Friday, May 31, 2013

DIY: Foundation Rasa BB Cream



Teman-teman di sini ada nggak:
  1. yang punya foundation tapi nggak pernah terpakai karena lebih suka pakai BB Cream
  2. yang merasa tekstur foundation-nya terlalu kental dan berat? 
  3. yang kulitnya terlalu kering sehingga kalau dipakaiin foundation hasilnya malah cakey nggak jelas?
  4. yang suka sama tekstur BB Cream, tapi nggak bisa pakai BB Cream karena pilihan warna BB Cream yang terlalu pink atau greyish?

Eman-eman ya, foundation-nya. Udah dibeli tapi nganggur.

Kalau saya yang nomor 3. Kulit saya lagi kering-keringnya. Walau udah pakai pelembab yang teksturnya lebih rich dari biasanya, tetep aja kulit saya dehidrasi dan mengelupas di beberapa tempat. Kalau nekat dipakaiin foundation, hasilnya jelek banget. Bagian-bagian yang kering bakalan terlihat makin jelas, dan foundation yang dipakai jadinya cakey.

Jadi saya bikin ramuan sendiri deh, yang tadinya mau saya beri nama DIY BB Cream. Tapi karena kebanyakan orang memperlakukan BB Cream seperti skincare, saya jadi nggak pede. Soalnya ini nggak ada kandungan skincare-nya. Ya cuma foundation yang teksturnya seperti BB Cream, lebih lembab, lebih ringan, dan lebih gampang dibaur.

Cara ini juga bisa jadi solusi juga bagi yang punya permasalahan nomor 1, 3, dan 4.




Caranya, saya mencampurkan foundation yang saya punya, dengan make up base (saya nggak punya make up base jadi saya ganti dengan Acnes UV Tint yang didalamnya terdapat kandungan dimethicone) dan pelembab.

Perbandingannya biasanya kalau saya:
Foundation: Pelembab: Make Up Base = 2 : 1 : 1

Perbandingan ini bukan harga mati sih. 
  • Banyakin Foundation: kalau kepengen daya tutup yang lebih baik.
  • Banyakin pelembab: kalau kepengen daya tutup yang tipis-tipis aja tapi lebih lembab.
  • Banyakin Make Up Base: Kalau pengen teksturnya lebih "licin" saat dibaur.

 

Campurkan ketiganya. Boleh menggunakan tempat yang layak, tapi kalau saya lebih suka pakai punggung tangan saja :D.


Aplikasikan merata dan tipis-tipis pada wajah dan leher. Kalau saya, suka pakai jari-jari tangan aja soalnya teksturnya encer. Kalau pakai kuas malah lama ngebaurnya, dan kalau pakai sponge malah produk banyak yang terserap ke sponge. Tapi sekali lagi, bebas lah ya. Kalau suka ngebaur pakai kunci inggris atau pacul juga boleh. Toh muka-muka sendiri, yang ngerasain dan nanggung resiko juga sendiri. Buebas!


BB Cream-BB Cream-an ini hasilnya tipis aja sih. Mampu meratakan warna kulit tapi nggak mampu menutup noda-noda heboh semacam jerawat di dagu saya itu. Iya saya lagi jerawatan di dagu. Tapi udah mau sembuh kok.

 

Tapi yang saya suka, BB Cream-BB Cream-an ini teksturnya enak banget, nggak perlu ngotot ngebaurnya. Dan karena kulit saya lagi kering karena dalam masa pengobatan jerawat, jadi foundie biasa bakalan cakey di kulit saya. Kalau pakai cara begini sih nggak cakey, dan saya tetep bisa mempertahankan penampilan natural glowy dewy merona berkilauan mempesona ala saya. Ha!!

Kekurangan dari ramuan ini: Oil Control-nya jelek banget dan nggak tahan lama! Jadi untuk yang kulitnya berminyak banget, nggak usah ikut-ikutan saya ah. Tapi mungkin itu juga karena pengaruh merk-merk produk yang saya pakai sih. Rrrr...entah deh ya, saya belum pernah coba pakai merk lain.


Mix: Caring Stay True Foundie + Acnes UV Tint + Pelembab Purbasari
NYX Mozaic Blush Hiliter
Ranee Liquid Eyeliner
NYX JEP Chasmere
W 'n W Megalast Lip Color 24 Carrot Gold

Pelembab Purbasari saya dapat barengan sama paket Make Up Purbasari. Pelembab ini lumayan lho, lembab tapi nggak berminyak. Cepet nyerep juga. Paket Make Up Purbasari pernah saya review di sini.

Eh, saya tambahin pendapat saya mengenai BB Cream ya. Tapi ini pendapat saya aja lho. Dan saya bukan ahlinya.

Saya adalah penggemar BB Cream, karena terasa lebih ringan daripada foundation, karena daya tutupnya yang natural dan tipis-tipis aja, dan juga karena teksturnya yang licin dan gampang dibaurkan. Tapi, walau klaimnya BB Cream itu adalah skincare sekaligus make up, saya sendiri lebih suka mengabaikan kalau BB Cream ini mengandung skincare di dalamnya. Jadi saya suka BB Cream memang sebagai make up, dan kurang begitu peduli sama kandungan skincare whitening anti aging dkk dkk di dalamnya.

Bagi saya, BB Cream itu lebih kepada make up daripada skincare. Yang penggunaannya harus didahului dengan penggunaan skincare (toner, pelembab, dan sunscreen) sebelumnya. Yang kalau dipakai harian nggak bagus buat kulit saya karena terlalu berat. Yang kalau saya bersihinnya nggak total bakalan jadi jerawat keesokan harinya.

Jadi, sekali lagi saya mau bilang kalau bagi saya, BB Cream = Make Up. Bukan Skincare.


Eh, pada ikutan giveaway saya dan Miss Lie, yuk ^^. Kalau menang bakalan dapet blusher Etude atau BB Cream dari Skin79. Asik kan? Yuk yuk yuk...

38 comments:

  1. Maoo Acnes ituuu! Kok ga pernah liat ya? aku cocok sama sabunnya ^^ Ses, makin cantik aja ih perasaan ;*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakkkkk aku makin cantik aakkkkkk *iya, bagian ini dulu yang dikomenin :D*

      Acnes di Carefour atau Guardian gitu ndak ada, Ses? Aku beli di Carefourrrr.

      Delete
  2. hmm... cara ini dipake di saya pasti minyaknya gak karu-karuan, Pertamina bisa buka lahan tambang minyak baru deh ntar di muka saya, mbak. Tapi coba2 ah tar di rumah kalo libur dan gak kemana2 =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau berminyak kulitnya mending nggak usah :)

      Delete
  3. Nice post sis :)
    anyway warna lipsticknya cantik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanx :)
      Kata Popon itu lipstiknya bikin bibir monyong kaya headerku --"

      Delete
  4. Mau nambaih pendapat tentang BBC(setelah belasan kali nyobain sample dari berbagai merek, haha...)---> Ini pendapatku lho, aku bukan ahlinya juga, hihihi...
    BBC cream itu sama seperti base compelxion lain seperti foundation... SEKARAng, cuma sekedar nama aja, #danstrategimarketing. Itu SEKARANG lho, soalnya di awal pembuatannya, BBC emang punya tujuan mulia, bukan sekedar 'jualan' (hehe gimana sih, kan emang harus dijual...?)

    Masalahnya, sekarang foundation udah banyak yg teksturnya light, plus skincare (whitening, moisturizer, antiaging dll), plus UV filter... Malah udah ada yang plus primer... kayak MAx factor facefinity 3in1...

    Perbedaan paling mendasar: Pilihan Shade. Jarang banget (atau malah gak ada? CMIIW), pilihan shade BBC lebih dari 3. Misalnya, merk Innsifree... Rata2 BBC nya cuma punya 2 shade, tapi foundationnya ada 5 shade... :) :) Itu yg paling mendasar lho, soalnya rata2 memang BBC tekturnya lebih light dari foundation (walaupun udah banyak foundi yang mirip BBC)

    btw, postingan ini mirip postingan mu yg kawas jeng... kalau gasalah DIY tint moisturizer (jadi adonannya moisturizer + faoundation) bener ga... Apa salah inget aku... XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihh...Mizha gitu ihhh :D :D :D :D

      Iya setujuuuu. Jaman sekarang foundie & BB cream emang nggak ada bedanya sih menurutku. Udah beda sama BB cream yang pertama, yang buatan dokter Jerman untuk digunakan pasca operasi itu. Yang sekarang mah ya cuman alas bedak berwarna aja kaya foundie. Terus yang kemudian CC cream DD cream (rrrr apakah habis ini bakalan ada EE cream? Geli juga dipake di muka..) itu juga trik marketing menurutku. Sama semuaaaa :D.

      Tapi aku masih seriiing banget dapet pertanyaan dari reader semacam "boleh nggak BB cream A di campur dengan BB cream B, soalnya aku mau dapetin manpaat waitening dari A dan anti jerawat dari B". atau: "kan aku pakai BB cream, masa harus pakai pelembab juga sih?"

      Dari pertanyaan2 semacam itu aku menyimpulkan kalau orang2 masih memperlakukan BB cream juga sebagai skincare gitu. Udah berkali-kali juga aku tulis tiap review BB cream kalau BB cream cuma makeup, harus diawali dengan skincare sebelumnya, bla bla bla, tapi orang2 kayaknya ya tetep kukuh pada pendapatnya kalau BB cream itu bisa untuk perawatan.

      FYI, aku pernah di protes heboh dan berapi-api lewat email gara2 ngomong kalau BB cream itu bukan skincare, cuma makeup. Kayaknya sih dia seller gitu ^^. Aeh...takut.

      Iya, pernah posting itu. Tapi masih nggak jelas gitu deh foto & penjelasannya :D

      Delete
    2. iya mbak bener,justru klo mengharapkan bb cream itu sama seperti kinerja 5 tahap skincare saya : sabun+toner+essense+lotion+sunscreen bekerja dalam 1 product bb cream saja semua jg maooo haaha..faktanya klo tanpa skincare td,hanya mengharap bb cream saja,wajah akan kembali kusam,kering jerawatan komedoan dan flex dimana2 -_-

      Delete
    3. Iyo. Ajaib banget kalau dari satu krim udah dapet segala macam manfaat kan? Terus dimana asiknya dandan yang berleyer2 :D

      Delete
  5. Kalo aku gpake foundation kak XD BBC doang, jd di mix sama lotion atau sm moisturiser fav ku, jadi lebih light tapi gatau knp shadenya jadi lebih putih dan lama ngebaur XD

    Emang mungkin gaboleh merubah takdir BBC kali ya -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahaa...mungkin pas nggak "pas" aja produk-produk yang kamu campur. Dulu aku juga pernah sok-sokan bikin DIY tint moizturiser, nyampurin foundation Inez sama Pelembab Viva grean tea, tapi kaya berantem gitu teksturnya. Terus coba-coba deh pake merk A merk B merk C, baru nemu yang memang cocok dicampur :D

      Delete
    2. wwahahahah XD bukan gitu kak, maksudnya itu lama ngebaurnya itu lama nyesuain sama warna kulit wajah :DD kan biasanya kalau BBC sendirian nyesuain sama kulit wajahnya cepet ^^

      Delete
    3. Oh..jadi BB cream-nya warnanya jadi nggak nyatu gitu ya sama kulit? Hmm...jadi tertarik pengen nyobain nih. Kenapa yah bisa gitu?

      Delete
  6. ih lipsticknya baguuss, lg pengen bgt lipstick warna orange ><
    siapa tau ada yg bernasib sama beli bb cream shadenya keputihan di akalin aja mix bb cream + foundie hasilnya bagus :)

    ReplyDelete
  7. Iiih cantik hasil akhirnya, itu pake eyeliner apa ya? *ups salah fokus*
    Hoooh yang pake silikon itu bs jadi base ya?? *manggut-manggut*

    Aku jg pernah coba campur bb cream yang susah ngebaurnya ama pelembab, tapi malah ribut mereka gak mau nyatu T_T

    dinisetiyorini.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh...kadang-kadang memang merk anu sama anu gitu kalau dicampur berantem. Aku sebelum ini pernah cobain pelembab Viva grean tea sama Inez satin foundie juga berantem T.T

      Delete
  8. Wahhh tips bagus nih mba. Nanti coba2 baurin ah. Hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :D. Iya coba deh. Pake merk lain coba, bisa nyampur nggak ya kalau pakai merk lain?

      Delete
  9. Wah ses, jadinya glowy gitu, bagus, sayang aq ga bisa cobain kayaknya.
    Secara mukaku berminyak walopun kadang dehydrated.
    lippienya seger ses warnanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh ini oil controlnya jadi payah. Mungkin karena merk produknya juga sih ya? Iyaaaa...suka banget lipen ini. Swegerrr.

      Delete
  10. ga pernanh pake BB jdi ga tau sih. . .
    palingan foundi tpi skrg udah pke lg sih
    cuman pelembab dan bedak tabur sj hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai BB / Foundie juga paling cuma kalau acara khusus kok :)

      Delete
  11. lipstiknya bajus! *salah fokus* :P

    ReplyDelete
  12. setuju kalo bb cream termasuk make up

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Harus pakai skincare dulu sebelumnya :D

      Delete
  13. wah wah makin hari kok makin tambah cantik mbak..apa karena udh ada aroma2 akan segera merried ya heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh...kamoohh. Kan aku jadi mauuuu *blushing* *tapi mau*

      Delete
  14. MBAAAAAK AKU MAU PELUK CIUM NIH. aku hri ini nyobain kan wardah dicampur sm uv tint, dan hasilnya bagus bangeeeeeet. gak cakey dan aku suka waktu ngblendnya. mukaku mendadak flawless gituu. emang sih jd oily tapi tinggal pake kertas minyak jg ilang lg. pokonya sukaaaaaaa. thankyou mbaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluk cium buat mbak Anis xoxoxo

      Hahahaa...syukurlah kalau postingan aku bergunaa. Makasih ya udah baca & dipraktekin :*

      Delete
  15. Siaaang Arum (panggil aku Ira aja deh biar akrab hehe)

    aku juga sependapat sama Arum bahwa bb cream hanya makeup, bukan skin care. Dan aku baru beli bb cream perdanaku hari minggu lalu 20 APril 2014, karena kemaren emang mau beli skin care TBS yang Moisture White Shiso, aku beli juga bb serum inside yang katanya bb cream ber serum. Yah whatever lah hehe yang pasti aku pake skin care dulu baru pake bb serum inside di muka, tapi pakenya hanya di polesin ke noda jerawat di sekitar dagu sajah, yang di pipi dll gak dikasih, ini beli bb serum TBS moisture white shiso hanya utk samarkan noda bekas jerawat yang menyebalkan hiks....

    Ohya Arum pernah coba skin care TBS? kalo sudah review dooonngg.. aku mau baca review Vitamin C Skin Boostnya kalo ada pernah pake karena dengar2 itu bisa utk hilangkan flek dan noda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore Ira :D
      Yup, walau mengandung pelembap lah, whitening, anti aging, anti acne ataupun anti tongpes, makeup tetep aja makeup. Harus pakai skincare dulu sblm pakai makeup :D

      Aku pakai TBS yg vit E. Nggak review soalnya suka bingung kalau review skincare. Kan ga bisa foto before after. Dan hasilnya kan lamaaa nanti :D

      Delete
  16. Aku mau nanya kalo pake lotion ultima double sama nyx primer cakey ga?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...