Tuesday, April 30, 2013

Trip Pantai Slili: Semoga Selamanya Pantai-pantai di Indonesia Tetap Bersih & Indah.


Weekend kemaren kalian kemana, nih?

Saya ke Pantai donk. Enggak weekend pol lah. Saya ke Pantainya Sabtu aja. minggu acaranya body spa & creambath kemudian dilanjut glundang-glundung di kasur sambil twitter-an, baca novel, dan tepon pacar. Syurgaaa. Bahahak...

Saya termasuk sering ke pantai. Ukuran seringnya cukup sering lah untuk ukuran manusia normal. Manusia normal yang tinggal di kota yang jauhnya 3 jam dari pantai. Jogja memang gitu. Keren. Gunung, pantai, air terjun, gua, hehutanan, keraton, bangunan kuno, museum, tugu, resto mewah, angkringan, pasar pagi, pasar malem, pasar kembang, semua ada. Tinggal pilih deh mau wisata alam, wisata budaya, atau wisata belanja. Wisata halal atau wisata haram :D. Dan harganya masih relatif murah. Udah gitu, penduduknya ramah. Coba aja teman-teman nyasar di Jogja, lalu tanya jalan ke sembarang orang. Kebanyakan orang yang kita temui akan memberi petunjuk jalan, tanpa keberatan, tanpa muka jutek. Saya cinta mati sepertinya sama Jogja.

Salah satu yang bikin saya jatuh hati berat dan susah ninggalin Jogja adalah pantainya. Saya suka pantai & laut. Ombaknya, udaranya yang asin, panasnya, pemandangannya. Coba deh yang kebetulan ada rencana ke pantai, lihat ke arah laut. Seolah-olah laut yang kita lihat itu nggak berujung, meyatu gitu sama langitnya. Saya suka merasa 'kecil' dan 'menghilang' kalau lagi lihat cakrawala seperti itu.




Jangan dibayangin kalau pantai di Jogja itu cuma Parang Tritis. Parang Tritis memang jadi semacam ikon kota Jogja, yang katanya punya aura magis, dan kalau ditarik garis lurus akan mengenai keraton di tengah kota Jogja, dan gunung Merapi di ujung garis yang lain. Tapi masih buanyak pantai lain yang lebih keren. Parang Ndok, Parang kusuma, Krakal, Kukup, Baron, Drini, Sundak, Indrayanti, dan masih banyak lagi.

Oh iya, kalau sekarang-sekarang ini, saya sedikit kurang suka jalan-jalan di Parang Tritis. Rame banget. Sebenernya nggak papa sih rame, tapi keramaian itu dibarengi dengan kekotoran. Yang pada dateng ke pantai itu sebenernya pada suka pantai nggak sih? Kalau suka kenapa pada ngotorin? Kalau nggak suka kenapa dateng ke pantai? Bikin kotor aja! Saya nggak suka sama orang yang suka buang sampah sembarangan dimanapun. Apalagi di pantai :|.

Untungnya saya punya temen-temen yang keren abis. Selain nggak suka buang sampah sembarangan, mereka juga selalu nemu pantai yang masih oke untuk dikunjungi. Jaman dulu, saya suka main ke Indrayanti, karena belum banyak orang yang tahu, masih sepi dan bersih. Sekarang Indrayanti udah rame & kotor :(. Drini juga mulai menunjukan gejala-gejala rame. Makanya saya sekarang mengungsi ke Slili.

Pantai Slili itu bersih. Nggak ada sampah-sampah yang ditinggal orang-orang yang ngaku-ngaku suka pantai tapi nggak bertanggung jawab begitu. Masih sepi juga. Semoga sampai selamanya pantai ini dan pantai-pantai lain di Indonesia tetap bersih dan indah.

Biasanya, kalau saya ke pantai jarang foto-foto. Udah keburu nggak bisa tahan diri buat nyebur aja. Dan saya nggak punya kamera yang bisa dipakai di air. Tapi kali ini, kebetulan saya bawa fotografer. Dan si mas tukang foto ini pemalu, makanya nggak mau ikutan nyebur. Dia milih moto-moto sementara saya dan Upik gegoleran mainan air. Fotonya buanyak yakin deh. Dan hampir semua candid. Tapi nggak usah semua dipasang ya. Nanti naksir kalau kebanyakan liat muka saya.



Jangan lupa pakai sunblock dan dandan dulu sebelum mainan air ya.. *teteup*

Kami sampai di pantai Slili sekitar jam 9 pagi. Tapi sayang sekali, waktu itu lautnya masih pasang. Jadi kami nggak bisa langsung berenang.


Kalau pas pasang, gua ini penuh air lho. Nggak mungkin saya bisa nampang cantik begitu.


Ya sudah, sambil menunggu air surut, kami jalan dulu ke rumah-rumah penduduk di sekitar. Beli Popmie dan minum es degan. Masih bingung karena nggak surut-surut, dan angin pantai bener-bener bikin ngantuk, maka kami bobok-bobok dulu di pinggir pantai. Itu pada akhirnya kami semua bener-bener ketiduran lho. Bahkan mas fotografer pun ikutan ketiduran. Ya syukurlah, berarti nggak bakal ada foto saya lagi bobok ileran di pantai. Bangun-bangun sudah jam setengah dua. Dan airnya sudah surut.

Huraaaiiiii!!!!


Nyebur yuk, nyebur!!!

 

Jalan diantara karang ini juga waktu pasang tertutup air. Tapi kalau udah surut gini jadi kelihatan cantik banget. Eh pas pasang juga kelihatan cantik sih :').


Lokasi favorit kami kalau ke Slili adalah diantara karang-karang ini. Disini sih airnya termasuk tenang. Pemandangannya juga, huastaga, cuakep puooolll!!


Ombaknya nggak begitu besar di sini, karena terhalang karang. Tapi hati-hati, kalau pas ombaknya gede banget, teman-teman bisa terseret arus dan membentur karang. Lutut saya sempet jadi korban keseret ombak dan kebentur karang. Kalau saya memang selalu begini, tiap kepantai pasti pulangnya bawa luka baru *meringis*. Karang itu cantik, tapi tajamnya amit-amit. Pokoknya hati-hati. Kalau bisa ajak temen buat saling jaga. Gantian liat ke arah laut. Kalau kira-kira ombaknya ganas, mending mentas.


Atau lebih amannya mainan di daerah yang nggak ada karangnya begini. Ini oke banget buat yang suka mainan ombak-ombak gede. Mainan pasir juga oke. Nggak ada karang-karangan. 

 

 

AAAAKKKK ADA IKAN PAUS TERDAMPAAARRRRR!!!!!!

Saya mau posting ini mikir lama. Saya maunya sih pantainya tetep sepi, tetep bersih :'(. Tapi ya masa saya mau egois. Kalau pantainya rame, penduduk sekitar kan juga untung. Mereka bisa dapet penghasilan jualan makanan, sewain kamar mandi, bisnis penginapan. Ya sudah, temen-temen boleh kok ke pantai Slili.

Tapi jangan dikotorin ya, plis.

22 comments:

  1. eh itu dimana ses? sama drini dkk mananya?

    ReplyDelete
  2. waw bagus pantainya <3 aq jadi kangen ke pantai nusa dua di bali (klo lg surut mirip kyk pantai ini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Bali aku suka padang beach. Gimana padang-padang sekarang? Masih sepi kah?

      Delete
  3. ihiy bagus ses pantainya. itu kenapa yang nampang cuma berdua? cuma bertiga kah yang kepantai? kalo aku yang pergi sama temen-temen pasti malah pada rebutan foto sampe bingung siapa yang mau motoin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg ikut 4. Wah klo aku malah ga demen foto2.ke pantai mah main air aja, & suka sebel kalau ada yg minta2 difoto terus :d
      tapi ini kebetulan aja ada fotografer yg ikut :)

      Delete
  4. Aduhh gw iri mbak, mana bisa gw main kepantai :(,
    sabtu-minggu Kuliah dan ngebabu . . . Rrraawrhhh . . . .

    Visit my homepage XD
    here: buleipotan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh....pukpuk rifka. Ntar klo udah kelar kuliahnya, liburan sepuasnyaaaa

      Delete
  5. Ya ampun... Cantik banget pantainya.. Pengen kesana.. 5 tahun tinggal di Jogja belum pernah punya kesempatan buat explore pantai2nya..:(

    Dini
    handiniaudita.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. aaaa mbak arum ini pantai nya deketan pantai apa deh?
    aku rada gondok sempet ke pantai Pok Tunggal, katanya bagus
    sampe sana eh ternyata banyak karang, ga bisa main air
    ini pantainya bagus banget mbak aaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak tau, beneran nggak mudeng lokasi tepatnya. Aku kan tidur aja, enggak nyetir. Hahaha...

      Cobain ke Drini & Indrayanti deh, itu bagus & banyak yang tau kok. Pasti temen ada yang tau.

      Delete
  7. pantai nya kok mirip pantai sadeng ya mbak? apa itu nama lainnya O.o

    aku juga suka maen maen ke pantai di wonosari mbak. bagus gila :D
    cobain ke wediombo deh mbak, dijamin bakal kehipnotis saking bagusnya.. hahaha XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan jeung. Tapi emang rata2 pantai di sana mirip2 sih. Drini mirip2 ini.

      Iya betuuuuullll bagua gilaaaaaa. Seandainya pantai2 nya cuma lima menit dari kotaaaaa

      Delete
  8. wah kakimu menghilang mba di foto pertama XD
    bagus ya pantainya, sayang di palembang gak ada pantai -___-

    me971113.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaakkk...iya. Kakinya ilang :D

      Sini main ke Jogja. Entar mantaiiii

      Delete
  9. Nyahhh,, ini dimana? Gunungkidul?
    Mananya indrayanti?
    Bagusss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetangganya Indrayanti gitu deh. Wo iya baguusss. Ayok piknik bareng!!

      Delete
  10. ini pantai yang deket sadranan ya? aku sama pacarku dulu beach hunter di gunung kidul >,< pantai ini kayaknya kecil banget ya, dan namanya agak lucu <3
    duh kangen banget sama pantai di Yogya :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sadranan manaa?
      Hahahaaa...aku ndak apal letak pantainya, Jeung.
      Aaakk...beach hunter!! Yuk kulish lagi di Jogjaaa!!!!

      Delete
  11. aaak ! >.< udah lama gak main ke pantai..
    pantainya bagus bgt. Aku jg pas ke Joga ke pantai parang tritis,
    iya sih.. rame bgt..
    pasir nya jg buka pasir putih.. :(

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...