Thursday, March 1, 2012

Eyeliner Pencil Super Murah: Viva vs Lyra


HG eyeliner pencil saya adalah LT Pro dan harganya Rp 45 000 perbatang. Tidak begitu mahal bila dibandingkan dengan kualitasnya. Tapi saya pikir tidak ada salahnya saya mencari opsi yang lebih murah untuk sehari-hari. Saya sudah mencoba beberapa black eyeliner pencil: Pixy, Aubeau, Caring, PAC, dan Wardah.

  • PAC mempunyai ketahanan yang sama dengan LT Pro, dan harganya tidak terlalu jauh berbeda, Rp.50.000. Tetapi dari segi pigmentasi warna, PAC masih kalah "kereng" dengan LT Pro, hitamnya PAC kurang pekat.
  • Aubeau, Caring, dan Wardah punya range harga dan kualitas yang hampir mirip. Warna hitamnya pekat, teksturnya creamy, mudah digunakan, dan harganya sekitar Rp 30.000. Ketahanannya biasa saja. Agak smudge bila dipakai dalam jangka waktu yang lama, tapi bagi saya masih bisa di tolerir.
  • Pixy adalah yang kualitasnya paling buruk menurut saya. Sebenernya teksturnya creamy dan mudah digunakan, hitamnya juga sangat pekat, tapi tingkat smudgenya sudah tidak bisa saya tolerir. Harga pensil pixy adalah Rp.20.000.
Dilihat dari segi harga, Viva dan lyra adalah yang paling murah. Viva Rp 14.500, dan Lyra Rp.7.500, tetapi Lyra ukurannya setengah lebih pendek dari eyeliner pensil pada umumnya.

Walau harganya paling murah, kualitas Viva dan Lyra bagi saya ada di nomor dua, yaitu setingkat dengan Aubeau, Caring, dan Wardah. Dan bahkan lebih bagus dari Pixy. Maka saya memutuskan untuk mempertahankan Viva dan Lyra di kotak kosmetik saya, untuk pemakaian sehari-hari.



Warna dan Tekstur

Warna hitam Viva lebih pekat daripada Lyra. Dan tekstur Viva sedikit lebih creamy bila dibandingkan dengan Lyra. Tapi saya cenderung lebih suka Lyra, Viva mudah patah dan susah diraut.

Lyra - Viva



Tingkat Kemungkinan Smudge

Seperti yang sudah saya katakan diatas, Lyra dan Viva kualitasnya sebanding dengan Aubeau, Wardah, dan Caring. Yang artinya: smudge, tapi masih bisa di tolerir.

Berikut adalah swatch masing-masing eyeliner pencil di tangan, dibiarkan sebentar, lalu saya usap dengan jari:



Bagian yang di usap dengan jari akan langsung smudge. Jadi eyeliner pensil ini sangat tidak disarankan bagi yang suka "mengucek-kucek" mata dengan jarinya :D



Ketahanan

Bagi saya, ke dua eyeliner ini daya tahannya cukup. Tidak terlalu bagus, tapi masih bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Catatan: Saya hanya menggunakan eyeliner di Upper Lash Line, tidak di Water Line! Saya belum melakukan percobaan ketahanan eyeliner apabila diaplikasikan di Waterline.



Dapat dilihat pada gambar diatas, baik Lyra maupun Viva akan sedikit smudge dan warnanya sedikit memudar setelah pemakaian 10 jam. Tapi masih dalam batas yang bisa di toleransi.

Saya juga pernah memakai Lyra dan Viva dalam kondisi yang tidak biasa:
  1. VIVA
    saya pernah memakai Viva dari pagi jam 07.00 sampai malam jam 22.00, tanpa sempat touch-up. Dan ini hasilnya:
    Viva 15 jam tanpa touch up
  2. LYRA
    saya memakai pada jam 07.00, dan kemudian pulang jam 15.00. Pada saat perjalanan pulang (saya naik sepeda motor 20 menit waktu itu), hujannya sangat deras, dan muka saya jelas sudah dihajar air hujan. Setelah sampai rumah, saya foto, dan inilah hasilnya:
Lyra setelah dihajar hujan
 Harga:
  • Viiva: Rp 14 500
  • Lyra: Rp 7 500 (dengan ukuran setengah lebih  pendek dari eyeliner pensil normal)

Repurchase
  • Viva: Tidak
  • Lyra: YA

40 comments:

  1. wah,Lyra beli dimana? murah amat >.<
    ada yg warna coklat tua gtu g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Mutiara, say. Di bagian yang jual rautan, kuas2, dll.
      Ada warna coklat juga, tapi nggak kereng.
      murah sih, tapi itu kan pendek banget. Ada versi panjangnya juga, Rp 15 000,-

      Delete
  2. lyra ada konter khususnya g celle ? .. kayaknya pernah baca2 pensil alisnya juga bagus tau2 produk yang lainnya juga bagus,heheheehe ... aku pengen punya elener pensil buat upper lash yg disela2 bulmat yg empuk dan water proof .. apaan y celle ? mataku basah soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada, Vick. Ini aku dapetnya di bagian pensil-pensil abal-abal (abal-abal?) itu lho di Mutiara :D. Iya pensil alisnya bagus. Si Mada beauty on budget itu pake juga. Trus katanya Mada ada kuas bibirnya juga, bagus.

      Kalau Lyra kayaknya masih agak-agak keras deh, Vick, kalau mau di pake di sela-sela bulu mata. Cobain LT Pro aja. Dia agak smudge sih, tapi itu yang paling mending deh diantara elener-elener di counter2.

      Delete
    2. Oh gitu yaa .. sayang yaa g ada konternya, klo agak smudge ragu2 juga nih .. hahaha takut nempel ke bawah :D

      Delete
  3. Wah, lid kamu oily gak mbak sekar? Aku kalo pake yang pensil cuma dipake biasa aja langsung bleber dan ilang" yang di bagian inner cornernya situu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Van. Oily juga, tapi nggak kebangetan oilynya. Udah dicoba pakai primer sebelumnya?

      Delete
    2. belom pernah coba nih.. hehhee.. Sama itu kok bisa alus gitu ya garisnya kaya pake eyeliner cair?

      Delete
    3. Hahahaa..masa iya sih alus, Van? Padahal aku nggak terlalu bisa lho make eyeliner dengan baik dan rapih. Soale tanganku suka gemeteran. Cara pakeku untuk eyeliner apa aja (cair atau liquid), biasanya sudut mata luar aku tarik dulu pakai jari, biar permukaan yang mau digaris rata. Trus baru deh di garis dari dalem ke arah luar :D

      Delete
  4. ekh akuu jg pke lyra mbak...asli bguss n than lama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tahan lama. Tapi agak keras ^^

      Delete
  5. wah aku uda nyoba viva elener mbak, mau cari lyra tapi ga ada di vikita waktu itu. pas aku nyoba ternyata bener viva mudah patah dan susah diraut, uda gt mudah smudge :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mbak, masih smudge si Viva. Tapi aku mendingan beli Viva deh yg cuma 14rb. Soale beli yang 50an ribu juga sama aja. Mendingan Viva deh --"

      Delete
  6. di sisni susah nyari lyra mbak, kepengen banget ih nyoba :3 *sakau*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang susah kok, Nis. Di sini pun kadang juga gag ada :"(

      Delete
  7. Waaa makasih ya :) berguna banget reviewnya. Btw, kalo dibandingin sama maybelline pensil awet yang mana? Aku pake maybelline smudge banget, jadi mata panda :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di lidku sih sama aja. Sama smudge-nya :D. Jadi karena sama-sama smudge, aku pilih yang murah aja lah :)))

      Delete
  8. rum,, gwe kira lyra merk luar. Gwe beli di OL Shop donk,, >_< tau gtu nyari dulu yaa disini. -_- (pemalas sekali si akooh) Penjualnya bilang juara ga smudge dll,, ya udh aku sekalian beli aja murah 12.500 ternyata pas liat review muh cuma 7.500. (-__-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini yang 12 rebuan juga ada, Vi. Tapi yang ukurannya panjang. Kalau yang 7rebuan sih ukurannya pendek. Setengah dari ukuran elener biasa.

      Katanya yang bagus Lyra yang made in Germani.

      Delete
    2. woooh,, :-O
      Katanya ini disebut2 kohl ntah apa?? Pensil arab gtu. Biasanya suka dipake cewe2 per araban. butuh buat waterline rum,, Kata rani better LT Pro yaa?? Tp kata dirimu smudge juga. Galaw nih.. :|

      Delete
    3. Kayaknya bukan Kohl deh. Ini pensil biasa kok. Kalau buat waterline menurutku gag oke :D.
      Menurutku ya bagusan LT Pro banget. Tapi harganya kan juga mahalan LT pro banget...

      Delete
    4. iya, lyra kan merek arab
      aku dibeliin mama dari arab..
      disana lebih murah kyknya

      Delete
    5. Padahal di pensilnya ada tulisan made in Germany lho :D

      Delete
  9. mba... aku reader barunya blognya mba nih.. beruntungnya nemu blog ini buat aku yg msh newbie ttg makeup ^^
    aku baru aja nih. baruuuu banget pulang abis beli pensil Lyra.
    eh sampe rumahpas diliat lah kok? "Waterproof eyebrow pencil"
    LYRA juga ada pensil alisnya ya?
    padahal td mintanya eyeliner... -__- ini aq dodol sih td abis bayar lsg cabut pula buru2 mau coba. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...iyaaa. Lyra ada eyebrownya. Kualitasnya bagus kok eyebrownya Lyra. Aku suka yang coklat. Cuma masalahnya di sini susah nyari eyebrow Lyra.

      Ya udah beli lagi aja, mbak. Murah ini :D. Hihihi... Eyebrownya tetep bisa kepakai kan?

      Delete
  10. mba arum, kenalan yak, newbie dalam dunia permake-up'an, jadinya seneng banget baca2 blognya mbak, berasa tambah pinter soal nglenong muka (apaan si??)

    eyeliner pencilku cuma punya wardah, tapi ya itu, smudge klo dpake, apalagi habis wudhu, kayak mata panda. eyeliner pensil yang oke apaan yak? mo pake yang cair, tangan sering tremor, jadinya mbleber kemana2 *kayak mbah2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai, salam kenal :)

      Setauku eyeliner pencil belum ada yang smudgeproof. Semua smudge. Merk lokal yang paling mending sih merk Makeover, tapi ya masih smudge.
      Cari eyeliner cair yang ujungnya kaku kaya spidol ada say, itu lebih gampang buat nyubi. Contohnya: Eyeliner cair merk Viva ;)

      Delete
  11. aq punya elener lyra ini.. Pernah pas jd kmbang mayang, waterlineq dpakein lyra ini dr jam 9 pagi smpe 9 malem. Gak bleber samsek.. Dan tetep kereng warnanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih, awet banget yak berarti? Punyaku udah abis. Carinya susah :(

      Delete
    2. coba cari dtoko2 herbal gtu...aq pas ktoko herbal gtu eh liat eyeliner lyra itu...malah hrganya 5rb...:)

      Delete
  12. ikut nebeng ya mba.......aq tdnya pke hasmy kajal(lupa tulisanya tp kr2 bgt bunyiny) blina di pand's murah cm 8 rb ckp enak dipake,pas abis mo cr lg ditempat yg sama lg habis trus dikenalin sm lyra, td ada yg bilang yang bgs Made in Germany, tp pny q tulisannya kok Made in Italy yak?? pa sama. q pke yg item,bagus tp agak gak awet di muka aku yg oily parah,ujungnya terlalu besar jd harus agak diruncingin dl, harganya jg beda q dapet 16r,pdhl menurut aq g pnjang (belum tau versi pendeknya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punyaku yang Made in Germany. Hehe..berarti yang bagus dong ya? Tapi lama-lama berasa keras ini pensil ^^

      Delete
  13. yang baru skrg lyra emg made in italy, kualitansya the best nd waterproff kata org penjualnya, susahnya akalu nyari lyra ini sering kosong dipasaraaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kata komen di bawah banyak dijual di toko bibit parfum arab

      Delete
  14. Met ciank mbak......
    salam kenal ya.....ngomong2 lyra, scr gak sengaja waktu itu q bli bibit parfum di org arab.....ternyata disitu jual lyra jg. Mlahan byk bgt pilihan warnax. Kl mbak lesulitan cr si lyra.....cba z ke toko bibit parfum org arab, cpa thu jual jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanx infonya ;)

      Aku udah ga pakai ini nih, mb. Lidku sekarang oily banget, pakai pensil pasti beleberan T.T

      Delete
  15. salam kenal mba,,,dulu aku pernah dpt oleh2 eyeliner lyra dr sodara pulang haji,bagus bgt lembut&lumayan tahan lama,berhubung eyeliner lyra nya pendek jd cpt habis,,coba nyari2....ketemu deh!tp kok beda bgt dg yg dr oleh2,,,yg aku beli ini hasilnya....bleber pisan!!! dan agak pedih di mata,,,apa bajakan ya??hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tahu juga aku ^^. Tp jaman sekarang memang harus ati2 sih, segala macem barang dipalsuin --"

      Delete
  16. Betul banget aku juga dapat ditoko parfum arab tapi harga lyranya 10 rbu. Awet dipakenya meskipun keras

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...