit baik2 aja.. btw jeng arum kok udh pake yg revitalift? kan masih imut.. :) saya aja yg 30 msh pake yg white perfect.. (pdhl kan harusnya beralih ke revitalift..mengingat umur -_-)
    ya emg agak2 sticky gitu waktu pemakaian,tp so far baik2 saja..
    tp ya kembali lg klo kondisi kulit manusia tu beda2.. dan kebetulan kondisi kulit saya ini sepertinya ga jauh beda sm jeng sekar.. (maksa..)
    pokoknya intinya saya setuju bgt utk perawatan.. klo saya bilang mending lebih cantik tanpa make up.. tp make up jg ga kalah penting bwt menunjang penampilan.. ^.~b

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah dijelasin di atas aku memang suka kalau pelembapku ada kandungan anti aging nya, & bukan cuma usia yang bikin kulit mengalami penuaan. Yaa...disesuaikan sama kondisi kulit aja lah. Kalau kamu belum butuh anti aging ya nggak udah pakai. :)
      Iya, kalau kulit dasarnya udah bagus, makeup apapun juga jatuhnya bakalan bagus.

      Delete
    2. hehee.. iya.. maap klo kurang teliti bacanya.. :)

      Delete
  5. Aaah, jadi begitu toh rasanya punya kulit kering :''D Kulit saya berminyak dan pernah berandai-andai punya kulit kering biar gak perlu repot hunting produk-produk yg mattifying, karena toh kulit kering "cuma" butuh pelembab kan. #plak Ternyata nyari pelembab yang bagus buat kulit kering susah juga ya... Btw kulitnya Mbak Arum kok bisa jadi kering, dulu waktu awal-awal ngeblog katanya kulitnya cenderung berminyak? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Nggak tau juga ya jeng. mungkin pas kulitku berminyak aku terlalu heboh berusaha ngurangi minyak. Terus juga akhir2 ini kan sering begadang, sering kena sinar matahari langsung, makanan juga berubah, belum lagi umur juga nambah. Ga tau deh yang mana yang bikin kulitku jadi kering ^^

      Delete
  6. salam kenal mbak arum :D kulitku kombi mba.
    aku ma share mbak,hihi. aku pernah pakai biocellnya :D
    kalo dari tekstur enak ya. gel, ga berat di wajah, gampang meresap, botolnya juga bajuss.. hihi
    tapi kurang melembapkan di aku si biocell ini.
    aku beralih pakai hadalabo milk dan lotion yang shirojyun. si duo ini menurutku enak dan terasa melembabkannya :D sepertinya dia jodohku :D
    semoga mbak arum cepetdapet jodoh pelembapnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, mbak Ica :)
      Iyaaa...setuju. Biocell sunflower-nya juga kurang lembap di aku. Tapi aku nggak cocok nih pakai hadalabo, kulit jadi kusem :(. Kayaknya mau beralih ke Biocell yang Algae.
      Makasih :*

      Delete
  7. hai, mba sekar aku pembaca setia blog kamu. namaku maria, salam kenal
    aku pakai olay. aku pernah coba olay natural white, white radiace (dari murah yang murah sampe yang versi mahalnya). hehe, dan sekarang aku pakai olay total effect. aku pake serum, krim siang-malam, dan krim mata. aku cocok bgt pake olay. orang2 bilang wajahku kinclong. usiaku 24 tahun tapi kalo aku ngak nyebutin usiaku, oarng2 pikir usiaku baru 20 tahun. masa sih? hehehe. oiya aku pernah tiga kali mencoba krim mata (merk yang berbeda tentunya) dan manurutku krim mata olay yg paling the best. lingkar gelap mataku berkurang-walaupun kerutannya tidak. tapi aku cukup puas dengan krim matanya. oke bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Maria. Nama kita sama :))
      Duluuu aku pernah cobain pelembap olay. Tapi mukaku jadi kusam dan menggelap gitu, jadi nggak aku terusin karena berasa nggak cocok. Tapi banyak yg bilang klo olay cocok buat kulit kering. Jadi pengen nyoba lagi, siapa tau dengan kondisi kulitku sekarang jadi cocok.

      Thanx sharingnya ya mbak :*

      Delete
  8. Kulis sy oily bgtss, rada susah cr pelembab yg cocok, tp sdh berulang kali repurchase sm pelembab ini : L'oreal UV Perfect SPF 50UVA UVB+++. Emang sih kurang nampol oil controlnya (wajah sy yg keterlaluan oily-nya) tp sy suka sm SPF nya, krn sy byk aktivitas luar ruangan, gk bikin gosong+belang di muka... :)

    ReplyDelete
  9. Mbak, kalo buat kulit kaki tangan yg kering itu pake minyak zaitun yg kayak gimna ya? Yg buat lulur ato yg bagaimana? Tolong rekomendasiny.. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rrrr...yang gimana maksudnya? Aku bingung ^^. Ya cari yang cocok aja tah, mbak :D

      Delete
    2. bntu jawab yaa mksdnya mungkin minyak zaitun yg jenis apa, evoo atau minyak zaitun yg buat massage macam mustika ratu gt kali ya :D , 2 2 nya sih gpp menurutku tp lebih lembap evoo, murni soalnya tanpa bau2 wangi soalnya fungsinya buat masak sih ahahhaha

      Delete
    3. Oalah...hihihi...aku nggak mudeng pertanyaannya :D
      Hooh, paling bagus sih EVOO. Tapi karena mahal, ya kalau buat badan boleh lah pakai minyak zaitun yang buat pijet entuk. Tapi kalau buat muka ya jangan.

      Delete
  10. Mbak, kalo buat kulit kaki tangan yg kering itu pake minyak zaitun yg kayak gimna ya? Yg buat lulur ato yg bagaimana? Tolong rekomendasiny.. Makasih :)

    ReplyDelete
  11. Halo tante.. eh mbak uhuk aku panggil apa ya? Kak aja kali ya? biar lebih muda :p ohiya kak! aku bersyukur banget ketemu blog ini :D karena kebanyakan blog yang aku temuin jenis kulitnya berminyak atau kombinasi.. sedangkan aku jenis kulitnya itu kering ga karu-karuan.. boleh minta sarannya ga? pelembab yg bagus untuk anak usia 16 tahun itu apa? hehe terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Asri, panggil Arum aja. Aku lebih suka dipanggil nama tanpa embel-embel sebenernya :D
      Biasanya aku nggak pernah nyaranin merk skincare, karena kan cocok-cocokan yah. Takutnya nggak cocok. Tapi kita coba ya. Kalau umur 16, coba pakai sunscreen/sunblock aja gimana untuk aktivitas pagi/siang hari? Dari brand skin aqua menurutku lumayan lembap tuh :)

      Delete
  12. Iya tuh aku pake LOREAL REVITALIFT perih bgt... :'(

    ReplyDelete
  13. Halo Arum salam kenal. Aku baru nih di dunia skincare dan makeup padahal umur udah lebih dari 1/4 abad. Maklum dulu tomboy dan cuek banget ama penampilan dan sekarang berhubung takut penuaan dini, sibuklah berburu dan berguru soal skincare. Hehehe.. Aku sekarang lagi pake Australian Tea Tree Oil Cream. Awalnya aku dikasi krim itu sama om aku yang tinggal di Aussie karena dia lihat aku bermasalah ama psoriasis. Dan pas googling, ternyata dia multi purpose cream. Jadilah aku pakai sebagai pelembab (keroyokan sama bokap-nyokap secara gede banget 250 gr) dan di aku sih bagus banget hasilnya moist seharian. Kalau mau makeupan, biasanya aku skip primer dan double si cream ini (tekstur dia tuh lucu, creamy powdery gt). Dan aku suka hasilnya. Aku ngga tau di Indo bisa dapet dimana dan harganya berapa tapi kemaren2 cek e**Y sekitar AU $4.95. Yah, ini sekedar share pengalaman aja ya, soalnya skincare sih cocok2an tapi siapa tau aja bisa membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii salam kenal Glea :3
      Thanx ya sharingnya ;)

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...