Thursday, November 22, 2012

10 Step Skincare & Makeup di Pagi Hari

Berhubung banyak yang tanya-tanya urutan skincare dan makeup, jadi post kali ini saya mau sekedar berbagi mengenai rutinitas harian saya. Sebenarnya saya pengennya berbagi rutinitas saya dari pagi hingga malam, bukan hanya rutinitas skincare dan makeup, tapi semua-muanya. Dan dilengkapi dengan foto-foto saya dalam berbagai pose #obsesiselebritis. Tapi kayaknya kalau kaya gitu malah nggak ada yang baca deh --".

Awalnya saya mau kasih lihat muka saya ketika bangun tidur:


 

Jidat lebar, pipi cuby, rahang persegi, hidung pesek, bibir gelap, alis tipis, warna kulit nggak merata, beberapa noda bekas jerawat, lingkaran hitam di bawah mata,dan lain-lain? Perempuan memang nggak pernah puas sama kondisi kulitnya ^^. Kalau diturutin, list kekurangan saya bakal panjaaaaang banget. Yah untungnya dari semua kekurangan yang saya punya tersebut, saya cantik #ihik. Dan saya merasa perlu dong menjaga dan merawat kulit muka saya yang cantik ini :D.

Postingan kali ini mungkin akan terselip review-review singkat, tetapi titik beratnya bukan kepada review produk. Saya hanya ingin berbagi step-step apa saja yang saya lalukan setiap pagi.

Berikut rutinitas skincare dan makeup saya pada pagi hari. Biasanya saya melakukan ritual ini sebelum berangkat kerja.

  1. Cuci Muka dengan Sabun Muka

    Saat bangun pagi, penting baget untuk mencuci muka dengan sabun muka yang cocok dengan kulit, agar sisa-sisa krem malam dan minyak muka terbilas bersih, sehingga wajah lebih bersih dan segar. Pilih sabun muka yang cocok dengan jenis kulit kamu, dan nggak bikin kulit kering. Cari sabun muka dengan kandungan SLS rendah, yang ciri-cirinya busanya nggak banyak. Busa yang banyak seringkali membuat kulit kering.

    Saya memakai The History of Who Essential Foam.


    Saya suka banget sama sabun muka ini, karena baunya enak banget dan nggak bikin kulit kering. Cukup pakai sedikit, busakan di tangan, dan usapkan ke wajah sambil dipijit-pijit dengan lembut.


    Busanya nggak banyak dan rasanya nyaman di kulit ^^

  2. Lembapkan bibir

    Sebelum memulai rutinitas wajah, terlebih dahulu saya melembapkan bibir dengan Lipbalm. Saya menaruh ritual melembapkan bibir sebelum yang lain, agar ketika waktunya saya memakai lipstik atau lipgloss nanti, Lipbalm yang saya pakai sudah meresap, dan bibir saya sudah lembap dan supel tapi tidak berminyak
    .

    Saya memakai Sebamed Lip Balm SPF 30. Saya suka Sebamed karena ini cocok banget dengan bibir saya dan sejauh ini hanya lipbalm ini yang mampu menjinakkan bibir saya yang kering dan sering berantem dengan lipstik merk apapun. Keunggulannya lagi, Sebamed mengandung SPF 30 sehingga cocok banget dipakai di siang hari, untuk melindungi bibir dari sinar matahari.





  3. Persiapkan Wajah dengan Toner

    Toner ini teksturnya cair, digunakan setelah wajah bersih pada awal ritual memakai skincare. Gunanya untuk menyegarkan dan mengkondisikan kulit wajah agar siap menerima skincare selanjutnya. Agar kulit dapat menyerap manfaat dari skincare yang akan kita gunakan dengan baik.

    Saya memakai The History of Who Jinyul Balancer. Lagi-lagi saya suka karena baunya yang enak, seperti rempah-rempah atau jamu tapi nggak menyengat.


    Basahi kapas dengan sedikit toner, dan kemudian tepuk-tepukkan ke wajah dengan lembut dan merata. Di tepuk-tepuk aja ya biar lebih meresap, jangan diusap.

  4. Lembapkan Kulit Wajah
    Kulit saya adalah tipe kulit yang susah: berminyak tetapi dehidrasi. Kulit saya sebenernya kering, bahkan pada saat-saat tertentu, terkadang sampai iritasi. Apalagi aktivitas saya dari kerja sampai tidur, kebanyakan dilakukan di ruangan ber-AC. Tapi walau kering sampai iritasi, pada pertengahan hari, minyak-minyak muka tetap keluar.

    Karena kondisi itu maka pelembab merupakan barang yang wajib bagi saya. Saya selalu mencari pelembap yang mampu melembapkan dan memperbaiki kondisi kulit saya, tetapi juga tidak membuat muka saya berminyak.

    Akhir-akhir ini karena usia, kondisi lingkungan yang penuh polusi, dan juga gaya hidup yang nggak sehat *ngahahaha*, saya memilih skincare dengan kandungan anti oksidan dan anti aging. Saya nggak mau kulit saya mengalami penuaan dini T.T.

    Saat ini saya menggunakan pelembap The History of Who Jinyul Lotion.


    First Impression saat dipakai, pelembap ini membuat kulit saya lembap nggak kering, kenyal, dan rasanya ringan. Cepat meresap dan nggak bikin kulit saya berminyak.


    Oleskan pelembap secara tipis dan merata pada kulit wajah dan leher. Memakai krim-krim perawatan apapun sebenarnya nggak perlu tebal-tebal sih. Cukup tipis-tipis saja, asalkan merata dan rutin, pasti bisa memberikan hasil yang maksimal. Kalau terlalu banyak pemakaian pelembabnya, malah krim pelembap akan susah meresap dan membuat kulit wajah terlalu berminyak.


    Saat ini, saya memang memakai seri perawatan The history of Who Jinyul. Saya sudah lama mencari produk anti aging yang bagus, dan Yahnda Beauty memberi kesempatan kepada saya untuk mencoba line perawatan The History of Who Jinyul atau line anti aging dari The History of Who.

    Sebenarnya, perawatan dengan The History of Who ini menggunakan berlapis-lapis essense dan krim. Tapi untuk pagi hari, saya hanya mengenakan yang saya sebutkan diatas. Karena kalau saya pakai komplit pada pagi hari, rasanya terlalu berat dan lagi saya bisa terlambat ke kantor ^^. Line jinyul The History of Who ini saya pakai secara komplit pada malam hari.

    Untuk review line Jinyul The History of Who, menyusul ya.. Saya belum bisa bilang bagus atau tidaknya karena saya baru sekitar dua minggu memakainya. Saya rasa skincare itu butuh waktu yang lama agar kelihatan hasilnya.

    Bagi yang tertarik pada produk-produk perawatan dari korea seperti: The History of Whoo, Sulwhasoo, O Hui, Su:m37, dan Hera, bisa memesan di:


    atau SMS ke nomor: 0857.2967.6698
  5. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari


    Pakai Sunblock itu harus! Wajib! Percuma udah pakai pelembap dan krim-krim perawatan apapun yang mahal-mahal kalau kulit nggak terlindung dari sumber perusak utama, yaitu matahari. Kali ini saya memakai Skinaqua SPF 50. Biasanya saya memakai SPF 30 saja untuk sehari-hari. Tapi berhubung saya mau berpanas-panasan main layangan hari ini, jadi saya memilih memakai SPF 50.


    Berbeda dengan pemakaian pelembap yang tipis-tipis. Untuk sunblock, biasanya saya memakai sedikit lebih banyak untuk memastikan semua bagian kulit wajah dan leher saya tertutup dan terlindungi dengan sempurna dari sinar matahari.
  6. Bingkai Mata dengan Eyeliner

    Eyeliner merupakan barang wajib juga buat saya. Setiap hari saya selalu memakai eyeliner, agar mata saya yang sayu ini bisa tampak lebih hidup dan menyala. Saya menggunakan eyeliner sebelum mengenakan makeup lainnya, karena bagi saya, memakai eyeliner itu adalah ritual yang paling susah. Jadi saya nggak mau beresiko proses memakai eyeliner saya akan merusak makeup lain yang sudah saya aplikasikan.


    ~ Waaahh, kenapa eyelinernya nggak rapi ya? Baiklah, mari kita bicarakan hal lain yang lebih penting :). ~


    Untuk sehari-hari saya hanya memakai eyeliner pada bagian garis mata atas. Tipis saja sudah kelihatan bedanya kok. Favorit saya adalah Inez Liquid Eyeliner. Untuk garis mata bagian atas, saya selalu memilih eyeliner cair yang hasilnya lebih rapih dan intens.


    Bisa dilihat, mata kanan saya yang memakai eyeliner terlihat lebih hidup dari pada mata kiri saya. Itulah kenapa saya kecanduan banget sama eyeliner.

    Untuk sehari-hari, saya nggak suka memakai Mascara, karena akan membuat bulu mata saya rontok bila dipakai setiap hari. Selain itu, nggak seperti eyeliner, Mascara nggak memberikan efek dramatis kepada keseluruhan muka saya. Saya juga nggak memakai eyeshadow karena menurut saya terlalu berlebihan untuk sehari-hari ^^.
  7. Hilangkan Kilap dengan Bedak

    Untuk sehari-hari, saya nggak suka memakai BB cream ataupun foundation. Menurut saya BB cream maupun foundation terlalu berat bila dipakai harian. Kasian kulitnya nggak bernafas. Jadi setelah skincare, saya langsung memakai bedak tabur. Bedak tabur favorit saya untuk sehari-hari adalah Ultima II The Nakeds Loose Powder.


    Saya mengaplikasikan bedak tabur dengan menggunakan sponge bawaannya, tipis-tipis saja. Sekedar membuat kulit saya tidak tampak berminyak. Colek bedak dengan sponge, lalu tap-tapkan sponge ke punggung tangan untuk membuang sisa bedak, agar bedak yang kita aplikasikan di muka nggak terlalu tebal.

  8. Arsir Alis


    Karena alis saya sudah berbentuk, jadi saya nggak perlu menggambarinya lagi. Cukup mengarsir tipis-tipis dengan pensil alis atau eyeshadow warna coklat tua. Favorit saya biasanya adalah Pixy Eyebrow Pencil. Tapi pada saat artikel ini dibuat, pensil alis Pixy saya hilang T.T. Jadi kali ini saya memakai pensil alis Fanbo. ~ Tenang, pensil alis Pixy saya sudah ketemu lagi kok. ~

  9. Sapukan Blushon Agar Wajah Terlihat Segar

    Saya termasuk Tim-Wanita-Yang-Tidak-Bisa-hidup-Tanpa-Blushon ^^. Saya suka sekali blush on, karena membuat efek wajah segar seketika. Blush on saya ada banyak banget. Tapi untuk sehari-hari, saya suka blush berwarna pink yang tipis dan nggak terlalu mencolok. Favorit saya adalah dari LT Pro.


    Blush di atas adalah blush merk LT Pro warna baby pink. Saya membeli reffil palette-nya, yang warnanya pink paling muda. Lalu saya memakai tempat bekas single eyeshadow PAC (yang kebetulan pas dengan blush LT Pro) untuk menyimpan reffil blush LT Pro saya :).

    Warnanya samar-samar. Natural tapi bikin efek wajah terlihat merona dan segar.

  10. Terakhir: Pakai Lipgloss


    Untuk sehari-hari, saya lebih suka memakai lipgloss saja, dan memilih nggak pakai lipstik. Lipgloss membuat tampilan terlihat segar, tanpa terkesan berat. Tapi lipgloss ini nggak akan bisa mengcover atau menutup warna asli bibir, dan juga enggak awet sehingga harus rajin touch up. Favorit saya saat ini adalah Wardah Wondershine warna Pale Pink

Nah, selesai.



Biasanya saya menambah kacamata untuk sehari-hari. Saya hanya memakai softlens untuk acara khusus yang butuh tampil maksimal :D.


Pada pertengahan hari, biasanya muka saya sudah berminyak dan nggak karuan. Makanya saya selalu sedia kertas minyak dan beberapa makeup untuk touchup di pouch kecil yang selalu saya bawa dalam tas.



Isi pouch saya adalah:


Ovale Face Paper
Max Factor Creme Puff
LT Pro Blush On Baby Pink
Unbranded Powder Brush
Wardah Wondershine Pale Pink

Seperti yang sudah saya bilang diatas, posting kali ini titik beratnya bukan di review produk. Apabila ingin mengikuti 10 step saya, lakukan dengan menggunakan produk-produk yang memang sudah biasa kamu pakai dan sudah pasti cocok dengan kamu :)


46 comments:

  1. wah kita samaan sista. sama-sama harus pake eyeliner n sama-sama cuma pake loose powder.
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss!!
      Buat harian memang nggak perlu yang berat2 :D

      Delete
  2. kalo aku pake toner the history of whoo g pake kapas ses, kayak pake hadalabo, taruh beberapa tetes di tangan, tepuk2in langsung, ntar sekalian muka di wrap around pake tangan biar nyerep..
    daripada kebuang di kapasnya, larang je -_- ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah? Harusnya gag pakai kapas yak? Hihihi...habis encer begituh. Jadi aku pakein kapas. Malah seringnya tak pakai CSM-an ^^

      Delete
  3. The history of whoo itu mahonkkk hhehee..


    Mana emailx saii??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha...aku nggak tau harganya nih, mpok. Blogger abal2 memang aku ini, masa gag tau harga2 barang X)

      Udah aku imel ye, mpok..

      Delete
  4. Waaah, Jeng Arum ngasih tips. Maauuuukkk... >.<.. History of Whoo nya.. :p

    ReplyDelete
  5. Wah, lengkapnya dijelasisn sama jeng. Oia, pantesan aja kalo pake BBcream malah bnruntusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...iyaa, nggak kerasa ternyata postingnya puanjang banget >'<

      Coba berhenti beberapa hari say, pakai BB cream-nya. Biar kulitnya membaik dulu.

      Delete
  6. bener tuh mbak.. aku sekarang juga beralih ke loose powder.. ternyata bb cream berat di muka euy kalo harian ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. TOSS deh. Loose powder aja cukup kok ^^

      Delete
  7. daku sekolah, ga pake apa2... cuman sunbelok doang :'(((

    ReplyDelete
  8. bbcream emang berat >.< dulu g bisa keluar rumah kalo tanpa bbcream, tapi stelah ngerti skin care dan wajah membaik *meski ttp jerawatan* skrg make up wajib di hapus pas sore pulang kerja ^^ sementara weekeend noooo mau berminyak mau apa kalo emang g ada kondangan mending tak usah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rajin dirawat memang kelihatan banget sih, kulit jadi membaik. Bedaaa banget kondisinya sama kalau pas lagi males ngrawat & maskeran :)

      Delete
  9. toss jeng, saya juga pecinta eyeliner dan loose powder untuk sehari-hari, no bb cream/foundation. Tapi akhir-akhir ini lagi suka pake pore base deh, lebih ringan dan natural dr bb cream/foundation tapi bikin pori-pori saya yg gede-gede jadi samar..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pore base itu apa? Akk...masa aku ketinggalan gosip permakeupan siihh :'(. Mauuuuu!!!

      Delete
  10. wah mau di coba tahapan2nya ah siapa tau kalo aku rajin pake skincare dan ngilangin kecanduan dari bb cream jerawat, aku bisa membaik dan muka aku balik seperti semula^^
    lengkap banget ini perawatannya :D
    http://ameliasweetcaramel.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...ini mah nggak kumplit jeng. Yang kumplit malah pakai essence, emulsyen, serum, dll >'<

      Delete
  11. Uwaa... Jeng Arum komplit bener dah step2nya.
    Wah kalau saya, Jeng keluar rumah ke kantor atau main2 yg sekiranya saya bakal ketemu banyak orang dan dalam waktu seharian, bb cream atau foundie itu wajib dah buat saya, biasanya saya pakai bb/found. yg uda ada spf-nya.
    Maklum wajah saya penuh dengan noda dan dosa pasca serbuan jerawat. He he jadinya ndak pede kalau ndak pakai something yg ada coveragenya :)
    Beruntung jeng Arum wajahnya lumayan muyuss... *sirik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mah nggak komplit, jeng. Kapan2 deh aku share skincare malemku. Lebih ribwet dan kumplit :)))

      Aaakkk...dibilang muluuuss. Aku nggak mulus lho, Des. Itu bare face aku ku pampang di atas. Awalnya juga dulu susaaahh bener melepaskan diri dari jeratan BB cream. Tapi aku paksa2in deh. Soalnya pas lagi rajin2 pake BB cream atau TWC, muka aku jadi bermasalah banget. Ini pernah aku share disini:

      http://racuncelle.blogspot.com/2012/05/apa-yang-terjadi-dengan-tubuh-dan-kulit.html

      Delete
    2. Wah gitu ya, Jeng, barusan udah baca halaman yg Jeng Arum tunjukin.
      Hmm... iya juga si, lama2 saya juga kepengen lepas dari ketergantungan kepada coverage... tapi buat sementara ini masi belum bisa, belum pede soalnya, bare face saya masi agak parah (>.<)
      Saya tunggu share-nya Jeng Arum soal ritual skincare malamnya
      *penasaran mode on ^^

      Delete
    3. Hihihi...aku lihat di FB enggak ada parah2nyaaa

      Hmm...iya nih, berencana post soal skincare malam ^^

      Delete
  12. kalo aku cuma pelembab sama compact powder aja, soalny kl pake bedak tabur cepet ilangnya hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bedak tabur memang cepet ilang. Tapi nggak papa deh, yang penting kulit bisa napas dan nggak terlalu berat :D

      Delete
  13. mbaaaak, buat tacap-tacap bagusan twc apa compact powder sih? dirimu cocok banget e pake lipen/lipgloss warna pucet/nude gitu, apiiiiiiiikk >w< gak kayak aku, dadi tambah pucet TwT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tacap pake compact sess, jangan TWC. TWC kalau di buat tacap bikin cakey..

      Hikhik...aku pakek apa2 apik seesss >'<

      Delete
    2. oh ngono yaa.. compact apa mbak le apik?
      iyo ngertiiii sing floles n canteeek dari sononyaaa --"

      Delete
    3. Aku lagi pakek Max Factor creamy puff ses. Mbuh le apik apa.
      Ihikihik...iya doonkkk *kyaaaaaaa*

      Delete
  14. Racun terus sis ultima loose powder,flamingo,lt pro apalagi sis wkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  15. mba arum, lip balm sebamed nya glossy gak? atau matte kaya lip ice gitu?
    hehe kayaknya cuma aku yang nanya soal lip balm nya *grin*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak terlalu berminyak, tapi juga nggak matte kaya lip ice. Pas lah menurut aku :D

      Delete
  16. Hai sis,lam knal aja,im nao makeup artist,hairdo and fashion designer....nice blog...n kinda usefull,but one thing that u wrong is,yg bisa menyempitkan dunia makeup, dan menyempitkan pikiran orang orang yg blom memulai dunia dandan,foundation mungkin memang berat untuk sehari2,karna terbuat dr bahan yg memang berat dan coverage kimia pasti ada...but klo bb cream skin79,maybelline,korea punya gt de,itu terbukti aman d pakai berhari hari(krna hampir setiap hari aku makeup,dan tuntutan kerjaan hrs cuss),ak pakai bb cream hotpink skin79 korea asli!harga terjangkau mutihin muka,bekas jerawat,dannnnn mulus kinclong,setiap hariii pakai,lama lagi abisnya,trus pas ak berhenti pakai ga kecanduan,ak lanjut pakai bb cream maybelline,pd dsRnya bb cream is bleshming balm yg dasarnya mineral,bagus untuk sehari2,mengcover dan ga te,bel lagi...so...sis ga usah takut bb cream ngrusak kulit,ak sensitive skin...but its okay...my skin more fawless than before...thx...just for info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nao, Thanks for stopping by ya. Seneng deh ada MUA yang mampir ke blog ini :D

      Aku nggak merasa "menyempitkan dunia makeup, dan menyempitkan pikiran orang orang yg blom memulai dunia dandan". Karena kalau kamu baca di page tentang racun warna-warni, ada semacam disclaimer bahwa: "segala review mengenai kosmetik yang ada di blog ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya. Ketika saya bilang suatu produk bagus, saya tidak menjamin sama sekali kalau produk tersebut akan bagus juga di kulit orang lain. Karena kosmetik itu cocok-cocokan."

      Dan karena kebetulan kulit aku nggak cocok pakai BB cream setiap hari (yang mungkin berbeda dengan kulit kamu yang cocok), jadi aku tetap pada pendapat bahwa BB cream nggak baik apabila digunakan untuk harian :)

      Thanx for sharing, yaaa ;)

      Delete
  17. Hahaa muka jelek aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan yang bilang saya jelek cuma 1 orang anonim :)

      Delete
  18. Mbaaak csm-an itu apa ya?
    hopeless nyari tau istilah itu

    Makasih yo sebelumnya

    aniway thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. CSM itu shizu Saeki Method
      Untuk lebih jelasnya, coba lihat disini: http://www.youtube.com/watch?v=uuTABEgbnwA

      Delete
    2. Mba, jadi pengen konsul. Saya pakai sunblock krim merek Pa***ol SPF30, muka jadi tumbuh jerawat-jerawat kecil. trus berhenti pake, jerawatnya membaik, n mulai hilang. Sekarang pakai gel merek W****h SPF30, hasilnya begitu juga jd jerawatan. Kenapa bisa gitu ya mba? Apanya SPF nya yang salah atau krimnya? soalnya dulu pakai Pa***ol SPF15 lotion biasa aja nggak jerawatan. Kalo sunblock Mba yang Skinqua itu cocok bwt kulit kering ga ya? trims ya mba :) maaf mba jadi kyak dokter kecantikan deh

      Delete
    3. Wah sori, nggak bisa jawab :)

      Delete
  19. berawal dari iseng2 cari bedak tabur buat muka saya yg berminyak ini, gak sengaja ketemu blog mbak sekar..... Baru 1x baca postingan, kata2nya udah bikin saya tertarik krna pnjelasanny yg gampang dimengerti dan ada beberapa kalimat yg bikin saya ketawa sendiri waktu bacanya :D
    Tq mbak bt infonya, jadi lebih mengerti tentang make-up :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanx sudah mampir ya, mbak Fanie :)

      Delete
  20. Mbak, kalau mau pakai day cream itu dimana urutannya?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...