Friday, September 13, 2013

Resep: Balado Sarden


Ada yang suka bosen sama rasa sarden yang gitu-gitu aja? Atau ada yang kaya saya, sebenernya kurang doyan sama Sarden yang kuahnya rasa saus tomat? Iya, saya nggak demen sama Sarden rasa saus tomat. Sarden itu kalau nggak pedes rasanya kurang nendang *kemudian makan sambil ditendang* *Biar nendang* *Halah*.

Makanya ketika di kulkas stok sarden tinggal tersisa yang saus tomat, harusss saya ubah biar pedes. Jadi saya tambahin cabe deh, biar jadi balado sarden.

Simpel aja sih sebenernya, si sarden di ublek bareng sama sambel balado. Masaknya gampang dan saya bilang sih tergolong curang kalau saya bikin resep begini, soalnya sarden kan tergolong makanan instan. Hihihi... 



Bahan-bahan:
  • 1 kaleng kecil sarden rasa saus tomat (saya pakai sarden Ayam Brand. Orang rumah saya memang fanatik sama Ayam Brand. Kalau sarden belinya selalu merk ini --")
  • 1/4 gelas kecil air kaldu (saya pakai air bekas rebus ayam)
  • Minyak goreng (kira-kira 4 sendok makan. Atau berapa? Agak banyak deh pokoknya)
  • 5 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit
  • 4 siung bawang merah (iris tipis)
  • 1 lembar daun jeruk
  • garam (dikiiit aja)
  • gula pasir

Cara masak:
  • Haluskan cabe merah, cabe rawit, gula, dan garam. Nyante aja sih nguleknya. Nggak usah terlalu halus juga nggak papa.
  • Panaskan minyak goreng. Minyaknya agak banyak yah.
  • Masukin bawang merah iris, tumis sampai setengah matang
  • Masukin sambel yang udah dialusin tadi, aduk-aduk sebentar
  • Masukin daun jeruk dan kaldu. Tumis terus sampai warna merah cabenya layu dan kaldunya meresap.
  • Setelah sambal matang, masukin sarden. Kalau kuah saus bawaan sardennya berasa kebanyakan, dikurangin aja nggak papa.
  • Cicipi. Kalau kurang anu tambahin aja gula pasir dikit. Aduk-aduk sampai rata. Awas, ikan sardennya jangan sampai hancur.
  • Mateng deh ^^


Sekarang yang jadi pertanyaan, kenapa saya lagi diet malah masak sarden? Jadi ceritanya saya bangun kesiangan. Bangun-bangun orang serumah nggak ada, dan pintu dikunci. Duh...saya dikunciin di dalem rumah. Bapak saya SMS katanya pergi ke kantor pos sebentar. Ternyata lama. Saya kelaperan, dan saya nggak ditinggalin makanan cobaa T.T.

Terus saya buka-buka kulkas. Nggak ada stok daging, ikan, atau sayuran juga. Sedih deh. Eh..di bagian belakan, nyelip sarden satu biji. Setelah saya lihat, yah...rasa saus tomat. Ya udah makanya saya masak aja sardennya.

Nih makan siang saya:


Makan sama sarden begini bikin saya inget jaman-jaman masih nge-kos. Kalau pas mudik bawa-bawa sarden dan mie instan semuatnya tas. Buat stok kalau-kalau lagi labil ekonomi, yang mana ternyata sering sekali :D.

32 comments:

  1. hmmm enak, nyam nyam jadi kangen maem sarden kalengan duh jadi laper ngliat postny mbak e wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini ngangeni deh. Sama kaya indomie. Makanan instan ada di mana2 tapi ngangeni :p

      Delete
  2. Aiiihhh, bru kmrn bikinin ini buat suami nich Mbak Arum XD

    ReplyDelete
  3. kayak ibuku Rum, fanatik sama Ayam Brand ato gak Delmonte...soalnya kalo yg merk lain katanya ikannya kecil2 :p

    - Rahma -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh...jadi itu alesannya, karena gede :))))

      Delete
  4. betul mbak sarden emang enak dimakan klo pedas2 pake nasi anget maknyuss..apalgi klo kantong lagi cekak bwahahaha

    benar2 santapan yang bikin kontoversi hati dan membantu stabilitas labil ekonomi demi sebuah harmoniasi perut yang dipertakut #blah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu. Sarden pedes memang paling mantab :p

      Yah, demi kebagusan reputasi ini dimasak agak ribet pakai sambal balado ^^

      Delete
  5. kalau aku tak campur indomie mbg.... hahaha, ditambah irisan bawang dan cabai... huaaahhh.. nikmatnya... hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, boleh dicoba nih. Indomie apa? Indomie goreng apa rebus?

      Delete
    2. apa aja sih, tapi yg rebus lebih enak menurutku :D

      Delete
  6. Udah lama enggak bikin, sekarang aku juga somewhat anak kost ses.
    Tinggal sendiri huu huu
    Masak taoge ahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli sarden gih ses. Ngirit. biar bisa dateng ke kawinanku #teteup

      Delete
    2. Makanya bayarin donk seess... Wkwkwkw ngarep.com

      Delete
    3. Seesss, plis ses. Aku kan mantennya sessss --"

      Delete
  7. Replies
    1. Yah..Mizha. Cumi alergi, sarden juga alergi *pukpuk* :))

      Delete
    2. yah pokoknya semua seafood kecuali kerang bambu dan ikan tenggiri... bersukur makan mpek2 gak gatel, hahaha..

      btw, nasi merah sama nasi item enakan mana rasanya? Kalau nasi merah thok, rasanya... ya gak ada rasanya :D Kadang, aku suka nakal campur pake nasi putih dikit...

      Delete
    3. Yah..sayang bangeeettt :p. Eh..tapi aku sama kerang nggak tahan lho, pusing & mual kalau kebanyakan :D

      Masih lebih enak nasi merah, Mizha. Kalau nasi item itu bener-bener, apa ya istilahnya, ya gitu deh, nggak ada rasa manis dan guruhnya sama sekali. Tapi bisa untuk nurunin kadar kolestrol di tubuh/darah gitu katanya. Kalau aku sih doyan2 aja :))

      Delete
    4. tapi, pengen coba juga nasi item... emang manfaatnya lebih besar, antikanker juga...
      Tapi kalau dicampur sama lauk yang gurih2 kayaknya udah gak terlalu peduli lagi sama rasanya...
      Mungkin nasi merah jadi gak enak soalnya lauknya paling telor rebus, tumisan, tempe orek... T_T ntar2 mau balado-an aja deh... perut jadi bunyi ngomongin makanan :p

      Delete
    5. Eh aku juga paling-paling tak makan sama sayur + tempe/ayam/ikan gitu lho. Jarang2 makan sarden balado begini :D.
      Iya, tapi. Coba divariasi lauknya biar agak enakan. Atau pakai yang berkuah kali ya?

      Delete
  8. Akuuu juga biasa pasti ditambah-tambahin lagii.. Coba tambahin kentang goreng yang dipotong kalo kaya buat sambel ati gitu deh. Endes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...ditambah kentang goreng sama pete juga maknyusss. Sayangnya nggak ada bahan2nya di kulkas >'<

      Delete
  9. resep mbak Arum bikin laper nih.. punya stok sarden di kost bingung mau di bikin apa.. ikutin resepnya ahh~

    ReplyDelete
  10. itu nasi merah ya mbak,, wah jd kepengen nih, dah lama gak maem nasi merah.. soalE yen tuku neng pasar kadang2 jik akeh gabahE, hehehehehe... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu nasi hitam, mbak. Lebih sangar dari nasi merah :))

      Delete
  11. Ya ampuuun baca postingan ini bikin makin laper. Ke dapur deh langsung buat, mumpung ada sarden. Tapi paporitku ABC or gaga..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo bikin :D
      Aku nggak demen ABC jeng. Durinya banyak :))

      Delete
  12. klo mau praktis lagi... sekarang dah ada "Sarden rasa Sambal Balado"..... merk nya : King's Fisher.... itu lebih nendang lagi rasanya...
    and ga perlu dimasak or dibumbuin lg.... ( ngiklan nih.... hehehe... )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih praktis. Sayangnya aku kurang suka, pak, sama sarden Kin's Fisher

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...